Link Cara Mengatasi HP Tidak Terbaca di Laptop yang Mudah Free

Come here if you want to read Manhwa Cara Mengatasi HP Tidak Terbaca di Laptop yang Mudah English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Cara Mengatasi HP Tidak Terbaca di Laptop yang Mudah RAW Free until end.

Cara mengatasi HP tidak terbaca di laptop penting untuk diketahui, apalagi jika Anda ingin memindahkan data atau file penting dari HP ke laptop.

Atau, pada saat Anda ingin melakukan flashing ulang perangkatmu. Tentunya masalah HP yang tidak terbaca di laptop seperti ini bakal bikin repot juga.

Meski terbilang mudah dan sangat sederhana, tetapi pada kenyataannya masih ada banyak orang yang tidak tahu cara mengatasi masalah tersebut.

Untuk itu, melalui artikel ini kami akan bagikan cara mengatasi HP tidak terbaca di laptop yang mudahnya untuk Anda.

Cara mengatasi HP tidak terbaca di laptop

Sebelum kami akan menginformasikan mengenai cara mengatasi HP tidak terbaca di laptop sebaiknya ketahui terlebih dulu penyebab HP tidak terdeteksi atau terbaca di laptop, antara lain :

  • Kabel data rusak
  • Kesalahan pengaturan sistem di perangkat Anda
  • Kabel data yang digunakan tidak mendukung mode transfer file, alias hanya cas
  • Konektor HP yang rusak
  • Driver belum diinstall (jika Anda ingin melakukan flash)
  • Sistem perangkat bermasalah, seperti bug atau sejenisnya

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah cara mengatasi HP tidak terbaca di PC atau laptop yang bisa Anda coba praktekkan.

Memastikan Kabel Data Tidak Rusak

Tak bisa dipungkiri kabel data rentan mengalami kerusakan, apalagi saat masa pakainya sudah cukup lama. Efeknya ada banyak sekali, diantaranya seperti tidak bisa cas HP  hingga HP tidak bisa terbaca di laptop.

Memastikan Kabel Data Support Transfer File

Pada dasarnya ada dua jenis kabel data pada smartphone, antara lain yang support transfer data dan hanya support charging saja.

Jika kabel data yang Anda miliki memang hanya support untuk cas HP, maka Anda tidak akan bisa melakukan transfer data. Jadi, jangan heran jika HP Anda tidak terbaca di laptop.

Solusinya, Anda harus ganti kabel data yang support transfer file. Dengan begitu HP Anda akan terbaca saat disambungkan ke laptop.

Memindahkan USB ke Port Lain

Cara lainnya adalah dengan mengganti posisi kabel data yang tersambung ke laptop. Ini dimaksudkan untuk melihat apa slot USB yang Anda gunakan rusak, atau tidak, hingga sebabkan HP tidak terbaca.

Namun demikian, Anda harus memastikan untuk sambungkan langsung kabel data ke slot utama yang ada di HP tanpa perantara USB Hub.

Pasalnya, penggunaan USB Hub hanya memiliki aliran daya rendah sehingga tidak bisa digunakan untuk membaca data dari HP Anda ke laptop.

Baca Juga: Cara Lainnya

Menginstall Driver USB HP

Kadang kalanya, salah satu penyebab HP tidak terbaca di laptop adalah karena ada masalah HP yang eror yang biasanya disebabkan oleh driver HP yang belum terinstall dengan benar.

Kondisi tersebut biasanya ditemukan saat HP akan diflashing ulang dengan aplikasi tertentu.

Driver ini memiliki fungsi utama, yaitu untuk instalasi perangkat Anda pada sistem laptop agar bisa dikenali dengan mudah.

Anda bahkan bisa instalasi driver tersebut dengan cara mencari dan mendownloadnya di internet terlebih dulu.

Mengubah Setting HP ke Mode MTP

Perlu Anda tahu bahwa dikondisi default sebagian HP setting USBnya ada di posisi charging. Kondisi inilah yang pada akhirnya sebabkan perangkat Anda tidak terbaca di laptop atau PC. Pasalnya, ketika HP dalam setelan mode charging maka tidak akan support transfer file.

Untuk mengatasinya, Anda harus ubah mode charging ke mode transfer data. Jika sudah Anda bisa mulai menyambungkan HP ke laptop. Tunggu sampai muncul jendela charging dan klik pada opsi MTP.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi HP tidak terbaca di laptop yang mudah. Semoga bermanfaat.