Update 7 Perbedaan OPPO A16 dan OPPO A17 yang Perlu Anda Tahu Cek Disini!

Baca disini artikel tentang 7 Perbedaan OPPO A16 dan OPPO A17 yang Perlu Anda Tahu . Berikut ini artikel tentang 7 Perbedaan OPPO A16 dan OPPO A17 yang Perlu Anda Tahu baca disini.

Oktober 2022, OPPO akhirnya memasukkan smartphone entry-level terbarunya, yakni OPPO A17. Ini merupakan  HP OPPO seri A yang menawarkan serangkaian pengalaman ponsel serba bisa yang dapat mendukung berbagai kegiatan sehari-hari penggunanya.

Maka dari itu, HP entry-level ini hadir dengan desain trendi nan ramping, sehingga cocok untuk semua usia. Dalam HP ini, OPPO juga menghadirkan kamera utama 50 MP dengan teknologi AI yang diklaim sesuai dengan kebutuhan pengguna di indonesia.

Sebelumnya pada juli 2021, OPPO juga menghadirkan OPPO A16 yang memiliki desain elegan yang nyaman. HP Android ini juga dilengkapi sektor kamera yang cukup lengkap. 

Tentu menarik membahas perbedaan kedua HP OPPO ini. Mengingat kedua HP sudah menggunakan chipset dari MediaTek dan baterai 5000 mah yang terkenal awet . Selain itu, keduanya juga dipasarkan untuk segmen pasar yang sama.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan dalam OPPO A16 dan OPPO A17, Anda bisa baca dulu spesifikasinya di bawah ini!

Spesifikasi OPPO A16

OPPO A16
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi OPPO A17

OPPO A17
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan OPPO A16 dan OPPO A17

OPPO A series memang dipersiapkan sebagai ponsel harian yang nyaman. Maka dari itu, OPPO menghadirkan desain yang minimalis dan kamera yang andal. Nah, seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Desain Elegan, Beda Modul Kamera

OPPO A16
Desain OPPO A16

Di Tahun 2022 ini OPPO berusaha menghadirkan desain yang lebih segar dan elegan dibanding seri sebelumnya. Terlepas dari statusnya sebagai ponsel Android murah, kedua OPPO A series ini memiliki tampilan bodi yang membuatnya terlihat mahal.

OPPO A16 menawarkan desain yang lebih modern dan trendi dibanding seri A sebelumnya. Masih mengusung bodi plastik, HP ini menggunakan desain lengkung tiga dimensi pada sisi kiri kanan penutup bodi belakang. Kalau diperhatikan secara detail, bodi ini jika terkena sinar akan menimbulkan efek pelangi yang elegan meski tipis.

Bagian bodi belakangnya juga nampak bersih karena tidak ada sensor sidik jari. Sensor tersebut kini berpindah ke sisi samping menyatu dengan tombol power. Di bagian belakang ini, Anda hanya akan menemukan modul kamera berbentuk persegi panjang ke bawah berisi tiga kamera. 

oppo A17_
Desain OPPO A17

Sementara itu, OPPO A17 hadir dengan desain retro ultra slim dengan bingkai tengah dan tepian datar. Desain ini membuat tampilan lebih ramping dan premium. Bodi belakangnya hadir dengan pemrosesan komposit yang membuat tampilan dan tekstur yang mirip kulit. Tekstur bagian dalam ini diembos dengan butiran kulit ringan dan bagian luarnya dilapisi lapisan UV.

Sementara itu, bagian bodi belakang ini juga nampak lebih bersih karena menggunakan modul kamera berbentuk lingkaran berjumlah 2. Modul pertama berisi kamera utama berada di atas dan di bawahnya ada modul kedua berisi kamera depth dan LED Flash. 

Untuk sidik jari, HP ini sudah menempatkan sensornya di bodi samping menyatu dengan tombol power, mirip dengan OPPO A16.

Beralih ke bagian depan, Kedua HP OPPO ini masih mengusung desain yang serupa. Sebagai ponsel entry-level keduanya masih menggunakan tipe poni model waterdrop. Ini memang sedikit mengecewakan karena di harga yang sama sudah ada produk Android murah dengan desain yang lebih kekinian.

Lanjut lagi di bagian dimensi. Ternyata perbedaan dimensi kedua HP OPPO ini memang tidak terlalu mencolok. Dimana A16 punya dimensi 163.8 x 75.6 x 8.4 mm dengan bobot 190 gram tampak bongsor. Sedangkan A17 lebih ramping dengan dimensi 164.2 x 75.6 x 8.3 mm berikut bobot 189 gram.

Dibagian desain ini, OPPO A17 sedikit lebih unggul karena sudah dilengkapi sertifikasi IPX4 yang membuat HP tahan air dan tahan debu.

2. Layar Minim Ubahan

oppo A17 layar_

Sedikit perbedaan dimensi kedua ponsel ternyata menyebabkan layar yang bisa dipasang juga berbeda ukuran. OPPO A16 memiliki layar dengan bentang 6,52 inci, sedangkan ukuran layar OPPO A17 berukuran 6,56 inci. 

Layarnya memang berbeda sedikit namun ternyata layar OPPO A17 tampak lebih luas karena tepian layar lebih tipis. Sayangnya, untuk spesifikasi layar lainnya masih sama. Walaupun spesifikasinya sama, bukan berarti layar kedua HP burik.

Untuk panel layar, kedua HP masih mengandalkan panel IPS. Layar ini sudah menggunakan resolusi HD+. Walaupun tampak sederhana, kedua layar mampu menampilkan warna yang cukup memuaskan mata. Keseimbangan warnanya juga mendekati akurat. Anda pun bisa nyaman menatap layar di luar ruangan karena kecerahan layar cukup ideal, dimana A16 480 nits dan A17 600 nits.

Tidak lupa, OPPO menambahkan fitur AI Eye Care. Fitur ini akan mengurangi rasa lelah dan iritasi mata akibat memandang layar dalam waktu lama. Sayangnya kedua HP tidak dibekali pelindung anti gores dari Gorilla Glass. OPPO hanya menghadirkan anti gores biasa dari pabrik. 

3. Chipset sama, Beda Konfigurasi Memori

OPPO A57 Helio G35

Seperti yang diulas di atas, OPPO mencoba menghadirkan smartphone yang fokus untuk harian. Maka dari itu, dalam kedua HP OPPO A series inii memakai chipset MediaTek Helio G35. Penggunaan chipset yang masih sama ini memang sedikit mengecewakan. Harusnya, OPPO bisa menggunakan chipset yang lebih baik dan lebih baru dalam dapur pacu OPPO A17.

MediaTek Helio G35 dibuat dengan fabrikasi 12 nm. Selain itu dalam chipset ini tersemat prosesor octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz untuk performa dan 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 1.8 GHz untuk hemat daya. Untuk pengolah grafis, SoC MediaTek ini memakai GPU PowerVR GE8320.