Update Ukuran Feed Instagram (Feed, Story, Foto dan Video) Terbaru 2022 Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Ukuran Feed Instagram (Feed, Story, Foto dan Video) Terbaru 2022 . Berikut ini artikel tentang Ukuran Feed Instagram (Feed, Story, Foto dan Video) Terbaru 2022 baca disini.

pdamtirtasukapura.co.id – Instagram merupakan salah satu sosial media yang sangat populer dan banyak sekali penggunanya. Jenis konten yang di unggah tidak hanya foto saja tetapi video juga atau dengan kata lain yaitu Reels. Foto ataupun video yang kalian unggah, memiliki ukuran yang berbeda-beda dan harus kalian ikuti. Dengan menggunakan Ukuran Feed Instagram yang tepat, kalian dapat membuat tampilan feed terlihat menarik.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan ukuran yang pas pengguna Instagram lain akan melihat konten dengan kualitas yang jelas. Menggunakan ukuran yang pas pada feed instagram sangatlah penting, agar konten kalian terlihat lebih menarik. Jika kalian menguggah foto atau video tidak tepat, maka hasil unggahan kalian akan terlihat buram atau gambar pecah. Tidak seperti media sosial lainnya, IG dapat menampilkan konten berbagai ukuran.

Kita akan jelaskan mengenai ukuran feed instagram yang tepat dibawah ini. Agar kalian lebih paham dengan ukuran yang akan digunakan pada instagram. Sebaiknya kalian simak penjelasnya sebagai berikut.

Mengenal Rasio dan Resolusi untuk Ukuran Feed Instagram

ukuran feed instagram terbaru

Sebelum kita membahas tentang ukuran feed instagram, kalian perlu mengetahui rasio dan resolusi terlebih dahulu. Aspect Rasio merupakan rasio lebar dan tinggi gambar, biasanya dinyatakan dengan x:y. Jika angka berada di depan berarti menunjukan lebar, sebaliknya jika angka berada di belakang berarti menunjukkan panjang. Kalau rasionya 1:1 berarti lebar dan panjangnya sama besar.

Resolusi merupakan jumlah pixel yang menyusun lebar dan tinggi pada gambar. Resolusi sangat mempengaruhi kualitas foto atau video yang bisa dilihat oleh para pengguna instagram lainnya. Semikin tinggi resolusi, semakin baik kualitasnya. Ada beberapa contoh resolusi yang sering digunakan seperti, 1080 x 1080, 820 x 820, 600 x 600. Masih banyak yang lainnya dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kontennya.

Ukuran Feed Instagram Untuk Foto dan Video

ukuran feed insagram foto dan video

Sebelumnya ukuran foto di instagram hanya menggunakan persegi. Tapi saat ini ukuran feed instagram mempunyai beberapa ukuran yang beragam. Kalian dapat mengetahui ukuran apa saja yang tepat untuk posting instagram. Berikut beberapa ukuran untuk feed instagram kalian.

1. Landscape

Landscape adalah ukuran foto yang memanjang atau horizontal. Jenis ini mempunyai rasio 1,91:1 atau 16:9 dengan resolusi sebesar 1080 x 566 piksel. Ukuran landscape sangat cocok untuk memposting foto produk usaha. Bisa juga digunakan untuk foto dengan banyak orang agar fotonya tidak terpotong.

Untuk videonya yang berukuran landscape, mempunyai rasio 1,91:1 atau 16:9 dan dengan resolusi 600 x 315 piksel. Durasinya juga tidak terlalu panjang mulai dari 2 – 60 detik.

2. Square Post

Jenis ukuran yang kedua ini merupakan jenis konten yang paling sering digunakan oleh pengguna instagram. Square post mempunyai bentuk persegi dengan rasio 1:1 yang artinya lebar dan tinggi sama besar. Untuk resolusi yang bisa digunakan yaitu 1080 x 1080 agar mendapatkan kualitas konten yang baik dan sangat jelas.

3. Vertical Post

Ukuran yang ketiga ini yaitu Vertical Post. Ukuran yang satu ini sangat berbeda dengan landscape post sebab ukurannya vertikal dan memanjang. Dengan rasio yang digunakan yaitu 4:5 Jadi kontennta lebih tinggi dibandingkan dengan melebar. Jika kalian menggunakan rasio 4:6 atau 4:7, maka konten kalian akan otomatis terpotong oleh instagram.

