Update 9 Cara Mengatasi Ghost Touch di Semua HP Tanpa Ganti Layar Cek Disini!

Baca disini artikel tentang 9 Cara Mengatasi Ghost Touch di Semua HP Tanpa Ganti Layar . Berikut ini artikel tentang 9 Cara Mengatasi Ghost Touch di Semua HP Tanpa Ganti Layar baca disini.

Cara Mengatasi Ghost Touch

Punya masalah layar hp gerak sendiri saat tidak disentuh? Begini cara mengatasi Ghost Touch di Samsung, Xiaomi, Oppo dan iPhone tanpa harus ganti layar lcd baru.

Menjaga barang elektronik seperti ponsel agar tidak sampai rusak memang sebuah tantangan bagi sebagian orang. Tidak semua orang memiliki pemahaman mendalam tentang ponsel yang mereka gunkan sehingga ketika terjadi masalah, banyak yang memutuskan untuk mengganti ponsel yang digunakan. Salah satu kendala di ponsel yang banyak terjadi belakangan ini adalah Ghost Touch.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang mengalami kendala Ghost Touch, jangan buru-buru mengganti layar dengan yang baru sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi munculnya kendala Ghost Touch. Apa saja cara yang bisa Anda coba lakukan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Ghost Touch?

Ghost Touch merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk menyebut ponsel yang sedang mengalami kendala berupa kerusakan pada layar. Sebuah ponsel bisa dikatakan sedang berada dalam kondisi Ghost Touch ketika layar touch screen akan bergerak sendiri tanpa disentuh. Kendala Ghost Touch bisa terjadi pada semua jenis layar tanpa terkecuali, baik pada layar OLED, Amoled, TFT hingga IPS sekalipun.

Simak juga: Menaikkan Resolusi Foto Online

Cara Mengatasi Ponsel Ghost Touch

Jika ponsel Anda mengalami kendala berupa Ghost Touch, maka Anda pasti merasa kebingungan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi kendala Ghost Touch ini dengan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi Ghost Touch tanpa perlu mengganti layar yang perlu Anda ketahui:

Menghentikan Penggunaan Ponsel Ketika Panas

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan ponsel adalah ponsel yang terlalu lama digunakan hingga terasa panas akan lebih mudah untuk rusak. Kerusakan tidak selalu menyerang bagian baterai atau IC, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan pada layar. Anda bisa melakukan pembatasan penggunaan ponsel setiap harinya agar Ghost Touch tidak menyebar. Perlu Anda ketahui juga bahwa cara ini hanya bisa digunakan apabila kendala Ghost Touch di ponsel Anda masih belum terlalu menyebar.

Menggunakan Charger Yang Tepat

Tahukah Anda bahwa menggunakan charger yang tidak sesuai dengan kebutuhan ponsel dapat membuat kendala Ghost Touch menjadi semakin parah? Setiap ponsel memiliki daya input dan output charger yang berbeda-beda, sehingga bila tidak menggunakan charger yang tepat, ponsel bisa mengalami kerusakan. Contoh kerusakan yang bisa terjadi adalah Ghost Touch. Hal ini bisa terjadi karena adanya kelebihan arus listrik yang bisa mengakibatkan layar menerima beban aliran listrik di luar batas. Melakukan pengisian daya dengan charger yang tepat akan membuat ponsel Anda lebih aman dari kendala Ghost Touch.

Menjaga Kesehatan Touch Screen

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi munculnya kendala Ghost Touch di ponsel adalah dengan menjaga kesehatan Touch Screen. Salah satu penyebab umum munculnya Ghost Touch adalah deadpixel atau deadspot. Hal ini terjadi ketika pixel yang ada pada layar mati atau tidak berfungsi. Anda bisa mengatasi deadpixel ini dengan sebuah aplikasi bernama Dead Pixels Test and Fix. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengecekan dan memastikan dimana lokasi pixel yang mati.

