Link 10 Chipset Terbaik di Dunia di Android & iOS untuk Main Game Free

Come here if you want to read Manhwa 10 Chipset Terbaik di Dunia di Android & iOS untuk Main Game English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa 10 Chipset Terbaik di Dunia di Android & iOS untuk Main Game RAW Free until end.

MataramNews.co.id – Seperti yang kita ketahui bahwa Chipset termasuk salah satu komponen yang sangat penting untuk perangkat smartphone. Tidak heran jika hadirnya smartphone terbaru, sebagian orang akan melihat chipset yang tersemat didalamnya dan hal ini merupakan hal yang sangat wajar. Apakah kalian juga termasuk orang yang akan melakukan hal tersebut? Jika iya, maka penting sekali untuk kalian ketahui jenis chipset terbaik apa saja yang biasa digunakan di smartphone.

Tentu saja kalian bisa memperhatikan chipset nya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli smartphone tertentu. Karena, chipset / prosesor ini merupakan otak dari perangkat tersebut dan jika otak nya lambat maka akan mempengaruhi kinerja ponsel tersebut. Maka dari itu, sebagai orang yang awam kalian wajib memperhatikan chipset terbaik apa saja yang terdapat di smartphone.

Di ulasan ini kami akan berikan daftar Chipset Terbaik yang bisa kalian pahami yang kami kutip dari rssatriamedika.co.id, karena chipset yang unggul mampu memberikan performa terbaik pada smartphone. Hal ini sangat pas bagi kalian yang ingin membeli smartphone android, dan ketahui spesifikasi lengkap didalamnya termasuk chipset itu sendiri. Nah, untuk mengetahuinya lebih detail. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

10 Chipset Terbaik di Dunia di Android & iOS

Chipset Terbaik

Untuk kalian yang kebingungan dan belum memahami bagaimana cara melihat chipset terbaik ketika hendak membeli smartphone dan sebagainya. Berikut ini kami akan berikan beberapa daftar Chipset terbaik yang bisa kalian ketahui. Jadi, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Apple A15 Bionic

Apple A15 Bionic merupakan sebuah chipset andalan di iPhone 13 series. Pasalnya, jenis chipset ini memiliki banyak keunggulan salah satunya mampu memberikan performa yang lebih cepat. Terutama untuk pemrosesan sebuah data. Selain itu, Apple A15 Bionic juga telah dibekali dengan GPU terbaru. Mesin saraf yang mampu memberikan kinjerja lebih tinggi serta AI Technology untuk memberikan jepretan foto terbaik.

Apple A15 Bionic memiliki dua inti pemrosesan dengan kinerja yang sangat tinggi serta 4 inti yang berguna untuk efisiensi. Selain itu, Apple A15 Bionic juga memiliki 15 miliar transistor, tentu saja jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan A14 Bionic yang hanya memiliki skor 1.746 di single core serta 4.772 di multicore.

2. Dimensity 9000

Dimensity 9000 memiliki banyak keunggulan dan menjadi salah satu chipset terbaik. Biasanya, chipset jenis ini digunakan di produk kelas dunia seperti Samsung. Tentu saja dari segi performa yang diberikan oleh Dimensity 9000 sangat terbaik. Menariknya lagi jika situs Nanoreview telah merilis bahwa Dimensity 9000 termasuk salah satu chipset kelas atas.

Hal ini di nilai dari jenis chipset tersebut dimana hasil uji coba telah mendapatkan skor 1.007.847 di Antutu 9. Dan untuk skor GeekBench 5 yaitu 1.239 di single-core adalah 4.168 untuk Multicore. Dimensity 9000 ini telah dibekali dengan arsitektur Armv9. Dan pastinya arsitektur ini masih baru jika dibandingkan dengan ARM versi 8 lainnya.

3. Snapdragon 8+ Gen 1

Snapdragon 8+ Gen 1 salah satu chipset yang dirilis pada tahun 2022 dan telah disematkan dibeberapa hp flasgship misalnya ASUS ROG Phone 6, realme GT2 Master Explorer Edition, dan lainnya. Pasalnya jenis chipset ini juga tak jauh berbeda dengan Snapdragon 7 Gen 1 yang telah dirilis pada bulan Mei 2022.

Didalam Snapdragon 8+ Gen 1 juga telah dibekali dengan 8 inti CPU yang mencakup satu prime unit kryo dengan basis Cortex X2 (3.2 GHz alih-alih 3.0 GHz pada reguler), tiga inti performa Kryo Gold berbasiskan Cortex A710 (2.75 GHz alih-alih 2.5 GHz). Serta 4 unit hemat daya Kryo Silver berbasiskan Cortex A510 (yang mengalami peningkatan clock dari 1.8 GHz menjadi 2.0 GHz).

4. Exynos 2200

Exynos 2200 merupakan sebuah chipset terbaik dan cukup berbeda dengan seri sebelumnya yakni Exynos 2100. Perlu kalian ketahui, jika Exynos 2200 menjadi salah satu chipset pertama yang di rilis oleh Samsung yang telah bekerja sama dengan AMD. AMD sendiri memiliki peran yang sangat penting ketika mendesain GPU di SoC di chipset tersebut.

Selain itu, GPU ini bernama Xclipse 920 dimana telah menggunakan arsitektur RDNA 2 misalnya yang tersemat di Playstation 5 dan Xbox Series X. Menariknya lagi telah dibekali dengan ray tracing. Exynos 2200 diciptakan dengan proses fabrikasi 4 nm, dan telah dirancang dengan teknologi Extreme Ultra Violet (EUV). Dan telah dilengkapi dengan prosesor (CPU) Armv9 delapan inti (octa-core).

