Update Pesona Puri Anom Tabanan, Harga Tiket, Rute Lokasi dan Fasilitas Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Pesona Puri Anom Tabanan, Harga Tiket, Rute Lokasi dan Fasilitas . Berikut ini artikel tentang Pesona Puri Anom Tabanan, Harga Tiket, Rute Lokasi dan Fasilitas baca disini.

pdamtirtasukapura.co.id – Kabupaten Tabanan memiliki berbagai macam wisata yang bisa kalian kunjungi saat berada di Bali. Dimana sebelumnya kita sudah membahas mengenai Museum Tubak yang ada di Tabanan. Nah, sekerang kita akan membahas wisata lainnya yang ada di Tabanan, Bali yaitu Puri Anom Tabanan. Yang merupakan sebuah puri atau keraton berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali.

Bali, selalu menawarkan tempat wisata yang berbeda dari wisata kota lainnya. Dimana dengan kekentalan budayanya, menawarkan berbagai macam wisata yang menarik untuk para pengunjungnya. Kalian akan mendapatkan beragam wisata yang sangat indah, menarik serta unik saat berkunjung di Bali. Tidak hanya menawarkan wisata alam saja, Bali juga menawarkan tempat-tempat wisata berupa bangunan yang indah.

Salah satu wisata yang bisa kalian kunjungi saat ini yaitu Puri Anom Tabanan. Puri tersebut merupakan salah satu wisata budaya dan sejarah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam maupun luar. Dengan mengujungi wisata tersebut, kalian akan menikmati keindahan yang tidak bisa kalian dapatkan ditempat wisata lainnya. Selain itu juga wisata ini mempunyai sejarah yang sangat menarik.

Buat kalian yang menykukai hal berbau sejarah, kalian bisa mengunjungi wisata di Bali. Karena memang banyak wisata yang ada di Bali kental akan sejarahnya. Wisata ini juga mempunyai daya tariknya sendiri seperti dibawah ini yaitu sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi Puri Anom Tabanan

Untuk mengetahu harga tiket masuk, fasilitas dan juga lokasi wisata Puri Anom ini, kalian dapat melihatnya dibawah ini. Sebab dibawah ini, kita akan bahas mengenai hal tersebut secara detail. Adapun untuk hal-hal tersebut yaitu sebagai berikut :

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yang diberikan oleh wisata Puri Anom ini, kalian tidak akan dikenakan tarif sedikitpun. Karena memang puri ini digunakan untuk tempat menjalankan ibadah sembahyang bagi umat Hindu. Karena hal tersebut, mereka tidak menarik biaya sedikit pun. Namun, kalian akan dikenakan tarif untuk biaya parkir kendaraan.

Bagi kalian yang mempunyai kendaraan roda dua maupun roda empat. Kalian harus memarkirkan kendaraan tersebut dan membayar uang parkir kepada yang menjaga kendaraannya. Dimana uang parkir untuk motor dan mobil memiliki tarif yang berbeda-beda.

Fasilitas

Fasilitas yang diberikan oleh Wisata Puri Anom lumayan lengkap. Dimana fasilitas tersebut tidak hanya disediakan untuk para pengunjung saja, melainkan juga dapat digunakan oleh masyarakat sekitarnya yang ingin melakukan sembahyang. Kalian tidak akan merasa sulit saat mencari toilet umum, karena fasilitas hotel tersebut dapat kalian gunakan dan bisa kalian pakai secara gratis.

Untuk fasilitas lainnya yang akan kalian dapatkan selain toilet umum yaitu sebagai berikut :

  • Toilet Umum
  • Area Parkir
  • Warung Makan
  • Dan yang lainnya.

Alamat Lokasi

Puri yang berarti tempat tinggal raja yang merupakan tempat wisata yang saat ini banyak diminati oleh para wisatawan luar. Puri anom sendiri menawarkan berbagai tempat yang sangat menarik untuk kalian kunjungi. Karena memang sampai saat ini banyak para pengunjung yang berdatangan ketika waktu libur tiba. Namun, banyak dari mereka juga yang berdatangan bukan di hari libur.

Wisata Puri Anom selalu padat pengunjung terutama bagi yang ingin melakukan acar sembahyang. Buat kalian yang ingin mengunjungi wisata ini, kalian bisa langsung mengunjungi yang berada di kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Untuk rutenya sendiri, sudah cukup baik untuk dilalui, karena memang jalanan menuju wisata tersebut sudah beraspal.

Dengan begitu, kalian dapat mengunjungi wisatanya dengan perjalanan yang sangat nyaman. Namun, jika kalian masih merasa bingung dengan lokasi yang sudah diberikan tersebut. Kalian bisa langsung buka hp dan masuk ke google Maps. Dengan Google Maps, kalian dapat menemukan lokasinya secara mudah dan akan diberikan jalan tercepat menuju wisatanya.

