Update Kode Bank BSI dan Kode Swift Terbaru 2022 untuk Transaksi Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Kode Bank BSI dan Kode Swift Terbaru 2022 untuk Transaksi . Berikut ini artikel tentang Kode Bank BSI dan Kode Swift Terbaru 2022 untuk Transaksi baca disini.

pdamtirtasukapura.co.id – Indonesia sendiri memiliki 3 bank terbesar syariah yaitu Bank BRI Syariah, BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah. Ketiganya telah bekerjasama dengan menggabungkannnya menjadi Bank Syariah Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat di Indonesia. Dan yang menjadi pertanyaan adalah apa Kode Bank BSI tersebut?

Perlu kalian ketahui, bank syariah indonesia disebut sebagai bank dengan berbasis syariah dan memegang aturan hukum islam yang berlaku. Karena, BSI akan mengutamakan syariat islam didalamnya untuk melayani para nasabah di Indonesia. Perilisan bank syariah sendiri belum lama dilakukan, namun sudah banyak nasabah dari bank tersebut.

Tentu saja banyak dari mereka yang mengalami perpindahan nasabah. Dimana, awalnya berasal dari nasabah BRI Syariah, BNI syariah, hingga Mandiri Syariah telah pindah secara langsung menjadi nasabah BSI. Tak jauh berbeda dengan bank yang lainnya, kalian bisa menggunakan bank syariah indonesia untuk layanan tertentu. Misalnya melakukan transfer, maka dari itu penting untuk kalian mengetahui kode bank BSI yang berlaku saat ini.

Dan untuk mengetahuinya lebih rinci, kalian bisa menyimak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Sekilas Tentang Bank Syariah Indonesia

Kami akan berikan rincian mengenai BSI yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Pasalnya BSI merupakan kependekan dari Bank Syariah Indonesia, jika mendengar nama ini tentu saja kalian sudah sangat familiar sekali bukan. BSI sendiri merupakan sebuah hasil penggabungan atau merger dengan 3 bank syariah lainnya.

Yang sebelum nya memang telah beroperasi lama di negeri ini, dan bebetapa bank syariah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Bank Mandiri Syariah
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI Syariah)
  • Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah)

Pasalnya ke-3 merger tersebut telah dimulai pada tanggal 1 Februari 2021 kemarin, dan telah diselesaikan 1 November 2021. Selain itu, perencanaannya telah berlangsung sejak tahun 2020 lalu. Dengan adanya ketiga penggabungan bank syariah BUMN ini memiliki tujuan agar bisa memudahkan pengembangannya.

Dan pada proses merger tersebut, para nasabah rekening Mandiri, BNI syariah dan BRI yang direkomendasikan untuk migrasi. Setelah berhasil Migrasi, para nasabah bisa mendapatkan buku tabungan, akun mobile banking, buku tabungan baru dan lainnya.

Jika masih belum paham, bank syariah sendiri adalah sebuah perbankan yang telah menggunakan beberapa syariat atau aturan hukum islam untuk bisa menjalankan kegiatan usaha tersebut. Pasalnya, cara kerja dari bank syariah sendiri tak jauh berbeda dengan bank konvensional, dan perbedaannya adalah aturan yang digunakan didalamnya.

Kode Bank BSI untuk Transfer 2022

Perlu kalian ketahui jika masing-masing bank memiliki kode yang berbeda dan sifatnya unik. Pasalnya, kode ini adalah identitas dari game bank tersebut dan memiliki perbedaan. Intinya, setiap bank memiliki kode yang berbeda dengan bank lainnya. Kode bank memiliki 3 digit angka.

Selain itu, manfaat dari kode bank tersebut untuk memudahkan para nasabah melakukan transfer dana ke bank yang lain. Seperti menggunakan ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking dan lainnya. Maka dari itu, kalian wajib mengetahui kode suatu bank agar proses pengiriman uang bisa berjalan dengan lancar.

Pasalnya, kode BSI yaitu 451. Namun, sayang sekali jika kode ini sudah tidak berlaku lagi dan tidak bisa digunakan oleh para nasabah. Karena, BSI sendiri merupakan hasil dari merger ke-3 bank yang berbeda-beda. Kode bank 451 ini hanya bisa digunakan oleh kalangan nasabah BSI 3x pemegang rekening bank syariah mandiri.

