Update Inilah 5 Perbedaan Sharp Aquos V6, Aquos V6 Plus, dan Aquos V6 5G Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Inilah 5 Perbedaan Sharp Aquos V6, Aquos V6 Plus, dan Aquos V6 5G . Berikut ini artikel tentang Inilah 5 Perbedaan Sharp Aquos V6, Aquos V6 Plus, dan Aquos V6 5G baca disini.

Pada November 2022, Sharp kembali merilis produk HP terbarunya di Indonesia setelah absen beberapa bulan yaitu Sharp Aquos V6 5G. Sharp sendiri merupakan perusahaan elektronik kenamaan yang berasal dari Jepang. Sharp Aquos V6 5G ini dirilis khusus di Indonesia sebagai pelengkap dari lini Sharp Aquos V6 Series yang telah dirilis lebih dulu.

Sharp Aquos V6 Series yang dirilis pada awal tahun 2022 juga dibuat khusus untuk Indonesia oleh Sharp dengan membanderol harga sesuai pasar Indonesia yakni HP yang berada di bawah Rp3 jutaan. Seri Sharp Aquos V6 yang lebih dulu dirilis ini memiliki dua model yaitu Sharp Aquos V6 versi reguler dan Sharp Aquos V6 Plus.

Kehadiran Sharp Aquos V6 5G ini bisa dibilang menarik, sebab peluncurannya memiliki jarak yang cukup jauh dari peluncuran model lain di lini seri yang sama yaitu Sharp Aquos V6 dan Sharp Aquos V6 Plus. Lantas, perubahan atau peningkatan apa saja yang dimilikinya? Apa saja perbedaan di antara ketiga model dari Sharp Aquos V6 Series tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu, Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Sharp Aquos V6, Aquos V6 Plus, dan Aquos V6 5G. Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, silakan simak spesifikasi dari masing-masing modelnya terlebih dahulu.

Spesifikasi Sharp Aquos V6

Sharp AQUOS V6
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi Sharp Aquos V6 Plus

Sharp AQUOS V6 plus
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi Sharp Aquos V6 5G

Sharp AQUOS V6 5G
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)


2 MP
(depth)

Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan Sharp Aquos V6, Aquos V6 Plus, dan Aquos V6 5G

Setelah melihat spesifikasi dari setiap model yang ada, sebenarnya tidak terlalu tampak perbedaannya karena ketiganya memiliki spesifikasi yang cukup mirip. Namun, perbedaan tetap ada untuk beberapa sektor. Maka dari itu, simak sampai habis untuk mengetahui perbedaannya lebih jauh.

1. Tampilan Desain

aquos v6 dan v6 plus

Baik Sharp Aquos V6 atau Sharp Aquos V6 Plus, keduanya memiliki tampilan desain yang identik karena dirilis pada waktu yang bersamaan. Keduanya memiliki desain yang ergonomis dengan desain yang datar dan tipis serta sudut yang mulus. Selain itu, desain bodi bagian belakangnya memiliki kualitas Jepang yang baik sehingga nyaman untuk digenggam.

Untuk bodinya, keduanya sama-sama memiliki bodi mulus dengan pantulan cahaya cukup menarik yang menjadikan modul kamera sebagai sumber cahayanya. Sayangnya, desain bagian belakang kedua HP ini sedikit terganggu akibat adanya sensor fingerprint yang berada di tengah.

Masih di bagian belakang, terdapat sebuah modul kamera berbentuk persegi panjang yang menyimpan tiga buah kamera dan satu LED Flash yang disusun rapi secara vertikal. Sementara kamera depan atau kamera selfie-nya disimpan di sebuah notch berbentuk waterdrop atau seperti tetesan air.

Sementara itu, Sharp Aquos V6 5G tampil cukup berbeda karena perilisannya terpaut jarak yang lumayan jauh. Kali ini, Sharp mengusung desain dan tampilan yang lebih kekinian, terlihat dari tidak adanya sensor fingerprint di bagian belakang yang membuatnya lebih bersih dan premium.

Desain yang digunakan untuk bodi bagian belakangnya tidak kalah menarik yaitu dengan adanya garis-garis diagonal sehingga menampilkan tekstur yang khas. Dengan adanya tekstur tersebut, bodi bagian belakang HP ini juga menjadi tahan terhadap noda sidik jari.

Sama seperti model lainnya, Sharp Aquos V6 5G juga dibekali tiga buah kamera yang disimpan di sebuah modul khusus serta disusun sedemikian rupa beserta satu LED Flash sehingga membuatnya terlihat lebih fresh dan baru. Sementara itu untuk bagian depan tidak ada perubahan dengan adanya notch berbentuk waterdrop sebagai tempat untuk kamera.

Sharp Aquos V6 5G ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dua model lainnya yaitu mencapai 195 g dengan dimensi 164,4 x 75,4 x 8,9 mm. Sedangkan Sharp Aquos V6 dan Sharp Aquos V6 Plus memiliki bobot 190 g dengan dimensi 165,2 x 75,5 x 8,9 mm.

Selain itu, Sharp Aquos V6 5G ini sayangnya hanya menawarkan satu varian warna saja yaitu Ungu, padahal dua model yang dirilis lebih dulu menawarkan dua varian warna yaitu Deep Blue Sea dan Grey Sand.

2. Kemampuan Layar

aquos v6 5g

Salah satu peningkatan yang dimiliki oleh Sharp Aquos V6 5G adalah kemampuan layarnya. Dibekali layar berukuran 6,6 inci dengan panel IPS LCD, Sharp Aquos V6 5G kini memiliki refresh rate yang lebih tinggi yaitu mencapai 90 Hz yang bisa disesuaikan secara otomatis sesuai tampilan layarnya. Kecepatan yang dimilikinya ini terinspirasi dari kecepatan seorang ninja yang menjadi ikonnya.

Sementara itu, dua model lainnya yaitu Sharp Aquos V6 dan Sharp Aquos V6 Plus memiliki layar berukuran 6,52 inci dengan panel IPS LCD, tetapi refresh rate yang dimilikinya hanya berada di angka 60 Hz saja.

Meskipun begitu, ketiganya sudah mampu mencapai resolusi HD+ yaitu Sharp Aquos V6 5G mencapai 720 x 1612 piksel dengan kerapatan piksel 267 ppi, serta dua model lainnya dengan 720 x 1600 piksel dan kerapatan pikselnya mencapai angka 269 ppi.

3. Helio G25 vs Dimensity 700

aquos v6 5g

Tidak hanya dari kemampuan layarnya saja, Sharp Aquos V6 5G juga memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dua model lainnya. Performa tersebut salah satunya berasal dari chipset yang digunakannya yaitu MediaTek Dimensity 700.

Chipset ini memiliki fabrikasi 7 nm dan ditenagai oleh prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 dengan frekuensi 2,2 GHz untuk performa dan enam core Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz untuk efisiensi daya. Agar performa yang dihasilkan lebih optimal, chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis GPU Mali G57 MC2.