Inilah 10 Vitamin Rambut Kering Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Inilah artikel tentang 10 Vitamin Rambut Kering Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum] . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang 10 Vitamin Rambut Kering Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum] baca disini.

Rambut kering dapat disebabkan berbagai hal, seperti terkena paparan sinar matahari ekstrem, melakukan styling rambut berlebihan, hingga penyakit tertentu. Anda yang mengalami masalah ini dapat mengatasinya dengan sejumlah cara, salah satunya dengan memakai vitamin rambut kering.

Beberapa merek vitamin rambut kering yang ada di pasaran adalah Lucido, Ellips, dan Makarizo. Jika Anda sedang membutuhkan vitamin rambut kering, PickyBest sudah pilihkan sepuluh yang terbaik. Sebelum itu, simak dulu cara memilihnya, yuk!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. dr. Felicia banyak menangani kasus-kasus di UGD atau poliklinik.

Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional. Selain itu, beliau juga pernah aktif sebagai author di beberapa situs penyedia informasi kesehatan.

Cara Memilih Vitamin Rambut Kering

Untuk mengurangi masalah rambut kering, Anda bisa memakai suplemen vitamin. Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk membantu Anda dalam memilih vitamin untuk rambut kering dan kusam.

Untuk Hasil Rambut Lembap dan Berkilau, Carilah yang Kaya Vitamin E

blank

Ada beberapa jenis vitamin yang bisa dipakai untuk melembapkan rambut kering, salah satunya vitamin E. Jenis vitamin ini bekerja dengan memberikan lapisan pelindung pada kulit kepala.

Keberadaan lapisan pelindung tersebut akan menjaga kelembapan di area kulit kepala serta memberikan kilau rambut alami Anda. Vitamin E juga bisa membantu mengatasi masalah rambut kering dan rontok.

Vitamin E dapat ditemukan pada minyak tanaman, kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Beberapa contoh sumber vitamin E dari makanan yaitu minyak kedelai, kacang, labu, mangga, dan alpukat.

Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E yang dapat digunakan oleh tubuh manusia adalah yang berbentuk alfa-tokoferol. Peran utama vitamin E adalah sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel.

Vitamin E memiliki berbagai fungsi penting bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa manfaat vitamin E bagi rambut:

  • Mencegah rambut rontok
  • Membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala
  • Menyeimbangkan produksi minyak pada kulit kepala
  • Membantu rambut untuk tampak berkilau
  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Rekomendasi jumlah asupan vitamin E bagi pria dan wanita yang berumur 14 tahun keatas adalah sebanyak 15 mg setiap harinya.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Untuk Mengembalikan Produksi Sebum, Pilihlah yang Tinggi Vitamin A

blank

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga mendukung kemampuan kelenjar minyak pada kulit kepala dalam memproduksi sebum. Sebum adalah minyak yang berfungsi untuk melembapkan dan menyehatkan rambut.

Asupan vitamin A sendiri sebenarnya bisa Anda peroleh dari sumber makanan seperti tomat, bayam, wortel, labu, ubi, telur, dan yoghurt. Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dari suplemen, hair lotion, atau serum rambut.

Salah satu manfaat vitamin A adalah membantu kelenjar pada kulit untuk memproduksi sebum. Sebum memiliki manfaat untuk menjaga kulit kepala tetap lembap sehingga rambut tidak kering dan tampak sehat.

Walau demikian, konsumsi vitamin A berlebihan dari jumlah asupan yang direkomendasikan dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Jumlah asupan vitamin A yang direkomendasikan adalah 900 mikrogram (mcg) bagi pria dewasa dan 700 mcg bagi wanita dewasa.

Dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan harian, vitamin A dapat membantu pertumbuhan rambut agar menjadi lebih sehat, lebih kuat, dan lebih tebal. Vitamin A juga dapat membantu menjaga rambut Anda agar tetap lembap dan terhidrasi sehingga dapat mencegah rambut menjadi rapuh dan rusak.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Untuk Rambut Kering yang Tipis dan Disertai Kerontokan, Carilah Suplemen Tinggi Vitamin B7

Kenapa rambut bisa rontok

Rambut kering dapat memicu masalah rambut lain, seperti kerontokan dan rambut tipis. Jika Anda mengalami masalah ini, pilihlah vitamin rambut kering yang mengandung vitamin B7 atau biotin.

