Update Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil . Berikut ini artikel tentang Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil baca disini.

pdamtirtasukapura.co.id – Sekarang ini untuk pengambilan BPKB bisa diwakilkan oleh orang lain. Jadi, saat kalian sedang sibuk dan tidak bisa untuk mengurus surat kelengkapan kendaraan tersebut. Kalian bisa meminta bantuan kepada orang lain untuk mengambil BPKB tersebut. Akan tetapi, kalian harus mempersiapkan surat kuasa pengambilan BPKB sebagai bukti. Disini kita akan berikan Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang bisa diikuti.

Dalam pengambilan surat kelengkapan kendaraan yang diwakilkan oelh orang lain, kalian harus menyertakan bukti agar dokumen penting tersebut bisa diserahkan kepada orang yang mewakili kalian. Surat kuasa sendiri merupakan pemberian kuasa atas sesuatu persetujuan dimana seorang memberikan kekuasaan kepada orang lain. Surat kuasa bisa dibagi menjadi dua, yaitu surat kuasa umum dan surat kuasa khusus.

Untuk Surat kuasa umum merupakan surat kuasa yang diberikan dari seseoarng sepada seseorang lainnya agar dapat mengurus beberapa atau seluruh perbuatan hukum yang menyangkut kepentingan si pemberi kuasa. Dibawah ini kita akan memberikan Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang bisa dijadikan referensi untuk kalian ketika akan membuatnya. Sudah mulai penasaran? Yuk lihat selengkapnya dibawah ini.

Penjelasan Tentang BPKB

BPKB atau Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh semua pemilik kendaraan bermotor. Biasanya surat akan diberikan kepada pemilik kendaraan saat awal pembelian kendaraan. Terkadang, pemilik kendaraan yang berhak atas dokumen tersebut tidak bisa mengambilnya secara langsung. Sehingga pengambilan BPKBnya harus diwakilkan oleh orang lain.

Karena hal tersebut, pemilik kendaraan harus membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB agar dokumen BPKB bisa di ambil dan tidak disalahgunakan oleh orang lain. Fungsi dari BPKBnya sendiri yaitu sebagai surat bukti atas kepemilikan kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun motor. Tidak hanya itu saja, fungsi lainnya yaitu sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor. Kendaraan yang rusak pun wajib mempunyai BPKB.

BPKB dan STNK merupakan dua dokumen penting yang harus kalian punya saat memiliki kendaraan. BPKB dan STNK sendiri adalah dua dokumen yang berbeda. Adapun untuk BPKBnya seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwa suatu bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang berisi data identitas pemilik sah dari kendaraan dan detail info dari kendaraan tersebut. Sedangkan STNK yaitu dokumen untuk menunjukan kepemlikan kendaraan.

Berisikan info spesifik atau ciri kendaraan seperti nomor polisi, nama pemilik, jenis kendaraan, dan lainnya. Sekilas, dua dokumen tersebut terlihat mempunyai informasi yang sama, meski demkian BPKB dan STNK mempunyai fungsinya masing-masing. Bagi kalian yang belum tahu cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB. Kita akan berikan beberapa contoh untuk kalian ikuti sebagai berikut.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Saat kalian berhalangan hadir dan akan diwakilkan oleh orang lain saat pengambilan BPKB. Kalian harus mempersiapkan surat kuasa pengambilan BPKB jika berhalangan hadir. Surat kuasa merupakan sebuah dokumen yang digunakan untuk memberi wewenang kepada orang lain yang dipercaya. Karena pemberi kuasa tidak bisa mengambil BPKBnya sendiri. Saat berhalangan untuk mengambil BPKB, kalian bisa membuat surat kuasa.

Surat kuasa tersebut diberikan kepada pihak yang akan dipercaya untuk membantu mengambilkan dokumen penting yaitu BPKB. Adapun Surat kuasa untuk pengambilan BPKB harus berisi beberapa hal penting yaitu sebagai berikut :

  • Data pemberi kuasa seperti Nama, NIK, dan Alamat.
  • Dara penerima kuasa seperti Nama, NIK, dan Alamat.
  • Informasi kendaraan seperti nomor kendaraan, warna kendaraan, nomor mesin, dan lainnya.
  • Dilengkapi dengan materai.

