Inilah 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik (Terbaru 2022)

Inilah artikel tentang 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik (Terbaru 2022) . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik (Terbaru 2022) baca disini.

Sepatu pantofel adalah model sepatu tanpa tali yang bagian atasnya tertutup dan mudah dipakai maupun dilepas. Namun, ada juga produsen yang menambahkan ornamen tali untuk mempertegas kesan formal atau menambahkan garis horizontal pada ujung sepatu sebagai aksen yang terlihat semakin ideal.

Berbagai produsen berlomba menciptakan sepatu pantofel terbaik, misalnya D-Island, Dr. Kevin, dan Rockport. Jika Anda ingin membeli sepatu pantofel, pastikan Anda tidak melewatkan sepuluh rekomendasinya yang sudah PickyBest rangkum di artikel ini. Simak, yuk!

Cara Memilih Sepatu Pantofel

Sebelum membeli sepatu pantofel, terlebih dahulu simak panduan memilih sepatu pantofel terbaik di bawah ini agar Anda mendapatkan sepatu yang tepat.

Pilih Jenis Sepatu Berdasarkan Tingkat Formalitasnya

Saat menghadiri pesta pernikahan, wawancara kerja, rapat penting, atau acara formal lainnya, Anda butuh mengenakan sepatu pantofel terbaik agar terlihat formal dan profesional, tetapi tetap bergaya.

Secara umum, sepatu pantofel terbagi menjadi 5 kategori berdasarkan tingkat formalitasnya, yakni:

Oxford: Pilihan yang Paling Formal dengan Closed Lacing

Sepatu oxford merupakan gaya yang paling formal di antara sepatu pantofel lain. Sepatu ini memiliki ciri khas konstruksi bagian atas sepatu dekat lubang tali berbentuk “V” dan closed lacing, serta ujung sepatu yang runcing dan desain yang ramping.

Sepatu oxford cocok untuk dikenakan bersama setelan jas atau tuxedo saat Anda menghadiri pesta mewah atau acara pertemuan penting.

Derby: Versi Lebih Tidak Formal dari Oxford dengan Open Lacing

blank

Sedikit kurang formal daripada oxford, sepatu derby hadir dengan konstruksi bagian atas di sekitar tali membentuk dua garis paralel yang terlihat sedikit terbuka.

Didesain dengan ujung sepatu yang agak membulat, sepatu derby cocok untuk dipakai dengan setelan jas dan dasi untuk aktivitas formal sehari-hari atau dipadukan dengan jas dan jeans untuk acara kencan di akhir pekan.

Loafer (Slip-on): Berkesan Kasual, Serbaguna untuk Segala Situasi

blank

Sepatu loafer mungkin berkesan kasual, tetapi masih bisa memberikan tampilan cukup formal dengan bentuk yang ramping. Hal ini membuat sepatu loafer menjadi serbaguna karena dapat dipakai di acara formal maupun kasual.

Selain itu, sepatu loafer juga nyaman untuk dipakai ke kantor sehari-hari atau saat bepergian. Anda dapat memakainya bersama kemeja atau jas yang dipadukan dengan jeans.

Dress Boot: Tampil Maskulin di Situasi Formal maupun Kasual

blank

Dress boot merupakan sepatu dengan konstruksi bagian belakang lebih tinggi dari mata kaki. Sepatu bot memberikan tampilan yang maskulin dan cocok situasi formal maupun kasual.

Sepatu dress boot terbagi menjadi 2 jenis, yakni chukka dan Chelsea boots.

  • Chukka: Terbuat dari kulit atau suede, memiliki tali terbuka dengan dua atau tiga pasang lubang tali, dengan sol terbuat dari kulit atau karet.
  • Chelsea boots: Konstruksi sepatu ramping dengan panel elastis di bagian samping, tampilan lebih fleksibel daripada chukka.

