Link Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand Free

Come here if you want to read Manhwa Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand RAW Free until end.

MataramNews.co.id – Membahas tentang wisata alam, Kota Bandung memiliki banyak sekali jenis pariwisata menarik yang bisa di jelajahi. Bandung juga dijuluki sebagai kota kembang, karena udaranya yang sejuk dan memiliki banyak sekali momen bersejarah yang bisa kalian ketahui. Banyak kalangan wisatawan yang mengunjungi Bandung sebagai tempat untuk berwisata. Dan satu nya tempat wisata yang bisa kalian kunjungi adalah Curug Dago.

Untuk warga bandung pastinya sudah familiar dengan curug dago ini. Di bandung, banyak sekali jenis curug yang bisa kalian kunjungi. Didalamnya terdapat sebuah air terjun yang sejuk dan wahana outbound yang menyenangkan. Bandung juga kerap di sebut dengan surge tersembunyi di Indonesia. Dan bagi kalian yang tertarik dengan air terjun, bisa mengunjungi Curug Dago.

Suasana alam yang disajikan masih asri dan kental dengan budaya sunda. Hal ini yang menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan para pengunjung sendiri berasal dari luar kota atau luar provinsi. Khususnya untuk warga Jawa Barat, Curug Dago bisa kalian jadikan tempat untuk berlibur dan ajak teman atau kerabat serta abadikan momen bersama mereka.

Jadi, tanpa harus keluar kota atau keluar negeri. Kalian bisa mendapatkan sensasi alam yang menakjubkan karena Curug Dago juga tak kalah bagusnya dengan wisata yang lainnya. khususnya yang menyediakan air terjun didalamnya. Selain itu, harga masuk ke curug dago ini gratis sehingga cocok di kunjungi oleh siapa saja. Untuk menyimak lebih detail tentang Curug Dago. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Tentang Sejarah Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago adalah sebuah bahan batu tufaan layaknya kawasan lainnya yang terdapat di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang telah terbentuk dari zaman kwarter. Perlu kalian ketahui, bahwa curug dago ini merupakan hasil dari letusan gunung tangkuban perahu. Pada curug dago memiliki 2 buah ceruk yang merupakan hasil dari erosi atau pengikisan aliran sungai.

Dan ceruk pertama sendiri terletak di dekat sungai dan ceruk kedua memiliki celling vulkanicboulders. Selain itu, untuk ceruk pertama sendiri mengandung banyak lapisan tanah yang tebal. Curug Dago sendiri kini menjadi destinasi wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Berlokasi di Bandung bagian Utara. Dimana lokasi ini merupakan sebuah kawasan konservasi serta termasuk satu kestuan dengan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Dan sekarang curug itu, memiliki pemandangan yang sangat keren dengan ekosistem hutan dan perkampungan sunda. Di sisi kanan kiri merupakan aliran sungai cukapundung. Dan di lengkapi dengan air terjun yang memiliki ringgi kurang lebih 15 meter. Curug ini dibekali dengan dua buah batu prasasti yang merupakan peninggalan kerajaan Thailand. Hingga tempat ini di abadikan dan dijadikan tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh banyak orang.

Curug dago menjadi salah satu objek wisata air terjun yang juga dijadikan sebagai asset berharga yang harus dilestarikan. Air terjun curug ini berasal dari sungai Cikapundung serta Maribaya hingga mengalir ke kota bandung. Lokasinya pun masih tergolong tersembunyi, karena letaknya yang berada di bukit Dago. Tidak heran jika curug dago juga termasuk ke dalam wilayah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Rute dan Lokasi Curug Dago

Saat ini banyak kalangan wisatawan khususnya kaum mudah yang mengunjungi tempat tersebut. selain menyimpan sejarah, pemandangan alam yang disajikan mampu memanjakan mata. Namun hal ini juga tak luput dari cerita misteri dikalangan masyarakat mengenai curug dago tersebut. Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa curug ini memiliki sejarah yakni sebuah petilasan raja Thailand ang mengunjungi kawasan tersebut. dan terdapat 2 prasasti batu tulis.

