Update Cara Mengetahui Batas dan Sisa Kuota Indihome Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Cara Mengetahui Batas dan Sisa Kuota Indihome . Berikut ini artikel tentang Cara Mengetahui Batas dan Sisa Kuota Indihome baca disini.

pdamtirtasukapura.co.id – FUP Indihome atau Fair Usage Policy merupakan salah satu layanan internet rumah yang sangat populer di Indonesia. Selain biaya layanan yang sangat murah biaya penggunaan kuota internatnya pun wajar. FUP biasa ditemukan pada paket yang bersifat unlimited. Bahkan jaringan Indihome juga tersebar hingga ke pelosok negeri.

Paket internet unlimited FUP menerapkan batas penggunaaan kuota dalam jangka waktu tertentu. Jika penggunaan internet melebihi batas kuota yang sudah di dapat, maka kecepatan internetpun akan menurun atau berkurang sampai 60 persen. Berkurangnya internet tergantung pada pemakaiannya.

Perlu diketahui bahwa pada layanan internet Indihome terdapat syarat dan ketentuan, di antaranya mengenai FUP. Apasih FUP itu? dan apa saja fungsinya? Di sini kami akan membahas mengenai perihal di atas secara lengkap dan jelas pada artikel dibawah ini.

Batas FUP Indihome

Batas FUP Indihome

Batas FUP Indihome – Setiap kecepatan internet memiliki batas pemakaian layanan Indihome untuk setiap bulannya. Ketika layanan Indihome mencapai batasan maksimal apakah masih bisa digunakan?

Layanan Indihome tidak ada batasan maksimal pemakaian, akan tetapi jika kalian telat membayar tagihan Indihome internet kalian akan diisolir dan tentu saja tidak akan bisa digunakan lagi.

FUP merupakan kecepatan internet yang ditentukan oleh Indihome agar pengguna menggunakan batas pemakaian yang wajar. FUP Indihome mempunyai masing-masing kecepatan Internet. Berikut daftarnya :

1. FUP Indihome kecepatan 10 Mbps

Kecepatan internet 10 Mbps akan mendapatkan batas pemakaian wajar total FUP 300 GB. Jika sudah mencapai jumlah pemakaian tersebut, maka otomatis kecepatan akan mengalami penurunan sebanyak 75% atau 7,5 Mbps.

Dalam satu paket Indihome menerapkan dua FUP dan yang kedua ini sejumlah 400 GB. Jika pengguna menggunakan koneksi internet melebihi 400 GB, maka kecepatan internet akan berubah menjadi 4 Mbps.

2. FUP Indihome Kecepatan 20 Mbps

Kecepatan internet 20 Mbps akan mendapatkan kuota sebanyak 500 GB dan 800 GB. Ketika pengguna mencapai pemakaian 500 GB, maka kecepatan internet akan menurun 75% atau hanya bisa menikmati 15 Mbps.

Sedangkan untuk kuota internet 800 GB jika kalian melebihi batas pemakaian tingkat penurunannya akan mencapai 40% atau menjadi 8 Mbps.

3. FUP Indihome Kecepatan 30 Mbps

Sama seperti sebelumnya ada batasan FUP Indihome untuk kecepatan 30 Mbps yaitu 700 GB dan 1.200 GB. Jika pengguna mencapai batas pemakaian 700 GB, maka kecepatan internet berkurang 75% atau 22,5 Mbps.

Untuk FUP kedua 1.200 GB, akan mengalami penurunan jika kalian mencapai batas internet yaitu sebanyak 40% atau sekitar 12 Mbps.

4. FUP Indihome Kecepatan 40 Mbps

Adapun batasan Indihome untuk kecepatan 40 Mbps memperoleh FUP sebanyak 900 GB dan 1.600 GB setiap bulannya. Jika kamu mencapai pemakaian 900 GB, maka kecepatan internet menurun menjadi 75% atau 30 Mbps.

Saat penggunakan internet melebihi batas 1.600 GB, maka jumlah kecepatan internet yang di dapat hanya 16 Mbps atau berkurang sebanyak 40%.

5. FUP Indihome Kecepatan 50 Mbps

Bagi pengguna Indihome dengan kecepatan Internet 50 Mbps akan memperoleh FUP sebesar 1.200 GB dan 2.000 GB. Sama seperti sebelumnya, untuk pengguna dengan kecepatan 1.200 GB ketika mencapai pemakaian wajar akan mengalami penurunan 75% atau 37,5 Mbps.

Sedangkan untuk FUP kedua sejumlah 2.000 GB dan ketika mencapai jumlah tersebut kecepatan internet akan berubah menjadi 20 Mbps atau mengalami penurunan sebanyak 40%.

