Link Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam! Free

Come here if you want to read Manhwa Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam! English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam! RAW Free until end.

Tinggal beberapa hari lagi sampai akhirnya film Black Adam tayang di bioskop seluruh dunia. Film terbaru DCEU ini akan memperkenalkan sosok antihero paling terkenal di DC Comics, yaitu Teth-Adam alias Black Adam. Nantinya karena perbedaan cara pandang dalam menyelesaikan masalah, dia akan berurusan dengan tim superhero Justice Society. Yang kemudian akan mengajaknya bergabung untuk menghadapi ancaman yang jauh lebih besar lagi, yaitu Sabbac.

Jika kita bandingkan dengan karakter lain di filmnya, pengungkapan Sabbac terbilang masih minim. Sehingga mungkin tidak banyak yang tahu bahwa dia adalah villain yang harus Black Adam dan Justice Society hadapi bersama. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas siapa sebenarnya Sabbac. Karena film Black Adam masih belum tayang, jadi pembahasan tentang karakternya kali ini akan lebih berfokus pada fakta-fakta yang sudah terungkap. Mulai dari originnya di DC Comics, sampai seperti apa kemunculannya di DCEU.

Origin Sabbac di Marvel Comics

Di DC Universe, Sabbac adalah musuh bagi Captain Marvel dan Marvel Family, yang sekarang lebih kita kenal sebagai Shazam dan Shazam Family. Sejauh ini DC Comics sendiri telah memperkenalkan dua penjahat yang pernah menjadi Sabbac dengan memanfaatkan kekuatan dari iblis Satan, Amy, Belial, Beelzebub, Asmodeus dan Crateis (S.A.B.B.A.C.). Yang pertama adalah seorang Nazi bernama Timothy Karnes yang melakukan debutnya di komik Captain Marvel, Jr. #4 (1943). Setelah berhasil mendapatkan kekuatan iblis melalui sebuah ritual, dia berniat untuk menguasai Amerika.

Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam!, Greenscene

Dalam prosesnya, Timothy yang telah menjadi sosok iblis bernama Sabbac, harus berhadapan dengan Marvel Family. Dengan bantuan dari enam iblis yang memberikannya kekuatan, awalnya Timothy mampu menahan gempuran dari Captain Marvel dan sekutunya. Namun, karena dia tidak kunjung berhasil mengalahkan mereka, satu per satu iblis mulai meninggalkannya. Hal inilah yang akhirnya memberi celah pada Captain Marvel untuk mengalahkannya. Enam puluh tahun kemudian para iblis menemukan inang baru di kota New York, seorang pemimpin mafia Intergang bernama Ishmael Gregor.

Ishmael sendiri melakukan debutnya di komik Outsiders Vol. 3 #8 (2004), di mana dia berhasil menipu Timothy agar mau mengadakan ritual iblis untuk mentransfer kekuatan Sabbac padanya. Dalam prosesnya, ritual tersebut sampai membunuh Timothy dan banyak warga sipil. Hal tersebut membuat para iblis sangat senang bisa memberikan kekuatannya kepada Ishmael. Untuk menghentikannya, tim super Outsiders harus bertarung dengannya beberapa kali sampai akhirnya menang. Uniknya, kali ini para iblis tidak meninggalkan inangnya, sementara Sabbac berhasil kabur dan menghilang sampai sekarang.

Kekuatan Sabbac

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, Sabbac adalah supervillain DC yang memanfaatkan kekuatan dari enam entitas, seperti Shazam dan Black Adam. Bedanya, Sabbac lebih condong kepada para iblis yang tinggal di neraka. Termasuk Satan, Amy, Belial, Beelzebub, Asmodeus dan Crateis. Ketika Timothy atau Ishmael mengatakan kata sihir ‘Sabbac’, mereka akan langsung berubah menjadi iblis berotot yang penampilannya sangat menyeramkan. Adapun detail dari berkah para iblis S.A.B.B.A.C. adalah sebagai berikut:

Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam!, Greenscene

  • S untuk Satan: memberikan kekuatan fisik luar biasa kepada Sabbac, sehingga dia bisa menandingi para superhero tangguh seperti Captain Marvel yang sekarang lebih dikenal sebagai Shazam.
  • A untuk Amy: memungkinkan tubuh Sabbac untuk kebal terhadap segala macam serangan. Mulai dari serangan senjata api, senjata tajam, bahkan sihir yang lebih lemah dari sihir iblis.
  • B untuk Belial: membuat pengetahuan Sabbac menjadi lebih luas, khususnya terkait ritual dan ilmu sihir yang berhubungan dengan para iblis.
  • B untuk Beelzebub: memungkinkan Sabbac untuk memanipulasi api di dalam tubuhnya dan juga api di sekitarnya. Api tersebut biasanya dia manfaatkan sebagai proyektil atau semburan api. Dalam kasus yang lebih ekstrem, Sabbac juga bisa memadatkan api kemudian meledakannya, sehingga lebih mematikan.

Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam!, Greenscene

  • A untuk Asmodeus: menjadikan Sabbac sebagai sosok yang sangat berani dan tidak takut mati. Kemampuan ini juga memungkinkan Sabbac untuk mempunyai stamina yang sangat kuat sehingga dia bisa bertarung untuk waktu yang lama.
  • C untuk Crateis: memungkinkan Sabbac untuk terbang dengan kecepatan dan ketinggian yang luar biasa.

Dengan semua berkah dari iblis ini cukup jelas bahwa Sabbac merupakan salah satu supervillain tangguh di DC Universe. Walaupun begitu, bukan berarti Sabbac tidak mempunyai kelemahan. Pada kenyataannya yang bisa membuat Sabbac lemah justru adalah para iblisnya sendiri. Karena jika salah satu dari mereka takut untuk menghadapi lawan Sabbac, maka satu per satu iblis S.A.B.B.A.C. akan meninggalkan tubuhnya. Membuat siapa pun yang menjadi Sabbac akan kembali menjadi manusia biasa.

Kemunculan Sabbac di DCEU

Cukup jelas bahwa villain utama yang akan Black Adam hadapi di filmnya adalah Sabbac, bukan Justice Society. Faktanya, anggota Justice Society lah yang pertama kali menyadari bahwa Sabbac akan segera datang. Di komik prekuel Black Adam: The Justice Society Files, Doctor Fate (Pierce Brosnan) adalah orang pertama yang melihat wujud Sabbac di mimpinya. Berdasarkan hal tersebut, ketika Hawkman (Aldis Hodge) merasakan hal yang sama, mereka lantas mulai mendirikan kembali Justice Society bersama Cyclone (Quintessa Swindell) dan Atom Smasher (Noah Centineo).

Mengupas Kekuatan Sabbac, Villain di Film Black Adam!, Greenscene

Sabbac yang akan muncul di film Black Adam adalah versi Ishmael Gregor (Marwan Kenzari). Bedanya dengan di komik, Ishmael versi DCEU ini adalah pemimpin dari organisasi kriminial Intergang yang menguasai Kahndaq, negara Black Adam. Saat Black Adam terpenjara selama 5.000 tahun, mungkin pada suatu titik Ishmael bersama pasukannya berhasil menguasai Kahndaq. Hal inilah yang kemudian membuat Justice Society dan Black Adam mempunyai satu tujuan. Yaitu mengalahkan Sabbac sekaligus menyelamatkan masa depan Kahndaq.

Itulah pembahasan tentang sosok supervillain iblis Sabbac yang akan jadi antagonis utama di film Black Adam. Untuk sekarang masih belum terungkap bagaimana Ishmael mendapatkan kekuatan Sabbac di DCEU. Ada teori yang mengatakan bahwa Ishmael sejak awal memang merupakan iblis yang menyamar sebagai manusia. Jika benar seperti itu, artinya dia mungkin akan jauh lebih kuat dari versi komiknya. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya, saat film Black Adam tayang mulai tanggal 19 Oktober besok.

Table of Contents