Update Cara Menambah RAM di HP Infinix agar Performa Tidak Menurun Cek Disini!

Baca disini artikel tentang Cara Menambah RAM di HP Infinix agar Performa Tidak Menurun . Berikut ini artikel tentang Cara Menambah RAM di HP Infinix agar Performa Tidak Menurun baca disini.

Beberapa dari kalian mungkin pernah merasakan performa yang semakin menurun pada sebuah HP, termasuk HP Infinix. Penurunan performa yang sering terjadi biasanya berupa lag yang sering terjadi, lemot, bahkan aplikasi yang sering berhenti dengan sendirinya, dan sebagainya.

Nah, biasanya, salah satu penyebab dari penurunan performa tersebut adalah karena kapasitas RAM pada HP Infinix Anda sudah melebihi daya tampungnya. Terlebih lagi jika RAM HP yang digunakan itu memiliki kapasitas yang kecil sehingga kemungkinan hal tersebut akan lebih sering terjadi.

Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara menambah kapasitas RAM di HP Infinix yang sudah mulai penuh, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai RAM itu sendiri. Apa sih RAM itu dan apa fungsinya pada sebuah HP? Berikut ini adalah sekilas pembahasan mengenai RAM.

Apa Itu RAM dan Fungsinya Pada HP?

Infinix hot 12i

RAM atau Random Access Memory biasanya terletak di prosesor utama dari sebuah HP. Sederhananya, RAM ini akan melakukan kerja sama dengan memori internal (storage) dalam melakukan penyimpanan berbagai file baik itu foto, video, aplikasi, dan sebagainya.

Berbeda dari memori internal, bisa dibilang RAM memiliki kemampuan membaca dan menulis yang lebih cepat dari memori internal. Sehingga RAM bisa menjalankan aplikasi lebih dari satu secara bersamaan atau multitasking.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semakin banyak file atau aplikasi yang terpasang pada sebuah HP, maka akan semakin banyak juga kapasitas RAM yang terpakai. Lalu, jika daya tampungnya sudah melebih batas, biasanya HP akan mengalami penurunan performa dengan gejala-gejala yang telah disebutkan.

Jika sudah terjadi, adakah cara untuk mengatasi hal tersebut pada HP Infinix? Jawabannya, ada. Sebagai sesama pengguna HP Infinix, izinkan kami menyampaikan informasi mengenai bagaimana cara menambah kapasitas RAM pada HP Infinix. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Cara Menambah RAM di HP Infinix

Dalam artikel ini, kami sudah menyiapkan tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah kapasitas RAM di HP Infinix. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Fitur FusiMem

Infinix hot 12i

Kini, pengguna HP Infinix sudah bisa menambah kapasitas RAM secara virtual miliknya menggunakan fitur FusiMem atau MemFusion. FusiMem merupakan fitur yang ada pada sistem operasi XOS milik Infinix yang bisa Anda manfaatkan jika membutuhkan kapasitas RAM  yang lebih luas.

Kapasitas RAM yang bisa dipilih juga cukup beragam mulai dari 1 GB, 2 GB, dan 3 GB yang dialokasikan dari memori internal. Dengan kata lain, jika Anda menggunakan fitur FusiMem ini maka kapasitas memori internal akan secara otomatis berkurang sesuai dengan kapasitas yang dipilih.

Nah, bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan fitur FusiMem tersebut.

  • Masuk ke menu “Pengaturan” melalui aplikasinya langsung atau bar notifikasi di atas.
menambah RAM infinix
  • Setelah itu gulir ke bawah, pilih “Penyimpanan”.
menambah RAM infinix
  • Pilih menu “FusiMem” untuk meningkatkan kapasitas RAM.
menambah RAM infinix
  • Klik toggle di samping tulisan “FusiMem” sampai berwarna hijau untuk mengaktifkannya. Anda juga bisa menentukan kapasitas yang Anda inginkan dengan memilih menu “Tetapkan RAM Virtual”
menambah RAM infinix
  • Anda bisa memiliki kapasitas yang diinginkan mulai dari 1 GB, 2 GB, atau 3 GB.
  • Jika sudah berhasil disimpan, silakan restart HP Infinix Anda untuk menyegarkan perubahan dan RAM HP Anda akan otomatis bertambah.

