Link Cek id PLN dengan Nama Secara Online, Begini Caranya Free

Come here if you want to read Manhwa Cek id PLN dengan Nama Secara Online, Begini Caranya English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Cek id PLN dengan Nama Secara Online, Begini Caranya RAW Free until end.

Sultranesia.id – Pada ulasan ini kami akan membahas mengenai pengecakan iDpel PLN atau cek iD PLN dengan nama secara online yang mudah dan juga cepat. Maka dari itu, simak saja tutorial yang ada dibawah ini.

Listrik saat ini sudah menajdi kebutuhan bagi setiap orang terutama masyarakat perkotaan yang sangat bergantung pada listrik. Di zaman yang sudah sangat maju ini rasanya mustahil jika kita tidak membutuhkan listrik untuk keberlangsungan hidup.

Tidak bisa dibayangkan jika tidak ada listrik dalam waktu satu jam saja diseluruh dunia. Kegiatan pastinya akan terhenti seketika. Berbedaa dengan zaman dahulu yang memang masih bergantung pada alam untuk menerangi gelapnnya malam. Dahulu masih menggandalkan cahaya bulan dan bintang dimalam hari. Kemudian dengan menggunakan cahaya obor ataupun lilin.

Saat ini tentunya sudah tidak seperti itu lagi, kalaupun ada biasanya hal tersebut terdapat pada lokasi – lokasi yang memang masih menjaga lingkungan setempat tidak ingin terlalu terkontaminasi dengan hal-hal yang berbau dengan modernisasi.

Sehingga daerah tersebut tetap menginginkan keasrian. Dibeberpa pulau pedalaman di Indonesia masih ada yang masih belum terjamah listrik karena alas an teretntu. Tetapi hal tersebut hanya Sebagian kecil saja. Saat ini sudah banyak terdapt pembangkit listrik yang mampu menyalurkan listrik kemanapun. Termasuk juga ke desa – desa.

PLN sebagai Perusahaan Listrik Negara  yang tentunya mengurusi soal dunia pelistrikan di Indonesia. Listrik – listrik yang tersebar di Indonesia sendiri merupakan hasil dari pembangkit listrik yang ada contohnya seperti PLTU Pembangki Listrik Tenaga Uap.

Kemudian PLTA Pembangkit Listrik Tenaga Air saat ini juga yang sedang berkembang adalah listrik yang berasal dari cahaya matahari atau biasa disebut dengan Panel Surya. Nah untuk kelancaran dalam distribusi listrik tenntunya dibutuhkan biaya oprasional yang harus dibayarkan.

Contohnya kita harus membayar listrik setiap bulannya. Metode pembayaran listrik sendiri juga ada banyak. Maka dari itu anda harus mengetahui id pelanggan anda. Banyak permintaan untuk membahas mengenai Cek id PLN Dengan Nama. Baiklah terus baca artikel ini sampai selesai ya.

Riwayat Singkat PLN

Riwayat Singkat PLN

PLN merupakan singkatan dari Perusahaan Listrik Negara yang dikelola oleh BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. PLN inin termasuk bagian dari perusahaan perseroan dalam naunagan kementrian BUMN.

Perusahaan ini termasuk perusahaan yang bergerak pada bidang pembangki dan juga pengembangan listrik sehingga pengadaan tenaga listrik dihandle oleh PLN. Jika kita membaca sejarah mengenai PLN tetunya sangat Panjang sekali. Maka dari itu kita akan meberikan ringkasannya agar anda mengetahui sejarah singkatnya.

PLN sudah berdiri sejak abad ke 19 yang didirikan oleh perusahaan pabrik the dan gula milik belanda. Waktu itu mereka berinisiasi untuk mendirikan infrastruktur pembangkit listrik untuk keperluan kelancaran pabrik dalam bekerja.

Kemudian terdapat waktu pasukan colonial Jepang dating ke wilayah Indonesia yang menyebabkan seluruh hak milik perusahaan Belanda diambil alih oleh Angkatan Darat Kekaisaran jepang. Tetappi pengambil alihan ini terjadi dan bertahan hanya sampai Indonesia meraih kemerdekaan.

Ditahun kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tanggal 27 Oktober 1945 Presiden Ir. Soekarno membentuk jawatan Listrik dan Gas yang pada saat itu berada dibawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga.

Keputusan ttersebt diberikan atas permintaan dari para pemuda dan juga buruh listrik yang bekerja sama dengan KNI pusat guna menyerahkan perusaan itu kepada negara.

Pemerintah memberikan nama pada perusahaan tersebut3 menjadi BPU-PLN (Badan pemimpin Umum Perusahaan Listrik Negara) tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan kebijakan pemerintah yang ada akhirnya dipisah menjadi PLN dan PGN.

PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN ( Perusahaan Gas Negara) kemudian Status perusahaan PLN dipindahkan dibawah Kementrian BUMN ( Badan Usaha Milik Negara).

Cara Cek id PLN (IDPel) dengan Nama

Cara Cek id PLN dengan Nama

Ketika kita hendak membayar listrik ataupun ingin membeli token liatrik tentu saja memerlukan ID pelanggan PLN atau nomor rekening listrik supaya tidak ada kesalahan saat bertransaksi membayar listrik.

