Link Cara Cek Bantuan UMKM Tahap 1, 2, 3 Lengkap Mudah 2021 Free

Come here if you want to read Manhwa Cara Cek Bantuan UMKM Tahap 1, 2, 3 Lengkap Mudah 2021 English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Cara Cek Bantuan UMKM Tahap 1, 2, 3 Lengkap Mudah 2021 RAW Free until end.

Bagi kamu para pendaftar UMKM apakah sudah mengetahui bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM? Jika belum maka disini kami akan menjelaskannya.

Sejak adanya pandemi covid yang melanda negeri ini, membuat banyak sekali keluhan para pelaku ekonomi yang mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya.

Karena memang dampak dari pandemi terhadap keadaan ekonomi yang ada di Indonesia ini sangatlah besar.

Mulai dari pendapatan yang kian hari semakin menurun sampai dengan banyaknya para pekerja yang diberhentikan sementara dari pekerjaannya.

Yang mana hal tersebut tentunya membuat angka pengangguran yang ada di negeri ini semakin banyak dan terus meningkat.

Sehingga tidak heran jika banyak sekali para pekerja yang mengeluh dan meminta bantuan kepada pemerintah mengenai hal tersebut.

Dan untuk menyikapi hal tersebut maka kini pemerintah memberikan sebuah bantuan yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha.

Bantuan tersebut yakni Bantuan Tunai Langsung (BLT) yang diberikan khusus untuk para pelaku usaha yang ada di negeri ini.

Dengan adanya bantuan ini maka setidaknya para pelaku usaha akan merasa terbantu dan bisa sedikit mengembangkan usahanya pada masa pandemi ini.

Bantuan ini juga tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi para pelaku usaha kecil, menengah dan juga mikro.

Yang mana bantuan UMKM ini memiliki peran yang sangat besar untuk menghadapi permasalahan ekonomi yang terjadi saat ini.

Para penerima BLT UMKM ini nantinya akan mendapatkan sebesar 1,2 juta setiap orang. Tentunya merupakan angka yang sangat membantu dalam keadaan seperti sekarang ini.

Namun untuk bisa mendapatkan dana bantuan yang merupakan program pemerintah ini tentunya kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Jika kamu belum mendaftarkan diri serta usaha yang kamu miliki. Maka kamu bisa cek informasi tersebut pada artikel kami sebelumnya.

Namun bagi kamu yang sudah berhasil mendaftar diri dalam program pemerintah ini, maka disini kami memberikan informasi mengenai Cara Cek Bantuan UMKM.

Baca Juga : Cara Cek Sertifikat Vaksin

Syarat Mendapat Bantuan UMKM

Syarat Mendapat Bantuan UMKM

Sebelum kamu bisa mengecek apakah kamu mendapatkan bantuan UMKM atau tidak. Maka sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu apa saja kriteria penerima bantuan ini.

Karena tentunya pemerintah sudah memberikan ketentuan serta kriteria siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan ini.

Hal tersebut dilakukan agar bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini tidak diberikan kepada orang yang salah.

Meskipun demikian syarat yang ditetapkan oleh pemerintah tidak begitu rumit jika memang kamu benar-benar pantas mendapatkannya.

Adapun syarat-syarat dan kriteria yang harus kamu penuhi ketika ingin mendapatkan sebuah bantuan UMKM, yakni sebagai berikut.

  • Para pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia dan memiliki Kartu Keluarga serta KTP.
  • Memiliki usaha mikro yang sedang berjalan.
  • Memiliki NIB (Nomor Izin Berusaha) serta SKU (Surat Izin Usaha).
  • Tidak sedang mendapatkan dana dari kredit bank atau KUR.
  • Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, Pegawai BUMN dan BUMD serta Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Nah itulah syarat-syarat yang harus kamu penuhi agar bisa masuk ke dalam kriteria penerima bantuan UMKM yang diprogramkan oleh pemerintah.

Jika kamu memenuhi kriteria yang sudah kami sebutkan diatas, maka besar kemungkinan kamu akan mendapatkan bantuan ini.

Baca Juga : Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB

Proses Pencairan Dana UMKM

Proses Pencairan Dana UMKM

Ada beberapa proses yang akan terjadi selama masa pencairan BLT UMKM ini. Yang mana tentunya proses tersebut sudah menjadi ketentuan bagi para penerima UMKM.

Adapun prosedur atau proses ini dibuat tentunya agar program yang diadakan bisa berjalan dengan lancar dan diberikan secara merata.

Lalu apa sajakah proses pada masa pencairan UMKM ini? Untuk mengetahuinya maka silahkan sahabat simak prosesnya berikut ini.

  • Proses pertama yakni para penerima UMKM akan mendapatkan informasi yang diberikan oleh bank milik BUMN atau BUMD dan juga PT Pos melalui pesan singkat.
  • Jika penerima sudah mendapatkan informasi, maka selanjutnya penerima mendatangi lembaga penyalur UMKM dengan membawa beberapa persyaratan seperti KK, KTP, NIB, dan juga SKU.
  • Setelah menerima menyelesaikan proses administrasi yang sudah ditentukan, maka selanjutnya dana akan dicairkan melalui lembaga penyalur yakni sebesar 1,2 juta.