1. Surat Kuasa Pengmabilan BPKB secara Umum

SURAT KUASA

Yang bertandatangan di bawah ini selaku pihak pertama :
Nama :
NIK :
Alamat :
Bersamaan dengan surat ini memberikan kuasa kepada pihak kedua :
Nama :
NIK :
Alamat :
Untuk melakukan pengambilan BPKB kendaraan bermotor dengan rincian berikut :
Jenis Kendaraan :
No. Kendaraan :
Warna Kendaraan :
No. Mesin :
Demikian surat kuasa ini saya buat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
(Kota), (Tanggal, Tahun)

Pemberi Kuasa Penerima Kuasa

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)

2. Surat Kuasa Pengmabilan BPKB di Leasing

SURAT KUASA

Saya yang bertandatangan di bawah ini:
Nama :
NIK :
Alamat :
Selanjutnya disebut sebagai pemberi kuasa
Memberikan kuasa kepada :
Nama :
NIK :
Alamat :
Selanjutnya disebut sebagai penerima kuasa
Untuk keperluan pengambilan BPKB dengan rincian sebagai berikut:
Jenis Kendaraan :
No. Kendaraan :
Warna Kendaraan :
No. Mesin :
di (sebutkan nama dealer atau showroom tempat membeli kendaraan beserta alamat)
Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
(Kota), (Tanggal, Tahun)
Pemberi Kuasa Penerima Kuasa

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)

3. Surat Kuasa Pengmabilan BPKB Mobil

SURAT KUASA

Saya yang bertandatangan di bawah ini:
Nama :
NIK :
Alamat :
Memberikan kuasa penuh kepada :
Nama :
NIK :
Alamat :

Untuk melakukan pengambilan BPKB mobil _ dengan no. kendaraan atas nama ___.
Demikian surat kuasa ini dibuat, harap dapat digunakan sebagaimana mestinya.

(Kota), (Tanggal, Tahun)
Pemberi Kuasa Penerima Kuasa

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)

Itulah beberapa Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang bisa kalian ikuti agar proses pengambilan dokumen penting yaitu BPKB berjalan dengan lancar. Jangan lupa pada surat kuasanya dikasih materai agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Syarat Pengambilan BPKB

Terdapat syarat yang hatus kalian penuhi dalam pengambilan BPKB. Dalam pengambilan BPKB, selain menyertakan suart kuasa kalian juga harus membawa sejumlah dokumen lainnya agar prosesnya berjalan dengan lancar. Untuk kalian yang belum tahu syarat untuk pengambilan BPKB, kalian bisa lihat dibawah ini. Kita akan sebutkan apa saja syaratnya, agar kalian dapat mengambil BPKBnya sebagai berikut :

  • Fotokopi STNK
  • KTP asli pemilik kendaraan
  • Fotokopi KTP pemilik kendaraan
  • KTP asli pengambilan BPKB
  • Fotokopi KTP mengambil BPKB
  • Surat kuasa pengambilan BPKB
  • Formulir pengambilan BPKB

Sementara syarat lainnya untuk mengambil BPKB di lembaga pembiayaan atau leasing yaitu sebagai berikut :

  • KTP asli pemilik kendaraan
  • Fotokoi KTP pemilik kendaraan
  • KTP asli pengambil BPKB
  • Surat kuasa pengambilan BPKB
  • Bukti pembayaran terakhir

Itulah beberapa syarat yang harus kalian penuhi, agar proses pengambilan BPKB berjalan lancar dan tidak ada kendalaan apapun. Pengambilan BPKB sebaiknya dilakukan secara langsung terhadap pemilik kendaraan. Namun, jka memang tidak memungkinkan untuk mengambil BPKB sendiri, kalian harus membuat surat kuasa dan memberikannya kepada pihak yang dipercaya.

Harus kalian ingat bahwa BPKB merupakan dokumen yang sangat penting, sehingga tidak sembarang orang bisa mengambilnya. Dengan beberapa contoh surat kuasa pengambilan BPKB yang sudah diberikan diatas. Kalian bisa membuat surat kuasa sendiri dan menyerahkannya kepada orang lain yang bisa membantu kalian.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa dijelaskan mengenai Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB yang bisa kalian ikuti saat tidak bisa mengambil BPKB secara langsung. Karena BPKB merupakan dokumen penting, diusahakan kalian dapat mengambilnya sendiri, takut disalahgunakan oleh orang lain. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

The post Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil appeared first on PDAM Tirta Sukapura.