Biotin telah dibuktikan baik untuk memelihara kesuburan rambut. Biotin juga dapat memberikan rambut yang lebih sehat, tebal, dan berkilau. Jenis vitamin ini bekerja dengan menambah produksi oksigen serta nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut.

Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok dan masalah kulit. Namun, belum ada bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa suplemen biotin memiliki manfaat yang besar bagi pertumbuhan rambut, karena untuk memiliki manfaat yang efektif, biotin perlu dikonsumsi.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen biotin, Anda harus mengonsumsinya sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan produk. Mengonsumsi berlebihan suatu vitamin malah dapat menimbulkan efek yang negatif.

Jumlah asupan biotin yang disarankan adalah 30 mikrogram dalam sehari untuk pria dan wanita yang berusia diatas 19 tahun. Bagi wanita yang sedang hamil, kebutuhan biotin sebanyak 35 mikrogram dalam sehari.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Untuk Rambut Kering dan Mudah Patah, Pilihlah yang Diperkaya Vitamin C

blank

Jika rambut kering Anda diperparah dengan kondisi akar yang mudah rontok atau patah, kami sarankan Anda untuk memilih vitamin rambut kering yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan ini bisa diperoleh dari vitamin C untuk melindungi kerusakan sel rambut dari radikal bebas. Vitamin C juga akan memperkuat akar rambut dan memberikan nutrisi penting untuk tubuh dalam memproduksi kolagen.

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang penting untuk fungsi normal tubuh manusia. Ketika diaplikasikan pada kulit kepala, vitamin C akan membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas, sehingga membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Manfaat vitamin C bagi rambut antara lain:

  • Memperkuat helaian rambut
  • Menjaga rambut tetap berkilau
  • Mencegah rambut rontok
  • Mendorong pertumbuhan rambut

Vitamin C dapat diperoleh dari buah dan sayur, seperti berbagai macam jeruk, kiwi, anggur, stroberi, tomat, brokoli, atau kol.

Jumlah asupan harian vitamin C yang direkomendasikan bagi orang dengan usia diatas 19 tahun adalah 75 miligram (mg) untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Jumlah dosis maksimum dalam satu hari adalah 2.000 mg. Konsumsi vitamin melebihi batas maksimum dapat berbahaya bagi tubuh.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Kenali Jenis Vitamin Rambut yang Beredar di Pasaran

Kenali jenis vitamin rambut yang beredar di pasaran

Vitamin rambut bisa ditemukan dalam beberapa versi bentuk, seperti oles dan semprot. Anda bisa menyesuaikan bentuk vitamin yang hendak dibeli dengan kebutuhan pemakaian.

  • Vitamin oles: Cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi mengaplikasikan vitamin secara merata ke seluruh bagian rambut.
  • Vitamin semprot: Cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan, tanpa harus mengoles vitamin dan membuat tangan lengket pasca pengaplikasian.

10 Rekomendasi Vitamin Rambut Kering Terbaik

Setelah mengetahui panduan dalam memilih, pada bagian ini kami akan ulas sepuluh rekomendasi produk vitamin rambut kering yang bisa Anda gunakan. Pilih yang paling cocok dengan hasil dan bujet Anda, ya!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Lucido-L Triple Beauty Vitamin Oil

Lucido L Triple Beauty Vitamin Oil

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Kandungan vitaminnya cepat meresap ke setiap helai rambut

Lucido-L memilih untuk mengeluarkan vitamin rambut kering dalam bentuk minyak oles. Di dalamnya tersedia kandungan seperti vitamin A, C, dan E yang mudah meresap ke dalam sel-sel rambut sehingga rambut kering Anda bisa kembali sehat.

Bukan hanya itu, Lucido-L juga diformulasikan dengan tiga formula untuk hasil rambut indah, bersinar, dan bertekstur lembut. Produk yang dijual dengan bandrolan harga cukup terjangkau ini bisa dibeli di drugstore atau secara online.

Ukuran 50ml
Kisaran harga Rp35.000

Lazada
Bukalapak

2. The Bath Box Dancing Hair Oil

The Bax Box Dancing Hair Oil

Tersusun dari 100% bahan alami untuk menghidrasi rambut

The Bath Box Dancing Hair Oil adalah vitamin rambut kering dalam bentuk minyak yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami. Produk ini diciptakan secara khusus untuk menghidrasi rambut agar rambut kembali sehat, lembut, dan berkilau.