Nah itulah proses pencairan bantuan UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah ini. Jika kamu menerima maka artinya akmu sudah tahu dong apa saja persyaratannya.

Baca Juga : Cek Password Wifi Tetangga

Cara Cek Bantuan UMKM 2021

Cara Cek Bantuan UMKM 2021

Nah selanjutnya masuk ke pembasahan inti yakni bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM tahap 1 sampai dengan seterusnya.

Dan perlu kamu ketahui bahwa bantuan UMKM ini disalurkan melalui bank milik negara atau BUMN yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan juga Bank Nasional Indonesia (BNI).

Sehingga kamu bisa mencairkan dana bantuan BPUM yang sudah didapatkan pada cabang bank BRI dan BNI terdekat dari rumah kamu.

Namun sebelum kamu menerapkannya, maka pastikan terlebih dahulu apakah kamu merupakan penerima atau bukan.

Bagaimana caranya? Tentunya tidak begitu rumit, yakni hanya dengan menggunakan sebuah smartphone dan membukanya melalui internet.

Nah setelah memastikan bahwa nama kamu terdaftar sebagai penerima UMKM maka barulah kamu bisa mencarinya di antara 2 bank tersebut.

Namun mungkin beberapa diantara sahabat semua belum mengetahui dengan jelas bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM.

Kamu tidak perlu khawatir sahabat, karena disini kami akan menjelaskan secara detail dan juga lengkap untuk kamu ikuti langkahnya.

Langsung saja jika sahabat semua penasaran, maka silahkan simak baik-baik langkah yang kami berikan berikut ini.

Baca Juga : Cara Melacak HP Yang Hilang

Cara Cek Bantuan UMKM 2021 BRI

Cara Cek Bantuan UMKM 2021 BRI

Seperti yang sudah kami katakan bahwa jika ingin mencairkan bantuan UMKM yang kamu dapatkan, maka bisa melalui Bank BRI.

Namun sebelum kamu menj=uju pada kantor cabang BRI, maka kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada situs yang sudah disediakan.

Tapi jika sahabat semua belum mengetahuinya maka kami disini sudah menyiapkan link untuk menuju ke situs tersebut.

Langsung aja yuk tanpa berlama-lama silahkan kamu simak Cara Cek Bantuan UMKM 2021 BRI berikut ini.

  • Buka laman “https://eform.bri.co.id/” melalui browser atau chrome yang ada di handphone kamu.
  • Setelah muncul tampilan maka silahkan kamu masukkan “NIK”.
  • Jika sudah maka silahkan kamu masukkan “kode verifikasi” yang ada di layar.
  • Kemudian silahkan klik “Proses lubang”.
  • Maka otomatis akan muncul pemberitahuan yang menginformasikan apakah kamu tercatat sebagai penerima BPUM 2021 atau tidak.
  • Jika kamu tercatat maka silahkan kamu lakukan “reservasi dan pemesanan antrian” untuk bisa melakukan pencairan.
  • Silahkan kamu isi data yang diminta dan jika sudah maka selanjutnya silahkan kamu isi “kode verifikasi” maka otomatis akan muncul nomor antrian.
  • Lalu nomor tersebut bisa kamu bawa ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan seperti KTP, ATM, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Nah itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan pencairan bantuan BPUM yang diberikan oleh pemerintah ini.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran PDF

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat Bank BNI

eform bni co idbpum pakai ktp

Selain melalui Bank BRI, kamu juga bisa melakukan pencairan melalui Bank BNI terdekat dari rumah. Caranya juga tidak begitu berbeda.

Hanya saja link yang kamu gunakan tentunya beda dengan bank BRI. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

  • Langkah pertama silahakn kamu kunjungi situs “banpresbpum.id”.
  • Kemudian akan muncul tampilan utama dan silahkan kamu masukkan “NIK” yang terdaftar dan klik “Cari”.
  • Lalu akan muncul pemberitahuan tentang apakah kamu tercatat mendapatkan bantuan atau tidak. Jika kamu tercatat sebagai penerima maka akan diberi pemberitahuan pada link tersebut.
  • Apabila terdaftar, maka kamu bisa mendatangi cabang BNI terdekat dengan membawa KTP, SPTJM, serta kartu ATM dan buku tabungan yang kamu punya.

Selesai! Selanjutnya proses pencarian bantuan UMKM kamu akan diproses oleh pegawai bank yang bersangkutan.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai Cara Cek Bantuan UMKM kali ini. Semoga bisa membantu sahabat semua yang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga : Cara Daftar UMKM

Terimakasih telah mengunjungi web kami dan jangan lupa untuk selalu mengikuti informasi terbaru yang ada ya, sampai jumpa!