Untuk mendapatkan konten yang sangat berkualitas, kalian dapat menggunakan resolusi 1080 x 1350. Ukuran untuk resolusi tersebut, bisa digunakan untuk mengunggah foto orang seperti OOTD dan pemandangan.

4. Instagram Stories

Selain bisa mengunggah konten di feed, kalian juga dapat menggunakan konten instagram stories. Di IG story kalian dapat menambahkan gif, teks, stiker atau link yang bisa di tap oleh followers. Kemudian link tersebut akan mengarah ke halaman tertentu. Status feed kalian akan terhapus secara otomatis dalam waktu 24 jam. Kalian bisa dapat melihatnya di stories archive.

Kalian dapat membuat konten Instagram Story dengan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 piksel. Juga akan tetap menampilkan story di highlight ketika ada yang mengunjungi profil kalian. Mereka juga dapat melihatnya kembali di story tersebut.

5. Instagram Reels

Instagram reels merupakan fitur untuk membuat konten video pendek. Kalian dapat menambahkan filter dan musik di dalam aplikasi instagram tersebut. Intagram reels apat muncul di feed dan juga tab reels. Untuk penggunaan covernya kalian harus perhatikan dengan baik, agar feed terlihat rapi dan menarik.

Untuk pembuatan reels, kalian dapat menggunakan rasio 9:16 dan resolusi yang digunakan yaitu 1080 x 1920 piksel. Dengan mengguna rasio dan resolusi gtersebut, kualitas gambarnya akan terlihat bagus dan tidak terpotong. Instagram reels juga dibuat untuk dapat melihat video pendek di HP, Mobile atau full screen.

6. Carousel Post

Dengan menggunakan Carousel, kalian dapat mengunggah lebih dari satu foto instagram salam satu unggahan. Kalian juga dapat menambahkan fotonya sebanyak 10 foto. Ukuran carousel post dapat menyesuaikan foto pertama yang kalian pilih.

7. Konten Video

Aplikasi instagram menyediakan fitur reels. Dimana kalian akan dapat mengunggah video dengan ukuran lainnya sepeti landscape, square dan vertikal. Berikut ini ukuran untuk video feed instagram.

  • Video Landscape : Rasio 16:9 dan resolusi 1080 x 1080 piksel.
  • Videi Square : Rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel.
  • Video Vertical : Rasio 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 piksel.

Catatan atau cheat-cheat Berikut ini rangkuman untuk ukuran feed instagram mulai dari foto, video, stories sampai live video.

Aplikasi intagram merupakan sosial media yang tepat bagi kalian untuk membagikan konten pemasaran atau promisi. Kalian dapat mempromosikan kualitas konten yang ada.

Tabel Daftar Ukuran Feed Instagram

Untuk lebih jelasnya mengenai ukuran feed instagram, kita akan jelaskan secara detail mengenai panduan ukuran foto/ video. Beikut ini yang bisa kalian lihat selengkapnya di dalam tabel di bawah.

Jenis Ukuran
Foto Square 1:1, 1080 x 1080 piksel
Foto Potrait 4:5, 1080 x 1350 piksel
Foto Landscape 1.91:1, 1080 x 608 piksel
Video Square 1:1, 1080 x 1080 piksel
Video Potrait 4:5, 1080 x 1350 piksel
Video Landscape 1.19:1, 1080 x 608 piksel
IGTV Landscape 16:9, 1920 x 1080 piksel
IG Live 9:16, 1080 x 1920 piksel
IG Story Foto 1.91:1, 1080 x 608 piksel
IG Story Video 19:16, 1080 x 1920 piksel

Silahkan kalian coba mengikuti ukuran-ukuran di atas yang sudah kita berikan, jika kalian ingin post feed instagram. Ikutilan ukurannya agar terlihat rapi dan menarik.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa kita sampaikan mengenai Ukuran Feed Instagram yang bisa kalian ikuti untuk post konten di Instagram. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai dengan selesai. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

The post Ukuran Feed Instagram (Feed, Story, Foto dan Video) Terbaru 2022 appeared first on PDAM Tirta Sukapura.