Daya Tarik Wisata Puri Anom Tabanan

Wisata Puri Anom Tabanan ini mempunyai daya tariknya sendiri, dimana kalian akan menikmati beberapa daya tarik yang diberikan oleh wisata tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian simak dari awal sampai akhir agar tidak ketinggalan informasi yang akan diberikan. Langsung saja, inilah beberapa daya tarik yang diberikan oleh wisata puri anom yang ada di Tabanan yaitu sebagai berikut :

1. Tandekan

Salah satu daya tarik yang dberikan oleh Puri Anom ini yaitu Tandekan. Tandekan adalah sebuah tempat yang mempunyai fungsi untuk menerima tamu. Dimana nantinya saat kalian berada di Tandekan akan menemukan 4 bangunan diantaranya yaitu Bale Gedong, Bale Mundar Manik, Bale Tajuk dan Gedong Simpen. Kalian dapat melihat semua bangunan yang berada di Tandekan.

2. Pakraman

Daya tarik lainnya yaitu pakraman yang dapat kalian nikmati saat mengunjungi wisata puri anom. Dimana salah satu daya tarik tersebut merupakan wilayah yang berfungsi sebagai area tempat tinggal untuk keluuarga kerajaan. Yang mana nantinya kalian akan menemukan tiga tempat, diantaranya yaitu Sarin Kangin, Sarin Tengah dan juga Pakraman Sarin Kauh.

3. Ancak Saji

Selanjutnya, kalian akan disuguhkan dengan bangunan yang mempunyai dua gerbang kembar yang disebut dengan Candi Bentar. Yang mana satu pasang menghadap ke utara dan satu pasangnya lagi menghadap ke timur. Dimana ada bangunan lama yang sebelumnya di gunakan untuk tempat melapor bagi para tamu yang datang di zaman dulunya.

4. Bencingan Puri

Daya tarik lainnya yang diberikan oleh Puri Anom yaitu bencingan puri. Bencingan puri sendiri merupakan bagian puri yang letaknya paling depan dengan sebuah pohon beringin dan mempunyai usia mencapai ratusan tahun. Puri tersebut tidak jauh berbeda dengan puri anom yang sama-sama memiliki usia mencapai ratusan tahun.

Dimana dibagian depannya juga terdapat Bale Bengong yang bisa digunakan untuk area memantau aktivitas ekonomi rakyat bagi raja yang memiliki kekuasaan di zamannya. Kalian akan melihat semua bangunan tua yang sangat unik dan juga menarik. Tentunya memiliki cerita sejarahnya masing-masing.

5. Suci Ageng

Suci Ageng merupakan sebuah tempat yang dapat digunakan sebagai area persembayangan di puri anom. Selain itu, ada 3 bangunan suci lainnya yang mirip dengan suci ageng. Diantaranya yaitu suci saren kangin, suci saren kawuh dan sucisaren tengah. Dari ketiga bangunan tersebut merupakan tempat untuk melakukan sembahyang bagi para warga.

6. Pekandelan

Pekandelan merupakan salah satu bagian dari puri anom yang sering kali dimanfaat sebagai salah satu area tempat tinggal di dalam masa kerajaan. Dimana memang, pada zaman dulu semua anggota kerajaan berkumpul dan tinggal di tempat tersebut. Banyak sejarah yang bisa kalian dapatkan saat mengunjungi Puri Anom.

7. Bale Kembar

Masih banyak daya tarik lainnya yang akan didapatkan salah satu lainnya yaitu bale kembar. Bale kembar merupakan tempat yang digunakan untuk melangsungkan upacara Pitra Yadnya Utama. Dimana tempat upacaranya sendiri bernama Bale Kembar. Namun, sangat disayangkan upacara pelaksanaan tersebut akan memakan waktu kira-kira 6 bulan hingga 1 tahun. Sampai akhirnya upacara tersebut sudah tidak dilangsungkan kembali.

8. Saren Agung

Saren Agung merupakan tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upacara. Upacara tersebut yaitu Manusa Yadnya, dimana memang saren agung tersebut mempunyai beberapa bangunan. Diantaranya yaitu terdiri dari Bale Singa Sari, Bale Sari, Bale Gede, Bale Tajuk dan Bale Tegeh.

Penutup

Itulah yang dapat dijelaskan mengenai tempat wisata Puri Anom Tabanan yang ada di Bali. Semoga semua informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

The post Pesona Puri Anom Tabanan, Harga Tiket, Rute Lokasi dan Fasilitas appeared first on PDAM Tirta Sukapura.