Link Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis di Indonesia

Come here if you want to read Manhwa Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis di Indonesia English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis di Indonesia RAW Free until end.

Bisnis di Indonesia: 5 Sektor Paling Menjanjikan

makaryo.net Dengan situasi politik dan ekonomi saat ini yang menguntungkan bagi investasi asing, Indonesia telah menjadi tujuan yang menguntungkan bagi banyak investor asing.

Nah, pertanyaan yang sering muncul di benak adalah bagaimana cara memulai bisnis di Indonesia? Melalui artikel ini, kami ingin menjelaskan lebih jauh faktor-faktor yang harus diperhatikan oleh setiap investor asing sebelum memasuki sektor bisnis Indonesia.

Memulai Bisnis di Indonesia: Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan 

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai investasi Anda di Indonesia, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:

Jenis Usaha

Harap dicatat bahwa sektor atau perusahaan tertentu dilarang atau dilarang untuk kepemilikan asing. Ini tercantum dalam daftar investasi buruk. Dalam daftar tersebut, terdapat beberapa batasan kepemilikan asing mulai dari nol (0) hingga sembilan puluh lima persen (95).

Ini akan membawa Anda ke pertanyaan lain: apakah Anda menginginkan mitra sipil atau tidak? Namun, beberapa perusahaan diizinkan 100% dimiliki asing.

Jenis Perusahaan

Karena pemerintah Indonesia ingin melindungi usaha kecil, kecil dan menengah, maka ada kebijakan bahwa untuk membuka usaha di Indonesia, perusahaan harus terdaftar sebagai perusahaan perseroan terbatas atau PMA. Untuk mendirikan perusahaan asing, Anda wajib memenuhi persyaratan tertentu mengenai investasi minimum dan jumlah modal disetor.

Permasalah Sumber Daya Manusia

Human Resources - CekindoMeskipun Indonesia terdaftar sebagai negara terpadat keempat di dunia dengan lebih dari 60% dari total penduduk di usia produktif mereka (berusia 15-60 tahun), tidak semua dari mereka yang memiliki keterampilan yang cukup untuk berpartisipasi dalam industri dan komersial dunia.

Hal ini karena sektor pendidikan tidak menyebar merata di wilayah yang besar. Kondisi ini menyebabkan perusahaan menghadapi kesulitan untuk menemukan talent pool, terutama di daerah luar Pulau Jawa.

Kenyataannya, bidang pendidikan tidak terdistribusi secara luas. Situasi ini menyebabkan perusahaan kesulitan menemukan talent pool, terutama di daerah terpencil di Pulau Jawa. Di sisi lain, mempekerjakan orang asing juga membutuhkan kerumitan. Ini akan menjadi tantangan yang harus diambil untuk setiap LDC. Banyak FDI yang sukses di Indonesia telah mengatasi masalah ini dengan memberikan pelatihan yang memadai untuk memenuhi persyaratan keterampilan.

Oleh karena itu, Anda harus sangat selektif dalam memilih sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghindari biaya tambahan dengan mempekerjakan orang yang tidak memenuhi syarat atau tidak pantas.

Pasar Yang Beraneka Ragam

Indonesia bukan hanya negara kepulauan terbesar di dunia, tetapi juga memiliki pasar yang sangat kompleks. Karena ada banyak ras, bahasa, agama, adat istiadat dan nilai, Anda tidak akan berpikir bahwa Indonesia adalah pasar tunggal. Setiap kelompok sasaran memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung pada prosesnya.

Birokrasi dan Hukum yang Rumit

Ia akan menegaskan bahwa birokrasi di Indonesia sangat panjang dan berbelit-belit, bisa lebih dari orang asing manapun yang baru mengenal prinsip tersebut. Meskipun pemerintah telah mulai menyiapkan beberapa sistem dan layanan online untuk mempermudah pekerjaan pemerintah, beberapa prosedur masih rumit untuk diikuti.