Monk Strap: Pilihan Semiformal Tanpa Tali

blank

Bagi Anda yang kurang menyukai tali sepatu, sepatu monk strap bisa dijadikan opsi alternatif. Sepatu ini menggunakan strap atau gesper, baik tunggal atau ganda, di bagian atasnya. Konon, sepatu model seperti ini dipakai oleh para biarawan Eropa selama abad ke-15, yang menjadi asal muasal nama sepatu ini.

Sepatu monk strap tampil lebih formal daripada loafer, tetapi bisa juga dipakai untuk suasana semiformal.

Periksa Bahannya, Kulit Asli Lebih Baik

blank

Biasanya, kulit yang digunakan adalah kulit sapi. Variasi kulit lain yang juga banyak digunakan adalah kuda, domba, kambing, dan sebagainya. Bahan sepatu pantofel terbaik yang terbuat dari kulit memiliki keunggulan berikut:

  • Tekstur lembut
  • Kilap alami
  • Karakteristik unik
  • Cocok dipadupadankan dengan gaya busana apapun
  • Awet dipakai

Namun, di balik keunggulannya, jangan sampai sepatu kulit asli Anda terkena air. Sebab, air akan mudah terserap kulit dan membuat sepatu cepat rusak.

Selain kulit asli, pilihan bahan sepatu pantofel lain adalah kulit sintetis. Keunggulan kulit sintetis adalah:

  • Harganya lebih murah
  • Lebih tahan air
  • Tidak mudah kotor

Namun, kualitas kulit sintetis lebih rendah daripada kulit asli, masa pakai yang relatif lebih singkat, dan secara bertahap akan rusak meski jarang digunakan.

Pertimbangan dalam Memilih Warna Sepatu

blank

Sepatu pantofel terbaik untuk pria didominasi dengan warna hitam, cokelat, atau nuansa gelap lainnya. Agar lebih serasi dengan pakaian yang Anda kenakan, ada baiknya Anda memilih warna sepatu, dengan pertimbangan hal-hal berikut ini:

  • Hitam: warna yang paling aman dan paling formal, cocok dipadukan dengan celana panjang hitam, abu-abu, dan navy blue.
  • Cokelat: warna yang universal dan terlihat natural, cocok dipadukan dengan celana cokelat, krem, dan sawo matang.
  • Kecokelatan: cocok untuk pakaian bernuansa lebih terang, seperti celana putih atau cokelat kusam.
  • Abu-abu: warna yang netral dan dapat dipadukan dengan hampir semua warna pakaian kecuali cokelat kusam.
  • Warna bata: warna untuk Anda yang ingin tampil lebih beda dari biasanya, cocok dipakai dengan celana abu-abu, cokelat muda, dan biru.

Jika Ingin Tampil Lebih Gaya, Pilih Sepatu dengan Broguing

blank

Anda pernah mendengar istilah brogue dalam dunia sepatu? Brogue adalah elemen dekoratif pada sepatu pantofel, juga dikenal sebagai broguing. Menurut kamus Merriam-Webster, broguing adalah ornamen sepatu dengan lubang-lubang besar dan bintik-bintik.

Broguing pada sepatu pantofel hadir dengan beberapa jenis seperti full brogues atau wingtips; satu warna atau dua warna, blind brogue, half brogue, dan masih banyak lagi.

Bila Anda bosan dengan sepatu polos dan ingin tampil lebih gaya, sepatu pantofel dengan broguing bisa menjadi pilihan yang cukup berani.

Bentuk Ujung Sepatu (Shoe Toe) juga Perlu Diperhatikan

blank

Sepatu pantofel terbaik memiliki ujung sepatu yang bervariasi, mulai dari yang bulat, runcing, hingga kotak.

  • Bulat: Pilihan universal dan paling aman untuk pakaian formal.
  • Lancip: Elegan, tapi tidak cocok untuk dipakai berjalan jauh.
  • Persegi: Memberi kesan estetis.

Pilihlah sepatu dengan ujungnya agak menyerupai siluet kaki Anda atau bentuk yang seimbang antara persegi dan lancip agar terlihat lebih elegan. Hindari bentuk ujung sepatu yang terlalu ekstrem atau terlalu simetris, karena bisa jadi tidak sesuai dengan pakaian formal yang Anda kenakan.