Yang merupakan peninggalan dari raja Thailand tersebut yang telah menginjakkan kakinya ke curug dago tepatnya ditahun 1818 M. Menurut penelitian pakar sejarah, jika kedua prasasti tersebut merupakan peninggalan dari Raja Rama V yakni julukan dari Raja Chulalonkorn. Lantas dimana lokasi curug dago tersebut? Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum mengetahuinya bukan?

Lokasi dari curug dago ini tepatnya di desa Dago, kecamatan Coblog, Kota Bandung, Jawa Barat Pulau Jawa, Indonesia. Untuk kalian yang hendak berlibur ke temaot ini maka bisa menikmati pemandangan alam di sekitar curug yang penuh dengan ekosistem hutan. Terdapat 2 jalur alternative yang bisa kalian tempuh yakni melalui jalur seberang terminal dago atau melalui taman budaya ganesha dago.

Atau kalian dapat melalui Dago tea House, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari curug tersebut. Namun, sayang sekali jika jalur ini hanya bisa ditempuh untuk kendaraan roda dua saja. Selain itu, lokasi parkirannya bisa kalian lakukan di pelataran parker taman budaya. Dan akan dilanjutkan dengan berjalanan kaki dengan jalan setapak dan beberapa anak tangga yang curam.

Area Parkir Curug Dago

Terdapat area parkir yang tersedia untuk kendaraan roda dua. Dan lokasinya pun tidak terlalu jauh, jadi kalian bisa melihat sebuah jembatan yang akan menghubungkan area jeram serta batu hita andesit. Selain itu, area ini juga termasuk bagian dari atas curug, sehingga para wisatawan bisa melihat keindahan sungai cikapundung.

Jika kalian bertanya mengenai berapa harga tiket masuk ke curug dago? Maka jawabannya adalah free alias gratis. Kalian dapat mengunjungi tempat ini kapan saja tanpa harus mengeluarkan uang. Jadi, kalian hanya perlu menyiapkan uang untuk bayar parker saja. Tempat parkir yang disediakan cukup luas dan mampu menampung wisatawan dalam jumlah yang banyak.

Jika berhasil melewati area parkir ini kalian bisa berjalan kaki menuju ke curug. Seperti yang sudah dijelaskan, kalian wajib berhati-hati karena jalannya setapak, anak tangga yang curam hingga licin. Jaraknya berkisar 80-100 meter, dengan begitu kalian telah sampai ke air terjun curug dago tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa memantau Google Maps untuk bisa sampai ke lokasi tersebut. Karena tidak sedikit dari para pengunjung yang merasa kesulitan untuk menemukan curug dago.

Fasilitas Curug Dago

Semua tempat wisata telah dibekali dengan beberapa fasilitas yang bisa menarik perhatian para pengunjung. Dan di kawasan ini sendiri cukup lengkap, kalian bisa menikmati semua fasilitas yang ada dengan mudah. Misalnya, warung yang menyediakan banyak makanan dan minuman, tempat istirahat dan lainnya. Jadi, kalian bisa duduk manis sembari menikmati keindahan alam yang disajikan oleh curug tersebut.

Dan untuk penginapan nya sendiri kalian bisa menemukan hoten, resort, villa serta guest house yang bisa kalian temukan dengan mudah. Selain itu, fasilitasnya sangat lengkap terdapat hot water, dan fasilitas lainnya. Dan untuk restoran para wisatawan bisa berjalan keluar ke area wisata tersebut. Jadi, bagi kalian yang tertarik dan ingin mengunjungi curug dago ini bisa mengatur jadwalnya terlebih dahulu bersama teman atau kerabat lainnya.

Penutup

Sekian ulasan tentang Curug Dago yang bisa kalian kunjungi, dan untuk warga jawa barat sendiri kalian bisa mengunjunginya secara langsung tanpa di pungut biaya alias gratis. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Nantikan informasi lainnya dari kami, sekian dan terimakasih.