Tapi ternyata tidak semua orang mengetahui atau paham dengan hal tersebut. Banyak yang masih kebingunan dengan bagaimana cara mencari nomor rekening listrik dengan nama. Tidak perlu khawatir dan bingung karena kita akan membahasnya pada artikel kali ini.

1. Cek id PLN Dengan Nama menggunaka Struk Pembayaran

Anda bisa menggunakan car aini untuk cek id Pelanggan dengan nama yaitu dengan struk pembayaran yang sebelumnya.

  • Langkah awal adalah anda bisa melihat struk tagihan listrik bulanan yang pastinyan andsa pernah menyimpan sebelumnya. Anda bisa mengamatinya dengan seksama.
  • Ketika anda memabayar listrik dan dating ke kantor PLN atau bisa juga dengan ATM mandiri mauun menggunakan e-commerce , setelah anda selesai melakuakn transaksi membayar listrik pasti anda mendapatkan struk sebagai bukti anda telah melakukan pembayaran terseut.
  • Nah didalam struk tersebut terdapat berbagai macam informasi didalamnya seperti nomer meter kemudian id pelanggan, nama, alamat dan besar daya yang digunakan serta ada juga tanggal transaksi.
  • Apabila anda dikemudian hari hendak membayar tagihan listrik PLN lagi tetapi lupa dengan berpa nomor rekening listriknya anda bisa mendapatkannya pada struk tersebut yang bertuliskan ID Pelanggan nah itulah hal yang anda butukan.

2. Cek id PLN Dengan Nama melalui kantor PLN

Cara selanjutnya ini memang agak ribet karena anda harus dating ke kantor PLN langsung

Memang ada kelemahan dalam menggunakan cara yang satu ini karena anda harus melalui jalanan yang pastinya akan menemui macet kemudian panas dan debu yang ada dijalan. Membuthkan ongkos bensin dan belum lagi jika harus mengantri Ketika sampai di kantor PLN. Tapi ini merupakan cara yang kongkrit untuk anda bisa mengetahu id PLN anda.  Ada hal yang perlu anda siapkan jika menggunakan metode ini yaitu :

  • Menggunakan Nama kepala Keluarga, sebelumnya anda harus menyiapkan nama lengkap pemilik id PLNnya biasanya adalah kepala keluarga,
  • Menghubungi Customer Service, anda bisa menyampaikan masalah anda kepada cs yang bertugas dan juga menyerahkan ama lengkap pemilik id PLN lengkap dengan alamat tempat tinggalnya.
  • Memberikan dokumen yang dibuthkan, tentunya membrikanidentitas yang diperlukan seperti KTP pda karyawan yang bertugas.
  • Tidak lama petugas akan memebrikan informasi terkait id PLN milik anda.

3. Cek id PLN dengan Nama Via Call Center PLN

Ini merupakan cara yang praktis dibandingkan anda harus susah payah mendatangi kantor PLN yaitu dengan menghubungi call center berikut adalah caranya :

  • Hubungi nomor 123, anda bisa menghubungi call center PLn dengan nomor 123 dengan menggunakan telpon anda. Dan kemudian sampaikan hal yang ingin anda dapatkandari mereka.
  • Sampaikan maksud dan juga tujuan anda, melakukan panggilan ke call center PLN pada nomer 123, apabila sudah terhubung anda bisa mengutarakan dengan jelas masalah yang anda hadapi kepada pegawai yang terhubung dengan anda di telpon.
  • Berikan informasi yang dibuthkan, petugas call center PLN pasti membutuhkan data-data ataupun informasi yang diperlukan apabila anda ditanyakan terkait data -data tersebt anda bisa menjawabnya dengan sopan dan juga bahsa yang baik.
  • Tunggu beberapa saat dan petugas call center PLN akan memerikan infromasi terkait ID PLN yang anda buthkan. Sangat mudah bukan.

4. Cek Aplikasi untuk mengetahui ID Pelanggan PLN

Sekarang adalah zaman yang sudah sangat canggih, karena anda bisa mengetahui berbagai macam informasi hanya dengan sambal bersantai yaitu dengan menggunakan smartphone. PLN juga telah mengeluarkan aplikasi untuk memudahkan para penggunanya. Berikut adalah cara – cara yang bisa anda ikuti,

  • Download aplikasinya di HP anda, anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut dengan mendownloadnya melalui google play store ataupun app store. Pastikan anda memiliki jaringan internet ya untuk mendownloadnya.
  • Jika sudah terdownload dan terinstall anda bisa membuka palikasinya kemudian pada tampilan awal aka nada banyak menu yang bisa anda pilih. Anda bisa mengetahui jumlah dari taguhan listrik kemudian nama pemilik rekening listrik dan tentunya yang anda juga cari adalah ID Pelanggan. Bagaiman sangat mudah bukan.

Penutup

ID PLN ini tentunya sangat penting jika anda ingin bertransaksi atau ingin menggunakan layanan PLN yang lainnya. Maka dari itu jika anda sudah mendapatkannya anda bisa langsung mencatatnya agar tidak hilang ataupun anda bingung mencarinya Kembali.

Baiklah terimakasih telah membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk selalu hemat listrik dengan mematikan lampu ataupun saluran listrik yang sudah tidak digunakan ya.