Update Cara Upload File di Google Drive Via PC dan Android Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Cara Upload File di Google Drive Via PC dan Android . Berikut ini artikel tentang Cara Upload File di Google Drive Via PC dan Android baca disini.

pdamtirtasukapura.co.idCara Upload File di Google Drive sangat mudah dilakukan, kalian bisa mengupload file tersebut menggunakan hp ataupun PC/ Laptop. Google Drive sendiri merupakan hosting gratis yang diberikan kepada setiap penggunanya dengan jumlah yang dibatasi. Dimana setiap penggunanya hanya mendapatkan ruang sebesar 15 GB saja.

Banyak tempat yang dapat kalian pilih untuk menyimpan data digital, seperti PC, harddisk eksternal, hp, laptop dan masih banyak yang lainnya. Namun, yang paling aman sekaligus mudah diakses kapan pun dan dimana pun yaitu penyimpanan di media berbasis cloud. Salah satu media yang berbasis cloud adalah Google Drive. Dengan Google Drive kalian dapat menyimpan berbagai jenis file.

Kalian dapat menyimpan berbagai jenis file di dalam Google Drive seperti Video, MP3, dokumen, foto, gambar dan yang lainnya. Namun sangat disayangkan kalian hanya bisa mendapatkan kapasitas gratis sebanyak 15 GB saja. Kalian bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan membayar sejumlah tagihan untuk mendapatkan storage yang lebih besar lagi.

Untuk bisa menyimpan file di Google Drive, kalian perlu mengunggah file yang akan di simpan ke dalam Google Drive yang dimiliki. Namun, banyak dari mereka yang tidak tahu cara untuk upload File di Google Drive. Kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini, kita akan berikan cara upload file di google drive melalui HP dan juga PC. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat selengkapnya sebagai berikut.

Cara Upload File di Google Drive

Goggle Drive merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google yang fokus pada layanan penyimpanan data secara cloud. Dengan adanya google drive, kalian tidak perlu lagi membeli kartu memori yang berukuran besar saat ingin menyimpan sebuah file. Cukup kalian gunakan Google Drive saja, dengan begitu kalian dapat menyimpan semua file tersebut secara online di server Google.

Mungkin sebagian dari kalian sebagai pengguna Google Drive, masih bingung atau tidak tahu cara mengunggah file di Google Drive. Untuk itu, disini kita akan berikan beberapa cara agar kalian dapat mengunggah file dengan mudah ke Google Drive. Cara-caranya sendiri kalian bisa lihat dibawah ini yaitu sebagai berikut :

Cara Upload File di Google Drive Menggunakan PC/ Laptop

Cara yang pertama agar kalian bisa upload file di google drive yaitu bisa menggunakan PC/ Laptop. Untuk cara-caranya mengunggah file tersebut, kalian bisa lihat langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama, silahkan kalian buka situs Google Drive melalui tauran berikut https://accounts.google.com/servicelogin.
  2. Kemudian, kalian pastikan sudah login email menggunakan akun yang dimiliki.
  3. Setelah masuk ke situs web Google Drive dengan akun yang dimiliki, cari “Baru” menulis dengan tanda plus warna-warni (+).
  4. Selanjutnya, kalian klik tombol dan tunggu sampai beberapa pilihan muncul.
  5. Akan muncul beberapa opsi seperti, sebagai berikut : folder, unggah file, unggah folder, Dokumen Google, Googke Spreadsheet, dan lainnya.
  6. Untuk opsi Folder, bisa digunakan untuk membua folder baru di Google Drive storage.
  7. Sedangkan File Unggah, untuk mengunggah file langsung ke penyimpanan yang kalian miliki.
  8. Selanjutnya untuk opsi Unggah Folder, yaitu untuk mengunggah folder ke Google Drive Storage. Kustomisasi apa yang akan diunggah.
  9. Silahkan kalian pilih opsi yang diinginkan dan akan muncul ke penyimpanan PC/ Laptop.
  10. Pilih file atau folder yang akan kalian upload ke Google Drive Storage.
  11. Selanjutnya, kalian klik tombol Buka dan secara otomatis file atau folder akan di upload ke penyimpanan online.
  12. Kalian bisa melihat file yang diupload, dengan masuk ke akun Google.
  13. Setelah upload file tersebut, kalian bisa berbagi tautan atau berbagi folder dengan menekan sedikit lebih lama pada file tersebut. Maka beberapa opsi pilihan akan muncul.
  14. Langsung saja kalian pilih opsi “Dapatkan tautam yang dapat dibagikan”.
  15. Selanjutnya, pemberitahuan akan muncul, dan kalian klik tombol “Salin Tautan”.