Selain itu, kode ini juga bisa digunakan untuk para ex nasabah BRI serta BNI Syariah yang berhasil melakukan Migrasi ke rekening BSI. Untuk para nasabah BSI sendiri yang menggunakan nomor rekening lama, misalnya BNI Syariah atau BRI Syariah bisa menggunakan kode lama. Silahkan lihat detailnya dibawah ini.

  • Nasabah BRI Syariah yang tidak melakukan Migrasi Ke rekening BSI dan masih menggunakan kode 427. Misalnya, kode BRISyariah sebelum merger ke BSI
  • Pasalnya, hal serupa juga dilakukan oleh kalangan nasah BNI syariah yang tidak melakukan pemindahan rekening BSI. Kode yang kalian gunakan yakni 422
  • Kode BSI untuk ex Bank Mandiri Syariah yaitu 451

Kalian bisa mencoba beberapa kode bank diatas untuk bisa melakukan transfer antar bank yang lain dengan mudah. Pasalnya, selain beberapa kode bank tersebut, BSI juga telah menyiapkan kode transfer swift bank.

Karena hal ini sudah biasa digunakan kalangan pengguna yang hendak melakukan transfer dari bank luar negeri ke bank syariah indonesia. Kalian bisa melihat detailnya dibawah ini.

  • Kode Swift Syariah Indonesia ex BRI Syariah yaitu BROSDJA
  • Kode Swift Syariah Indonesia ex BNI Syariah yaitu SYNIIDJA
  • Kode Swift Syariah Indonesia ex Mandiri Syariah yaitu BSMDIDJA

Biaya Admin Transfer ke Bank Syariah Indonesia

Setelah mengetahui beberapa Kode Bank BSI, maka penting untuk kalian ketahui juga berapa biaya transger ke bank syariah tersebut. Pasalnya, proses transfer dikenakan biaya admin sebesar 6.500 rupiah ke bank yang lainnya.

Tapi, jika kalian transfer uang ke sesama bank tersebut. Kalian tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Pasalnya, hal ini juga berlaku untuk bank lainnya. Sudah menjadi hal umum, jika proses transfer uang ke sesama bank akan dibebaskan biaya admin, dan sebalinya.

Cara Transfer ke Bank Syariah Indonesia

Setelah menyimak lebih detail mengenai kode bank syariah Indonesia tersebut, mungkin kalian masih belum paham bagaimana Cara Transfer ke Bank Syariah Indonesia tersebut? Pasalnya, proses transfer uang bisa kalian lakukan dengan cepat dan mudah, dan berbeda dengan bank yang lainnya.

Jika masih belum paham, kalian bisa menyimak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke gerai ATM disekitar kalian
  2. Setelah itu, masukkan kartu debit yang kalian punya
  3. Jika sudah, tentukan bahasa yang digunakan
  4. Pilih Bahasa Indonesia
  5. Selanjutnya masukkan 6 digit PIN ATM kalian
  6. Dan klik menu transaksi lainnya
  7. Klik opsi transfer
  8. Setelah itu, klik transfer ke bank lainnya
  9. Jika berhasil, masukkan kode bank BSI yang telah disebutkan diatas
  10. Seperti untuk ex BRISyariah yaitu 422, ex BNISyariah yaitu 427

Untuk ex Mandiri Syariah sendiri bisa menggunakan 45, silahkan masukkan nomor rekening tujuan kalian. Kemudian, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Selanjutnya, tekan tombol Benar
  2. Dan masukkan jumlah nominal transfer yang hendak dikirimkan
  3. Klik Benar
  4. Kemudian, periksa data yang ada di layar ATM kalian
  5. Setelah sudah benar, klik YA
  6. Silahkan tunggu hasilnya beberapa saat
  7. Dan mesin ATM akan mengeluarkan bukti pengiriman uang
  8. Selesai

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai Kode Bank BSI yang telah kami share diartikel ini, kalian bisa menentukan salah satu kode berdasarkan bank yang kalian gunakan. Dengan begitu, proses transfer bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun. Ikuti semua cara yang telah kami share diatas, semoga bermanfaat. Terimakasih.