Update Membedah 10 Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 IV Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Membedah 10 Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 IV . Berikut ini artikel tentang Membedah 10 Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 IV baca disini.

Sony kembali bersaing di pasar ponsel flagship dunia dengan memperkenalkan Sony Xperia 5 IV. Ini merupakan smartphone flagship dengan desain kompak dengan spesifikasi yang bersaing di kelasnya. HP ini hadir sebagai pilihan baru di antara banyak HP premium yang mengusung desain besar bahkan desain layar lipat.

Sony Xperia 5 IV tidak hanya hadir dengan desain baru, tetapi juga sejumlah fitur baru. Salah satunya fitur kamera profesional yang diklaim sangat membantu Anda penyuka fotografi. Apalagi, Sony menghadirkan sektor kamera yang cukup lengkap, termasuk adanya kamera telephoto.

Tidak hanya itu, meski berukuran kompak, Sony tetap menghadirkan fitur slot microSD, audio jack 3,5mm dan tentu saja layar yang berkualitas tinggi. Ketiga hal ini sayangnya, sering dilupakan produsen lain dalam jajaran HP flagship saat ini. Dan, hadirnya ketiga fitur ini seakan menambah nilai lebih HP Sony ini.

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai Sony Xperia 5 IV? Apakah ponsel ini hanya mengandalkan desain kompak dan sektor kamera saja? Simak tabel plus-minus Sony Xperia 5 IV berikut ini.

Kelebihan Kekurangan
Desain Kompak yang Klasik
Layar OLED dengan Warna Akurat dan Pemindai Sidik Jari
Suara Stereo Speaker Jernih Dan Keras
Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni
Kamera 12 MP Dengan Pro Camera App
Fast Charging 30W
Permasalahan di Refresh Rate Layar
Fingerprint Lambat
Tidak Ada Kamera Periscope
Tanpa Charger dan Kabel di Kotak Kemasan
Kekurangan 1
Kekurangan 2

Jika ingin mengetahui lebih dalam, simak penjelasan kelebihan dan kekurangan Sony Xperia 5 IV ini sampai habis.

Spesifikasi Sony Xperia 5 IV

Sony Xperia 5 IV
Layar OLED 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kelebihan Sony Xperia 5 IV

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Sony Xperia 5 IV. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Kompak yang Klasik

sony xperia 5 IV desain 2_

Sony Xperia 5 IV merupakan salah satu HP dengan desain kompak yang sangat elegan dan tampak klasik. Sony bahkan menghadirkan kembali desain khas Xperia series yang tidak lekang oleh waktu, dengan bentuk mengkotak khasnya.

Sony juga menghadirkan sesuatu yang berbeda  pada area depan, dimana HP ini tidak menggunakan poni, sehingga layar nampak luas. Untuk panel layar depan memakai panel Gorilla Glass Victus. Menariknya, bagian layar hadir dalam dua lapis panel agar lebih kuat dan tahan gores.

Beralih ke area belakang, Sony juga menggunakan panel Gorilla Glass Victus. Panel ini dirancang dengan finishing yang elegan dan nampak klasik bersama rangka metal sekeliling bodi. Sayangnya, panel kaca ini terasa licin di tangan. Untungnya, bodi HP ini cukup kompak, sehingga panel licin tidak menjadi masalah serius. 

sony xperia 5 iv_

Di area belakang ini hadir modul kamera yang berbentuk oval memanjang berisi 3 buah kamera. Di atas modul terdapat RGB sensor dan LED Flash. Di bagian tengah bodi terdapat tulisan khas SONY. Daya tarik muncul pada modul kamera karena adanya logo ZEISS T*.

HP Sony terkenal sebagai HP yang awet dan anti air. Hal ini juga berlanjut dalam seri Xperia 5 IV ini. Sony sudah menghadirkan sertifikasi IP65 dan IP68 pada HP ini. Artinya, HP ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 1,5 meter dengan aman.

Bicara dimensi, ponsel ini hanya memiliki ukuran 156 x 67 x 8,2 mm dengan berat 172 gram. Dimensi ini sangat kompak sehingga memudahkan Anda beraktivitas seharian.

2. Layar OLED dengan Warna Akurat dan Pemindai Sidik Jari

sony xperia 5 IV layar_

Layar Sony Xperia 5 IV menggunakan ukuran 6,1 inci. Layar inl memakai panel AMOLED dengan resolusi FHD+ 2520 x 1080 piksel. Selain itu, layar ini memiliki aspek rasio 21:9 yang khas Sony. Spesifikasinya cukup mengesankan untuk sebuah HP kompak.

Layar ini memiliki sejumlah keunggulan yang menarik. Salah satunya ialah panel layarnya masih menampilkan warna yang akurat. Selain itu, layar ini juga cukup terang. Sony  mengklaim bahwa kecerahan layar ini 50% lebih terang daripada seri Xperia sebelumnya.

Sony menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna 10 bit atau sebanyak 1,07 miliar. Layarnya juga diklaim memiliki tingkat kecerahan 1000 nits, punya rasio kontras 8 juta:1, dan keluaran warnanya akurat yang ditunjukkan oleh nilai DeltaE 1,45.

SONY XPERIA 5 IV 1_

Daya tarik layar lainnya ialah adanya mode kualitas gambar yang terdiri dari mode standar dan mode kreator. Nah, dalam mode kreator ini, layar akan menampilkan warna yang lebih akurat dan jelas. Mode ini cocok digunakan untuk aplikasi yang benar-benar membutuhkan akurasi warna.

Oh iya, layar Sony Xperia 5 IV mendukung refresh rate 120 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan pun mulus serta responsif. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

Seluruh penguji merasa puas dengan kualitas layar Sony Xperia 5 IV. Menurut Tom Bedford dari Techradar, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah di kondisi outdoor sekalipun. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video.

3. Suara Stereo Speaker Jernih Dan Keras

sony xperia 5 IV speaker_

Kualitas visual HP Sony tak perlu diragukan lagi. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan multimedia yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Perihal itu telah diusahakan Sony melalui penyematan speaker stereo.

Speaker utama HP Sony ini ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece. Sony menghadirkan Dynamic Vibration System yang membuat suara tetap lantang tanpa menggetarkan rangka dan bodi HP.

Walau tidak ada embel-embel seperti JBL, Harman Kardon, atau Bang & Olufsen, speaker stereo HP ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang prima.

4. Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni 

sony xperia 5 IV chipset_

Sebagai HP flagship, Sony Xperia 5 IV diperkuat oleh SoC Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm. Chipset Snapdragon ini tentu lebih baik daripada seri Xperia sebelumnya yang masih memakai Snapdragon 888.