Update Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Untuk Transfer Uang Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Untuk Transfer Uang . Berikut ini artikel tentang Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya Untuk Transfer Uang baca disini.

pdamtirtasukapura.co.idKode Bank Mandiri terdiri dari tiga angka/ digit seperti kode bank pada umumnya. Untuk dapat melakukan transfer antarbank ke bank Mandiri, biasanya nasabah membutuhkan sebuah kode agar transaksi transfer uang bisa berjalan dengan baik atau berhasil. Setiap bank mempunyai kode yang berbeda-beda, baik bank swasta, konvensional ataupun bank syariah. Kode tesebut berfungsi agar memudahkan nasabah proses transaksi.

Kode bank dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk supplier yang berkedudukan di Indonesia. Kata-kata tersebut merupakan kutipan dari buku Manajemen Supplier pada Sistem Pembendaharaan dan Anggaran Negara, yang disusun oleh Adi Setiawan dan Pramudia Mulyono Muslim. Sedangkan kode bank untuk suplier yang berkedudukan diluar negeri menggunakan kode swift. Fungsi dari kode bank ini digunakan untuk sebagai salah satu kode unik.

Kode bank merupakan bagian dari identitas masing-masing bank. Agar mereka tahu, kode tersebut dari bank mana saja. Kode tersebut bisa kalian gunakan untuk keperluan mengirim uang dengan menggunakan ATM agar tidak perlu mengantri di teller. Akan tetapi, jika kode dimasukkan berbeda, otomatis transaksi yang kalian lakukan akan gagal. Maka dari itu, penting sekali untuk kalian mengetahui kode-kode semua bank agar transaksi jadi lebih mudah.

Berapa Kode Bank Mandiri ?

Kode Bank Mandiri yaitu 008. Tiga digit angka ini berlaku juga sebagai kode bank mandiri Tabunganku. Dengan begitu, kode tersebut bisa digunakan untuk berbagai jenis produk tabungan Bank Mandiri. Seperti yang sudah kalian ketahui, Bank Mandiri merupakan bank milik Pemerintah Indonesia yang menawarkan beragam produk perbankan. Melalui Bank tersebut, kalian bisa membuat rekening bank yang mempunyai banyak sekali manfaat.

Bank Mandiri juga merupakan salah satu Bank BUMN dengan 21,9 juta rekening yang didukung 139 kantor cabang yang beroperasi diseluruh Indonesia. Karena hal tersebut, banyak sekali orang yang membutuhkan kode Bank Mandiri untuk dapat melakukan transaksi transfer uang. Tidak hanya bank konvensional saja mempunyai anak usaha, bank mandiri juga awalnya mempunyai bank syariah mandiri sebagai anak usaha dari bank reguler mandiri.

Namun per tanggal 1 Feb 2021, Bank syariah Mandiri resmi bergabung menjadi bagian dari Bank syariah Indonesia bersama BNI Syariah dan BRI Syariah. Kode transfer bank syariah mandiri berbeda dengan bank mandiri konvensional. Tidak perlu khawatir tentang kode tersebut. Saat kalian melakukan transfer uang melalui mesin ATM, kalian akan mengetahui semu kode antarbank pada mesin ATM tersebut.

Kita juga akan informasikan beberapa kode transfer bank baik mandiri dan juga bank lainnya. Agar saat melakukan transaksi sesama bank atau antar bank kalian sudah tahu tanpa harus melihatnya terlebih dahulu. Namun saat kalian lupa dengan kodenya, bisam lihat daftar kodenya pada mesin ATM, agar tidak terjadi kesalahan.

Daftar Kode Bank Mandiri dan Bank Lainnya

Untuk kalian yang belum tahu kode transfer untuk bank mandiri dan juga bank lainnya bisa lihat dibawah ini. Kita sudah informasikan daftar kode untuk beberapa bank yang harus kalian tahu. Dengan mengetahui kode tersebut, akan memudahkan kalian dalam melakukan transaksi transfer sesama bank ataupun antar bank. Antara lain sebagai berikut :

