Update Opera Mini Apk Download versi Lama dan Terbaru 2022 Gratis Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Opera Mini Apk Download versi Lama dan Terbaru 2022 Gratis . Berikut ini artikel tentang Opera Mini Apk Download versi Lama dan Terbaru 2022 Gratis baca disini.

Browser termasuk dalam aplikasi yang cukup penting bagi pengguna smartphone. Aplikasi yang bisa dipakai untuk membuka website ini ada banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah Opera Mini Apk yang bisa diinstall untuk smartphone Android.

Tak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan aplikasi Opera Mini untuk diinstall di smartphone. Hal ini dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak keunggulan aplikasi ini yang sangat disukai oleh pengguna. Penasaran bagaimana reviewnya? Simak artikel ini sampai akhir.

Sekilas Tentang Opera Mini Apk

Sekilas-Tentang-Opera-Mini-Apk

Opera Mini dikenal sebagai aplikasi browser yang memiliki tampilan atau interface minimalis dan mudah digunakan oleh siapa saja. Di samping itu, Opera Mini juga sangat mengunggulkan kecepatan browsingnya yang bisa mengalahkan berbagai aplikasi browser lainnya.

Bahkan Opera Mini ini tetap bisa memuat berbagai laman atau website ketika koneksi internet sedang sangat lambat. Lain halnya dengan browser lain yang mungkin tidak mampu melakukan hal ini. Ketika koneksi lambat, maka tidak ada laman yang bisa dimuat.

Sebenarnya, Opera Mini tidak hanya populer bagi pengguna smartphone Android. Aplikasi ini sudah dikenal sejak lama, lebih tepatnya ketika handphone masih menggunakan Java maupun Symbian. Popularitas browser tersebut tidak hilang meski teknologi ponsel sudah jauh berubah.

Aplikasi Opera Mini tersedia untuk platform Android dan bisa didownload secara langsung melalui Google Playstore. Aplikasi tersebut sudah didownload oleh lebih dari 500 ribu pengguna dari seluruh dunia. Sebagian besar pengguna juga merasa puas menggunakannya. Hal ini ditandai dengan rating 4.3.

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Browser

Perbedaan-Opera-Mini-dengan-Opera-Browser

Mengacu data yang ada di Playstore, sebenarnya ada beberapa macam browser Opera, dua yang paling banyak digunakan adalah Opera Browser dan Opera Mini.

Meski sama-sama memiliki nama Opera, ternyata ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar di antara keduanya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara Opera Mini dan Opera Browser.

Perbedaan paling awal yang terlihat dari kedua aplikasi tersebut adalah user interface atau tampilannya. Tampilan dari Opera Mini bisa dibilang cukup berantakan dan kurang tertata. Fitur-fiturnya juga cenderung kurang lengkap. Banyak fitur penting dari Opera yang ‘disunat’.

Opera Mini mengedepankan kesederhanaan dalam tampilan. Sedangkan Opera Browser lebih menitikberatkan pada fungsionalitas aplikasi. Ada banyak fitur canggih yang disertakan dalam aplikasi tersebut. Sistem navigasi yang ada di Opera Browser lebih mudah untuk diakses.

Aspek berikutnya yang membedakan antara Opera Mini dan Opera Browser yaitu performanya. Secara umum, aplikasi Opera Browser cenderung lebih berat untuk dijalankan karena fiturnya sangat lengkap dan canggih.

Sedangkan disunatnya beberapa fitur canggih di Opera Mini justru memberikan keuntungan bagi pengguna. Aplikasi ini cenderung lebih cepat untuk dijalankan dan tidak memerlukan space yang besar di memori internal maupun RAM.

Opera Mini juga dapat bekerja lebih cepat karena terdapat fitur data saver atau hemat daya yang sudah aktif secara default. Sementara pengguna Opera Browser harus mengaktifkan fitur tersebut secara manual untuk merasakan manfaatnya.

Hal terakhir yang membedakan antara Opera Mini dan Opera Browser adalah segi keamanannya. Opera Browser memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan Opera Mini. Pasalnya, Opera Mini menggunakan teknologi enkripsi atau encryption.