Di sisi lain, kebijakan atau undang-undang yang sering tidak konsisten dan berubah (misalnya mengenai UU Negatif Investasi dan UU Kepailitan). Sehingga Anda perlu sadari bahwa mengetahui peraturan terbaru itu sangat penting.
Pembangunan Infrastruktur yang tidak merata

Pembangunan di Indonesia telah lama difokuskan di wilayah Pulau Jawa (6 Provinsi: Kota Ibukota Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, dan Jawa Timur). Semua infrastruktur dan fasilitas sangatlah terfokus di Pulau ini. Oleh karena itu, melakukan bisnis di 6 provinsi ini di pusat kepulauan Jawa telah menjadi tren dalam waktu yang lama.

Namun, ada juga beberapa kota besar lainnya di pulau-pulau lain yang ditargetkan oleh investor asing. Dari semua hal yang perlu Anda pertimbangkan, yang utama adalah dengan menemukan tempat yang cocok dengan bisnis anda sehingga memiliki potensi yang besar untuk mendukung perusahaan Anda.

Banyak Sumber Daya Alam dan Bahan Baku Mentah

Natural Resources - Cekindo

Indonesia memiliki banyak jenis sumber daya alam yang berlimpah dan beragam jenisnya.

Jika Anda membutuhkan sumber daya alam dan bahan baku untuk menjalankan bisnis Anda, pastikan Anda tahu di mana Anda bisa mendapatkan sumber daya alam dan bahan baku mentah tersebut dengan benar.

 

Pikirkan baik-baik, dan sadari bahwa Indonesia terdiri dari banyak pulau, dan distribusi produk bisa mahal jika Anda salah memilih lokasi.

Terlepas dari perusahaannya, banyak perusahaan asing berharap untuk memulai bisnis yang menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi yang cepat. Anda mungkin bertanya-tanya perusahaan bisnis mana yang dapat Anda pilih untuk berbisnis di Indonesia secara legal. Selain itu, kami akan membantu Anda memahami hukum perusahaan di Indonesia.

Perusahaan Jenis apa yang Paling Cocok Untuk Usaha Anda

Jika Anda sudah melihat potensi negara ini dan mulai mempertimbangkan untuk masuk ke dunia bisnis, Anda harus tahu berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan di Indonesia. Pertama, Anda bisa membuka kantor perwakilan atau langsung berinvestasi di luar negeri (PT. IDE).

Kantor Perwakilan

Kantor perwakilan dibangun untuk tujuan tertentu, seperti promosi, pemasaran, penjualan dan pemasaran, atau riset pasar. Sebagai agen, Anda akan menerima lisensi layanan publik selama 2 tahun.

Investasi Langsung Untuk Orang Asing (PMA)

Untuk berinvestasi langsung di Indonesia, Anda harus mendirikan perusahaan yang dimiliki sepenuhnya atau dimiliki asing, yang biasa dikenal dengan PT. IDE (atau hanya IDE).

Ada banyak dokumen hukum yang harus dipatuhi dan banyak persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh bisnis. Komposisi PMA diatur oleh hukum nasional. 25 Tahun 2007 (UU) dan UU No. 40. Tahun 2007 (Firma Hukum). Sebelum Anda memutuskan ingin membangun kantor perwakilan atau PMA, sebaiknya Anda juga mengetahui daftar investasi negatif.

Bahkan, banyak perusahaan di Indonesia yang tutup atau tertutup sama sekali untuk investasi asing. Pemerintah Pusat Republik Indonesia akan merevisi daftar ini, sehingga Anda akan diberitahu di masa mendatang. Untuk departemen atau perusahaan yang tertutup bagi orang asing, Anda tetap dapat menjalankan bisnis atau PMA Anda di Indonesia dengan mitra Anda dan warga negara Indonesia.

Ketika Anda memahami daftar investasi buruk dan memutuskan investasi seperti apa yang ingin Anda miliki, Anda dapat mulai menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk memulai bisnis Anda.

Anda harus memahami bahwa pekerjaan pemerintah di Indonesia rumit karena proses pendaftaran bisnis dilakukan melalui berbagai lembaga pemerintah dari tingkat bawah hingga tingkat informasi. Untuk langkah pertama, Anda harus menghubungi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Meskipun BKPM sudah memiliki kantor satu atap (OSS-C) untuk meningkatkan layanan dan mengurangi birokrasi, detail kecil dapat membuat Anda kecewa jika Anda tidak terbiasa dengan undang-undang dan bahasa setempat.


Post Views:
2