Update 6 Perbedaan Huawei Matepad 10.4 dan Huawei Matepad SE Cek Disini!

Baca disini artikel tentang 6 Perbedaan Huawei Matepad 10.4 dan Huawei Matepad SE . Berikut ini artikel tentang 6 Perbedaan Huawei Matepad 10.4 dan Huawei Matepad SE baca disini.

Huawei MatePad SE hadir sebagai salah satu tablet terjangkau dengan value yang melimpah. Meski hanya dibanderol harga Rp2 jutaan, tablet ini sudah menyediakan panel IPS LCD beresolusi 2K serta performa yang oke punya.

Namun, penamaan Huawei MatePad SE ini nyaris sama persis dengan Huawei MatePad 10.4 yang lebih dulu meluncur di pasaran. Terlebih karena keduanya memiliki ukuran layar yang sama, beserta sejumlah spesifikasi lainnya yang juga mirip-mirip.

Oleh karena itu, tim Carisinyal akan menjelaskan mengenai apa saja yang membedakan Huawei MatePad 10.4 dengan Huawei MatePad SE. Sehingga, pengguna jadi tahu tablet mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Yuk, baca poin-poin perbedaan berikut ini!

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

Huawei MatePad 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi Huawei MatePad SE

Huawei MatePad SE 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan Huawei Matepad 10.4 vs Huawei Matepad SE

1. HarmonyOS 2 vs 3

HarmonyOS

Kedua tablet ini tidak memiliki Google Mobile Services sehingga ada sejumlah aplikasi Google yang tidak dapat digunakan. Ini merupakan dampak dari isu perang dagang yang berlangsung antara Amerika Serikat dan Tiongkok sejak 2019.

Ini pula yang akhirnya mendorong Huawei untuk membangun sistem operasi mereka sendiri, dinamakan HarmonyOS. Sejumlah produk terbaru keluaran Huawei akhirnya dirilis dengan HarmonyOS, tidak terkecuali Huawei MatePad SE.

HarmonyOS memberikan pengalaman pengguna yang familier untuk pengguna Android. Kendati begitu, HarmonyOS bukanlah salinan dari kedua sistem operasi yang sudah duluan hadir di pasaran, baik itu Android maupun iOS.

Salah satu kelebihan HarmonyOS adalah penerapan konsep OS yang terdistribusi, sehingga meningkatkan performa secara signifikan ketimbang Android. Lalu, HarmonyOS juga tidak dapat di-root seperti Android guna meningkatkan keamanan pada perangkat.

Jika Android memiliki Google Play Store sebagai pusat pencarian aplikasi, maka HarmonyOS memiliki AppGallery. Di tahun 2022 saat tablet Huawei MatePad SE diluncurkan, sudah begitu banyak pengembang yang meluncurkan aplikasinya pada AppGallery.

Aplikasi-aplikasi dari berbagai fungsi dapat Anda instal di MatePad SE, seperti aplikasi pengedit dokumen, edit foto, medsos, dan lain-lain. Namun memang, tidak ada aplikasi-aplikasi Google di tablet ini.

Saat awal-awal HarmonyOS diluncurkan, khalayak umum akan kesulitan menikmati konten film dan series pada layanan OTT. Namun, hal ini tidak terjadi pada Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE.

Pengguna masih dapat akses situs Disney+ Hotstar dan Netflix pada laman web resminya, dan menikmati keseluruhan film sebagaimana aplikasi pada OS Android.

Adapun ketika pengguna HarmonyOS ingin merasakan sensasi menggunakan Android, bisa menggunakan fitur non-resmi bernama GSpace. Fitur ini menyediakan Layanan Seluler Google atau Google Mobile Services yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Saat GSpace digunakan, pengguna pun dapat menikmati seluruh aplikasi Google sebagaimana Android pada umumnya, seperti Gmail, YouTube, Google Photos, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, GSpace sering memunculkan iklan yang mengganggu, serta tidak sestabil penggunaan Android sungguhan. Karena status GSpace yang merupakan fitur non-resmi, pengguna pun perlu waspada akan kerahasiaan informasi sensitif yang mungkin dapat diakses pengembang fitur ini.

Kendati sama-sama menyuguhkan sistem operasi yang sama, kedua tablet dirilis dengan versi berbeda. Huawei MatePad 10.4 diluncurkan menggunakan HarmonyOS 2 sedangkan Huawei MatePad SE hadir dengan HarmonyOS 3. Ini karena MatePad SE memang dirilis lebih baru ketimbang MatePad 10.4 yang hadir duluan ke pasaran.

Perbedaan pada HarmonyOS 3 terletak pada stabilitasnya. Ia mampu membuat tablet lebih cepat dari sisi performa gim, navigasi, hingga lebih baik dalam mempertahankan aplikasi di latar belakang.

Dibandingkan HarmonyOS 2, perangkat dengan HarmonyOS 3 juga tidak terlalu banyak makan daya, serta mampu pertahankan masa durasi ketahanan baterai.

Menurut HuaweiCentral.com, HarmonyOS 3 juga meningkatkan pengalaman lebih baik saat gunakan fitur Super Device untuk menghubungkan ekosistem perangkat pintar Huawei.

2. Kirin 710A vs Snapdragon 680

68094-snapdragon-680-4g_

Meski dibanderol dengan harga lebih mahal, Huawei MatePad 10.4 rupanya hadir dengan chipset yang inferior. Tablet 4 jutaan ini menawarkan HiSilicon Kirin 710A yang dibangun atas proses fabrikasi 14 nm FinFET. Di dalamnya, tersemat kombinasi delapan inti prosesor yang terbagi jadi dua klaster.

Klaster pertama alias high performance membawakan Cortex A73 sebanya empat inti, bawakan clock speed sebesar 2 GHz. Sementara itu, klaster hemat dayanya mengandalkan Cortex A53 sebanyak empat buah dengan frekuensi 1.7 GHz.

Adapun kartu pengolah grafis yang diandalkan chipset kelas menengah tersebut adalah Mali G51, berlari pada frekuensi grafis 1000 MHz.

Kini beralih ke Huawei MatePad SE yang dibanderol dengan harga lebih murah, namun sudah diotaki dengan chipset Snapdragon 680 yang punya kinerja prima. Ini merupakan chipset Snapdragon 600 series pertama yang dibangun atas fabrikasi 6 nm, sehingga dapat menawarkan efisiensi daya yang lebih baik.

Snapdragon 680 sendiri sudah cukup sering digunakan oleh smartphone kelas menengah ternama, seperti Redmi Note 11, realme 9i, Redmi 10, OPPO Reno7, dan masih banyak lagi. Jika Anda cukup sering mengikuti perkembangan dunia gadget, tentu nama Snapdragon 680 sudah tidak asing lagi di telinga Anda.