Link One Piece: Vegapunk Ancaman Kehancuran Dunia? Free

Come here if you want to read Manhwa One Piece: Vegapunk Ancaman Kehancuran Dunia? English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa One Piece: Vegapunk Ancaman Kehancuran Dunia? RAW Free until end.

Rencana besar Punk Records milik Vegapunk memiliki potensi untuk menjadi ancaman kehancuran dunia di seri One Piece. Meskipun merupakan sebuah ide yang bagus untuk mengumpulkan semua data dan informasi di satu tempat, namun ada potensi bahaya yang mengancam. Chapter 1067 dari seri manga One Piece akhirnya memperlihatkan lebih lanjut tentang sosok Vegapunk.

Dalam chapternya terungkap jika Vegapunk memang adalah sosok yang cerdas sejak lahir. Tetapi, ternyata dia juga merupakan seorang pengguna buah iblis Nomi Nomi no Mi atau Brain Brain Fruit. Buah iblis itu membuat otaknya bisa menyimpan informasi dan data lainnya tanpa batas. Sebagai seorang ilmuwan, Vegapunk memiliki niat yang mulia yaitu membuat semua ilmu pengetahuan yang dia miliki bisa diakses siapa pun dengan rencana Punk Records. Namun, ada potensi bahaya dari rencana Vegapunk tersebut.

Rencana Punk Records

Dalam chapter 1067 terungkap bahwa demi menghindari kepalanya berubah menjadi terlalu besar dan menjulang tinggi, Vegapunk memutuskan untuk memotong kepala dan otaknya. Dia kemudian membaginya ke enam tubuh dan menyimpannya di sebuah tempat di pulau Egghead yang bernama Punk Records. Seperti yang Vegapunk jelaskan, Punk Records menyimpan semua ingatan, data, informasi dan hal apa pun yang sudah dia baca atau lihat.

Meskipun tersimpan di satu tempat, Vegapunk asli masih bisa mengakses semua pengetahuan tersebut dengan adanya bantuan antena transmisi di ujung kepalanya yang berbentuk apel. Selain itu, para satelit Vegapunk juga bisa mengakses ingatan itu serta menyimpan semua pengalaman dan hal lainnya. Jika Geeks amati, Punk Records tidak ubahnya seperti sebuah server komputer di dunia nyata.

Yang menarik adalah Vegapunk memiliki mimpi jika suatu hari seluruh dunia mampu untuk mengakses informasi yang dia simpan di Punk Records. Orang-orang bisa mengakses informasi tersebut darimana pun mereka berasal. Di sisi lain, Vegapunk juga berharap semua orang mau berpartisipasi untuk memasukan informasi atau data apa pun ke Punk Records agar semua orang bisa mengaksesnya.

Jadi Ancaman Dunia?

Tetapi, Jinbe melihat rencana Vegapunk tersebut berpotensi untuk kehancuran dunia. Jinbe mengkhawatirkan adanya bias informasi yang justru menjadi pemicu masalah besar. Dengan harapan semua orang bisa memasukan informasi, pengalaman, atau data apa pun ke Punk Records bukan tidak mungkin akan ada konflik ideologi yang muncul seperti halnya di dunia nyata.

Hal tersebut tentunya bisa memperburuk situasi atau kondisi yang ada. Contoh nyata dari hal ini adalah bagaimana kebencian manusia terhadap manusia ikan dan duyung. Ketika ada seseorang yang berasal dari daratan memasukan data atau informasi yang bias bahkan salah tentang manusia ikan, bukan mustahil jika manusia lain atau bangsa lain akan memiliki penilaian yang sama dengan informasi tersebut.

Ketika Luffy, Jinbe, dan sebagian karakter lain berusaha untuk mengakhiri semua konflik tersebut dengan apa yang mereka lakukan, bisa jadi semuanya akan sia-sia dengan adanya bias informasi tersebut. Ketika hal itu benar-benar terjadi, kebencian tentunya akan semakin meluas dan mendalam. Pertempuran besar bukan tidak mungkin terjadi karena adanya misinformasi tersebut.

Selain konflik manusia dan manusia ikan, peristiwa pulau Ohara juga bisa menjadi contoh nyata dari bahayanya rencana Punk Records. World Government melarang aktivitas untuk meneliti atau mencari tahu tentang abad yang hilang. Dan itu berlaku kepada semua orang tanpa terkecuali. Jika kemudian Vegapunk membiarkan semua orang mengakses apa yang dia ketahui tentang abad yang hilang, maka nyawa mereka juga dalam bahaya.

Peristiwa “Great Cleansing” atau “Pembersihan Besar-besaran” yang terjadi pada masa lalu kemungkinan akan terjadi kembali di masa sekarang. Meskipun ucapan lain dari Vegapunk ada benarnya, bahwa “ilmu pengetahuan tidak akan berkembang jika terlalu mengkhawatirkan hal semacam itu,” namun resiko kehancuran dunia atau potensi bahaya yang muncul dari rencana Vegapunk tersebut pun rasanya patut untuk dipertimbangkan.

Sisi Positif

Namun, harus kita akui juga bahwa ada sisi positif yang muncul dalam rencana Punk Recods ini. Seperti yang Chopper ucapkan, bahwa dengan semua orang mampu untuk memberikan atau memasukan informasi ke Punk Records maka dia akan mampu mempelajari atau belajar tentang ilmu medis dari seluruh dunia. Dan itu tentunya akan mampu membantu mewujudkan mimpi besar Chopper.

Di sisi lain, selain Chopper, tentunya ada juga impian atau keinginan lain dari orang-orang untuk belajar atau mengetahui tentang banyak hal. Misalnya, tentang fakta sebenarnya abad yang hilang atau sejarah konflik manusia dan manusia ikan. Dengan mengetahui fakta sebenarnya, semua orang akan tahu siapa sebenarnya yang jahat atau yang bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi di dunia One Piece.

Dengan begitu, cara ini pun bisa menjadi jalan untuk kemudian menghancurkan World Government dan membawa era baru bagi dunia One Piece yang lebih bebas. Mimpi besar Vegapunk dengan rencana Punk Records tentunya patut untuk diapresiasi, karena pada dasarnya niat Vegapunk sendiri baik. Kita nantikan saja ya Geeks apakah hal ini akan terwujud pada masa yang akan datang. Kita tunggu aja ya cerita selanjutnya dari Vegapunk di One Piece.