Link 10 Cara Memulai Bisnis Online, Harus Mulai Dari Mana?

Come here if you want to read Manhwa 10 Cara Memulai Bisnis Online, Harus Mulai Dari Mana? English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa 10 Cara Memulai Bisnis Online, Harus Mulai Dari Mana? RAW Free until end.

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula - Dinas Perdagangan

makaryo.net Bagaimana ya, cara memulai bisnis online yang tepat dan sukses menghasilkan banyak uang?

Mungkin, sering terlintas di benak Anda untuk berhenti dari pekerjaan Anda saat ini dan memulai bisnis online.

Atau paling tidak, cobalah menjalankan bisnis online kecil-kecilan dengan tetap mempertahankan status karyawan. Namun, bagaimana cara memulai bisnis online?

Memulai bisnis online ibarat membuka toko di suatu daerah dengan pembeli potensial, dan ini adalah pengguna internet Indonesia yang terus bertambah. Dengan adanya internet dan semakin banyaknya pengguna internet, siapapun bisa menjadi pengusaha.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan banyaknya uang yang harus dikeluarkan untuk membangun toko fisik. Tak heran jika e-commerce bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Faktanya, menurut Statista, 40% pengguna internet membeli produk secara online melalui aplikasi mereka. Ini menunjukkan potensi besar untuk bisnis yang tidak membutuhkan banyak uang.

Cara Memulai Bisnis Online 

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memulai toko online.

Mulailah dengan mencari cara membuat toko online, pelajari seluk beluk membuat toko online, hingga memastikan bisnis online Anda bisa berkembang. Ada dua pilihan, ambil yang besar atau pulang. Bisnis online yang Anda mulai mungkin berhasil sesuai rencana – atau – mungkin tidak berhasil. Untuk itu, sudah dalam proses perencanaan, semua ide untuk membuat toko online harus matang.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis online? BACA SELENGKAPNYA.

1. Tentukan Apa yang Dijual

7 Strategi Bisnis Untuk Menjangkau Anak Muda

Langkah pertama untuk memulai bisnis online adalah mencari tahu apa yang harus Anda jual sebelum mulai memasuki dunia belanja online.

Temukan produk yang dapat bermanfaat. Ini berarti Anda harus melakukan riset menyeluruh – jika Anda ingin bertanya kepada orang yang Anda cintai – bagaimana mereka menyukai produk atau layanan yang akan Anda jual.

Sebelum Anda benar-benar fokus pada suatu produk, tidak ada salahnya mencoba berbagai perusahaan dan melakukan penjualan melalui media sosial atau di pasar untuk menarik pelanggan. Seringkali langkah pertama ini terasa sulit karena Anda harus mengembangkan ide bisnis, membuat ide, mencari supplier bahkan mempelajari ilmu bisnis, sehingga disarankan untuk tidak khawatir pada tahap pertama ini.

Pada tahap awal ini, Anda disarankan untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, agar bisa mempelajari bisnis online yang tepat.

2. Buat Website

Cara lain untuk memulai bisnis online adalah membuat situs web yang indah untuk memperluas toko online Anda dan memiliki identitasnya sendiri.

Jadi, cobalah membuat situs web. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk sebuah website adalah domain dan hosting. Domain adalah nama alamat website. Host adalah tempat nama domain ditempatkan. Hosting ibarat tempat dimana Anda bisa membuat website untuk toko online. Namun untuk bagian pertama, Anda mungkin tidak membutuhkan kapasitas hosting yang besar.

Jika Anda menggunakan platform belanja online, hosting biasanya disertakan dan yang harus Anda lakukan hanyalah memesan nama domain web melalui manajemen platform. Perhatikan juga tips berikut untuk membuat situs web bisnis yang baik:

Pilih satu atau dua font sederhana dengan latar belakang putih agar apapun yang tertulis di web dapat terbaca dengan jelas.
Jadikan navigasi situs web jelas dan sederhana, dan sama di setiap halaman sehingga Anda tidak membingungkan audiens saat berkunjung. Sederhanakan proses pembelian sehingga pengalaman berbelanja pelanggan tidak terlalu membuat frustrasi.
Situs web adalah toko online untuk bisnis Anda, jadi buatlah agar mudah digunakan. Tambahkan formulir online tempat pelanggan dapat mengisi informasi pribadi dan singkat untuk membangun hubungan dan memungkinkan mereka melakukan pembelian berulang.

3. Analisis Target Pasar

Setelah Anda menemukan pasar potensial, letakkan semua langkah untuk merangsang minat mereka.

