Link √ 6 Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7, 8, dan 10 Free

Come here if you want to read Manhwa √ 6 Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7, 8, dan 10 English Bahasa Indonesia Free Webtoon. Check this article Read Manhwa √ 6 Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7, 8, dan 10 RAW Free until end.

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor – Beberapa orang cukup mengalami tidak tahu bagaimana cara atau kesulitan menyambungkan laptop pada proyektor, baik itu keperluan untuk presentasi maupun kebutuhan lainnya.

Sebenarnya jika kita menengok lebih jauh, masalah seperti ini biasa terjadi dan bukan masalah baru. Bahkan di tempat kerja misalnya seperti presentasi, masih ada beberapa karyawan yang kesulitan mengatasi tampilan laptopnya yang tidak berhasil disambungkan ke proyektor.

Ashefa Griya Pusaka

Oleh karena itu, meski tidak terlalu penting, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cara menghubungkan laptop ke proyektor sehingga saat dibutuhkan bisa mengaplikasikannya dengan baik.

Pengertian Proyektor

Pengertian Proyektor

Menurut para ahli adalah sebuah perangkat yang dapat mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding / layar serta menjadikannya terlihat jadi besar.

Dengan kata lain, pengertian proyektor merupakan alat untuk menampilkan video, gambar dan data lainnya pada laptop dan komputer ke layar (dapat juga berupa permukaan datar seperti dinding).

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Jenis-jenis Proyektor Beserta Keunggulanya

Cara Menghubungkan Laptop Ke Proyektor

Menghubungkan Laptop Ke Proyektor

Cara menghubungkan laptop ke proyektor sebenarnya cukup mudah dan bisa diterapkan oleh apa saja. Padahal, bisa dikatakan langkah-langkahnya sangat sederhana.

Hanya saja, tak jarang bila prosedur pemasangan atau penyambungan dilakukan dengan benar, namun tetap saja laptop tidak bisa terintegrasi dengan proyektor.

Tentunya hal ini menjadi kendala yang sering kita temui dan terkadang sulit untuk diatasi walaupun terlihat sepele. Untuk alasan ini, mengetahui beberapa langkah dalam menerapkan cara menyambungkan laptop ke proyektor ini juga merupakan ide yang bagus.

Namun selain itu ada juga beberapa hal yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah mengapa laptop tidak dapat terhubung pada proyektor.

1. Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor di Windows 8 dan 10

Cara pertama menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 8 dan 10 adalah dengan masuk ke menu Display Settings.

  • Caranya, klik kanan pada layar desktop lalu, pilih Display Settings. Cara ini berlaku dan biasanya diterapkan pada Windows 10.
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya akan muncul dialog baru. Cari opsi Display dan klik menu.
  • Selanjutnya cari dan juga klik menu bernama Advanced Display Settings lalu pilih opsi Advanced Setting of Text and Other Items.
  • halaman Control Panel akan muncul. Pada halaman ini, pilih menu Project to a Second Screen yang ada di kiri atas halaman.
  • Kemudian pilih Duplikat.

2. Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7

  • Pertama cara menghubungkan laptop ke proyektor di windows 7, klik menu Start kemudian klik Control Panel.
  • Selanjutnya akan ada beberapa pilihan menu. Teman-teman, cari menu Hardware and Sound.
  • Jika sudah ketemu selanjutnya klik Connect to a Projector.
  • Kemudian, dialog baru akan muncul. pada tampilan baru ini akan ada 4 macam pilihan. Yakni, Computer Only, Duplicate, Extend, dan Projector Only.
  • Dari keempat pilihan tersebut, Anda dapat memilih tampilan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, dalam hal ini admin menyarankan untuk memilih Duplikat agar terlihat di laptop dan proyektor.
  • Pada titik ini, selesai menerapkan cara menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 7.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Masalah yang Sering Terjadi Pada Proyektor

3. Menghubungkan port VGA atau port HDI dari laptop ke proyektor

Ada beberapa port atau colokan yang bisa digunakan untuk menyambungkan laptop ke proyektor di Windows 10. Port yang tersedia tentunya tergantung dari jenis laptop dan proyektor yang digunakan.

Ada beberapa port umum yang biasa digunakan untuk menghubungkan laptop ke proyektor, contohnya:

  • Porta VGA
  • Port HDMI
  • Port USB
  • Port USB mini
  • Port Screen

Kebanyakan laptop dan proyektor sekarang memiliki port atau konektor HDMI. Jika laptop dan proyektor Anda memiliki port HDMI, sambungkan kedua port ini dengan kabel HDMI yang sesuai

Selain menggunakan koneksi fisik di atas, jenis proyektor baru yang keluar sekarang biasanya sudah mendukung teknologi Wifi. Jadi kita bisa menghubungkan laptop kita ke proyektor dengan hanya menggunakan wifi tanpa koneksi fisik.

4. Nyalakan Proyektor dan pilih input yang cocok dengan port laptop

Setelah laptop dan proyektor terhubung, kemudian hidupkan proyektor dan pilih input yang sesuai. Jika masukan yang dipilih tidak cocok dengan port yang digunakan, tidak ada gambar yang akan muncul di proyektor dari laptop.

Jika Anda menggunakan port atau colokan VGA maka pilih input VGA. Biasanya pada layar proyektor disimbolkan dengan gambar port VGA atau tulisan Computer Port.

Harap sesuaikan proyektor yang Anda gunakan. Untuk memilih input proyektor yang sesuai, kita dapat menggunakan remote proyektor atau tombol kontrol pada proyektor.

5. Tekan tombol Windows + P atau ketik “Project to a Second Screen”

Setting selanjutnya yang perlu dilakukan adalah setting pilihan tampilan layar laptop. Di Windows 10, kita bisa menampilkan opsi ini dengan menekan tombol Windows dengan huruf P secara bersamaan.

Anda juga dapat mengakses opsi ini dari Cortana atau jendela pencarian dan mengetik kata “Proyek ke layar kedua“.

6. Konfigurasi Tampilan Proyektor dari laptop

Sesudah kita tekan ‘Project to a second screen‘, atau Windows + P akan muncul layar yang berisi pilihan konfigurasi dari tampilan layar di laptop dan di proyektor.

Ada 4 pilihan yang bisa kita pilih untuk mengkoneksikan laptop ke proyektor di Windows 10. Pilihan tersebut adalah sebagai berikut:

  • PC screen Only, untuk menampilkan gambar hanya di laptop.
  • Duplikat, untuk menampilkan gambar yang sama di laptop (PC) dan juga di proyektor secara bersamaan.
  • Perpanjang, untuk menampilkan gambar di laptop dan memperluas gambar di proyektor. Dengan pilihan ini kita sepertinya memperpanjang layar komputer atau laptop kita.
  • Layar Kedua saja, untuk menampilkan gambar hanya di proyektor.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Mengenal Jenis Cartridge Printer

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor, jika anda mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar seharusnya laptop anda sudah bisa terhubung ke proyektor sesuai konfigurasi yang anda inginkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.