Update 15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia (Oktober 2022) Cek Disini!

Baca disini artikel tentang 15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia (Oktober 2022) . Berikut ini artikel tentang 15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia (Oktober 2022) baca disini.

Salah satu aspek desain HP yang cukup sering ditonjolkan adalah ketebalannya. Ketika bodi sebuah ponsel punya ketebalan yang minim alias tipis, maka penampilannya jadi cantik. Bodi yang tipis umumnya juga dapat mengurangi bobot ponsel. Imbasnya, sisi ergonomis ikut meningkat karena ponsel lebih enak digenggam.

Kecenderungan orang untuk menginginkan HP berbodi tipis sudah berlangsung sejak featured phone masih dominan. Hal itu terus jadi tren hingga smartphone jamak digunakan seperti sekarang. Nah, berikut Carisinyal akan mengulas beberapa HP dengan bodi paling tipis di dunia. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

1. Microsoft Surface Duo

microsoft surface duo
Layar AMOLED 8.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
11 MP
(wide)
Baterai Li-Po 3577 mAh
Kelebihan Baca di sini

Microsoft tidak menyerah di pasar ponsel setelah Lumia dengan Windows Mobile-nya “gulung tikar”. Mereka pun meluncurkan Microsoft Surface Duo yang dengan sistem operasi Android. HP ini memiliki konsep yang baru, yakni foldable alias bisa dilipat. Karena itu, desain menjadi salah satu sektor yang ditonjolkan oleh si smartphone.

Dalam catatan Carisinnyal, ponsel ini adalah smartphone dengan ketebalan paling minim, yakni 4,8 mm. Ketebalan itu tentu saja didapat saat si ponsel ini dalam keadaan terbuka alias dibentangkan. Kalau ada dalam posisi dilipat, ketebalannya adalah 9,8 mm.

Desain lipatan secara horizontal pada HP ini membuatnya cocok buat orang yang ingin memakai gawai tablet, tetapi tidak toleran dengan ukuran besar. Surface Duo pun muncul sebagai solusi, sekaligus meraih penghargaan sebagai penemuan terbaik pada 2020 dari surat kabar Time dari Amerika Serikat.

Beberapa fitur dijejalkan pada HP ini untuk mendukung produktivitas. Seperti dukungan pena stylus, Microsoft 365, serta Microsoft Teams and Skype video conferencing. Soal performa, HP ini tentu saja gegas karena diperkuat SoC premium Snapdragon 855 dengan RAM 6 GB.

2. Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs
Layar Foldable OLED 8.0 inci
Chipset Kirin 990
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
40 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


16 MP
(ultrawide)


MP
(ToF)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Huawei kembali mengenalkan penerus Huawei Mate X di kuartal pertama tahun 2020, yaitu Huawei Mate Xs yang dijual hampir Rp 40 jutaan. Secara spesifikasi, Huawei Mate Xs tidak begitu jauh berbeda dari Huawei Mate X. Satu di antara sedikit perbedaannya terletak pada sektor performa.

Seperti pendahulunya, HP ini juga memiliki bodi yang sangat tipis ketika dalam mode unfolded atau terbuka, yaitu mencapai 5,4 mm. Bersama dengan Mate X, Mate Xs merupakan smartphone dengan bodi tertipis paling canggih di dunia sejauh ini. Sebagai produk kelas atas, HP ini pastinya dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan.

3. Huawei Mate X

Layar Foldable AMOLED 8.0 inci
Chipset Kirin 980
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
40 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


16 MP
(ultrawide)


0.3 MP
(ToF)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Huawei memang bukan pihak pertama yang kenal dengan konsel HP layar lipat. Namun, percobaan mereka di pasar ini cukup berhasil dengan Huawei Mate X. Hal itu karena mereka menawarkan konsep lipatan yang lain daripada yang lain. HP ini memang hanya punya satu sisi layar.

Namun, saat dilipat, separuh bagian layar mengampu fungsi sebagai layar sampul. Dalam keadaan terlipat, HP yang dirilis dengan harga sekitar Rp34 juta ini cukup tebal, yakni 11 mm. Akan tetapi, ketika dibentang, ketebalannya berubah jadi 5,4 mm. Sangat tipis!

Namun, HP berpenutup belakang aluminium ini bukan cuma mengandalkan sisi desain. Performanya kencang karena didukung SoC flagship Kirin 980. Kameranya pun keren karena menggunakan sistem optik dari Leica. Salah satu kameranya adalah kamera tele dengan kemampuan perbesaran optik hingga 2 kali.

4. Xiaomi Mix Fold 2

xiaomi mix fold 2
Layar Foldable LTPO2 OLED 8.02 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
59 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kemunculan Xiaomi Mix Fold 2 ini akan menjadi perbincangan dan dibanding-bandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold karena memiliki bentuk yang sama. Bedanya, Xiaomi Mix Fold 2 ini memiliki bodi yang lebih slim atau tipis dengan ketebalan hanya 5,4 mm ketika tidak dilipat, sedagkan ketika dilipat menjadi 11,2 mm.

Hal menarik lainnya dari HP ini adalah kemampuan layarnya yang membuat mata betah. Layar utama Xiaomi Mix Fold 2 ini dibekali panel Foldable LTPO2 OLED berukuran 8,02 inci dan mampu mencapai resolusi 1914 x 2160 piksel. layar yang dilindungi Schott UTG Glass ini juga mampi mencapai kecerahan puncak 1300 nit dengan Dolby Vision, HDR10+, dan menghasilkan hingga 1 miliar warna.

Sementara itu, Xiaomi Mix Fold 2 ini memiliki layar kedua berukuran 6,56 inci dengan panel AMOLED. Layar kedua ini mampu mencapai resolusi 1080 x 2520 piksel dan dilindungi oleh teknologi Corning Gorilla Glass Victus.

5. Huawei Mate Xs 2

Huawei Mate Xs 2 -
Layar Foldable OLED 7.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan Baca di sini

Huawei Mate Xs 2 memiliki desain layar lipat yang unik karena hanya memiliki satu sisi layar saja. desain lipatan tersebut mengambil referensi dari lipatan sebelumnya yaitu Huawei Mate Xs yang melipat layar ke arah luar yang disebut “Falcon Wing”.

Selain cara melipatnya yang unik, ketebalan yang dimiliki HP ini juga sangat tipis ketika dibentangkan yaitu hanya 5,4 mm saja. Namun, berbeda cerita ketika HP ini dilipat karena ketebalannya akan bertambah menjadi 11,1 mm.

Selain sisi ketebalannya yang menarik, HP ini juga dibekali layar yang cukup mumpuni. Layar HP ini berukuran 7,8 inci dan telah menggunakan panel Foldable OLED. Selain itu, refresh rate yang dihasilkan juga cukup tinggi yaitu 120 Hz sehingga berselancar di media sosial menjadi semakin nyaman, ditambah resolusinya yang mencapai 2200 x 2480 piksel dengan kerapatan 424 ppi.

6. Microsoft Surface Duo 2

Layar AMOLED 8.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


16 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4449 mAh
Kelebihan Baca di sini

Microsoft Surface Duo 2 lahir karena Surface Duo mendapatkan atensi yang cukup baik. Ternyata, ponsel foldable cukup diminati bagi penggemar tablet yang mendamba keringkasan. Beberapa peningkatan pun diberikan Microsoft pada HP yang dijual dengan harga 1800 dolar AS atau sekitar Rp21,3 juta ini.