Link Aplikasi SIAKBA KPU, Download Gratis Disini Free

Come here if you want to read Manhwa Aplikasi SIAKBA KPU, Download Gratis Disini English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa Aplikasi SIAKBA KPU, Download Gratis Disini RAW Free until end.

Apakah Anda sedang mencari link download aplikasi SIAKBA KPU APK versi Terbaru 2022? Silahkan cek informasi selengkapnya pada artikel dibawah ini.

SIAKBA atau Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc merupakan aplikasi yang secara resmi diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia untuk pendaftaran PPK dan PPS.

Sistem yang tertanam didalamnya bekerja secara dalam jaringan atau online sehingga akan mudah diakses oleh pengguna secara fleksibel dimanapun dan kapanpun selama memiliki jaringan internet.

Aplikasi ini diluncurkan secara resmi pada 20 Oktober 2022 sebagai langkah untuk mempermudah proses rekrutmen PPK dan PPS yang dipersiapkan untuk proses pemilihan umum serentak 2024.

Adanya aplikasi SIAKBA ini dapat memudahkan calon pendaftar karena tidak harus pergi ke kantor KPU sebagai salah satu prosedur yang dilakukan pada proses pemilu sebelum-sebelumnya.

Era digital memang perlu memanfaatkan teknologi sebagai langkah memanaje prosedur yang rumit menjadi sederhana. Bukan hanya kemudahan namun kenyamanan bisa dirasakan dengan langkah ini.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 438 Tahun 2022 tentang Penetapan Aplikasi Sistem Informasi Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Ad Hoc sebagai Aplikasi Khusus Komisi Pemilihan Umum

Seperti yang diketahui jika Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak pada Februari 2024. Sementara itu persiapannya sudah dimulai sejak tahun 2022 ini mulai dari perekrutan panitia.

Proses perekrutan yang baik tentunya sangat penting untuk menjaga dan menata pengorganisasian panitia menjadi lebih baik. Tentunya aplikasi ini diharapkan mampu menjadi inovasi baru dalam penyeleggaraan Pemilu.

Cara Daftar PPK dan PPS di Aplikasi SIAKBA KPU

Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK merupakan salah satu Badan Ad Hoc yang bertugas menyelenggarakan pemilu di tingkat kecamatan.

Sementara Panitia Pemungutan Suara atau PPS bertugas di tingkat desa/kelurahan dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS bertugas ditingkat RT/RW/dusun/kampung atau sebutan lainnya.

Tentunya pendaftar harus menyiapkan berkas-berkas terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran. Seperti KK dan KTP yang digunakan untuk melengkapi data diri.

Berikut tata cara daftar PPK dan PPS di aplikasi SIAKBA KPU:

1. Canlon pendaftar dapat mngakses situs web resmi https://siakba.kpu.go.id/login

2. Kemudian, cari kolom untuk mendaftar akun jika belum memiliki;

3. Setelah masuk, isi kolom dengan nama lengkap, email dan NIK;

4. Masukan Password dan Konfirmasi Password

5. Lalu klik ‘Register’. Setelah itu akan ada link Aktivasi yang dikirim melalui email.

6. Cek email dan Verifikasi akun SIAKBA.

7. Selesai dan login.

Berikutnya Link Download Aplikasi SIAKBA KPU >>>