  1. Kode Bank Mandiri: 008
  2. Kode Bank BNI: 009
  3. Kode Bank Maybank (BII): 016
  4. Kode Bank Muamalat: 147
  5. Kode Bank CIMB NIAGA: 022
  6. Kode Bank CIMB NIAGA SYARIAH: 022
  7. Kode Bank BRI: 002
  8. Kode Bank BCA: 014
  9. Kode Bank Syariah Indonesia eks BNI Syariah: 427
  10. Kode Bank Syariah Indonesia eks Mandiri Syariah (BSM): 451
  11. Kode Bank Syariah Indonesia eks BRI Syariah: 422
  12. Kode Bank BTPN: 213
  13. Kode Bank BTPN Syariah: 547
  14. Kode Bank Permata: 013
  15. Kode Bank Permata Syariah: 013
  16. Kode Bank DBS Indonesia: 046
  17. Kode Bank BTN: 200
  18. Kode Bank Danamon: 011
  19. Kode Bank Mega: 426
  20. Kode Bank Sinarmas: 153
  21. Kode Bank Commonwealth: 950
  22. Kode Bank OCBC NISP: 028
  23. Kode Bank BUKOPIN: 441
  24. Kode Bank BUKOPIN Syariah: 521
  25. Kode Bank BCA Syariah: 536
  26. Kode Bank Panin: 019
  27. Kode Bank Sumitomo Mitsui Indonesia: 045
  28. Kode Bank BNP Paribas Indonesia: 057
  29. Kode Bank Capital Indonesia: 054
  30. Kode Bank Woori Indonesia: 068

Kode Bank Mandiri diatas mempunyai kegunaan untuk dapat mempermudah kalian dalam melakukan transaksi transfer. Nantinya kode tersebut akan digunakan untuk proses identifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank.

Biaya Transfer ke Rekening Mandiri

Transfer antar bank tidaklah gratis, maka dari itu kalian wajib tahu biaya transfer antarbank selain bank mandiri. Untuk transfer ke rekening Mandiri dari BRI, BNI dan BTN melalui ATM berlogo Link. Kalian akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 4.000 per transaksi. Sedangkan untuk ATM Bank Lainnya seperti BCA, CIMB Niaga, Bank Jateng dan bank lainnya. Kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500 per satu kali transaksi.

Wajib kalian tahu, bahwa BRI, BNI, Mandiri dan juga BTN merupakan bank yang masuk kedalam himpunan bank-bank milik Negara. Sehingga untuk biaya transfer antar empat bank tersebt akan jauh lebih terjangkau dari bank lainnya. Biaya tersebut hanya berlaku untuk transfer di ATM berlogo Link.

Cara Transfer ke Bank Mandiri Melalui ATM

Buat kalian yang belum tahu cara transfer ke bank mandiri melalui ATM, bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini. Perlu kalian tahu, biaya transfer akan langdung dipotong dari rekening pengirim saat melakukan transaksi transfer uang. Jadi pastikan saldo yang kalian punya mencukupi saat transfer ke rekening Mandiri. Sebagai contoh kita akan berikan cara transfer BRI ke rekening Mandiri melalui ATM. Caranya sebagai berikut :

  1. Pertama, datang ke gerai ATM terdekat sesuai dengan jenis rekening yang kalian punya.
  2. Kemudian, masukkan kartu ATM dislot kartu pada posisi yang benar, untuk menghindari tertelannya kartu.
  3. Setelah itu, kalian pilih bahasa yang dimengerti, seperti “Bahasa Indonesia”.
  4. Silahkan masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka. Pastikan pin tersebut benar agar tidak memasukkan 3 kali berturut-turut, karena bisa otomatis terblokir.
  5. Layar monitor akan menampilkan beberapa pilihan menu transaksi. Untuk transfer, kalian pilih menu “Transfer Lainnya”.
  6. Dilanjutkan dengan memilih menu “Transfer” kemudian pilih menu “Ke Rekening Bank Lain”.
  7. Kalian akan diminta memasukkan ode bank tujuan atau bank Mandiri “008” dan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Seperti contoh :0081122334456. Setelah memastikan kode bank dan nomer rekening tujuan benar, lanjutkan dengan memilih menu “Benar”.
  8. Kemudian kalian diminta memasukkan nomor referensi transfer, kalian boleh kosongkan karena tidak wajib diisi. Langsung pilih “Benar”.
  9. Bisa langsung masukkan jumlah nominal yang ingin kalian transfer ke nomor rekening tujuan. Setelah memasukkan nominalnya kalian pilih “Benar”.
  10. Layar monitor akan menampilkan data konfirmasi transfer yang beisi nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilihk rekening tujuan, dan jumlah nominal yang akan ditransfer. Langsung pilih menu “Benar”.
  11. Kalian tunggu proses transaksi sampai dengan dengan selesai.
  12. Setelah berhasil, maka slot print ATM akan mengeluarkan kertas struk sebagai tanda bukti bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  13. Kalian ambil struk tersebut dan jangan lupa ambil kembali kartu ATM sebelum meninggalkan mesin ATMnya.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa kita informasikan mengenai Kode Bank Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian semuanya. Terimakasih juga telah membacanya sampai dengan selesai dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!