Update Simak 4 Cara Restart HP Samsung yang Mudah dan Cepat Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Simak 4 Cara Restart HP Samsung yang Mudah dan Cepat . Berikut ini artikel tentang Simak 4 Cara Restart HP Samsung yang Mudah dan Cepat baca disini.

Sebagai pengguna HP, tak jarang kita mengalami masalah tertentu, seperti HP yang tiba-tiba hang atau lemot. Sebenarnya, ada banyak sekali penyebab HP menjadi lag atau lemot. Bisa saja, karena RAM sudah overcapacity akibat banyaknya aplikasi yang berjalan. 

Namun, meski sudah diatasi dengan berbagai cara, kadang HP masih perlu melakukan mulai ulang (restart) agar performanya jadi baik kembali. Cara memulai ulang atau restart HP Samsung ini tidaklah sulit. Cukup dengan menekan tombol di samping ponsel saja, Anda sudah bisa me-restart HP Samsung.

Akan tetapi, bila tombol dari HP Samsung Anda mengalami masalah, Anda tentu tak akan dapat melakukan restart dengan cara seperti di atas. Lantas, adakah cara restart HP Samsung lain yang dapat dipraktikkan meski tanpa melibatkan tombol-tombol di HP? Jawabannya, iya. Penasaran dengan caranya? Simak langsung pembahasannya di bawah ini.

Cara Restart HP Samsung dengan Tombol Power dan Volume

SAMSUNG GALAXY A33 5G 4 screenshot_

Sebelum membahas tentang cara ‘khusus’ untuk me-restart HP Samsung, kami akan menyuguhkan langkah-langkah memulai ulang HP Samsung dengan cara yang umum: memakai tombol power

Ya, mungkin saja beberapa dari Anda masih bingung dengan tata cara restart HP Samsung dengan cara ini. Maka dari itu, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk memulai ulang HP, silakan tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Nantinya, akan tampil beberapa opsi di layar ponsel Anda
  • Nah, langkah selanjutnya, silakan pilih opsi restart atau mulai ulang untuk me-restart HP Samsung Anda
  • Langkah terakhir, silakan tunggu proses mulai ulang atau restart selesai

Biasanya, setelah HP berhasil di-restart, Anda tak bisa langsung mengoperasikannya kembali. Silakan masukkan pola untuk membuka ponsel Anda, lalu tunggu beberapa saat sampai HP siap digunakan.

Perlu diketahui, bagi Anda yang tombol HP-nya masih berfungsi dengan baik, cara me-restart HP Samsung yang umum ini bisa saja merusak tombol atau membuatnya aus jika terlampau sering dilakukan.

Untuk menghindari hal seperti ini terjadi, Anda dapat memakai cara mulai ulang HP Samsung tanpa menekan tombol yang akan kami bahas di poin berikutnya.

Cara Restart HP Samsung via Notification Bar

notif bar samsung_

Seperti yang sudah kami bahas di atas, cara berikut ini dapat diterapkan bila tombol HP Anda tidak berfungsi, atau Anda ingin mencari alternatif me-restart HP untuk menjaga kondisi dan fungsi tombol HP-nya. 

Ya, cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk memulai ulang HP Samsung adalah dengan mengandalkan notification bar atau bar notifikasi. Silakan simak langkah langkah berikut ini:

  • Buka bar notifikasi atau notification bar dengan menggeser layar dari atas ke bawah sebanyak dua kali
  • Cari ikon power off atau ikon matikan daya, seperti yang tampak pada gambar di atas
  • Selanjutnya tekan tombol power off atau matikan daya tersebut sampai muncul beberapa opsi di layar HP Anda
  • Jika sudah, silakan pilih dan tekan tombol restart atau muat ulang dan tunggu hingga proses restart selesai

Perlu dicatat, cara ini tak berlaku pada seluruh HP Samsung, ya. Biasanya, hanya HP Samsung dengan tipe tertentu saja yang dapat di-restart menggunakan tombol yang ada di notification bar.

Pakai Menu Asisten

Bagi sebagian pengguna ponsel, kehadiran menu asisten atau assistant menu sangatlah bermanfaat. Ya, alasannya karena menu asisten dapat membantu Anda untuk mengakses ‘jalan pintas’ dalam melakukan beberapa hal di HP. Tak terkecuali memulai ulang HP itu sendiri.

Tentu, fitur ini juga sudah tersedia di HP Samsung, terutama HP Samsung terbaru. Lantas, bagaimana cara me-restart HP dengan menggunakan menu asisten ini? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Galaxy a33 MENU ASISTEN 1-side_

Pertama, silakan aktifkan terlebih dulu menu asisten melalui pengaturan HP (Jika sudah diaktifkan, silakan lewati langkah ini, ya). Caranya, buka pengaturan atau settings, lalu pilih aksesibilitas atau accessibility.

Jika sudah, silakan pilih interaction and dexterity (interaksi dan kecekatan). Lalu, aktifkan menu asisten dengan menggeser tombol ke sebelah kanan.

restart hp samsung menu asisten-side

Nah, setelah menu asisten aktif, silakan buka menu asistennya, kemudian cari ikon bertuliskan power off menu atau menu untuk mematikan daya. Jika sudah, silakan tekan tombol restart dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika beberapa cara di atas masih belum bisa membantu, Anda dapat mengandalkan beberapa aplikasi pihak ketiga untuk me-restart HP Samsung dengan mudah. Nah, berikut kami rekomendasikan aplikasi restart HP yang bisa Anda gunakan.

1. Shutdown (no root)

shutdown (no root)_

Shutdown (no root) dihadirkan untuk Anda yang mencari aplikasi pihak ketiga untuk memulai ulang HP Samsung. Aplikasinya berfungsi layaknya tombol power yang ada pada HP Anda, lho.

Cara menggunakannya juga terbilang mudah. Anda hanya perlu menekan ikon power off pada layar, lalu pilih opsi restart sebagaimana Anda memulai ulang HP dengan memakai tombol power sungguhan.

Perlu dicatat, Shutdown (no root) memerlukan izin aksesibilitas di HP Anda. Jadi, sebelum memakainya, silakan izinkan aksesibilitas di HP Anda untuk aplikasi ini terlebih dulu. Shutdown (no root) telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna Android. Anda dapat menggunakannya tanpa membayar biaya sepeser pun.

2. Restart/Reboot Power Menu

restart no root_

Aplikasi selanjutnya datang dari pengembang SugarStudios. Namanya Restart/Reboot Power Menu. Tak jauh berbeda dari Shutdown (no root), aplikasi ini sangat simpel. Ketika digunakan, hanya tersedia tombol-tombol sederhana, termasuk tombol untuk memulai ulang.

Nah, dengan menekan tombol untuk mulai ulang inilah, Anda dapat me-restart atau memulai ulang HP Samsung Anda dengan mudah. Setelahnya, tunggu saja sampai proses restart selesai, ya. 

Tidak hanya bisa dipakai untuk mematikan daya atau me-restart saja, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk menyalakan mode pesawat, getar dan juga mematikan daya ponsel. Restart/Reboot Power menu telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna di Android. Ingin mencoba aplikasinya? Silakan langsung unduh di PlayStore dengan nama aplikasi Restart/Reboot Power Menu.