Update Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T, Apa Saja? Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T, Apa Saja? . Berikut ini artikel tentang Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T, Apa Saja? baca disini.

Xiaomi merupakan satu di antara brand ponsel ternama yang acapkali merilis flagship baru setiap tahunnya. Seri flagship tersebut semula ditandai dengan embel-embel “Mi”, namun kini dihilangkan sehingga menjadi Xiaomi Number series (yang semula “Xiaomi Mi 11” kini menjadi “Xiaomi 12”).

Tidak hanya berhenti di seri nomor, Xiaomi juga menghadirkan seri alternatifnya yang ditandai dengan huruf “T” di belakangnya. Seri “T” ini debut di kancah smartphone sejak tahun 2019, yakni saat Xiaomi Mi 9T dan 9T Pro dirilis.

Seri “T” bisa dianggap sebagai Xiaomi Number series yang telah “dimodifikasi” sehingga memiliki fitur dan spesifikasi berbeda. Bisa jadi baterainya yang dibuat lebih besar, namun chipset yang lebih rendah (seperti pada Xiaomi Mi 9 dan Mi 9T).

Atau, bisa juga dengan hadirkan spesifikasi layar yang berbeda – yang satu pakai AMOLED dengan refresh rate 90 Hz (Xiaomi Mi 10) dan satunya lagi pakai layar IPS LCD namun dengan refresh rate 144 Hz (Xiaomi Mi 10T).

Varian “T” tidak lantas membuatnya jadi lebih buruk dari Number series. Lebih tepatnya, seri “T” hadir untuk mengisi kekosongan yang kebutuhannya kurang terpenuhi oleh Number series.

Tapi jika dilihat dari segi harga, memang sih produk-produk varian “T” cenderung lebih terjangkau. Apalagi jika kita mengacu pada fenomena peluncuran Xiaomi Mi 10T dan 11T yang dipatok seharga rilis 6 juta. Padahal, kala itu Xiaomi Mi 10 dan Mi 11 dibanderol dengan harga lebih tinggi yaitu 10 juta.

Nah, yang mau Tim Carisinyal bahas kali ini adalah Xiaomi 12T yang diluncurkan pada 2022. Kalau melihat sepak terjang series ini, harusnya sih ia dijual lebih murah dari Xiaomi 12.

Tapi setelah melihat spesifikasinya, saya jadi ragu kalau HP ini berada di harga mid-range. Soalnya spesifikasi yang dibawakan terlalu gahar untuk dikenai harga Rp6 jutaan. Tapi mari saja simak dulu tabel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12T berikut ini.

Kelebihan Kekurangan
Performa Gegas dengan Chipset Dimensity 8100 Ultra
Layar Unggul dengan Ukuran Lebih Lebar, dan Resolusi di Atas Rata-Rata
Ketahanan Baterai Awet dengan Fast Charging 120 W
108 MP Triple Camera
Konektivitas Serba Ada, Fingerprint Scanner Akhirnya Pindah ke Layar
Desain Bodi yang Menawan
Tanpa Lensa Telefoto
Kualitas Selfie Tergolong Standar
Layar Tidak Mendukung Dolby Vision
Tidak Lagi Suguhkan Material Metal di Frame-nya
IP Rating Kalah Saing

HP dengan fasilitas selengkap ini terlalu menarik untuk tidak dikupas secara tuntas hingga ke akar-akarnya. Kira-kira apa ya yang menjadi kekurangan HP yang nyaris sempurna tersebut? Simak kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12T lebih detail berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi 12T

Xiaomi 12T
Layar AMOLED 6.66 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kelebihan Xiaomi 12T

Mau tahu apa yang membuat Xiaomi 12T layak Anda miliki? Tida perlu menerka-nerka, karena Anda sudah bisa ketahui jawabannya melalui poin-poin berikut ini.

1. Performa Gegas dengan Chipset Dimensity 8100 Ultra

dimensity 8100 ultra_

Salah satu ciri khas Xiaomi paling kentara adalah rasio price-to-performance yang tinggi pada setiap produknya. Tidak terkecuali Xiaomi 12T ini. Kendati bukan seri flagship utama, ponsel seri “T” ini bawakan kinerja yang powerful. Bahkan, bisa dibilang salah satu yang paling powerful di dunia.

Ini karena di dalamnya sudah terdapat MediaTek Dimensity 8100 Ultra untuk memacu performanya. Anda mungkin sudah sering mendengar pamor chipset premium Dimensity 8100 dari sejumlah ponsel ternama, seperti realme GT Neo3, OPPO Reno8 Pro 5G, dan juga POCO X4 GT.

Nah, Xiaomi 12T selangkah lebih maju dengan menggunakan versi chipset yang telah dikustomisasi, yakni Dimensity 8100 Ultra. Dilansir dari GSM Arena, Xiaomi telah memodifikasi chipset ini agar punya kapabilitas ISP dan APU yang lebih baik. Tidak hanya itu, efisiensi daya pada CPU dan GPU-nya pun ditingkatkan.

Selain membuat performa gaming lebih mulus, hasil modifikasi tersebut juga meningkatkan kualitas hasil foto dengan cara mengurangi noise, serta tingkatkan pengalaman perekaman video pada kondisi minim cahaya.

Kalau dilihat dari kapabilitas chipset ini, Dimensity 8100 setara dengan Snapdragon 888 dan 888+ yang jadi chipset terbaik di tahun 2021. Ya, tampaknya performa Xiaomi 12T memang tidak akan segahar Xiaomi 12T Pro ataupun Xiaomi 12 yang pakai Snapdragon 8 Gen 1.

Untuk spesifikasinya sendiri, tidak ada yang berbeda antara Dimensity 8100 Ultra dengan yang biasa. Ia masih dibekali dengan konfigurasi delapan inti prosesor (octa-core) yang mencakup empat inti performa Cortex A78 (2.85 GHz) serta empat inti Cortex A55 (2.0 GHz).

Chipset yang dirilis pada kuartal pertama tahun 2022 tersebut juga hadirkan Mali G610 MC6 sebagai kartu pengolah grafisnya (Graphical Processing Unit). Sementara pada sisi ISP-nya, ia menganut MediaTek Imagiq 780. Tersedia juga MediaTek APU 580 sebagai APU-nya (AI Processing Unit).

Dimensity 8100 Ultra ini mendukung tipe RAM LPDDR5 dengan UFS 3.1 sebagai tipe storage-nya. Selain itu, ia juga mendukung maksimal kamera dengan resolusi 200 MP, serta menyanggupi perekaman video 4K.

Selain menghadirkan chipset bertenaga untuk segala kebutuhan berat, Xiaomi 12T juga turut dibekali RAM 8 GB yang disandingkan dua opsi memori internal, yakni 128 GB dan 256 GB. Sayangnya, tidak terdapat card slot untuk mengekspansi storage. Berikut ini adalah beberapa hasil benchmark sintetis dari Xiaomi 12T.

Dilihat dari benchmark AnTuTu v9 di atas, Xiaomi 12T meraih skor 780.204 poin yang notabene jauh lebih tinggi dari Xiaomi 11T (590.837). Tapi memang, ia masih kalah telak dibanding “kakak”-nya, Xiaomi 12T Pro, yang dapat skor tembus 1 juta poin.

Meski tidak dapat menyaingi Snapdragon 8 Gen 1, Dimensity 8100 Ultra terbukti setara dengan Snapdragon 888. Buktinya, Xiaomi 12T punya skor mirip-mirip dengan ASUS ZenFone 8 (799.738 poin).