Link Berbagai Cara Time Travel Unik di Marvel Universe! Free

Come here if you want to read Manhwa Berbagai Cara Time Travel Unik di Marvel Universe! English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Berbagai Cara Time Travel Unik di Marvel Universe! RAW Free until end.

Saat ini Marvel tengah gencar-gencarnya mengangkat tema tentang time travel, baik di komiknya maupun di jagat sinema MCU. Tidak diketahui secara pasti kapan Marvel pertama kali memperkenalkan konsep time travel di komikna. Yang jelas salah satu buktinya bisa kita lihat dari supervillain masa depan bernama Nathaniel Richards alias Kang yang debut pada tahun 1963. Di mana dia menggunakan mesin waktu untuk melakukan perjalanan ke berbagai timeline. Selain yang dilakukan oleh Kang tersebut, sebenarnya ada lebih banyak lagi cara unik untuk melakukan time travel di Marvel Universe. Apa saja?

Teknologi

Cara time travel pertama yang paling umum di Marvel Universe adalah dengan menggunakan teknologi. Kang sendiri sebenarnya bukan orang pertama yang menemukan teknologi time travel. Faktanya dia mendapatkan inspirasi dari mesin time travel milik Doctor Doom. Komik Fantastic Four #5 (1962), pernah menceritakan bahwa Doom mempunyai teknologi time travel berbentuk portal yang disebut Time-Platform. Alat ini pertama kali dia pakai untuk pergi ke abad 18 untuk mendapatkan harta karun Blackbeard.

Di MCU sendiri, terknologi time travel bisa kita lihat di film Avengers: Endgame. Di mana para Avengers menggunakan alat canggih dan Pym Particle untuk mengakses Quantum Realm dan pergi ke masa lalu agar bisa mendaptakan semua Infinity Stones. Serial Loki bahkan telah memperkenalkan TVA, yang mempunyai segudang alat canggih untuk melakukan perjalanan waktu ke berbagai timeline yang ingin mereka tuju.

Sihir

Cara time travel berikutnya yang sudah cukup umum di Marvel universe adalah sihir. Hal ini pernah diceritakan di komik Avengers #11 (2020), di mana Doctor Strange menggunakan sihir ‘blood memories’ untuk pergi ke masa lalu dalam bentuk arwah menggunakan darah seseorang. Dengan sihir ini dia bisa melihat apa yang terjadi pada masa lalu yang sangat jauh, tetapi tidak bisa mengubahnya.

Kemudian sihir time travel lainnya juga pernah terlihat secara implisit di film MCU Avengers: Infinity Wars. Di mana Strange menggunakan Eye of Agamotto untuk melihat lebih dari 14 juta opsi pertarungan agar bisa mengalahkan Thanos. Walaupun cara ini tidak membawa tubuh penggunanya sekaligus, tetapi siapa pun yang menguasai sihir time travel setidaknya bisa mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu dan juga masa depan.

Kekuatan Kosmik

Ada banyak sekali superhero yang terkenal bisa terbang dan juga mempunyai kekuatan fisik super luar biasa di Marvel Universe. Namun, jarang sekali yang kekuatan supernya bisa dipakai sebagai cara time travel menuju timeline lain. Karena kekuatan yang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut setidaknya harus setara dengan kekutan kosmik. Misalnya seperti yang dimiliki oleh Frank Castle alias Cosmic Ghost Rider, di mana dia menggunakan kekuatan kosmik untuk melihat akhir alam semesta di ujung timeline.

Kekuatan kosmik lainnya yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan time travel adalah Phoenix Force. Hal ini pernah terjadi saat Jean Grey mendapatkan kekuatan Phoenix dan menggunakannya untuk pergi ke masa depan. Setelah melihat versi masa depannya menghancurkan alam semesta dengan kekuatannya, Jean lantas kembali ke timelinenya dan berjuang dengan sekuat tenaga untuk mengubah takdirnya.

Artefak

Terakhir, cara unik lainnya untuk melakukan time travel di Marvel Universe adalah dengan menggunakan artefak. Seperti yang terjadi di kisah di komik Avengers (1969), di mana Black Knight menggunakan Ebony Blade-nya untuk mengejar Kang yang kabur ke masa depan yang sangat jauh. Saat kabur, Kang tidak sengaja membawa Ebony bersamanya, sehingga Black Knight bisa menggunakan koneksinya dengan Ebony untuk muncul tiba-tiba di hadapan Kang dan langsung mengalahkannya.

Hal yang sama juga sebenarnya baru saja terjadi di MCU, tepatinya di serial Ms. Marvel. Di mana Kamala alias Ms. Marvel tidak sengaja menggunakan gelang kosmik pemberian neneknya untuk pergi ke tahun 1947 saat pemisahan India-Pakistan. Dia bahkan sampai berhasil membantu neneknya yang masih kecil untuk menemukan ayahnya. Semua kisah ini mebuktikan bahwa artefak spesial juga bisa digunakan untuk melakukan perjalanan waktu.

Itulah berbagai cara unik untuk melakukan time travel, baik di Marvel Universe maupun di MCU. Semua cara ini pada umumnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu pergi ke masa lalu atau ke masa depan. Bedanya mungkin hanya terletak pada sarana dan outputnya saja. Ada yang hanya arwahnya saja dan ada juga yang langsung dengan tubuhnya. Apa pun itu, cukup jelas bahwa berbagai cara ini bisa menjadi salah satu keunggulan untuk superhero yang ingin menyelamatkan dunia ataupun untuk supervillain yang ingin menguasainya.