Walaupun dijual dengan harga mencapai ratusan ribu, produk ini layak dibeli karena punya kualitas bagus. Penggunaan berkala bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut baru, ini pastinya berguna buat Anda yang juga mengalami masalah rambut rontok.

Ukuran 100ml
Kisaran harga Rp150.000

3. Ellips Hair Vitamin Smooth & Silky

Ellips Hair Vitamin Smooth Silky

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Dengan Pro Keratin Complex untuk atasi rambut kering dan sulit diatur

Nama Ellips mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Brand vitamin rambut satu ini memang sudah lama beredar di Indonesia. Salah satu pilihan vitamin rambut kering terbaik dari Ellips adalah seri Smooth & Silky.

Dengan harga tak sampai 50 ribu, Anda sudah bisa merasakan kemampuan dari produk ini. Pada seri ini, Ellips menggunakan bahan tambahan seperti Pro Keratin Complex dan ekstrak lidah buaya.

Isi 6 kapsul
Kisaran harga Rp25.000

Lazada
Bukalapak

4. Makarizo Honey Dew Nutriv Serum

Makarizo Honey Dew Nutriv Serum

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Vitamin dalam bentuk serum yang ampuh perbaiki rambut kering

Kegiatan seperti menggunakan alat styling rambut tanpa diiringi perawatan yang tepat bisa menyebabkan rambut kering. Untuk mencegah rambut tidak bertambah kering, Anda perlu memakai Makarizo Honey Dew Nutriv Serum.

Makarizo memastikan produk ini efektif untuk rambut kering karena terdapatnya silikon yang akan membuat rambut halus, berkilau, dan gampang diatur. Vitamin rambut kering ini juga bekerja baik dalam mengatasi rambut rusak dan pecah-pecah.

Isi 25 vial @5ml
Kisaran harga Rp185.000

Lazada
Bukalapak

5. Dove Hair Serum Nourishing Oil Care

Dove Hair Serum Nourishing Oil Care

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Terbukti efektif memberikan rambut lembut, kuat, dan mudah diatur

Merek vitamin rambut kering dan mengembang ini sudah dibuktikan melalui survey pemakaian terhadap 1.374 perempuan Indonesia di mana rambut mereka menjadi lebih lembut, kuat, dan mudah diatur.

Dalam merancang produknya, Dove menggunakan teknologi Nutri-Oil untuk mengombinasikan bahan alami berupa ekstrak minyak almond, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari untuk rambut 2 kali lebih lembut, berkilau, dan gampang diatur.

Ukuran 40ml
Kisaran harga Rp205.000

Lazada
Bukalapak

6. Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Aman karena tidak disertai unsur paraben

Dibuat dengan komponen utama bunga kamelia yang tahan air, vitamin rambut kering ini akan menjaga kelembapan untuk rambut lebih lembut. Bahkan, Matrix mengklaim produk ini bisa mengunci hidrasi rambut pada tingkat kelembapan udara 97%.

Tak hanya itu, rambut juga menjadi lebih kuat terhadap pelat panas alat-alat penata rambut, cuaca lembap, dan ruangan dingin. Apabila Anda mencari merk vitamin untuk rambut kering yang diwarnai, maka produk ini juga bisa digunakan karena formulanya yang bebas paraben.

Ukuran 100ml
Kisaran harga Rp80.000

Lazada
Bukalapak

7. L’oreal Elvive Extraordinary Oil

L’oreal Elvive Extraordinary Oil

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Ubah rambut kering menjadi super lembut dengan atau tanpa alat styling

L’oreal Elvive Extra Ordinary Oil terbuat dari tumbuhan-tumbuhan alami seperti bunga lotus, chamomile, tiare, mawar, dan flax. Dengan ekstrak bunga langka sebagai komponen utamanya, produk ini akan membuat rambut yang normal, kering, dan rusak berada dalam kondisi terbaiknya.

Anda bisa menerapkan vitamin rambut kering ini sebelum menggunakan hair dryer atau alat catok. Sedangkan untuk Anda yang tidak suka atau sedang malas melakukan stying rambut, L’oreal Elvive Extraordinary Oil bisa dipakai setelah keramas.

Ukuran 100ml
Kisaran harga Rp104.000

Lazada
Bukalapak

8. Makarizo Advisor Hair Recovery Hair Vitamin

Makarizo Advisor Hair Recovery Hair Vitamin

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Menyediakan banyak vitamin yang menutrisi rambut secara optimal

Makarizo Advisor Hair Recovery Hair Vitamin adalah vitamin rambut kering dalam bentuk kapsul yang 100% terbuat dari bahan nabati murni. Pada sebutir kapsulnya, terdapat zat nutrisi seperti vitamin A, C, E, B5, dan silk protein.