6. FUP Indihome Kecepatan 100 Mbps

Kecepatan Internet 100 Mbps berbeda dengan paket lainnya. Paket Indihome ini hanya memperoleh FUP 2.000 GB. Jika kalian pengguna indihome dengan kecepatan tersebut ketika pemakaian melebihi batas dalam satu bulan, maka kalian hanya akan mendapatkan kecepatan internet 50 Mbps.

Penerapan FUP Indihome dilakukan karena beberapa pengguna memanfaatkan paket internetnya untuk mendownload film atau game secara terus menerus.

Cara Mengetahui Sisa Kuota FUP Indihome

Cara cek pemakaian kuota internet dapat di lakukan dengan beberapa cara. Untuk mengetahui sisa kuota kalian perlu melakukan cek FUP Indihome. Agar tidak mencapai limit pemakaian internet dan terhindar dari FUP sehingga bisa memanfaatkan layanan internet sebaik mungkin.

Mengetahui sisa kuota internet sangatlah penting agar terhindar dari penurunan internet yang secara tiba-tiba. Bahkan penurunannya bisa sangat drastis. Untuk menjaga internet tetal stabil kalian tidak boleh menggunakan internet secara berlebihan.

Ada empat cara yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui sisa kuota Internet Indihome yang sangat mudah di ikuti seperti di bawah ini :

1. Menggunakan Aplikasi My Indihome

Dengan memanfaatkan aplikasi My Indihome kalian dapat melakukan pengecekan kuota melalui HP Android atau Iphone. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Yang pertama buka Play store untuk pengguna Android dan app store untuk pengguna Iphone kemudian kalian download terlebih dahulu aplikasi My Indihome.
  2. Kemudian kalian login.
  3. Setelah login kalian akan masuk kehalaman utama atau home.
  4. Setelah masuk kehalaman utama silahkan kalian pilih Lihat Rincian.
  5. Akan muncul rincian penggunaan internet dalam satu periode.

2. Melalui Situs Indihome

Salah satu cara mudah untuk mengetahui sisa kuota internet yaitu melalui Situs Indihome. Adapun caranya sebagai berikut :

  1. Masuk terlebih dahulu melalui situs indihome.
  2. Kemudian kalian login menggunakan email atau nomor HP yang sudah terdaftar di layanan Indihome.
  3. Jika belum memiliki akun login, kalian dapat melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu.
  4. Setelah login dan masuk ke halaman utama, kalian akan langsung melihat nama keanggotaan dan juga penggunaan internet yang sudah di pakai.
  5. Batas FUP atau pemakaian internet akan tersedia di sana.

3. Menggunakan SMS

Kalian bisa menggunakan pengecekan sisa kuota internet melalui SMS jika kalian tidak mau menggunakan cara seperti di atas. Meski pengecekan dilakukan pada HP jadulpun masih bisa cek sisa kuota internet.

Untuk pengecekan sisa kuota internet dengan menggunakan SMS kalian dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka menu pesan di HP kalian
  2. Kemudian kalian ketik SMS dengan format : ISP (spasi) IH (spasi) Kode Area + Nomor HP yang sudah terdaftar di layanan Indihome.
  3. Setelah formatnya diisi dengan benar kalian bisa langsung kirim ke 98108.
  4. Beberapa saat kemudian kalian akan menerima balasan sms yang berisikan tentang kuota yang sudah kalian gunakan.

Dengan menggunakan SMS akan ada biaya operasional. Pastikan sisa pulsa kalian mencukupi minimal ada Rp 5.000 karena akan ada potongan sebesar Rp 350 untuk setiap kali transaksi.

4. Menggunakan Cara Manual

Cara terakhir untuk pengecekan sisa kuota internet dalam satu periode yaitu melalui cara manual. Cara ini akan memudahkan kamu melakukan pemantauan internet yang digunakan bahkan untuk memantau penggunaan harian. Kamu bisa mengetahui berapa jumlah internet yang digunakan dengan memanfaatkan aplikasi internet. Dengan penggunaan aplikasi ini kalian dapat mengetahui berapa data yang digunakan dalam satu periode.

Jadi kalian akan tahu berapa kira-kira jumlah pemakaian internet dalam 1 hari ataupun 1 minggu. Apabila pemakaian internet perhari terlalu banyak maka untuk keesokan harinya kalian dapat melakukan penghematan.

Diharapkan jika melakukan metode seperti ini, kalian harus menggunaka internet sendirian saja. Yang artinya tidak bisa digunakan dengan banyak orang karena akan susah untuk melakukan perhitungan terhadap internet yang sudah dipakai.