Link Link Pendaftaran UM PTKIN 2022, Dapat Cek Disini! Cek Disini!

Jika Kalian Lagi cari artikel tentang Link Pendaftaran UM PTKIN 2022, Dapat Cek Disini! Cek disini. Jangan ragu lagi untuk membaca artikel tentang Link Pendaftaran UM PTKIN 2022, Dapat Cek Disini! baca disini.

Link Pendaftaran UM PTKIN 2022 – Apakah kalian sedang mencari universitas untuk kuliah?Apakah kalian juga sedang mencari link UM PTKIN untuk melanjutkan kejenjang bangku perkuliahan? Apabila iya, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

UM PTKIN adalah singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Ujian masuk tersebut juga menjadi salah satu akses tambahan pintu masuk untuk siswa siswi SMA yang sudah lulus dan ingin melanjutkan perkuliahannya.

Perlu diketahui bahwa UM PTKIN bukanlah satu-satunya jalur bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan studi. Ada beberapa jalur lain, seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN.

Untuk siswa siswi SMA yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri atau tidak bingung dengan jalur masuk mana lagi selain UTBK dan Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maka kalian perlu mencoba UM PTKIN.

UM PTKIN adalah salah satu kebijakan yang dilakukan oleh Kementerian Agama untuk mempermudah siswa siswi SMA untuk melanjutkan kuliah. Pasalnya, para murid tidak perlu mendaftar satu-satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, cukup mendaftar di UM PTKIN.

Untuk pendaftaran UM PTKIN tahun ini, pendaftar dapat memilih dengan minimal 1 program studi dan maksimal 3 program studi. Pilihan tersebut berlaku untuk semua kelompok ujian, baik IPA maupun IPS.

Pada edisi tahun ini, PTKIN UM dmulai dibuka pada 25 April 2022 dan berakhir pada 4 Juni 2022. Untuk kalian yang ingin mendaftar di jalur ini, lebih baik melakukan pendaftaran dari sekarang.

Lalu apa link pendaftaran UM PTKIN 2022? Dan apa saja persyaratan untuk mengikuti ujian UM PTKIN? Berikut penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

link pendaftaran um ptkin 2022

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri tidak kalah hebatnya dengan jalur masuk Ujian Tulis Berbasis Komputer atau biasa disingkat UTBK.

Pasalnya, banyak sekali Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang telah terakreditasi A untuk skala universitas, seperti Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain itu juga terdapat Perguruan Tinggi Islam lainnya seperti Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar dan Perguruan Tinggi Islam Negeri lainnya.

Untuk kalian yang memang benar-benar sedang mencari link pendaftaran UM PTKIN 2022 dapat mengunjungi laman ini https://www.um-ptkin.ac.id/.

Setelah mengetahui link pendaftaran UM PTKIN 2022. Lalu apa saja persyaratan untuk menjadi perserta ujian UM PTKIN? Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Pendaftaran UMPTKIN 2022

Berdasarkan situs resmi dari UM PTKIN 2022, bahwa para peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  • Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS atau yang setara tahun 2020, 2021 dan 2022
  • Lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki Ijazah. Sedangkan lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Pengumuman Lulus dari Kepala Madrasah/ Sekolah/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS.
  • Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.
  • Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :
  • Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, Al Quran)
  • Tes Kemampuan Bidang IPA
  • Tes Kemampuan Bidang IPS
  • Ketentuan kelompok program studi dan jumlah pilihan adalah sebagai berikut:
  • Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS
  • Semua kelompok ujian (IPA/IPS) dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
  • Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia
  • Ujian hanya terdiri daru satu tipe ujian yaitu :

System Electronic Selection (SES), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini Tidak lagi menggunakan kertas (paperless) baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

Dan untuk biaya pendaftaran, kalian hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah). Biaya ini belum termasuk biaya tambahan apabila transaksi menggunakan virtual account.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari revitalisasismk.id ini mengenai Link Pendaftaran UM PTKIN 2022, Dapat Cek Disini! Semoga penjelasan yang sudah kami sampaikan pada kesempatan kali ini sangat membantu dan juga bermanfaat ya untuk kalian semuanya.

Download Juga: Getcontact Mod APK Unlimited Versi Terbaru 2022

Dan jangan lupa juga ya untuk terus mengikuti website kami ini, karena kami pun akan selalu terus memberikan kalian artikel-artikel yang terbaru, menarik dan tentu saja yang berkualitas bagi pembaca setia website kami ini. Sekian dan terima kasih