Link Cara Mengolah Data Pelanggan untuk Kepentingan CusCara Mengolah Data Pelanggan untuk Kepentingan Customer Retentiontomer Retention

Come here if you want to read Manhwa Cara Mengolah Data Pelanggan untuk Kepentingan CusCara Mengolah Data Pelanggan untuk Kepentingan Customer Retentiontomer Retention English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Cara Mengolah Data Pelanggan untuk Kepentingan CusCara Mengolah Data Pelanggan untuk Kepentingan Customer Retentiontomer Retention RAW Free until end.

data

makaryo.net Pelanggan adalah bagian penting dari bisnis. Tanpa pelanggan, sebuah bisnis tidak akan dapat meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, setiap pemilik bisnis harus berusaha untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menjangkau pelanggan potensial. Salah satu caranya adalah dengan mengelola data pelanggan.

Pengertian Data Pelanggan

Tentunya untuk bisa mengelola data dengan benar, Anda harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan data pelanggan. Pengertian dari data pelanggan adalah informasi penting yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok yang membeli dan memakai produk dari suatu perusahaan. Data tersebut terdiri dari nama, jenis kelamin,  usia, riwayat pembelian, riwayat pencarian produk, dan lainnya.

Data ini dapat bermanfaat untuk menentukan strategi pemasaran agar bisa menawarkan produk dengan tepat hingga berujung pada peningkatan penjualan. Di samping itu, informasi milik pelanggan juga berkaitan erat dengan customer retention. Apa itu?

Customer retention adalah sebuah proses melibatkan pelanggan lama agar mau terus membeli produk dari bisnis Anda. Dengan memiliki customer retention baik, Anda akan bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang telah Anda miliki sehingga mereka menjadi pelanggan setia. Tidak sekedar melakukan repeat order, sangat mungkin pelanggan setia juga akan membagikan review positif tentang bisnis Anda pada orang lain untuk mempengaruhi mereka.

Cara Memperolehnya

Untuk memperoleh data pelanggan, Anda harus melakukannya dengan benar. Hindari mendapatkan data dengan cara membeli, karena belum tentu informasinya valid dan sama saja Anda meminta data seseorang dari pihak ketiga tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Salah satu metode untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan lead generation, yaitu sebuah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan keingintahuan terhadap produk yang ditawarkan agar memperoleh lebih banyak konsumen. Lead generation sendiri dapat diperoleh dengan cara:

  • Membagikan kupon diskon.
  • Mengadakan demo produk.
  • Mengadakan giveaway.
  • Mengikuti event atau pameran.
  • Mengoptimalkan media sosial.

Mengolah Data Pelanggan

Freepik

Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari pelanggan melalui lead generation, kini Anda bisa memulai pengolahannya. Agar memberikan hasil efektif dan meningkatkan customer retention, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Menentukan Tujuan

Sebagai langkah pertama, Anda harus terlebih dulu menentukan apa tujuan Anda mengelola data pelanggan. Biasanya, langkah ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama yang sudah pernah berkomunikasi dan membangun hubungan dengan bisnis Anda agar tetap setia pada perusahaan Anda. Dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru, customer retention memang cenderung lebih ekonomis dan efektif meningkatkan penjualan.

2. Mengelompokkan Data

Langkah selanjutnya adalah merapikan data tersebut dengan cara segmentasi data pelanggan, yaitu mengelompokkan data menjadi beberapa bagian. Segmentasi akan membantu Anda dalam mengirimkan kampanye yang relevan dengan minat pemilik data tersebut, sehingga kampanye tersebut dapat membuahkan hasil yang lebih optimal.

Pengelompokan dapat dibuat berdasarkan geografi, demografi (usia, pekerjaan, jenis kelamin), riwayat pembelian, kegiatan pelanggan terhadap kampanye yang Anda buat, dan lainnya.

3. Melakukan Labeling

Ini adalah tahap menandai data pelanggan satu dengan lainnya sesuai kategori yang sudah Anda tetapkan di tahap sebelumnya supaya terhindar dari kesalahan. Labeling juga bermanfaat untuk menciptakan komunikasi baik dengan pelanggan. Dengan adanya labeling, Anda dapat menghubungi pelanggan secara personal untuk mengirimkan informasi tentang produk baru atau adanya promo. Dengan begitu, hubungan Anda dan pelanggan akan lebih akrab dan personal, sehingga kegiatan kampanye jadi lebih mudah dan tepat sasaran.

4. Menggunakan Marketing Automation Software

Pada tahap ini, Anda harus memindahkan data yang telah disegmentasi ke marketing automation software untuk membantu Anda mengelola data dengan lebih mudah. Ada beberapa software yang direkomendasikan untuk Anda gunakan, diantaranya adalah Marketo, HubSpot, Infusionsoft, AdRoll, dan Ontraport.

5. Melakukan Nurturing

Nurturing merupakan tahap membina hubungan dengan pelanggan menggunakan berbagai pendekatan. Misalnya saja dengan memberikan promo berupa potongan harga bagi pelanggan baru yang mendaftar sebagai member bisnis Anda. Informasi potongan harga bisa Anda tampilkan ketika mereka baru membuka website Anda, sehingga mereka akan langsung melihatnya. Adanya promo ini tentu dapat membuat mereka tertarik untuk mendaftar menjadi member.

6. Memantau Data

Anda harus selalu memantau pergerakan data yang sudah Anda kumpulkan, segmentasikan, dan labeling sebelumnya. Dengan cara ini, Anda dapat melihat respon pelanggan terhadap pendekatan yang Anda gunakan. Jika kesulitan memantau semua data yang ada, Anda juga bisa menggunakan tools otomatis untuk membantu Anda.

Manfaat Data Pelanggan

Dengan mengumpulkan data-data penting dari pelanggan, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Membuat laporan penjualan dengan akurat.
  • Memberikan kepercayaan pada pelanggan.
  • Menghindari pelanggan yang merugikan.
  • Penjualan jadi lebih efektif.
  • Dapat membuat target pasar yang sesuai.

Mengolah data pelanggan dapat menjadi strategi efektif jika Anda menginginkan tingkat penjualan tinggi dan keuntungan besar. Setelah mengetahui informasinya, Anda pun bisa mencobanya sendiri untuk bisnis Anda dan mendapatkan sendiri manfaatnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Post Views:
1