Cek Kesehatan Baterai

Sedikit orang yang tahu bahwa baterai memiliki keterikatan yang cukup tinggi dengan layar sebuah ponsel. Baterai yang sudah terlalu usang sehingga tidak berfungsi maksimal akan membuat aliran daya tidak sesuai dengan kebutuhan layar. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan terjadinya Ghost Touch.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa baterai ponsel Anda tidak menggelembung. Baterai yang menggelembung bisa membuat komponen lain semakin tertekan, termasuk bagian layar. Anda bisa menjaga kesehatan baterai dengan cara tidak menggunakan ponsel ketika sedang diisi daya. Apabila baterai ponsel Anda sudah terlanjur mengalami kerusakan, maka Anda bisa segera menggantinya dengan unit baru yang dibutuhkan.

Simak juga: Cara Menggunakan Fake GPS

Kalibrasi Layar Sentuh

Apakah langkah-langkah sebelumnya masih kurang efektig untuk memperbaiki kendala Ghost Touch yang muncul di ponsel Anda? Tenang saja, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan Kalibrasi Layar Sentuh. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Kalibrasi Layar Sentuh yang dikembangkan oleh RedPi Apps. Aplikasi ini hanya berukuran 1 MB saja sehingga tidak akan membebani ponsel Anda.

Setelah Anda memiliki aplikasi kalibrasi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi. Ikuti saja petunjuk yang akan diberikan di dalam aplikasi. Apabila kalibrasi sudah selesai dilakukan, Anda bisa melakukan restart ponsel agar layar kembali berjalan normal. Banyak orang yang sudah mencoba menggunakan cara ini dan berhasil mengatasi kendala Ghost Touch di ponsel mereka.

Melakukan Reset Pabrik

Cara yang satu ini memang memiliki peluang berhasil yang cukup tinggi, meski demikian Anda tidak disarankan untuk menggunakannya apabila tidak terpaksa. Reset pabrik atau factory reset merupakan sebuah cara mengatasi masalah yang ada pada software. Ketika Anda melakukan reset pabrik, maka ponsel Anda akan diubah seolah ketika Anda baru membelinya. Resiko kehilangan seluruh data yang ada dalam ponsel sangatlah besar sehingga Anda tidak disarankan menggunakan cara ini bila tidak terpaksa.

Melakukan Cek Hardware

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Ghost Touch adalah melakukan cek hardware. Permasalahan yang menyebabkan terjadinya kendala Ghost Touch bisa saja bukan dari software ponsel, melainkan dari hardware. Untuk cara yang satu ini, Anda memerlukan bantuan dari orang yang memang lebih paham terkait hardware ponsel.

Beberapa contoh permasalahan hardware yang bisa mengarah ke kendala Ghost Touch adalah kendala IC, kabel fleksibel yang longgar atau putus hingga error pada layar. Dengan melakukan pengecekan hardware, Anda akan tahu mana komponen yang harus diganti.

Menggunakan Tempered Glass

Salah satu cara instan yang bisa Anda coba untuk mengatasi kendala Ghost Touch adalah dengan menggunakan tempered glass. Tempered glass adalah sebuah layar proteksi tambahan yang dapat dipasang diatas layar asli Anda. Fungsi utama dari tempered glass adalah untuk mencegah penekanan berlebihan pada satu spot touchscreen tertentu. Tempered glass juga bisa bermanfaat untuk meredam panas dengan baik.

Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Charging

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kendala Ghost Touch tanpa mengganti layar baru adalah dengan tidak menggunakan ponsel ketika sedang charging. Beberapa merk dan tipe ponsel sering mengalami Ghost Touch ketika melakukan penggunaan ponsel sembari dicharge. Hal ini bisa terjadi karena adanya aliran listrik di layar ponsel yang memicu terjadinya Ghost Touch.

Itu dia penjelasan tentang bagaimana cara menghindari Ghost Touch tanpa harus mengubah layar ponsel menjadi layar yang baru. Langkah-langkah diatas bisa Anda coba apabila ponsel Anda masih belum mengalami Ghost Touch yang terlalu parah. Jika ponsel Anda sudah mengalami kendala Ghost Touch yang parah, maka Anda disarankan untuk mengubah layar saja. Selamat mencoba.