Link Ukuran Kertas F4 – Pengertian, Jenis-Jenis, Cara-Cara, dan Kegunaannya

Come here if you want to read Manhwa Ukuran Kertas F4 – Pengertian, Jenis-Jenis, Cara-Cara, dan Kegunaannya English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Ukuran Kertas F4 – Pengertian, Jenis-Jenis, Cara-Cara, dan Kegunaannya RAW Free until end.

Ukuran Kertas F4 – Di dalam dunia perkantoran dan pendidikan, penggunaan kertas sebagai urusan cetak mencetak sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Kertas yang umum digunakan adalah kertas jenis HVS.

Ukuran kertas internasional memiliki standar ISO seperti kertas seri A, B, C dan R. Standar ini mempunyai ukuran turunan, contohnya : kertas ukuran A0, sampai A4. Sedangkan kertas F4 ini, tidak memiliki turunan. Jadi jangan heran jika kamu ngeprint di word tidak menemukan ukuran F4.

Kertas F4 muncul dikarenakan permintaan pasar sehingga kertas ini tidak masuk ke system aplikasi. Jangankan word, aplikasi lain seperti coreldraw dan photoshop pun tidak akan ada ukuran kertas F4 nya.

Kertas F4 Adalah

Kertas F4 adalah kertas dengan ukuran yang lebih besar. Artinya, kertas F4 lebih tinggi dan lebar dibanding dengan kertas A4. Dalam satuan inci (inchi) adalah 12,99 x 8,27 inci. Dan dalam satuan mm (milimeter) adalah 330 x 210 mm.

Selain menggunakan pengaturan khusus, kertas F4 memiliki ukuran yang sama di berbagai daerah, karena sudah terstandar sesuai Standar ISO.

Satuan yang banyak digunakan yaitu millimeter (mm), sedangkan untuk aplikasi ms.word biasa menggunakan satuan centimeter (cm).

Ukuran-Kertas-F4-1

Jenis-Jenis Kertas F4

Kertas F4 juga sering disebut sebagai kertas Folio. Ukuran Kertas F4 atau Folio adalah 33 cm x 21 cm.

Ada beberapa produsen kertas seperti PaperOne yang menggunakan ukuran 21.6 cm x 33 cm. Sebenarnya itu bukanlah masalah karena hanya memiliki selisih 6 mm saja.

Tips Memilih Kertas F4

Gramasi dari kertas F4
Gramasi atau sering menggunakan sekala GSM adalah berat dari kertas tersebut. Di pasaran banyak kertas F4 dengan ukuran yang berbeda. Umumnya yang selalu digunakan adalah jenis 70 GSM. Namun, ada juga jenis kertas yang gramasinya 80 GSM dan juga 60 GSM.

Sebelum kalian membeli, tentukan dahulu kira-kira mana saja yang dibutuhkan oleh banyak orang. Kebanyakan orang menggunakan jenis 70 dan 60 GSM banyak digunakan di fotokopi. Berikutnya yang jenis 80 GSM banyak digunakan di kantor untuk mencetak dokumen penting.

Perhatikan merek
Sebelum kalian memutuskan untuk membeli kertas F4 ada baiknya untuk mengenali merek yang ada di pasaran. Masing-masing merek biasanya mempunyai harga berbeda-beda. Selanjutnya, kualitas dari kertasnya juga bervariasi. Ada kertas yang kualitasnya cukup baik dan ada yang biasa saja dan mudah rusak.

Dan sebelum kalian membeli tentukan dahulu mau digunakan untuk apa. Kalau kertas digunakan untuk mencetak dokumen atau hal yang penting itu harus kertas terbaik yang wajib dibeli atau digunakan. Namun, kalau hanya untuk menggandakan buku atau dokumen di tempat fotokopi, jenis biasa tidak terlalu jadi masalah.

Memilih supplier yang tepat
Hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli kertas F4 ini adalah memilih supplier yang tepat dan terpercaya.

Warna dan bahan
Ada beberapa warna dari kertas F4. Warna yang sering digunakan memang putih, tapi ada juga warna kuning, biru, merah muda, dan hijau. Kertas yang warna biasanya agak mahal daripada yang putih.

Kegunaan Kertas F4

Kertas ukuran F4 ini sangat dibutuhkan dan sering sekali digunakan dalam bidang pengetikan atau percetakan sebuah dokumen.

Terdapat cukup banyak kegiatan yang akan membutuhkan kertas ini, misalnya didalam pengerjaan laporan kegiatan kerja, pelatihan karyawan, untuk lembar kerja, formulir kerja atau formulir kegiatan, dan semacamnya

Dalam pengerjaan tugas sekolah pun, tidak jarang kertas F4 ini digunakan. Lantaran ukurannya yang cukup besar, sehingga dapat memuat banyak tulisan seperti karangan cerita dan laporan praktikum.

Mengatur Kertas F4 di Word

Pertama-tama, silahkan buka aplikasi word anda. Kemudian, pilih ‘Page Layout’ untuk memunculkan pilihan mengenai ukuran kertas.

Setelah itu, pilih ‘Size’ untuk memilih ukuran kertas yang akan digunakan. Lalu, Anda harus memilih ‘More Paper Size’yaitu untuk mengatur ukuran kertas.

Pada kolom ‘Height’, Anda dapat menuliskan angka 33 cm dan ‘Widht’ 21,59 cm. Dan Anda juga bisa menuliskan angka 13’ pada kolom ‘Height’ dan 8.5’ pada kolom ‘Width’.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Ukuran Kertas F4, perlu anda perhatikan juga beberapa hal supaya Anda mendapat kertas yang berkualitas, dan kertas dapat digunakan secara nyaman dan maksimal ketika digunakan untuk berbagai hal. Terima Kasih.

Baca Juga :