Update 7 Perbedaan realme C30 dan realme C30s yang Perlu Anda Tahu Cek Disini!

Baca disini artikel tentang 7 Perbedaan realme C30 dan realme C30s yang Perlu Anda Tahu . Berikut ini artikel tentang 7 Perbedaan realme C30 dan realme C30s yang Perlu Anda Tahu baca disini.

Pasar ponsel entry-level masih menjadi perhatian serius bagi realme. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya produk realme C30s. Ponsel ini datang dengan spesifikasi standar yang nyaman untuk kegiatan harian yang ringan.

realme bahkan menghadirkan chipset Unisoc yang diklaim lebih hemat daya agar ponsel bisa lebih lama digunakan. Tidak hanya itu, realme juga menambahkan fitur keamanan baru agar HP ini kian nyaman digunakan untuk menyimpan berbagai data penting.

Menariknya, realme sudah memiliki varian realme C30. Walaupun produk entry-level, HP 1 jutaan ini menawarkan desain dan performa mumpuni untuk anak muda yang memiliki dana terbatas. Tidak hanya untuk main game ringan, HP ini juga dilengkapi sektor kamera yang cukup baik untuk media sosial.

Tentu, menarik untuk membandingkan kedua HP Android realme ini. Apalagi, keduanya memang ditujukan untuk pasar HP murah. 

Nah, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan realme C30 dan realme C30s. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi realme C30

realme C30
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi realme C30s

realme c30s_
Layar – – inci
Chipset
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai – – mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan realme C30 dan realme C30s

realme C30s hadir sebagai ponsel entry-level untuk harian, dengan desain yang modis dan nyaman digunakan. Sedangkan, C30 hadir sebagai ponsel Rp1 jutaan dengan desain dan fitur yang tidak kalah menarik. Seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Desain Bodi Belakang Berbeda

realme C30_
Desain realme C30

Sebagai ponsel entry-level, realme C30 hadir dengan desain yang unik dan berbeda. HP realme ini mengalami perubahan desain di sisi belakang, khususnya bagian bodi dan modul kamera, berbeda dengan ponsel realme seri C lainnya.

Modul kamera si ponsel berbentuk persegi dengan konsep minimalis. Di dalam modul berkelir sewarna bodi itu terdapat kamera utama dan LED Flash. Permukaan bodi belakang dibuat bertekstur ala koper, bergaris vertikal. Desain modern ini diklaim tidak licin dan tidak mudah kotor di tangan.

realme C30s__1
Desain realme C30s

Hal berbeda justru ditampilkan realme C30s. Ponsel yang hadir sebagai ponsel harian ini memiliki desain lebih sederhana. Sekilas, desain HP ini masih mirip dengan seri C30. Modul kamera si ponsel masih berbentuk persegi berisi kamera utama dan LED Flash. 

Yang berbeda ialah permukaan bodi belakang. Bila dalam seri C30 tampak bertekstur, maka dalam C30s dibuat tampak polos. Walaupun begitu, realme menghadirkan teknologi micro texture anti slip yang membuat HP ini tetap nyaman digenggam.

Berlanjut ke perbedaan dimensi kedua ponsel. realme C30 punya dimensi 164.1 x 75.6 x 8.5 mm dengan bobot 182 gram tampak ringkas. Sedangkan C30s memiliki dimensi 164,2 x 75,7 x 8.5 mm berikut bobot 186 gram. 

Tentu, realme C30 lebih nyaman digenggam untuk aktivitas harian karena lebih ringan dan memiliki bodi bertekstur. Untungnya kedua HP ini sudah mendukung fitur tahan cipratan air, sehingga bisa aman digunakan di kondisi gerimis.

2. Layar Minim Ubahan

layar realme c30
Layar realme C30

realme C30 dan C30s sama-sama menggunakan layar berukuran 6,5 inci untuk mengisi sektor tampilannya. Layar tersebut menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Layar ini juga sudah memiliki kerapatan layar 270 ppi

Kedua layar ini terbilang biasa saja untuk ponsel entry-level. Tampilannya tidak terlalu burik, namun masih menampilkan detail yang baik. Apalagi realme juga menambahkan mode Video Display Enhancement. Mode ini membuat warna lebih cerah dan vivid dari sejumlah aplikasi seperti YouTube dan Google Photo. Ada juga opsi untuk mengubah keseimbangan warna putih di pengaturan.  

realme C30s layar_
Layar realme C30s

Menariknya, meski menggunakan panel IPS, saturasi warna yang dihadirkan sudah baik. Bahkan untuk penggunaan luar ruangan masih aman meski agak kurang terang. Screen ratio HP ini juga cukup besar sehingga layar tampak lebih luas, di mana C30 memiliki screen-to-body ratio 82,2%, sedangkan C30s hanya 82%. 

Perbedaan tampak di kecerahan layar, dimana realme C30s ternyata memiliki kecerahan yang lebih tinggi, yakni 570 nits. Sementara C30 hanya memiliki kecerahan 400 nits. Tentu untuk penggunaan luar ruangan, seri C30s hadir lebih jelas dibanding C30. 

3. Unisoc SC9863A vs Unisoc T612

unisoc-SC9863A_

realme C30 dan realme C30s memang dikhususkan untuk harian, multitasking dan bermain game ringan. Hal ini tampak dari pemilihan chipset yang sama-sama mumpuni di kelasnya. 

realme C30s dibekali chipset Unisoc SC9863A. Chipset ini dirilis pada 2018 dan sudah dilengkapi RAM 2 GB atau 4 GB. Prosesor octa-core ini terdiri dari empat core Cortex A55 1,6 GHz dan empat core Cortex A55 1,2 GHz.

Memang chipset yang digunakan cukup jadul. Namun, performa HP ini untuk bermain game masih enak dan lancar, asalkan bukan game berat yang dimainkan. Apalagi, HP ini sudah memakai RAM 4 GB dan GPU IMG8322.

Lalu, bagaimana performanya? Merujuk akun YouTube Infofull, realme C30s hanya memperoleh skor AnTuTu 104.588. Tentu performa HP ini tampak standar bahkan cenderung rendah untuk kelas HP entry-level.

Walaupun demikian menurut akun YouTube Atul Tech Bazaar, HP ini masih nyaman digunakan untuk bermain game PUBG meski hanya berada di pengaturan medium ke bawah. Suara yang dihadirkan HP ini juga masih cukup baik, sehingga menambah seru kala bermain game.