Link Siapa Villain Pertama di DC Universe? Free

Come here if you want to read Manhwa Siapa Villain Pertama di DC Universe? English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Siapa Villain Pertama di DC Universe? RAW Free until end.

Sebagai penggemar DC, kita pasti sudah mengetahui bahwa semesta superhero ini dipenuhi dengan berbagai macam villain. Mulai dari villain yang lahir dari eksperimen, kemudian ada juga villain yang sudah kaya sejak lahir, sampai para alien yang berasal dari luar angkasa. Namun dari semua itu, tahukah kalian siapa villain yang pertama eksis di DC Universe? Kali ini kita akan membahasnya dengan membaginya menjadi dua, yang pertama berdasarkan tahun debutnya, dan yang kedua villain pertama secara kronologis di DC Universe. Penasaran ‘kan? So, check this out, Geeks!

Villain Pertama Berdasarkan Tahun Debut

Seperti yang kita tahu, DC Comics adalah perusaahaan komik Amerika yang telah berdiri selama lebih dari delapan dekade. Tepatnya pada tahun 1937, dengan karakter populernya Superman yang debut setahun kemudia di Action Comics #1 (1938). Setelah menghadapi sejumlah masalah umum, Superman akhirnya bertemu dengan villain pertama DC yang bernama Ultra-Humanite di Action Comics #13 (1939). Selain fakta bahwa dia adalah hasil dari sebuah eksperimen, tidak ada yang mengetahui siapa sebenarnya Ultra-Humanite. Dia sendiri bahkan tidak mengetahui siapa nama aslinya dan juga dari mana asal-usulnya.

Yang jelas saat kemunculan pertamanya, Ultra-Humanite digambarkan sebagai makhluk tercerdas di muka Bumi. Saking besarnya energi otak yang dia miliki, tubuhnya yang tidak sanggup menahan energi tersebut akhirnya mulai menua, mengecil, dan tidak bisa bergerak. Walaupun begitu, Ultra-Humanite masih sanggup menghadapi Superman dengan kecerdasan, penemuan, dan juga antek-anteknya. Selama bertahun-tahun, dia telah berusaha memindahkan otaknya ke tubuh lain yang lebih kuat. Bahkan pada tahun 50-an dia pernah mencoba melakukannya kepada Batman, sebelum Superman menyelamatkannya.

Secara penampilan, Ultra-Humanite lebih sering terlihat dalam bentuk gorila albino sebagai tubuh andalannya. Tanpa tubuh gorila ini, dia sebenarnya sudah cukup cerdas untuk membuat Superman kewalahan dengan berbagai penemuannya. Apalagi kemampuan otak Ultra-Humanite telah membuatnya mampu melakukan telepati, telekinesis, dan hipnotis. Kemudian ketika berada di tubuh gorilanya, Ultra-Humanite berubah menjadi sosok yang mempunyai kekuatan fisik dan kekebalan super. Selain itu, tubuh gorilanya juga memungkinkan dia untuk mengendalikan berbagai hewan dalam pertarungan.

Pada masa awal keemasannya, DC secara tidak langsung pernah menjelaskan bahwa Ultra-Humanite dimaksudkan untuk menjadi kebalikan dari Superman sekaligus penyeimbang DC Universe. Di mana dia hadir sebagai villain dengan kecerdasan super, yang harus mengalahkan superhero berkekuatan super, yaitu Superman. Popularitasnya mulai meredup setelah DC memperkenalkan Luthor sebagai musuh bebuyutan Superman yang kecerdasannya berada di bawah Ultra Humanite, tetapi mempunyai tubuh yang lebih sempurna.

Villain Pertama Secara Kronologis

Sekarang kita beralih ke pembahasan villain pertama DC secara kronologis. Mungkin banyak di antara kalian yang menganggap bahwa Darkseid adalah villain tertua di DC Universe. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya dibenarkan. Karena DC sendiri tidak pernah secara gamblang menyatakan berapa usia villain New God ini. Ada sumber yang mengatakan bahwa umur bangsa New God sendiri hanya sekitar 30 ribu tahun. Jadi untuk menghindari pembahasan yang tidak berujung, mari kita kesampingkan dahulu para karakter kosmik yang originnya selalu berubah-ubah.

Jika kita kesampingkan para karakter kosmik, maka villain tertua di DC Universe adalah Vandal Savage yang pertama kali melakukan debutnya di komik Green Lantern #10 (1943). Beda dengan Darkseid, DC secara eksplisit menjelaskan bahwa Vandal telah eksis di muka Bumi sejak 50 ribu tahun yang lalu. Vandal mengklaim bahwa dirinya adalah bagian dari Cro-Magnon alias manusia pertama. Suatu radiasi dari batu meteor purba telah membuat Vandal mendapatkan keabadian serta kecerdasan super. Sejak saat itulah dia selalu membimbing banyak raja dan para penakluk jahat di seluruh dunia.

Meskipun tidak mempunyai kekuatan energi sekuat Darkseid, tetapi Vandal terbukti mampu menghadapi banyak superhero tangguh. Termasuk Immortal Man, Hawkman, Hawkgirl, Resurrection Man, bahkan Justice Society dan Justice League. Alasannya karena dia mempunyai kekuatan fisik super dan kemampuan regenerasi yang terbilang sangat cepat. Selain itu dia juga terkenal sangat ahli dalam strategi, berbagai ilmu bela diri, dan juga pengetahuan. Itulah mengapa Vandal selalu berhasil mengungguli para lawannya. Apalagi dia terkenal sebagai villain yang sangat sadis dan juga tidak kenal ampun.

Itulah pembahasan tentang villain pertama DC, baik dilihat dari tahun debutnya maupun secara kronologis. 2 villain ini telah berhasil membuktikan kehebatannya sehingga mampu bertahan bahkan sampai sekarang. Saat ini Ultra-Humanite masih cukup sering diceritakan mengganggu kehidupan Superman dalam wujud gorila albinonya. Sedangkan Vandal sekarang tercatat sebagai musuh bebuyutan Justice League. Meskipun tidak seterkenal Darkseid, Joker, atau Luthor, tetapi status mereka sebagai villain pertama masih belum tergantikan sampai sekarang.