Cara Upload File di Google Drive Menggunakan Hp Android

Masih ada cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk dapat mengupload file di google Drive yaitu menggunakan HP Android. Banyak yang tidak tahu cara mengunggah file di Google Drive menggunakan HP. Untuk itu, dibawah ini kita akan berikan cara agar memudahkan kalian untuk bisa menggunggah file secara cepat. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian buka aplikasi Google Drive di hp yang dimiliki.
  2. Kemudian, pada tahp ini kalian akan secara otomatis masuk ke halaman utama Google Drive. Karena sudah menggunakan akun Google Drive di hp Android.
  3. Di halaman utama Google Drive, kalian pilih menu New berlambang + di bagian kanan bawah.
  4. Selanjutnya, pada kotak dialog create new, kalian pilih menu upload.
  5. Setelah itu, kalian cari dan pilih file yang akan di unggah (kalian dapat memilih banyak file sekaligus).
  6. Saat file selesai di pilih, tekan tombol Select pada bagian kanan atas.
  7. Kalian tunggu sampai proses upload selesai.
  8. Setelah proses upload selesai, maka kalian akan melihat file yang baru saja di unggah pada Google Drive.

Itulah dua cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa unggah file ke Google Drive. Kalian bisa pilih salah satu cara tersebut yang menurut kalian lebih mudah di lakukan.

Kelebihan Google Drive

Seperti yang kalian tahu Google Drive merupakan media penyimpanan onilne (cloud storage) yang dimiliki oleh Google sendiri. Dimana dengan adanya google drive, kalian bisa menggunakannya untuk berbagai hal seperti backup data, upload file, mengedit file, sinkronisasi dengan perangkat dan masih banyak yang lainnya. Google Drive juga mempunyai kelebihan yaitu sebagai berikut :

1. Aman

Saat kalian menyimpan data pada google drive, keamanan data akan dijamin aman selama hanya kalian yang mengetahui kata sandi dari gmail yang digunakan. Karena penyimpanan ini online dan tidak semua orang dapat mengaksesnya. Teman-teman kalian sekalipun tidak dapat lagi mengotak atik data yang kalian miliki.

Dengan menyimpan data pada google drive, kalian juga tidak perlu merasa khawatir lagi jika data tersebut akan hilang. Karena jika perangkat yang digunakan tidak bekerja atau rusak, kalian masih bisa membuka data tersebut karena penyimpanan data ini secara online. Jadi bisa dibuka dimana pun dan kapan pun secara bebas.

2. Enkripsi SSL

Google Drive di dukung dengan enkripsi SSL (HTTPS) jadi sudah terjamin keamanannya. SSL sendiri merupakan sebuah protocol keamanan untuk dapat mengakses website secara otomatis yang dialihkan ke HTTPS. Hal tersebut sama saja seperti yang sudah diterapkan pada Youtube, Gmail, Blogspot, dan produk dari Google yang lainnya.

3. Hemat Memory

Kelebihan selanjutnya dari Google Drive yaitu hemat memory. Kelebihan yang satu ini sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Dengan kalian menyimpan data di google drive, kalian dapat menghemat pemakaian ruang di harddisk ataupun hp yang dimiliki. Sehingga perangkat yang kalian gunakan menjadi lebih cepat, karena terdapat banyak ruang kosong yang tidak digunakan.

Itulah beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan saat menggunakan Google Drive pada perangkat yang dimiliki. Kalian bisa menyimpan data sebanyak yang diinginkan dan terjamin data yang kalian simpan akan aman.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa dijelaskan mengenai Cara Upload File di Google Drive. Semoga semua yang dibahas di atas dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!