Update 10 Apple iPad Terbaru dan Spesifikasinya (Oktober 2022) Cek Disini!

Baca disini artikel tentang 10 Apple iPad Terbaru dan Spesifikasinya (Oktober 2022) . Berikut ini artikel tentang 10 Apple iPad Terbaru dan Spesifikasinya (Oktober 2022) baca disini.

Apple merupakan salah satu perusahaan penghasil produk elektronik terbesar di dunia. Mereka sukses sebagai salah satu produsen komputer, contohnya laptop MacBook. Di divisi ponsel, mereka merupakan salah satu penguasa pasar melalui iPhone series.

Selain sukses dengan MacBook dan iPhone, Apple juga memiliki beragam seri tablet yang dinamakan dengan iPad. Mereka memulainya di 2010 lewat iPad generasi pertama.

Dari situ, muncul beragam generasi-generasi berikutnya pada lini seri yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar seri iPad beserta perbedaannya dengan seri-seri lainnya.

  • iPad reguler. Ini adalah seri iPad yang dipasarkan untuk segmen harga entry level, dengan spesifikasi yang dibuat lebih sederhana namun tetap mencirikan kualitas khas Apple.
  • iPad Air. Secara ukuran, tablet ini menyerupai iPad reguler namun seri ini cenderung punya fitur-fitur yang lebih kekinian dibandingkan iPad reguler, dengan jenis chipset yang lebih gahar, kamera dengan resolusi lebih tinggi, dan juga desain yang lebih mengikuti zaman. Dari segi bobot, iPad Air ini bahkan bisa lebih ringan ketimbang iPad reguler meski pada ukuran layar yang sama.
  • iPad mini. Sebagian orang berpikir kalau iPad mini adalah iPad reguler versi kecil. Padahal, bukan. Ia adalah versi mungil dari iPad Air, karena memang berada di segmen harga yang sama dengan iPad Air. Fitur-fitur dan spesifikasinya kurang lebih sama, namun iPad mini ditujukan untuk konsumen yang lebih menyukai form factor yang lebih ringkas dan ringan.
  • iPad Pro. Rajanya iPad. Semua hal-hal terbaik yang bisa didapatkan pada sebuah iPad pasti dimiliki oleh seri Pro ini. Biasanya, ia pun hadir dengan dua varian ukuran, contohnya seperti varian 10 inci dan 12 inci. iPad Pro tidak hanya unggul di antara seri iPad lainnya, tapi juga menghadirkan performa dan spesifikasi unggulan.

Nah, seri-seri iPad ini senantiasa di-upgrade oleh Apple secara periodik. Dan setiap ada generasi yang baru keluar, generasi sebelumnya otomatis disetop produksinya. Meski begitu, calon konsumen tetap dapat membeli iPad generasi lama melalui kanal distribusi rekanan Apple di Indonesia.

Apakah Anda penasaran dengan iPad-iPad keluaran terbaru? Jangan khawatir, Carisinyal akan beberkan deretan produk iPad sesuai dengan tahun perilisannya, sekaligus dengan spesifikasi, harga rilis, dan juga fitur-fitur menariknya.

1. iPad Pro 12.9 (2022)

Apple iPad Pro 12.9 (2022)
Layar Liquid Retina XDR mini-LED LCD 12.9 inci
Chipset Apple M2
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


10 MP
(ultrawide)


MP
(ToF)
Baterai Li-Po 10758 mAh
Kelebihan Baca di sini

iPad Pro kini sudah hadir dalam generasi keenamnya, yakni iPad Pro (2022). Yang satu ini merupakan varian berukuran 12.9 inci, menawarkan panel Liquid Retina XDR mini-LED dengan kecerahan puncak HDR yang mencapai 1600 nit.

Layar iPad ini menghadirkan teknologi TrueTone yang dapat menyelaraskan warna dan kecerahan layar berdasarkan pencerahan di sekitarnya. Kualitas tampilan layar tablet ini tergolong yang terbaik di dunia, suguhkan ProMotion 120 Hz dengan gamut warna P3 untuk reproduksi warna yang memukau.

Ketimbang generasi sebelumnya yang pakai Apple M1, iPad Pro 12.9 (2022) menggunakan Apple M2 yang hadirkan sebanyak 20 miliar transistor. Apple mengklaim kinerja CPU-nya alami peningkatan hingga 18%, begitu pun dengan kemampuan GPU yang meningkat 35%.

Fitur baru yang ditawarkan generasi ini terletak di sisi kameranya. Meski suguhkan konfigurasi kamera yang sama persis, kini Anda bisa menggunakan cinematic mode untuk hasilkan rekaman video bak film Hollywood.