Opera Mini bisa memuat laman yang telah dienkripsi. Seluruh situs yang terkirim akan diproses langsung lebih Opera Servers. Selanjutnya, laman tersebut didekripsi dan dienkripsi Kembali. Jadi, Opera Mini akan menampilkan laman terenkripsi yang sudah didekripsi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Opera Mini memiliki beberapa keunggulan seperti lebih cepat, ringan, dan hemat data. Browser ini lebih cocok untuk kamu yang lebih responsivitas dari sebuah aplikasi.

Fitur Lengkap Opera Mini Apk

Fitur-Lengkap-Opera-Mini-Apk

Setelah mengetahui antara perbedaan Opera Mini dan Opera Mobile, sekarang waktunya untuk memahami berbagai fitur yang dimiliki oleh Opera Mini Apk. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Fitur custom tampilan sangat disuai oleh para pengguna sehingga menjadi sala satu yang diunggulkan oleh Opera Mini. Tampilan yang itu-itu saja terkadang membuat pengguna merasa bosan. Oleh karena itu, fitur custom tampilan sangat dinantikan pengguna.

Pengguna Opera Mini bisa melakukan banyak hal seperti mengubah navigasi browser, menyesuaikan tata letak atau layout, dan mengubah warna tema sesuai selera. Dengan fitur ini, kamu tidak akan bisan melihat tampilan Opera Mini dengan warna merah putih yang sudah menjadi ciri khasnya.

Opera Mini sangat memahami kebutuhan pengguna yang sangat gemar menonton video. Aplikasi browser yang satu ini mendukung penggunanya untuk menonton video hasil download secara langsung dari browser. Kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi video player terpisah.

Fitur yang satu ini sangat berguna untuk pemilik smartphone Android yang punya RAM kecil. Dengan Opera Mini, pengguna hanya butuh 1 aplikasi untuk browsing dan menonton video. Tidak perlu multitasking dengan aplikasi lainnya.

Apakah kamu pernah menggunakan Internet Download Manager (IDM) di Windows? Aplikasi tersebut sangat membantu untuk proses download. Di Android, kamu tidak akan menemukan aplikasi serupa. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan browser Opera Mini.

Pasalnya, aplikasi tersebut memiliki fitur bernama Smart Download. Fitur ini membantu pengguna mendeteksi berbagai file yang mungkin bisa didownload. Ini berlaku untuk file audio dan video. Opera Mini akan memberikan notifikasi ketika menemukan media yang mungkin bisa kamu download.

Dengan begitu, pengguna bisa mendownload berbagai file dengan lebih mudah. Selain itu, kecepatan downloadnya juga lebih tinggi dibandingkan dengan browser lain.

Siapa sangka kalau Opera Mini punya fitur File Sharing layaknya Airdrop atau Google Nearby Share. Fitur yang satu ini memungkinkan sesama pengguna Opera Mini mengirimkan file melalui jaringan nirkabel tanpa memerlukan koneksi internet.

Meski fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang saling berdekatan, namun keberadaannya sangat membantu. Tak ada kuota yang perlu terbuang karena tidak memerlukan koneksi internet sama sekali untuk mengirim dan menerima file menggunakan fitur yang satu ini.

Aplikasi yang tidak punya fitur night mode dianggap ketinggalan zaman sekarang. Tentu saja Opera Mini tak ingin dianggap sebagai aplikasi yang jadul. Oleh karena itu, aplikasi ini sudah dibekali dengan Night Mode.

Ketika fitur ini diaktifkan, tampilannya akan berubah menjadi gelap seketika. Didominasi warna hitam, tampilan seperti ini dianggap lebih ramah untuk mata pengguna karena tidak begitu menyilaukan. Penggunaan Night Mode juga bisa menghemat baterai untuk smartphone dengan layar AMOLED.

Menggunakan internet secara terus menerus untuk browsing atau streaming video dapat membuat kuota cepat habis. Hal ini menjadi consent bagi sebagian besar pengguna mobile data. Untuk menghemat penggunaan kuota, Opera Mini memiliki sebuah fitur penting bernama Extreme Data Saver.

Seperti namanya, fitur ini akan membantu pengguna menghemat data ketika sedang menggunakan aplikasi Opera Mini.

