Link Gaji UMR Bengkulu dan UMK Bengkulu Standar Terupdate 2022 Free

Come here if you want to read Manhwa Gaji UMR Bengkulu dan UMK Bengkulu Standar Terupdate 2022 English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Gaji UMR Bengkulu dan UMK Bengkulu Standar Terupdate 2022 RAW Free until end.

Gaji UMR Bengkulu dan UMK Bengkulu Standar Terupdate 2022 – Salah satu provinsi di Indonesia ini tentunya sudah tidak terlalu asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Namun untuk kamu yang belum mengetahui banyak tentang Provinsi Bengkulu, akan sedikit kami singgung mengenai Provinsi yang satu ini.

Dan khususnya tentang kisaran nominal gaji UMR yang ditetapkan di daerah tersebut.

Baca Juga: Gaji UMR Purwokerto & UMK Standar Baru Pada Tahun 2022

Profil Provinsi Bengkulu

Gaji UMR Bengkulu

Dengan mengacu pada UUD No. 9 Tahun 1967 Tentang pembentukan Provinsi Bengkulu, tepatnya pada tanggal 18/11/1968 Provinsi Bengkulu secara resmi dibentuk.

Bengkulu memiliki luas daerah 19.919,33 Km2 dengan jumlah penduduk kira-kira sekitar 1.923.876 Jiwa yang terus bertambah pada setiap tahunnya.

Beberapa suku yang tinggal di Provinsi Bengkulu diantaranya terdapat Suku Lembak, Suku Melayu Bengkulu, Suku Rejang, Suku Pasemah dan Suku Ketahun.

Diantaranya ada Kabupaten Muko Muko, Kaur, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kepahiang, Bengkulu Selatan, Lebong, Seluma, Rejang Lebong dan Kota Bengkulu.

Ibu kota daerah yang menjadi pusat pemerintahan di Provinsi Bengkulu adalah Kota Bengkulu yang terdiri dari sekitar 10 kabupaten/kota.

Tingkat inflasi yang terjadi di Bengkulu sendiri jika tidak diimbangi dengan adanya standarisasi upah pekerja yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya maka akan menjadi timpang ekonomi.

Sehingga sebagai pekerja maupun pelaku usaha sebaiknya memang memahami betul tentang Upah Minimum yang sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh pegawai.

Untuk itu di Bengkulu sendiri telah ditetapkan memiliki besaran nominal tertentu yang digunakan sebagai standar memberikan gaji UMR Bengkulu.

Seperti sistem upah minimun di kota-kota lain, istilah UMR dan UMK itu lah yang digunakan untuk standarisasi UM tersebut.

Gaji UMR Bengkulu

Gaji UMR (Upah Minimum Ragional) merupakan standar terkecil/minimal nominal gaji yang digunakan pemilik usaha untuk menetapkan upah/ gaji dari pekerjanya.

Dengan adanya ketetapan UMR yang berlaku pada suatu daerah yang diatur langsung oleh pemerintah.

Diharapkan agar dapat menjamin para pekerja dari pemilik usaha mendapat bayaran yang layak dan sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

Berdasar pada Ketetapan Transmigrasi No. 7 Tahun 2013, tentang UMR yang telah ditentukan oleh PemProv (Gubernur) sebagai lembaga resmi pengaman pada lingkup Provinsi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa UMR merupakan standar upah minimal dalam lingkup provinsi.

Baca Juga: Gaji UMR Jogja (Yogyakarta) & UMP Pada Tahun 2019 – 2022

Upah Minimum Kabupaten/Kota

Gaji UMR Bengkulu

Selanjutnya Gaji Upah Minimum Kabupaten/Kota adalah upah atau gaji minimal yang diatur dan ditetapkan oleh pemerintah kabupaten/kota.

Maka UMK adalah upah yang dibayarkan pada tiap bulannya pada karyawan denga nominal paling rendahnya telah ditetapkan oleh pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan.

Rincian upah pada UMK terdiri atas gaji pokok saja, dan atau gaji pokok ditambah dengan tunjangan tetap, bergantung pada pemilik usaha dan pekerja yang menetapkan kesepakatan kerja.

Tapi secara umun peraturan UMR telah disahkan dan diatur dalam Kepmenaker Nomor 226 pada Tahun 2000.

Dengan pembaruan istilah yaitu gaji UMR yang di dalam UMR tersebut dibagi lagi atas gaji UMK dan gaji UMP.

Jika kalian berancana untuk tinggal di Bengkulu atau warga Bengkulu yang belum mengetahui berapa nominal upah minimum di Bengkulu.

Kalian pasti sedang mencari informasi nilai gaji UMR Bengkulu tersebut, berikut ini daftar UMR Bengkulu pada beberapa tahun yang lalu.

Sehingga dapat dihitung besaran kenaikan UMR pada setiap tahunnya.

No Tahun Upah Minimum Provinsi Bengkulu (UMP)
1. 2008 Rp 690.000
2. 2009 Rp 727.000
3. 2010 Rp 780.000
4. 2011 Rp 815.000
5. 2012 Rp 930.000
6. 2013 Rp 1.200.000
7. 2014 Rp 1.350.000
8. 2015 Rp 1.500.000
9. 2016 Rp 1.605.000
10. 2017 Rp 1.730.000
11. 2018 Rp 1.888.741
12. 2019 Rp 2.040.406
13. 2020 Rp 2.213.604
14. 2021 Rp 2.215.000
15. 2022 Rp. 2.238.094

Daftar gaji UMR Bengkulu tersebut bisa berguna bagi kamu yang sedang membutuhkan informasi mengenai UMR yang ada di Provinsi Bengkulu.