2. Mengoptimalkan Dengan Opsi Pengembang

Selain dengan menambah kapasitas RAM, Anda juga bisa menggunakan opsi pengembang untuk mengoptimalkan performa HP Anda. Dengan menggunakan opsi pengembang, Anda bisa membatasi proses latar belakang dari suatu aplikasi sehingga RAM bisa bekerja lebih optimal.

Cara ini memang sedikit berbeda dan tidak bisa menambah kapasitas RAM yang dimiliki oleh HP Infinix Anda. Namun, dengan melakukan cara ini, kapasitas RAM yang penuh akibat banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa berkurang. Dengan begitu, performa RAM akan menjadi lebih baik dan lag atau lemot akan jarang terjadi.

Cara yang harus dilakukan juga tidak kalah mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke “Pengaturan” melalui aplikasinya langsung atau bar notifikasi.
menambah RAM infinix
  • Pilih menu “Ponsel Saya” di bagian paling atas.
menambah RAM infinix
  • Klik beberapa kali (sekitar tujuh kali) pada “Nomor bentukan” hingga muncul tulisan bahwa Anda sudah menjadi pengembang.
menambah RAM infinix
  • Setelah berhasil menjadi pengembang, kembali ke halaman awal Pengaturan dan gulir hingga ujung bawah dan pilih “Sistem”.
menambah RAM infinix
  • Setelah itu, klik “Opsi Pengembang” di bagian bawah.
menambah RAM infinix
  • Di dalam opsi pengembang akan ada banyak sekali menu yang bisa dipilih. Namun, Anda bisa mengabaikannya dan gulir menuju menu mengenai APK di bagian bawah.
  • Pilih menu “Batas proses latar blkg”.
menambah RAM infinix
  • Terakhir, silakan pilih “Tanpa proses latar belakang” untuk membatasi proses latar belakang suatu aplikasi.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Infinix, Anda juga bisa menambah kapasitas RAM dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Penguat RAM 6GB yang bisa diunduh dengan mudah di Google Play Store secara gratis.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga tidak perlu pusing untuk menggunakan aplikasinya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

menambah RAM infinix
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah tentu saja mengunduh aplikasi “Penguat RAM 6GB” di Google Play Store.
  • Setelah terpasang, silakan buka aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal, Anda akan diberi kesempatan untuk memilih bahasa yang akan digunakan pada aplikasi, pilih bahasa Indonesia agar lebih mudah menggunakannya.
menambah RAM infinix
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke laman yang berisi berbagai fitur dari aplikasi yang bisa Anda pilih.
  • Untuk mengoptimalisasi performa RAM, silakan tekan gambar roket yang ada di bagian tengah bertuliskan “Mendorong”.
  • Tunggu sampai proses boosting-nya selesai. Jika berhasil, gambar roket yang tadi akan berubah menjadi tanda centang. Dengan begitu, kapasitas RAM HP Infinix Anda telah berhasil di-boosting oleh aplikasi ini.

Selain aplikasi Penguat RAM 6GB, masih banyak aplikasi lain di Google Play Store yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja RAM. Anda bisa mencarinya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Penguat RAM 6GB hanya menjadi salah satu aplikasi yang paling praktis dan bisa dipercaya.

Nah, itulah tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah dan mengoptimalkan performa RAM di HP Infinix Anda. Semoga Anda bisa menjaga kapasitas RAM HP milik Anda agar performa yang dihasilkan tetap stabil dan terhindar dari masalah penurunan performa yang telah disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya HP Infinix yang bisa ditambah kapasitas RAM-nya, Anda juga bisa menyimak artikel mengenai cara menambah kapasitas RAM di HP Xiaomi, Samsung, OPPO, dan realme yang sudah dibahas sebelumnya. Selamat mencoba.