Update Mengenal HP Palsu Fedioli dan Tips Menghindarinya agar Tak Salah Beli Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Mengenal HP Palsu Fedioli dan Tips Menghindarinya agar Tak Salah Beli . Berikut ini artikel tentang Mengenal HP Palsu Fedioli dan Tips Menghindarinya agar Tak Salah Beli baca disini.

Sebagian orang menganggap bahwa membeli barang mewah adalah salah satu terapi. Barang mewah itu seperti HP flagship dari sejumlah merek kenamaan. Ada rasa bahagia, kepuasan, dan kebanggaan ketika orang berhasil memiliki barang mewah.

Hanya, tidak semua orang memiliki “kantong yang tebal”. Maka muncullah dua pilihan, menabung dengan sabar agar bisa membeli HP flagship idaman, atau ambil jalan pintas dengan membeli HP Fedioli.

Mengambil jalan pintas dengan membeli HP Fedioli tidaklah salah jika Anda tahu betul mengenai barang yang Anda beli. Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak menyadari bahwa HP yang mereka beli adalah HP Fedioli.

Apa Itu HP Fedioli?

hp fedioli

Dulu orang punya istilah replika, imitasi, copycat, hingga KW Super. Itulah HP Fedioli. Intinya, HP ini adalah barang palsu yang penampilannya meniru model dari suatu merek. Namanya pun dibuat mirip, sehingga bisa bikin orang awam tertipu.

Dalam penelusuran Carisinyal, Fedioli merujuk sebuah perusahaan bernama Shenzen Feidioli Trading Co. Perusahaan ini sejatinya memproduksi beragam aksesori pendukung smartphone. Mereka membuat charger, kabel data, earphone, case, powerbank, dan lain-lain.

Namun, mereka juga membuat ponsel (replika). Merek Fedioli didaftarkan Shenzen Feidioli Trading Co. pada September 2021. Maka perusahaan ini terbilang baru. Hanya, tidak banyak informasi yang bisa didapat. Alamat dan website perusahaan pun tidak ditemukan.

Mengapa HP Fedioli Ada?

hp fedioli

Suatu barang diciptakan lantaran ada permintaan. Beberapa produsen ada juga yang baru menciptakan pasar setelah merilis suatu produk. Dalam pandangan kami, HP Fedioli masuk ke dalam kategori pertama. Ia ada karena permintaan.

HP Fedioli ada untuk memenuhi dahaga orang yang ingin merasakan punya HP flagship dengan harga murah. Juga buat mereka yang ingin mengoleksi ponsel replika. Jenis konsumen ini jelas tahu apa itu HP Fedioli, sehingga mereka akan cenderung mengabaikan fungsionalitasnya.

Namun, keberadaan HP Fedioli jelas akan menyalahi aturan jika dilabeli sebagai HP asli. Sementara itu, ada banyak calon pembeli yang tidak tahu betul soal barang yang bakal mereka beli.

Seluruh marketplace online memang melarang seller menjual barang palsu. Hanya, ada saja seller nakal yang lolos dari filter. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk waspada.

Ciri-Ciri HP Fedioli

hp fedioli

Berikut ini adalah lima ciri-ciri yang menempel pada HP Fedioli. Perhatikan dengan baik-baik.

1. Nama Produk dan Font yang Aneh

HP Fedioli umumnya meniru bentuk smartphone-smartphone flagship. Misalnya, Samsung Galaxy S Series, OPPO Find X Series, dan vivo X Series. Namun, tidak jarang ada juga HP kelas menengah yang dijiplak modelnya.

Tak hanya menjiplak model, HP Fedioli juga menyontek nama. Tidak sama persis, tetapi namanya bisa dicirikan. Untuk merek vivo, misalnya, beberapa seller yang jujur umumnya menulis dengan “v1v0”. Merek OPPO diketik dengan “0PP0”, sedangkan ponsel jiplakan Samsung langsung ditulis nama modelnya.

Dalam hal ini seperti, “Galaxy Note 10”, “S21 Ultra”, atau “A73 5G”. Berbeda dengan seller yang tidak jujur. Mereka menulis nama HP Fedioli sama seperti model yang dijiplak. Kasus yang seperti ini mesti Anda waspadai!

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, HP Fedioli yang namanya sama persis dengan HP jiplakannya biasanya memakai font yang aneh, beda dari brand yang ditiru. Selain itu, mereka umumnya memberi embel-embel produknya dengan “HP cuci gudang” atau “HP murah”.

2. Harganya Miring

Anda tentu tahu bahwa HP flagship tidak mungkin memiliki harga yang miring. Sebagai contoh, OPPO Find X5 Pro harga rilisnya ada di angka Rp14 jutaan. Sementara itu, Samsung Galaxy S22 Ultra dibanderol mulai dari Rp17 jutaan.

Oleh sebab itu, bila ada HP flagship baru – bukan refurbish, tidak second, dan bukan rekondisi – yang dijual dengan harga ratusan ribu atau 1 jutaan, sudah dipastikan itu adalah HP Fedioli.

3. Deskripsi Spesifikasi Tidak Sesuai

Jual beli yang adil adalah ketika seseorang menerima sesuatu yang sesuai dengan nominal yang ia keluarkan. Pemahaman ini akan pas ketika seseorang mengetahui bahwa barang yang ia beli adalah HP Fedioli.

Namun, bagaimana jika tidak? Tentu akan timbul rasa kecewa. Ia serasa ditipu karena sebagian seller HP Fedioli menyertakan deskripsi spesifikasi yang tidak sesuai. Mereka asal comot deskripsi spesifikasi model HP yang dijiplak.

Sebagai contoh, di deskripsi tertulis bahwa kapasitas memori internalnya 128 GB, ternyata setelah dicek tidak sampai setengahnya. Begitu pula dengan ketidaksesuaian-ketidaksesuaian lain seperti kapasitas RAM, baterai, jumlah kamera, jenis SoC yang dipakai.

4. Kinerja Ponselnya Buruk

Spesifikasi yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan mengapa kinerja HP Fedioli buruk. Bahkan, jika dibandingkan dengan HP kelas entri di harga yang sama, kinerja HP Fedioli masih lebih buruk. Tak jarang mereka yang pernah membeli HP Fedioli merasa kecewa berat.

Beragam keluhan membanjiri kolom komentar produk. Ada yang bilang baterainya cepat habis, hasil jepretannya burik, hingga ponsel gampang panas. Parahnya lagi, ada yang berujar bahwa apliikasi wajib seperti WhatsApp gagal dijalankan.

5 Build Quality Tidak Bagus

Perusahaan pembuat HP Fedioli sepertinya belum punya standar mutu tinggi seperti Xiaomi, vivo, OPPO, realme, Huawei, dan merek Tiongkok lainnya. Itulah mengapa HP Fedioli punya build quality yang dari kata bagus.