Update Inilah 6 Perbedaan ZTE Blade V40 Vita dan ZTE Blade V40s Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Inilah 6 Perbedaan ZTE Blade V40 Vita dan ZTE Blade V40s . Berikut ini artikel tentang Inilah 6 Perbedaan ZTE Blade V40 Vita dan ZTE Blade V40s baca disini.

Pada Oktober, ZTE Blade V40s menjadi salah satu produk terbaru dari ZTE yang dirilis secara global di Malaysia. ZTE Blade V40s ini hadir untuk melengkapi lini ZTE Blade V40 Series sekaligus menjadi versi lebih tinggi daripada ZTE Blade V40 Vita yang telah lebih dulu rilis pada September 2022 di Indonesia.

Bisa dibilang, ZTE Blade V40s ini dirilis sebagai versi perbaikan dari ZTE Blade V40 Vita, sehingga tidak heran jika HP ini memiliki beberapa sektor yang ditingkatkan. Beberapa sektor yang ditingkatkan tersebut meliputi desain yang lebih premium, kemampuan layar, chipset, serta spesifikasi kamera dengan resolusi tinggi.

Meskipun begitu, apakah peningkatan-peningkatan yang dialami oleh ZTE Blade V40s ini setara dengan harga yang ditawarkan? Atau justru ZTE Blade V40 Vita sebagai versi paling rendah di lini serinya masih mengungguli untuk beberapa sektor?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di atas, Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan yang ada pada ZTE Blade V40 Vita dan ZTE Blade V40s. Untuk itu, jika Anda penasaran, silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi ZTE Blade V40 Vita

zte blade v40 vita_
Layar IPS LCD 6.75 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi ZTE Blade V40s

ZTE Blade V40s
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


5 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan ZTE Blade V40 Vita dan ZTE Blade V40s

Setelah melihat sekilas spesifikasi kedua HP tersebut, terdapat beberapa perbedaan yang ditunjukkan. Namun, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan ZTE Blade V40 Vita dan ZTE Blade V40s, berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa Anda simak.

1. Desain Tampilan

zte blade v40s

Dari sisi desain dan tampilan, ZTE Blade V40s hadir dengan membawa desain yang lebih sederhana dan memberikan kesan premium. Di bagian belakangnya, HP ini memiliki bodi dengan tekstur khas yang membuatnya nyaman ketika digenggam, terlebih lagi desainnya yang datar.

Selain itu, di bagian belakangnya juga terdapat dua modul kamera berbentuk lingkaran yang menyimpan tiga kamera dan satu Flash LED yang dibawanya. Modul kamera tersebut disusun vertikal dengan lingkaran paling atas diisi oleh satu kamera utama, dan lingkaran di bawahnya berisi dua kamera serta satu Flash LED.

Desain modul kamera tersebut bisa dibilang unik dan berbeda dari ZTE Blade V40 Vita yang mengusung modul standar berbentuk persegi panjang dan kamera yang disusun secara vertikal.

Menariknya, modul kamera paling atas yang dimiliki ZTE Blade V40s ini dilengkapi lampu LED yang bisa menyala ketika ada notifikasi, mengisi daya, dan sebagainya.

Beralih ke bagian depan, ZTE Blade V40s ini terlihat lebih luas dan lega berkat desain bezelnya yang lebih tipis serta notch berbentuk punch hole sebagai tempat bagi kamera depan. Sedangkan ZTE Blade V40 Vita memiliki bezel yang lebih tebal dan menggunakan desain V pada notch-nya.

Dari segi kenyamanannya, bisa dibilang ZTE Blade V40s ini lebih nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama, sebab bobot dan ketebalan yang dimilikinya lebih kecil yaitu hanya 184 g dengan dimensi 163,5 x 75,8 x 7,6 mm. Sedangkan ZTE Blade V40 Vita memiliki bobot lebih berat yaitu 214,3 g dengan dimensi 168 x 77,5 x 9,4 mm.

2. Kemampuan Layar

zte blade v40s

ZTE Blade V40s juga mengalami peningkatan pada kemampuan layarnya yaitu dengan ukuran yang lebih kecil 6,67 inci dan telah menggunakan panel AMOLED sehingga warna dan kenyamanan yang dihasilkan menjadi lebih terjamin. Sedangkan ZTE Blade V40 Vita memiliki ukuran 6,75 dan masih menggunakan panel IPS LCD.

Selain itu, resolusi yang berhasil dicapai juga telah mencapai resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan mencapai angka 395 ppi. Berbeda dengan ZTE Blade V40 Vita yang hanya mencapai resolusi Full HD atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan pikselnya mencapai 260 ppi.

Meskipun masih menggunakan panel IPS LCD dan resolusi yang lebih rendah, ZTE Blade V40 Vita ini ternyata memiliki refresh rate yang lebih tinggi yaitu mencapai 90 Hz. Sedangkan ZTE Blade V40s hanya memiliki refresh rate 60 Hz saja.

Dengan kata lain, resolusi yang ditampilkan oleh ZTE Blade V40s ini memang lebih tinggi dengan warna yang lebih tajam, tetapi ZTE Blade V40 Vita memiliki pergerakan animasi yang lebih mulus dan respons yang lebih cepat.

3. UNISOC T606 vs UNISOC Tiger T618

ZTE Blade V40 Vita

Beralih ke sektor dapur pacunya, ZTE Blade V40s di atas kertas lebih unggul karena menggunakan chipset UNISOC Tiger T618. Chipset dengan fabrikasi 12 nm ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A75 dengan frekuensi 2,0 GHz untuk performa dan enam core Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz untuk efisiensi dayanya.

Agar memiliki performa yang lebih optimal, chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis GPU ARM Mali G52 MP2 dengan frekuensi 850 MHz menggunakan arsitektur Bifrost. Selain itu, terdapat juga memori RAM berkapasitas 6 GB dan memori internal dengan kapasitas 128 GB. Jika masih kurang, Anda bisa menggunakan slot microSD yang telah disediakan.

Sementara itu, di sisi lain, ZTE Blade V40 Vita hanya menggunakan chipset UNISOC T606 untuk tenaga utamanya. Chipset ini juga memiliki arsitektur sama dengan fabrikasi 12 nm dan prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari dua core performa Cortex A75 dengan frekuensi 1,6 GHz dan enam core efisiensi daya Cortex A55 dengan frekuensi 1,6 GHz.

Kartu pengolah grafis yang dimiliki chipset ini adalah GPU Mali G57 MP1 yang memiliki frekuensi 650 MHz dan menggunakan arsitektur Valhall. Performanya juga dibantu oleh kapasitas memori RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Tenang saja, HP ini juga menyediakan slot khusus untuk menambah kapasitas memori menggunakan microSD.