Nah, cara lain untuk memulai bisnis online adalah dengan melakukan riset pasar. Padahal, titik awalnya bisa melalui iklan online, seperti website toko online, akun Instagram atau Twitter dan media sosial lainnya.

Selain media sosial, Anda juga bisa mulai mempromosikannya melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan teknik SEO. Semakin spesifik harga target Anda, semakin banyak perhatian yang harus Anda perhatikan.

Usia, jenis kelamin, pendapatan, dan pekerjaan mereka akan berdampak besar pada hal ini.

4. Berjualan di E-commerce

Sepertinya tidak ada salahnya jika Anda membuat website toko online murah, tapi tidak memasang produk di website e-commerce.

Untuk menarik pembeli potensial dan memberi mereka pengalaman berbelanja yang mudah, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah memposting produk di platform e-commerce yang tepat.

Semuanya dapat dikelola dari dasbor yang terintegrasi. Jadi tidak ada lagi waktu untuk mengelola pesanan pelanggan!

Ingatlah untuk memberikan layanan pelanggan terbaik. Disebut juga “pelanggan adalah raja”, jadi Anda harus siap menjawab semua pertanyaan dan keluhan mereka. Roh!

5. Bangun Reputasi

Calon pembeli akan sering mencari informasi di internet, termasuk mencari toko online pilihan mereka untuk berbelanja.

Jadi Anda tidak perlu membangun brand dari awal saat berbisnis online. Isi website Anda dengan artikel-artikel yang menarik dan menarik, lengkap dengan link untuk membeli produk yang Anda jual.

Di semua jejaring sosial merek Anda, buat juga konten menarik dalam bentuk foto, video, infografis, dll. Jangan berhenti berpikir untuk membuat konten yang menarik.

Tidak hanya dengan membuat konten, tetapi juga dengan membuat engagement melalui komentar, pemberian hadiah, atau penggunaan fitur media sosial. Jika konten tersedia, Anda dapat mulai mempromosikannya melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan teknik SEO, atau menggunakan iklan seperti Facebook, Twitter, Pinterest untuk promosi.

6. Buat Email Marketing

Cara lain untuk memulai bisnis online adalah dengan membuat email marketing khusus untuk bisnis Anda.

Tentunya ketika nama toko online semakin bersinar, sudah saatnya membangun jembatan untuk mendekatkan diri dengan pelanggan setia dan calon pembeli. Tawarkan langganan buletin atau pemasaran email di situs web dengan penawaran menarik seperti diskon untuk pembelian selanjutnya.

Email marketing juga dinilai lebih murah dan efektif dibandingkan iklan di media cetak, TV atau radio karena sasarannya jelas. Penerima pemasaran email dikecualikan karena penerima telah memutuskan untuk berhenti berlangganan secara sukarela.

Mungkin mereka tidak langsung membeli produk Anda, tetapi ketika mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, kepercayaan mereka akan tumbuh dan mereka akan dapat membeli produk dari toko online Anda.

7. Mulai Promosikan

Mulai Usaha Online, Begini Trik Promosi Biar Dilirik Konsumen

Setelah membuka toko online, Anda bisa langsung berjualan. Tetapi untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda perlu beriklan. Karena bisnis Anda dijalankan secara online, rencana promosi harus dilakukan melalui Internet.

Ada banyak jenis iklan yang bisa Anda coba untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Salah satunya, iklan bayar per klik yang bekerja menggunakan mesin pencari, seperti Google.

Dengan iklan bayar per klik, website belanja online Anda akan lebih mudah mendapatkan trafik dibandingkan mengandalkan pengunjung. Dengan iklan PPC, website toko online Anda akan muncul di halaman pencarian untuk memudahkan audiens online Anda menemukan produk Anda.

Selain itu, iklan PPC memungkinkan Anda menguji berbagai kata kunci serta judul, harga, dan metode penjualan. Jadi Anda tidak hanya akan mendapatkan lalu lintas tinggi, tetapi Anda juga dapat menemukan kata kunci konversi terbanyak dan terbaik.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk toko online Anda, website bisnis Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

8. Analisis Kompetitor

Pemasaran online sama sulitnya dengan pemasaran offline. Di setiap industri, Anda akan menemukan pesaing. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset pesaing sebagai cara memulai bisnis online.