5. Snapdragon 8 Gen 1

Chipset terbaik lainnya adalah Snapdragon 8 Gen 1 yang kerap menjadi andalan kalangan smartphone kelas atas. Pasalnya, chipset jenis ini memiliki kemampuan CPU hingga 20% serta bisa menghemat daya sampai 30% jika dibandingkan dengan Snapdragon 888. Snapdragon 8 Gen 1 termasuk salah satu produk chipset pertama dengan dilengkapi CPU Armv9.

Snapdragon 8 Gen 1 memiliki 3  kluster prosesor. Prosesor pertama yaitu Cortex-X2 dengan kecepatan clock 3,0 GHz. Selanjutnya adatiga core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5GHz. Dan terakhir, 4 core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GHz. Beberapa ponsel yang telah menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 ini adalah Xiaomi 12 dan 12 Pro dan lainnya. terdapat pula produk Samsung seperti Seri Samsung Galaxy S22.

6. Apple A14 Bionic

Apple A14 Bionic juga menjadi salah satu chipset terbaik yang kerap hadir di Industri Mobile. Perlu kalian ketahui bahwa Apple A14 Bionic telah melalui proses fabrikasi 5 nm, pasalnya dengan teknologi ini mampu menyimpan 11,8 Miliar transistor didalamnya. Dengan begitu, kinerja ponsel semakin tinggi 40% jika dibandingkan dengan lainnya.

Selain itu, Apple A14 Bionic juga memiliki 6 prosesor inti berbasis intruksi set ARMv8.5-A. Dan prosesor ini memiliki 2 core dengan performa yang sangat tinggi serta 4 core hemat daya. Menariknya, dari segi pengolahan grafisnya sendiri Apple A14 Bionic menggunakan GPU sebagai andalannya yang mempunyai 4 inti. Pihak Apple telah mengklaim bahwa kemampuan GPU didalam Apple A14 Bionic ini menjadikannya 50% lebih kencang.

7. Snapdragon 888+

Chipset terbaik yang bisa kalian pilih adalah Snapdragon 888+ yang tidak berbeda dengan Snapdragon 888 5G. Namun, perbedaannya yakni pada kecepatan prosesor serta kemampuan Al Engine. Perlu kalian ketahui jika chipset ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Dan kecepatan core nya mencapai 2,995GHz. Tentu saja membuat performa smartphone menjadi lebih besar dari biasanya.

Dan mengenai AI Engine di Snapdragon 888+ ini yakni dengan prosesor Hexagon 780, serta memiliki komputasi 32 TOPS. Smartphone yang menggunakan chipset jenis ini termasuk beberapa hp kelas atau yang biasa digunakan untuk bermain game. Misalnya,  ASUS ROG Phone 5 dan 5s, nubia Red Magis 6s Pro, vivo iQOO 8 Pro, dan Xiaomi Mix 4.

8. Snapdragon 888

Snapdragon 888 adalah sebuah chipset yang memberikan performa kencang di android. Tidak heran jika Snapdragon 888 ini menjadi salah satu chipset terbaik yang wajib kalian ketahui. Di kembangkan oleh Qualcomm disertai teknologi fabrikasi 5 nm. Snapdragon 888 telah didukung dengan jaringan 5G, tidak heran jika terdapat embel-embel di nama chipset tersebut.

Didalam chipset jenis ini memiliki 3 kluster prosesor. Yaitu kluster Kryo 680 dengan jumlah 4 core serta speed 1.8 GHz yang mampu memberikan performa serta lebih hemat daya. Selanjutnya terdapat tiga core Kryp 680 memiliki kecepatan 2.42GHz dan untuk performa yang kencang. Terakhir, kluster prime kryo 680 serta satu core dengan kecepatan 2,84 GHz untuk performa sangat kencang.

9. Dimensity 8100

Untuk kalian yang sedang mengincar smartphone kelas menengah namun tetap memiliki kualitas yang tinggi. Pastikan untuk mencari chipset Dimensity 8100. Tentu saja mampu memberikan kinerja yang baik dan tidak berbeda dengan snapdragon 888. Dimensity 8100 ini biasa di temukan di smartphone seperti realme GT Neo3 5G, OPPO Reno8 Pro Plus, Xiaomi 12T, dan sebagainya.

Dimensity 8100 telah dirilis bersama dengan Dimensity 8000 di awal tahun 2022 ini. Tentu saja Dimensity 8100 jauh lebih baik dibandingkan dengan seri 8000. Dibangun dengan fabrikasi 5 nm dan tidak berbeda dengan snapdragon 888, selain itu terdapat GPU yang bernama Mali G610 MC6. Menjadikan performa ponsel jauh lebih cepat lagi.

10. Google Tensor

Dan chipset terbaik terakhir adalah Google Tensor dari Google. Bentuk dari chipset ini sangat emnarik dan terdapat beberapa fitur unggulan didalamnya. seperti fitur pengenalan suara secara otomatis serta adanya Chip Titan MP2 yang mampu melindungi data sensitive para pengguna. Terdapat 3 kluster yang wajib kalian ketahui di dalam Google Tensor ini.

Yaitu core besar yakni 2 ARM Cortex-X1 yang berjalan pada 2.8GHz. Selain itu, terdapat core menengah yaitu 2 core Cortex A76 2.25GHz. Dan terakhir, yang lebih kecil adalah 4 core Cortex-A55 1.8 GHz. Dan untuk GPU nya sendiri bernama Mali-G78 MP20. Google Tensor ini memiliki nilai antutu 9 sebanyak 720.596.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang Chipset Terbaik yang wajib diketahui. Sebelum membeli semua perangkat ponsel sebaiknya ketahui terlebih dahulu otak dari perangkat yang akan kalian pilih. Agar bisa mendapatkan performa terbaik dan pastinya lebih awet digunakan. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.