Update Pesona Curug Dago, Harga Tiket, Lokasi dan jam Operasional Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Pesona Curug Dago, Harga Tiket, Lokasi dan jam Operasional . Berikut ini artikel tentang Pesona Curug Dago, Harga Tiket, Lokasi dan jam Operasional baca disini.

pdamtirtasukapura.co.id – Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di bandung, salah satu yang wajib dikunjungi adalah Curug Dago. Seperti namanya, Lokasi tempat ini terletak di daerah Dago atau tepatnya di kecamatan Coblong, Kota Bandung Jawa Barat. Tentunya wisata ini akan menawarkan keindahan alam yang bisa menyejukan hati dan pikiran. Baik itu untuk pengunjung dari bandung atau wisatawan lain dari luar bandung.

Nah,, Untuk kalian yang ingin mengunjungi kota bandung destinasi ini menjadi salah satu tempat wisata yang harus kalian kunjungi. Apalagi bagi kalian yang ingin mencari tempat untuk menenangkan pikiran, maka wisata ini tidak boleh kalian lewatkan. Karena disini kalian akan di tawarkan keindahan alam yang sangat mempesona.

Harga Tiket atau HTM Curug Dago

curug dago

Jika kalian ingin mengunjungi destinasi ini, Alangkah lebih baiknya bila kalian mencari beberapa informasi terlebih dahulu. Apalagi bagi kalian yang belum pernah sama sekali atau baru pertama kali ini akan mengunjungi wisata Curug Dago. misalkan seperti informasi tentang akses lokasi, fasilitas, dan biaya yang diperlukan.

Semua itu bertujuan agar pengunjung bisa mempersiapkan diri sehingga bisa lebih mudah disaat berada di lokasi wisata. Dengan demikian kalian dapat lebih tenang dan bisa menikmati suasana dengan lebih santai. sehingga liburan berasa lebih bermakna, karena segala sesuatunya sudah di persiapkan dari tenaga, waktu dan keuangan.

Bicara mengenai biaya wisata, pasti lepas dengan harga tiket masuk. Karena selain biaya makan, transportasi dan penginapan (bagi yang bermalam) para wisatawan harus memperhitungkan juga Harga Tiket Masuk (HTM). Termasuk jika kalian ingin mengunjungi Curug Dago, sebab wisata ini di kenai biaya masuk bagi siapapun yang ingin berkunjung.

Bagi siapapun yang akan mengunjugi Curug Dago akan dikenakan biaaya HTM / harga tiket masuk sebesar Rp.15.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan sebasar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat (Mobil). Namun perlu di ingat, bahwa harga tersebut, sewaktu – waktu dapat berubah tergantung dari kebijakan dinas terkait.

Jam Operasional Curug Dago

Selain informasi mengenai harga tiket masuk, para calon wisatawan harus mengetahui juga informasi mengenai jam operasional. Hal itu bertujuan agar pengunjung tidak kecewa setelah tiba di lokasi. Karena bisa jadi tempat wisata, belum di buka, masih tutup atau atau sudah tutup karena diluar jam operasional. Hal ini tentu saja membuat kesal apalagi bagi wisatawan yang datang dari luar bandung.

Untuk jam operasional, Biasanya dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan jam 17.00 Wib. waktu tersebut juga berlaku untuk weekend ataupun weekdays. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah si pagi hari ataupun sore hari. Hal iu bertujuan agak kalian dapat lebih menikmati pesona keindahan dan kesejukan dari destinasi tersebut. Sebab di waktu waktu tersebut, udara masing sangat terasa segar yang akan membuat kalian merasa lebih rilek.

Rute dan lokasi Curug Dago

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa desituinasi wisata ini berada di desa DAgo, Kecamatan Coblong, Kota bandung, jawa Barat. Yang mana curug ini hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota bandung.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi atau berlibur destinasi ini ada dua opsi jalan yang bisa kalian pilih. Yang pertama kalian bisa lewat jalan Taman budaya Ganesha atau bisa juga melalui jalan seberang Terminal Dago. Kalian juga tidak perlu khawatir dengan kondisi akses jalan. Sebab kedua jalur tersebut cukup mudah dan lancar serta kondisi jalan yang cukup baik.

Namun kalian perlu hati hati, sebab jalan yang menuju curug terbilang cukup sempit. Namun pengunjung akan merasa nyaman ketika di jalan tersebut. Sebab selain jalan sudah dalam kondisi baik, kalian akan di suguhkan dengan pemandangan, pepohonan dengan dedaunan lebat selama perjalanan menuju curug.

