Update Batas Waktu Bermain Hp Yang Harus Orang Tua Ketahui Cek Disini!

Baca disni artikel tentang Batas Waktu Bermain Hp Yang Harus Orang Tua Ketahui . Berikut ini artikel tentang Batas Waktu Bermain Hp Yang Harus Orang Tua Ketahui baca disini.

banner 468x60

Tanjunglegend.com-Hallo sobat tanjung kembali lagi bersama admin yang akan memberikan kalian sebuah informasi terbaru lagi mengenai Batas Waktu Bermain Hp Yang Harus Orang Tua Ketahui.

Dewasa ini, para anak kerap menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget. Dibandingkan generasi lampau, anak di era modern saat ini sering terpapar dengan dunia digital.

Tak jarang, anak sedari kecil sudah piawai menggunakan fitur canggih di handphone (HP) atau tablet. Hal ini memunculkan pertanyaan baru, berapa batas waktu aman anak bermain ponsel?

American Academy of Pediatrics (AAP) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki pedoman untuk membatasi waktu layar ini. Meski begitu, nyatanya tak ada angka yang tepat menjawab batas waktu bermain HP ini.

Jenis penggunaan screen time

Begini Lho Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main Handphone | Gadgetren

Mengutip commonsensemedia.org, kualitas konten bagi anak menjadi hal penting saat membicarakan screen time. Studi Common Sense Research mengidentifikasi empat kategori utama dari jenis screen time:

Pertama, jenis pasif. Pada jenis ini, anak menonton video atau acara tanpa berpikir atau scrolling di dunia digital. Selain itu, ada jenis interaktif untu anak bermain game hingga memecahkan suatu masalah.

Ketiga, komunikasi. Komunikasi bisa dilakukan melalui video-chatting dan menggunakan media sosial. Selanjutnya, ada content creating atau pembuatan konten. Di sini, anak bisa membuat berbagai jenis karya, seperti musik dan gambar digital.

Batas waktu bermain HP

Pedoman AAP mengkategorikan beberapa batas waktu layar untuk anak-anak di bawah 2 tahun. Untuk kelompok usia ini, keterlibatan orang tua sangatlah penting. Berikut pedomannya:

  • Di bawah 18 bulan: Hindari screen time selain obrolan video.
  • Usia 18–24 bulan: Temukan program berkualitas tinggi (jika kamu memilih untuk memperbolehkan adanya screen time), dan menonton atau bermain bersama.
  • Usia 2–5 tahun: Batasi penggunaan layar hingga satu jam per hari untuk program berkualitas tinggi.

Akhirkata

Mungkin hanya itu yang bisa dapat admin sajikan di informasi kali ini mengenai Batas Waktu Bermain Hp Yang Harus Orang Tua Ketahui. Buat kalian yang ingin mendapatkan informasi selanjutnya kalian bisa berkunjung di situs resmi admin di www.tanjunglegend.com.

banner 300x250