Dengan melakukan analisis persaingan, Anda akan lebih mudah membuat strategi pemasaran dan bertahan di perusahaan. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan insight, strategi, dan strategi baru dari riset kompetitor. Ketika Anda menerapkannya pada bisnis Anda sendiri, itu bisa efektif dalam meningkatkan pendapatan bisnis. Jadi, mengecek informasi kompetitor yang berbeda tidak selalu buruk. Anda dapat belajar banyak pelajaran berharga untuk mengembangkan bisnis Anda terlibat dalam bidang serupa.

9. Perhatikan Regulasi saat Berbisnis

Dalam menjalankan bisnis apapun, termasuk aktivitas online, penting bagi Anda untuk selalu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Bisnis online diatur dalam Pasal 65 UU Bisnis Nomor 7 Tahun 2014. Menurut pasal 65 Undang-Undang Niaga Nomor 7 Tahun 2014 ditegaskan bahwa:

Setiap pelaku yang menjual produk dan/atau jasa dengan menggunakan sarana elektronik wajib menyediakan data dan/atau informasi yang memadai.
Setiap pelaku dilarang memperdagangkan produk dan/atau jasa dengan menggunakan sarana elektronik yang tidak sesuai dengan data dan/atau informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1). Penggunaan sistem elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang informasi dan bisnis elektronik.
Data dan/atau informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit memuat:
identitas dan status hukum pelaku seperti produsen atau penyalur usaha;
persyaratan teknis produk yang ditawarkan;
persyaratan teknis atau kualifikasi dari layanan yang ditawarkan;
harga dan metode pembayaran untuk produk dan/atau layanan; dan
proses pengiriman barang. Dalam hal terjadi sengketa yang berkaitan dengan transaksi komersial melalui sarana elektronik, orang atau badan usaha yang menghadapi sengketa tersebut dapat menyelesaikan sengketa tersebut melalui pengadilan atau proses penyelesaian sengketa lainnya.
Setiap pelaku yang menjual produk dan/atau jasa dengan menggunakan sarana elektronik yang tidak memberikan data dan/atau informasi yang lengkap dan akurat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenakan sanksi administratif berupa pencabutan izin. Selain itu, Anda perlu mengurus hak edar, lisensi atau peraturan lainnya jika ingin menjual produk secara online agar penjualannya tidak merugikan pelanggan.

Jangan biarkan diri Anda mengabaikan aturan atau peraturan belanja online. Karena mengikuti prinsip yang telah ditetapkan dapat melindungi bisnis Anda dari berbagai risiko kerugian, seperti penipuan.

Mematuhi etika bisnis juga dapat memberikan kepercayaan pelanggan Anda saat berbisnis. Padahal, produk yang Anda tawarkan sudah terbukti lulus uji sesuai standar pemerintah.

10. Jaga Loyalitas Pelanggan

Saat toko online memiliki reputasi yang baik, tantangan tidak berhenti sampai di situ.

Menurut laman wirausaha, hingga 36% orang yang membeli dari toko online Anda akan membeli lagi jika Anda menindaklanjutinya. Oleh karena itu, Anda perlu membangun loyalitas pelanggan untuk mempertahankan bisnis yang berulang di masa mendatang.

Dalam hal ini, cara memulai bisnis online yang wajib Anda sertakan adalah menjaga komunikasi dan follow up dengan pelanggan. Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara, seperti menawarkan produk yang mendukung pembelian pertama Anda.

Pilihan lainnya adalah dengan mengirimkan kupon atau voucher pada saat pembeli berulang tahun. Bahkan halaman “terima kasih” setelah pembeli menyelesaikan transaksi dapat membuat pengalaman berbelanja mereka berkesan.

Ingatlah untuk menawarkan produk terkait untuk mengirimkan kupon atau voucher dan “halaman terima kasih” kepada pelanggan untuk mendorong pelanggan. Perubahan di dunia digital banyak terjadi. Namun, beberapa cara di atas bisa diterapkan untuk memulai bisnis online. Dengan berbisnis online, Anda bisa mengelola bisnis dan menemukan ceruk di antara para pengusaha online lainnya.

Berkat teknologi, sekarang adalah waktu terbaik untuk memulai bisnis online. Anda bisa mendapatkan peluang yang berbeda, Anda hanya perlu laptop dan internet untuk menghasilkan uang dari toko online.

Namun tentunya tidak semua hal baik di era digital ini akan didukung oleh orang-orang yang malas. Jika Anda benar-benar ingin memulai bisnis online, pelajari kebiasaan belanja calon pembeli Anda dan optimalkan platform e-commerce Anda agar bisnis lebih efisien.

Yuk, terapkan cara memulai bisnis online sekarang juga jika ingin menjadi pengusaha sukses!

 

 


Post Views:
1