Fitur ini memanfaatkan server Opera sebagai jembatan antara pengguna dengan website yang sedang diakses. Data yang berasal dari website tidak langsung dikirimkan kepada pengguna, melainkan dilewatkan ke server Opera terlebih dahulu.

Server akan mengompres data dari website menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Jika sudah berukuran lebih kecil, barulah data tersebut dikirimkan kepada pengguna. Karena ukuran datanya lebih kecil, otomatis pengguna hanya butuh sedikit kuota.

Extreme data saver milik Opera Mini merupakan salah satu yang terbaik dibanding data saver milik browser lain. Pasalnya, fitur ini bisa membantu menghemat kuota hingga 10x lipat.

Sudah bukan hal yang aneh lagi ketika sedang membuka situs tertentu kemudian diarahkan ke laman internet positif atau laman provider internet. Jika menemukan hal ini, artinya situs yang akan dikunjungi tersebut telah diblokir oleh pemerintah atau provider.

Hal ini memang menyebalkan. Tapi kamu tidak perlu risau lagi karena Opera Mini menyediakan fitur VPN. Jika diaktifkan, kamu akan berada di sebuah Virtual Private Network dan terbebas dari aturan pemerintah Indonesia maupun provider.

Artinya, seluruh situs yang sudah diblokir oleh pemerintah dan provider bisa dibuka dengan lancar. Kamu dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur ini sesuai kebutuhan.

Pada penjelasan mengenai perbedaan antara Opera Mini dan Opera Browser sudah dijelaskan bahwa Opera Mini memuat situs yang dienkripsi. Hal ini memiliki satu keunggulan yaitu lebih aman dari kebocoran data.

Selain itu, fitur ini juga membantu pengguna untuk terhindar dari berbagai situs yang mungkin mengandung malware atau virus.

Incognito atau Private Mode dirancang supaya browser maupun situs tidak membaca data lokal yang sudah tersimpan selama sesi pencarian situs. Artinya, seluruh cookies yang coba diberikan oleh situs ke perangkat akan dihapus atau diblokir.

Ketika menggunakan mode ini, seluruh riwayat atau history pencarian tidak akan disimpan. Begitu pula dengan cache, tracker, serta informasi pengguna seperti username, email, dan password. Satu-satunya hal yang mungkin akan tetap tersimpan adalah file hasil download.

Mode ini bisa digunakan jika kamu ingin membuka situs rahasia supaya riwayatnya tidak tersimpan di browser maupun smartphone.

Iklan di situs web memang sangat mengganggu. Terlebih yang bentuknya pop up. Iklan-iklan tersebut justru menutupi konten yang dilihat pengguna. Alih-alih tertarik, pengguna browser justru cenderung benci dengan iklan.

Hal ini disadari betul oleh developer dari Opera Mini. Oleh sebab itu, aplikasi browser yang satu ini sudah dilengkapi dengan ad blocker. Cukup sekali klik untuk mengaktifkannya, setelah itu semua iklan akan otomatis menghilang.

Fitur yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi membaca berita. Ada berbagai berita paling update ditampilkan. Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan setiap hari mengenai berita baru. Jika tidak menyukainya, kamu dapat menonaktifkan fitur ini.

Salah satu alasan terbesar mengapa orang-orang lebih senang menggunakan Opera Mini adalah responsif dan ringan. Aplikasi ini benar-benar langsung memberikan reaksi ketika pengguna memberikan perintah.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan. Selain tidak membebani internal storage karena ukuran filenya begitu kecil, Opera Mini juga tidak memberatkan RAM. Intinya, kamu bisa membuka berbagai situs tanpa lag di aplikasi ini.

 

Link Download Opera Mini Apk

Link-Download-Opera-Mini-Apk

Opera Mini sebenarnya bisa kamu download dan install secara gratis menggunakan Google Playstore yang sudah tersedia di smartphone. Namun di beberapa ponsel mungkin saja opsi install tidak tersedia di Playstore. Umumnya hal ini terjadi karena memori ponsel penuh.

Jika kamu mengalami hal seperti di atas, solusinya adalah mendownload Opera Mini Apk secara manual melalui website penyedia aplikasi. Supaya kamu tidak perlu susah-sudah mencarinya, di bawah ini telah disediakan beberapa link downloadnya.

