Link Penyebab Laptop Lemot dengan CPU Usage 100%

Come here if you want to read Manhwa Penyebab Laptop Lemot dengan CPU Usage 100% English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Penyebab Laptop Lemot dengan CPU Usage 100% RAW Free until end.



Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan laptop lemot dengan CPU Usage mencapai 100%. Jika penggunaan sumberdaya CPU atau RAM mencapai limit, maka sudah pasti komputer Anda akan terjadi ngadat atau berjalan dengan sangat lambat.

Sejumlah faktor dapat memicu penggunaan resoureces CPU 100 persen. Nah, dibawah ini adalah beberapa penyebab umum yang patur Anda perhatikan jika PC Anda tiba-tiba lemot dan sering macet saat digunakan.

1. System crash

Penyebab komputer lemot yang paling umum terjadi adalah dikarenakan system crash. System crash ini terjadi lantaran terdapat file corrupt pada file system di PC Anda atau error karena disebabkan program tertentu. Tentunya, bisa juga disebabkan oleh infeksi virus.

2. Windows Update

Saat Windows melakukan update secara otomatis, ini akan menyedot banyak sumberdaya CPU dan RAM. Alhasil, laptop menjadi sangat lambat sampai proses downloading file update Windows selesai.

3. Antimalware Service Executable

Penyebab Laptop Lemot dengan CPU Usage 100%

Fitur keamanan default Windows ini berguna, namun juga sangat memberatkan PC Anda. Terlebih ketika dalam kodisi PC Anda bermasalah pada sumberdaya CPU maupun RAM. Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi Task Manager dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Sift + Esc.

4. Web browser

Saat Anda browsing menggunakan web browser, usahakan untuk tidak membuka terlalu banyak tab karena semakin banyak tab yang dibuka, maka semakin menghabiskan resources CPU dan RAM, dan pada akhirnya lapto Anda akan berjalan dengan sangat lamban.

5. Multi-apps berjalan di background

Windows biasanya menjalankan berbagai aplikasi pada latar belakang. Untuk mengetahuinya, silahkan cek di Task Manager. Multi-apps yang berjalan pada background tersebut bisa menyebabkan CPU usage limit. Jadi, matikan program atau aplikasi yang tidak perlu.

Ringkasan

Tidak akan ada yang bisa dikerjakan dengan laptop yang berjalan sangat lemot. Selain karena permasalahan yang disebutkan diatas, laptop lemot umumnya juga karena spek laptop tersebut yang sangat dibawah standar.

Oleh sebab itu, saat Anda ingin beli laptop, usahakan untuk memilih laptop dengan spek minimal RAM 8 GB dengan CPU clock-speed 2 Ghz keatas. Ini akan memberikan Anda kenyamanan saat menggunakan laptop.

Catatan penting:

Jika tidak ingin dibuat jengkel karena laptop ngadat terus-terusan, jangan beli laptop dengan spek CPU clock-speed dibawah 1.5 Ghz. Kecuali Anda mau menggunakan Windows seri 7 kebawah.

Windows 10/Windows 11 itu cukup berat. Semisal Anda membeli laptop dengan CPU clock-speed 1.1 Ghz, dijamin laptop tersebut tidak akan bisa berjalan optimal alias sering macet saat digunakan, bahkan untuk membuka program yang relatif ringan sekalipun.