Setelah kalian melihat plang dengan tulisan Curug dago, dengan kondisi sedikit usang, kalian bisa langsung ikuti jalur tersebut. Kemudian sesudah sampai ke curug, kalian akan melihat jembatan yang menghubungkan sisi kiri dan kanan. Sedangkan untuk menuju air terjun yang terletak di bagian dasar, Kalian harus turun melalui beberapa anak tangga sekitar 100 Meter.

Daya Tarik

Curug Dago memiliki Pesona keindahan yang sudah tidak diragukan lagi, bahkan keindahannya telah diakui oleh banyak wisatawan. Bukan hanya itu kalian juga akan di sambut oleh masyarakat sekitar yang sangat ramah terhadap semua pengunjung yang datang. Tapi ingat sebagai pengunjung kalian juga harus sopan dan taat aturan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Curug ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang sering di kunjungi oleh para wisatawan. sebab tempat ini dikelilingi oleh dataran tinggi sehingga memiliki udara dan hawa yang sejuk. Serta menghadirkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang menghabiskan waktu luang berlibur di curug ini baik itu dari bandung maupun dari luar bandung.

Selain itu para wisatawan akan mendapatkan suasana yang tenang dan asri, sebab lokasinya cucup jauh dari pemukiman warga. Bahkan, para pengunjung yang berlibur ke curug ini bisa sekaligus melakukan trekking, sebab untuk menuju curug kalian harus melewati medan yang naik turun. dan tentunya hal tersebut dapat menambah daya tarik sekaligus memberi pengalaman seru ketika berlibur.

Pengunjung juga akan diperlihatkan pemandangan alam air terjun yang mengalir diantara dua tebing, yang mengalir pada celah antara tebing – tebing tersebut yang tingginya mencapai 10 meter. Serta didukung dengan debit air yang bayak mengaliri curug tersebut.

Untuk suasananya sendiri, curug ini masing sangat asri sebab disekitarnya dikelilingi oleh banyak pepohonan. Selain itu, para pengunjung tidak hanya akan mendapatkan keindahan alam yang asri, namun mereka juga akan mendapatkan sejarah yang hebat. Yang mana sejarah tersebut sangat menarik untuk kalian ketahui.

Tapi dari semua itu yang terpenting dari destinasi wisata tersebut adalah memiliki spot foto yang keren. Sehingga kalian bisa berfoto ria, baik sendri maupun bersama – sama dengan keluarga atau teman. dengan demikian kalian akan mendapatkan momen foto yang keren, bahkan tidak kalian dengan destinasi wisata dari luar negeri.

Fasilitas Yang Tersedia

Sebagai Destinasi wisata yang cukup dikenal, pastinya pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan. Seperti diantaranya adalah para penjual di sekitar tempat wisata. Mulai dari penjual kacang rebus, makanan riang hingga mi rebus dan gorengan. Hal itu tentunya kan membantu para pengunjung, apalagi setelah melewati perjalanan yang jauh.

Untuk menunjang kebutuhan para pengunjung, pengelola juga telah menyediakan lahan parkir yang luas. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan yang mereka bawa. Bahkan menurut pegakuan pengelola, lahan parkir tersebut dapat menampung hingga ratusan motor. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan roda empat (mobil) kalian bisa memarkirkannya di komplek Taman Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung.

Sejarah Curug Dago

Dibalik keindahan alam yang menyejukan hati dan mata, Ternyata ada kisah sejarah dibaliknya. Yang konon katanya curug ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan peninggalan raja Thailand. Hal itu dibuktikan dengan terdapatnya prasasti yang di temukan pada curug ini. Menurut penelitian prasasti tersebut merupakan peninggalan dari kerajaan thailand pada abad ke 18.

Pada batu prasasti tersebut ada tulisan yang menunjukan bahwa pada sekitar tahun 1896 Raja Raja Rama V (Raja Chulalongkorn II) yang berasal dari Thailand. Disini juga dituliskan bahwa mereka kembali pada tahun 1901.

Oleh sebab itu banyak wisatawan yang datang dari Tahiland khususnya menjelang hari Waisak, Banyak diantara mereka yang ingin berdoa dan mengetahui lebih dalam tentang sejarah curug dan raja Thailand.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Dago yang terletak di daerah Bandung Jawa Barat. Semoga dengan adanya informasi ini, bisa menambah pilihan baru ketika berkunjung dan liburan ke bandung. selain itu masih banyak detinasi wisata lainnya yang bisa kalian simak pada artikel kami yang lain.