Versi Tanggal Rilis Ukuran File Link Download
V62.1.2254.60552 5 Januari 2022 (terbaru) 32,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/download/628060552-APK-6d87db852341a4394891f8cb78def6ff?from=versions%2Fversion
V61.0.2254.59937 7 November 2021 17,3 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/61.0.2254.59937-APK
V61.0.2254.59862 22 Oktober 2021 17 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/download/612059862-APK?from=versions%2Fversion
V60.0.2254.59405 18 September 2021 17,4 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/60.0.2254.59405-APK
V59.0.2254.59208 16 September 2021 17,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/59.0.2254.59208-APK
V58.0.2254.58441 8 Agustus 2021 17,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/58.0.2254.58441-APK
V58.0.2254.58245 13 Juli 2021 17,2 MB https://m.apkpure.com/id/opera-mini-fast-web-browser/com.opera.mini.native/variant/58.0.2254.58245-APK

 

Pada tabel di atas terdapat Opera Mini dengan berbagai versi, mulai dari yang paling baru, hingga beberapa versi lama. Kamu tentu bisa memilih untuk mendownload salah satu di antaranya. Pasalnya, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda.

Versi terbaik menurut kamu belum tentu sama dengan pengguna Opera Mini lainnya. Oleh karena itu disediakan beberapa opsi yang bisa dipilih.

Cara Install Opera Mini Apk

Cara-Install-Opera-Mini-Apk

Apabila kamu sudah mendownload file Opera Mini dari link di atas, yang akan didapatkan adalah file Apk. Selanjutnya, file tersebut masih harus diinstall terlebih dahulu secara manual sebelum bisa digunakan. berikut ini langkah-langkah untuk install Opera Mini secara manual.

  1. Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah mengatur izin supaya kamu bisa install aplikasi dari luar Playstore. Pada setiap versi Android, caranya mungkin berbeda. Berikut ini akan dijelaskan cara mengatur izin install aplikasi di Android 9 atau Pie.
  • Buka menu Settings, kemudian pilih submenu App and Notifications.
  • Klik Advanced, kemudian klik lagi pada opsi Special app access.
  • Pilih opsi Install Unknown Apps.
  • Kamu akan melihat daftar aplikasi yang punya akses untuk install aplikasi. Di sini, pilih salah satu aplikasi yang dipakai untuk mengelola file, seperti File Manager atau Google Files.
  • Klik toggle pada Allow from this source untuk mengaktifkannya.
  1. Jika sudah selesai melakukan pengaturan seperti langkah pertama tadi, sekarang kamu bisa membuka File Manager.
  2. Temukan folder tempat kamu menyimpan file Apk yang sudah didwonload sebelumnya. Biasanya, file tersebut akan terletak di folder Download.
  3. Jika sudah menemukan file Apk yang dimaksud, klik pada file
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman untuk instalasi, klik opsi Install.
  5. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu sampai aplikasi tersebut selesai diinstall.
  6. Jika sudah selesai, akan ada keterangan yang muncul di layar.
  7. Kamu bisa memilih salah satu dari dua opsi. Jika ingin keluar dari halaman install tanpa membuka aplikasi, pilih Finish. Jika ingin langsung membukanya, pilih Open.

 

Langkah-langkah menginstall aplikasi secara manual memang lebih rumit dibandingkan menginstall secara langsung dari Playstore. Jika sudah berhasil menginstall aplikasi dengan mengikuti tutorial di atas, kamu bisa menghapus file Apk yang masih tersimpan di internal storage.

Menghapus file Apk akan membantu kamu mengosongkan beberapa megabyte memori internal. Hal ini sangat berharga untuk smartphone Android yang selalu mendapatkan peringatan memori hampir penuh.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan di artikel ini bisa disimpulkan bahwa Opera Mini APK merupakan salah satu browser alternatif pilihan banyak orang. Alasan utamanya adalah lebih ringan dan kaya fitur. Aplikasi ini juga bisa diinstall di smartphone kentang dan tetap bisa berjalan dengan baik.

 

Lihat Juga :