Link Kenapa Hapus Email Bisa Selamatkan Bumi? Ini Penjelasannya Cek Disini!

Jika Kalian Lagi cari artikel tentang Kenapa Hapus Email Bisa Selamatkan Bumi? Ini Penjelasannya Cek disini. Jangan ragu lagi untuk membaca artikel tentang Kenapa Hapus Email Bisa Selamatkan Bumi? Ini Penjelasannya baca disini.

Apakah kalian termasuk pengguna internet yang mencari tahu kenapa hapus email bisa selamatkan bumi? Dari pada penasaran, yuk simak penjelasannya yang sudah kami siapkan informasinya untuk kalian.

Pemanasan Global atau Global Warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata bumi yang terjadi di laut, atmosfer dan daratan. Salah satu dampaknya adalah perubahan iklim yang secara drastis.

Setiap tahun perubahan iklim adalah masalah bagi umat manusia setiap tahun. Semakin banyak sekali fenomena alam yang justru merugikan seperti badai, angin topan, badai tropis dan lain-lainnya.

Ini adalah peringatan atas apa yang telah dilakukan oleh manusai di muka bumi. Semua aktivitas yang merusak alam telah memunculkan dampak yang dirasakan oleh penduduk dunia.

Perlu diketahui bahwa pemanasan global disebabkan oleh proses yang disebut sebagai efek rumah kaca. Dimana atmosfer semakin banyak bercampur dengan gas karbondioksida (CO2).

Disebut efek rumah kaca karena cara kerjanya mirip dengan rumah kaca yang berfungsi sebagai tempat untuk menjaga kehangatan suhu tanaman yang terdapat di dalamnya.

Dan salah satu contoh dampak dari pemanasan global adalah mencairnya gletser dan es di kutub. Hal ini akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut dan membuat beberapa daerah terendam air laut.

Kampanye untuk menyelamatkan bumi telah ramai diperbincangkan di media sosial. Salah satunya adalah menghapus email di ponsel, kenapa demikian? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kenapa Email Dapat Merusak Bumi?

kenapa hapus email bisa selamatkan bumi?

Email dapat merusak bumi? Kenapa sebuah pesan yang mungkin tak terasa keberadaannya dapat membuat pengaruh yang besar untuk kelangsungan hidup umat manusia di Bumi?

Hampir setiap saat notifikasi email bersliweran menghiasi ponsel untuk berbagai macam kebutuhan. Mungkin sebagai pengguna smartphone hal ini adalah hal yang biasa dan sepertinya tidak terjadi apa-apa.

Melansir pada reset.org, setiap email keluar atau masuk disimpan di dalam database yang disebut dengan server. Database tidak berhenti beroperasi selama 24 jam setiap harinya.

Itu juga yang menyebabkan server memiliki suhu yang meningkat sehingga perlu pendingin ruangan. Sistem pendingin tersebutlah tentu membutuhkan air berliter-liter untuk menghasilkan suhu yang dingin.

Selain itu, penggunaan mesin yang besar untuk menampung data dari berbagai belahan dunia membuatnya harus menghabiskan sebanyak dua persen dari jumlah listrik secara global.

Email biasa yang hanya berisi tulisan dapat mampu menghasilkan 4 gram CO2. Di sisi lain, jika di dalam email tersubut terdapat gambar, emisi yang dihasilkan rata-rata adalah sebesar 50 gram CO2.

Melansir dari laman Science Focus, apabila seorang pengguna mengirim 65 email itu setara dengan pembuangan karbon dari mesin mobil yang menempuh atau melaju dengan jarak sejauh 1 km.

Setiap email yang dikirim memiliki berat karbon seberat 4 gram, bayangkan apabila ratusan spam yang masuk dan tidak terbaca,kemudian diabaikan begitu saja tentu akan menghasilkan jumlah karbon yang lebih besar.

Kenapa Hapus Email Bisa Selamatkan Bumi?

kenapa hapus email bisa selamatkan bumi?

Tentu saja setelah kalian mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan terlalu banyak spam, memelihara pesan dengan begitu banyak sekali pesan bukanlah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Hal yang sederhana akan tetapi berdampak besar, yaitu menghapus pesan email. Tindakan ini sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja dengan sangat mudah dan juga tidak akan membutuhkan waktu banyak waktu atau lama.

Penggunaan server menjadi salah satu penyebab pemanasan global yang sangat mempengaruhi terhadap iklim. Belum lagi penggunaan listrik yang disedot juga terbilang sangat cukup besar.

Apabila semua orang di seluruh dunia berkomitmen untuk menghapus setidaknya 10 pesan email, maka itu akan menghemat daya tampung penyimpanan server sebanyak 1.725.000 GB atau 1.725 tera byte.

Kalian pun dapat menghapus pesan yang dianggap tidak berguna atau tidak digunakan lagi. Selain itu, kalian juga dapat berhenti unsubscribe dari layanan yang menimbulkan spam setiap saat.

Demikian juga dengan daya listrik akan berkurang 55,2 juta kilowatt, yang berarti membantu pemerintah untuk mengurangi penggunaan batu bara yang menyebabkan melayangnya karbon ke atmosfer.

Dengan cara ini, berkurang, setidaknya secara tidak langsung setidaknya akan terjadi pengurangan emisi karbon dan bumi dapat diselamatkan sedikit demi sedikit melalui gerakan ramah lingkungan dengan langkah-langkah atau tindakan yang sederhana.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari revitalisasismk.id ini mengenai Kenapa Hapus Email Bisa Selamatkan Bumi? Ini Penjelasannya. Semoga penjelasan yang sudah kami sampaikan pada kesempatan kali ini sangat membantu dan juga bermanfaat untuk kalian semuanya ya.

Download Juga: Exolyt.com TikTok Money Kalkulator, Hitung Penghasilan TikTok

Dan jangan lupa juga ya untuk terus mengikuti website kami ini, karena kami pun akan terus memberikan kalian artikel-artikel yang terbaru, menarik dan tentu saja yang berkualitas bagi pembaca setia website kami ini. Sekian dan terima kasih