Sejumlah peningkatan lainnya juga turut hadir, tapi mayoritasnya hanya di sisi konektivitas. Sebut saja versi Bluetooth yang kini 5.3, serta kehadiran WiFi 6E alih-alih WiFi 6 biasa.

Konektivitas USB Type-C dengan Thunderbolt 4 kembali dihadirkan seperti generasi sebelumnya, cocok untuk multi-tasking dengan cara menghubungkan laptop ke dua monitor 4K sekaligus.

Untuk kebutuhan sehari-hari, tampaknya iPad Pro 12.9 (2022) akan sangat overkill. Tapi jika Anda membutuhkan workstation yang tahan hadapi segala kebutuhan perkontenan profesional, rasanya tak ada yang lebih cocok dari iPad ini.

Chipset Apple M2 merupakan chipset yang juga menenagai MacBook Air dan MacBook Pro keluaran 2022. Sehingga, kinerja tablet dijamin kuat untuk aktivitas rendering apa pun yang bisa Anda lemparkan ke iPad ini.

2. iPad Pro 11 (2022)

Apple iPad Pro 11 (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 11 inci
Chipset Apple M2
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


10 MP
(ultrawide)


MP
(ToF)
Baterai Li-Po 7538 mAh
Kelebihan Baca di sini

Nyaris semua hal di iPad Pro 11 (2022) ini sama persis dengan varian 12.9 inci. Bedanya jelas terletak di ukuran layar lebih kecil dan juga kapasitas baterainya. Selain itu, panelnya pun kini hanya pakai Liquid Retina IPS LCD biasa. Tidak menghadirkan mini-LED HDR seperti varian 12.9 inci.

Sekadar info, panel ini sudah digunakan pada generasi ke-3, ke-4, dan ke-5 pada model 11 inci. Untungnya, varian 11 inci masih menggunakan chip yang sama yaitu Apple M2. Pengguna pun dapat mengekspektasikan kinerja yang sama gaharnya.

Konektivitas yang dikemas juga tidak berbeda, dengan Bluetooth 5.3 terbaru serta jaringan WiFi 6E untuk terhubung dengan pita 6 GHz. Jadi, apabila Anda membutuhkan varian iPad Pro keluaran 2022 dengan harga lebih terjangkau serta portabilitas yang tinggi, varian 11 inci akan terasa cocok.

3. iPad (2022)

Apple iPad 2022
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)
Baterai Li-Ion – mAh
Kelebihan Baca di sini

Masih tersimpan dengan jelas di benak penulis bahwa iPad reguler senantiasa hadirkan bezel besar. Bahkan, saking besarnya, bezel tersebut masih muat menampung sensor sidik jari (front-mounted). Akhirnya, iPad keluaran 2022 menyamai para “kakak”-nya dengan bezel tipis dan desain lebih modern.

Lokasi fingerprint scanner kini berpindah ke atas (top-mounted) alih-alih di depan. Desainnya kini sungguh menyerupai Apple iPad Mini keluaran 2021. Dan seperti biasa, ada peningkatan chipset satu generasi lebih modern dari iPad 2021, meningkat dari semula Apple A13 Bionic menjadi A14 Bionic.

Apple A14 Bionic turut mengotaki sejumlah perangkat Apple lainnya, seperti iPhone 12 series dan iPad Air generasi keempat. Chipset ini alami peningkatan jumlah transistor sebanyak 38,8% dibandingkan iPad 2021, yakni menjadi sebanyak 11,8 miliar.

Adapun sejumlah peningkatan lainnya terletak pada kemampuan videografi dan konektivitasnya. Kini, ia bisa merekam 4K pada kecepatan hingga 60 FPS, serta sudah menggunakan Bluetooth 5.2 dan juga WiFi 6.

Tidak lagi suguhkan port Lightning, iPad (2022) sekarang sudah dipasangkan dengan USB Type-C 2.0 yang turut merangkap jadi DisplayPort. Tampaknya Apple sudah bersiap-siap “migrasi” ke USB Type-C lantaran adanya mandat dari Uni Eropa.

Dengan sederet fasilitas mewah yang ditanamkan pada iPad (2022), ucapkan selamat tinggal pada harga yang terjangkau. Dikutip dari PCMag.com, iPad reguler yang semula dianggap entry-level kini naik kelas. Harga rilis iPad (2021) kala itu sebesar 329 dolar AS (Rp5 juta), sedangkan iPad (2022) dibanderol dengan harga 449 dolar AS (hampir Rp7 juta).