Secara khusus UMR pada masing-masing daerah seperti kota/kabupatennya tentunya memiliki standar UMRnya sendiri, karena bergantung pada kebutuhan hidup layak pada masing-masing daerah.

Serta bergantung pada tingkat inflasi ekonomi pada masing-masing daerah juga tentunya.

Bedanya UMK dan UMR

Gaji UMR Bengkulu

Jika hanya diperhatikan secara sekilas tentang beberapa istilah yang sering muncul jika mencari informasi tentang UMR, sering kali dibuat bingung oleh kedua istilah yang hampir sama di atas.

Agar kamu lebih paham dan lebih mengetahui tentang istilah tersebut kamu bisa simak beberapa poin perbedaan dari UMK dan UMR di bawah ini.

1. Pihak yang Menetapkan

Dari poin yang pertama ini, bisa dilihat dari pemerintah yang berhak mengesahkan masing-masing dari UM di atas.

UMR memiliki posisi lebih tinggi dari UMK, karena UMR disahkan oleh pemerintah provinsi dan bisa digunakan dalam lingkup provinsi.

Sedangkan UMK bisa disahkan oleh pemerintah kota/kabupaten setempat atau juga bisa menggunakan dari ketetapan yang sudah disahkan oleh pemerintah provinsi.

UU Ketenaga kerjaan Nomor 13 Tahun 2003 telah menyebutkan bahwa nilai UMR sudah ditetapkan oleh Menteri berdasarkan rekomdari yang didapatkan dari Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Daerah.

2. Lama Masa Peninjauan

Serta dalam UU tersebut juga dijelaskan jika hal yang juga membedakan durasi peninjauan yang diperlukan untuk mengesahkan UMP mkasimal selama 60 hari.

Berbeda dengan UMP, UMK yang berada pada tingkat kabupaten/kota sudah mesti disahkan dan ditetapkan maksimal selama 40 hari kerja.

Dan kedua (UMP dan UMK) tetap dilakukan peninjauan kembali per setahun sekali.

3. Masa Berlaku Ketetapan

Secara otomatis, jika waktu peninjauan yang dilakukan sudha berbeda, maka untuk masa berlaku yang sudah ditetapkan sebelumnya akan berbeda antara UMP dan UMK.

Umunya UMP akan ditetapkan dan diterapkan pada setiap tanggal 1 November yang bersamaan dengan himbauan dan keputusan Gubernur.

Jika UMK bisa mengikuti pada himbauan atau pengesahan pada setiap tanggal 21 November.

4. Perhitungan Kenaikan UM

YSeperti dimuat dan dapat dikehui dalam UU Ketenagaakerjaan,nilai UMR tersebut akan terus meningkat pada setiap pergantian penetapannya.

Jumlah perhitunga kenaikan nominal UMR sendiri mengacu pada nilai inflasi + tingkat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang berasal dari data Badan Pusat Statistik (BPS).

Kenaikan nominal UMR tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa komponen dan pertimbangan yang penting seperti produktivitas ekonomi, kebutuhan hidup layak, pertumbuhan ekonomi dan lain-lain.

5. Besar Nilai UM

Untuk nilai yang membedakan antara UM di lingkup provinsi dan kabupaten/kota jika dibandingkan, akan lebih besar salah satunya.

hal tersebut karena ada beberapa faktor dari perhitungan kenaikan UM itu sendiri, tiap daerah memiliki standar minum upahnya masing-masing.

Baca Juga: Gaji UMR Pontianak & Gaji UMP/UMK Kalimantan Barat 2022

Faktor-faktor untuk Perhitungan UMR

Gaji UMR Bengkulu

Telah disebutkan sebelumnya jika nominal UMR pada setiap kota memiliki nilai yang berbeda-beda,

terkhusus kota Bengkulu sendiri kompenan perhitungan besaran nilai UMR yang digunakan meliputi:

Upah/gaji yang terdiri dari gaji pokok dan tunjangan bisanya diberikan pada pegawai tanpa memperdulikan kinerja, prestasi, masa jabatan dan lain-lain.

Serta, pada umumnya gaji tersebut diberikan pada pegawainya atau pada kelurga pegawai tersebut juga, dengan wujud tunjangan berupa tunjangan kemunikasi, kesehatan, tunjangan hari raya dan lain-lain.

Gaji/upah yang dibayarkan tanpa mendapatkan tunjangan biasanya merupakan beberapa upah yang akan didapatkan para pegawai.

Dengan memperhatikan posisi jabatan yang diemban oleh pegawai, masa jabatan, prestasi, dan lain-lain.

Dan secara umum, besaran nilai gaji yang akan diterima oleh pegawai tersebut telah disepakati oleh perusahaan dan pegawai tersebut.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan yang kami telah uraikan tentang Gaji UMR Bengkulu yang mudah-mudahan bisa membantu dan dapat bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca tulisan ini.

Admin sampaikan terima kasih pada kamu yang sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai pada ucapan ini.

Sekian dan sampai jumpa lagi yaa.