Gabungan vitamin dalam produk ini akan merawat, memperkuat, serta merevitalisasi rambut yang kering dan rusak. Tak hanya itu, Makarizo juga menambahkan minyak kemiri dan UV Protector yang akan melindungi rambut hitam alami Anda dari efek buruk sinar matahari.

Isi 50 kapsul lunak
Kisaran harga Rp55.000

Lazada
Bukalapak

9. Good Creambath Aloevera

Good Creambath Aloevera

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Bisa dipakai sebagai kondisioner juga!

Good Creambath Aloevera adalah emulsi yang memadukan 3 unsur dalam 1 sistem pemeliharaan kulit kepala dan rambut. Selain lidah buaya, vitamin rambut kering ini juga diperkaya oleh mineral, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Kondisioner alami dalam produk ini juga dimaksimalkan dengan bantuan Pro Vitamin B5 yang ikut tersimpan dalam produk ini. Dengan perawatan teratur, vitamin untuk rambut kering ini juga akan mendukung promosi rambut agar lebih subur dan lebat.

Ukuran 250ml
Kisaran harga Rp21.000

Lazada
Bukalapak

10. Syoss Beauty Elixir Absolute Oil Treatment

Syoss Beauty Elixir Absolute Oil Treatment

Hasilkan rambut yang halus dan wangi tahan lama

Rambut rusak, kusam, dan kering bagaikan satu paket masalah yang sulit terpisahkan. Bila Anda mengalami kondisi ini, segera atasi dengan dengan Syoss Beauty Elixir Absolute Oil Treatment.

Vitamin rambut kering ini bisa digunakan setelah keramas dan sebelum menggunakan hair dryer. Walaupun minyak yang keluar terkesan sedikit, tapi performanya sangat maksimal, meskipun hanya dipakai 3 tetes untuk rambut dengan ketebalan medium.

Ukuran 100ml
Kisaran harga Rp160.000

Jangan Oles Vitamin Rambut pada Kulit Kepala

Jangan oles vitamin rambut pada kulit kepala

Pengaplikasian vitamin untuk rambut kering tidak bisa sembarangan. Pengaplikasian yang tepat untuk vitamin rambut adalah pada batang rambut, bukan pada rambut.

Vitamin rambut yang digunakan pada kulit kepala akan menimbulkan beberapa masalah seperti kulit teriritasi apabila sensitif, rambut berminyak, dan masalah lain.

Gunakanlah vitamin rambut secukupnya pada ujung rambut dan bagian tengah rambut. Saat pemakaian, Anda juga perlu melakukan pemijatan secara lembut dan perlahan untuk membantu proses penyerapan vitamin.

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Penggunaan produk vitamin rambut menyesuaikan dengan anjuran yang terdapat pada kemasan produk. Secara umum, Anda dapat menggunakan vitamin rambut setiap habis keramas.

Beberapa langkah rangkaian treatment rambut harian yang dapat Anda lakukan, termasuk penggunaan vitamin, yaitu:

  1. Sampo: Gunakan sampo untuk membersihkan rambut Anda.
  2. Kondisioner: Bilas sampo hingga bersih dan aplikasikan kondisioner dari pertengahan rambut hingga ke ujung rambut. Hindari mengaplikasikannya pada kulit kepala. Bilas hingga bersih dan tidak ada kondisioner yang tersisa.
  3. Hair tonic: Gunakan hair tonic pada kulit kepala dan akar rambut. Pijat rambut dengan lembut agar produk meresap dengan baik.
  4. Hair serum/vitamin: Hair serum atau hair vitamin dapat Anda gunakan untuk menutrisi dan menjaga kelembapan rambut.
  5. Hair mask: Gunakan hair mask seminggu sekali dan ikuti cara pemakaian yang ada pada kemasan produk

Yuk, cek rekomendasi vitamin rambut dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Setiap vitamin yang dirancang untuk mengatasi rambut kering memiliki komposisi beragam. Karena itu, sepatutnya Anda hanya memilih vitamin rambut kering yang paling sesuai kebutuhan rambut Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapkanlah perawatan secara rutin mengikuti panduan pakai pada masing-masing produk vitamin rambut kering. Kami harap rambut kering Anda segera teratasi!

Table of Contents