Supaya Terlihat Natural, Pastikan Haknya Tidak Terlalu Tinggi

blank

Sepatu pantofel terbaik memiliki ketinggian tumit yang beragam. Untuk tampilan formal yang tepat dan seimbang, hindari menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi karena akan merusak penampilan Anda.

Ukuran hak yang direkomendasikan adalah 1,2 inci atau sedikit lebih rendah. Namun, sepatu yang terlalu datar juga harus dihindari bila Anda menggunakan pakaian formal, karena akan kurang terlihat profesional.

Agar Nyaman, Pastikan Ukurannya Pas

blank

Sepatu pantofel terbaik yang Anda pilih haruslah yang nyaman digunakan selama beraktivitas seharian. Tentunya Anda harus memilih ukuran yang pas dengan kaki Anda, dengan cara mencobanya secara langsung di toko.

  • Cobalah sepatu di sore atau malam hari. Pada waktu itu, kaki Anda sudah agak membengkak karena telah beraktivitas sebelumnya.
  • Kenakan sepatu dan cobalah berjalan cukup lama untuk merasakan nyaman atau tidaknya sepatu itu saat digunakan.
  • Kenakan jenis kaus kaki yang akan paling sering Anda pakai dengan sepatu tersebut. Hindari kaus kaki yang terlalu tebal atau tipis, karena nantinya sepatu akan terasa sempit atau longgar.
  • Pastikan tersisa sedikit ruang di sepatu agar kaki Anda lebih nyaman.
  • Pilih sepasang sepatu yang langsung terasa pas di kaki saat Anda mencobanya pertama kali. Hindari sepatu yang terlalu ketat atau longgar.

Bila Anda membeli sepatu formal secara online, pilihlah sepatu dengan nomor sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.

10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi sepatu pantofel terbaik versi kami. Baca deskripsi setiap produk dengan saksama, ya!

1. Madrid Black FORIND x Zapato

Madrid Black FORIND x Zapato

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Sepatu pantofel model Derby yang stylish dan nyaman digunakan

Upper dari kulit kuda asli membuat sepatu ini tampak stylish dan kasual. Karena tampilannya yang simple, sepatu pantofel ini bukan cuma cocok dipakai ke kantor, tetapi Anda yang mahasiswa dan ingin memakai pantofel ke kampus atau untuk hang out dengan kerabat juga bisa.

Meski terbuat dari 100% crazy horse leather, insole sepatu pantofel terbaik ini menerapkan kulit sintetis dan outsole-nya dari solid rubber sehingga tidak licin saat melewati permukaan yang basah.

Lazada
Tokopedia

2. Heiden Shoes Clement Derby Black

Heiden Shoes Clement Derby Black

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Sepatu pantofel buatan Indonesia dengan kualitas premium!

Heiden Shoes Clement Derby Black mempunyai jahital sol yang tight dan dijamin kukuh, tidak mudah jebol. Detail tali pada upper sepatu pantofel terbaik ini menghilangkan kesan mainstream. Tenang saja, sentuhan warna doff pada kulit sepatu ini tidak mencolok, cocok untuk Anda yang tidak ingin menjadi center of attention.

Lazada
Tokopedia

3. Rockport Charles Road Plain Toe Oxford

Rockport Charles Road Plain Toe Oxford

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Tersusun dari kulit asli yang ringan dan nyaman

Selain berkesan formal, Rockport Charles Road Plain Toe Oxfor juga ringan sehingga nyaman dikenakan sepanjang hari di segala musim. Pada bagian dalamnya, tekstur kulit dilapisi bahan rajutan halus yang terasa nyaman saat menyentuh kulit kaki.

Bantalan busa dan peredam benturan EVA dari outsole sepatu ini dapat mengurangi kaki dan tungkai mengalami kelelahan. Kesan klasik sekaligus penuh gaya yang dipancarkannya membuat sepatu pantofel terbaik ini ideal Anda pakai untuk menghadiri rapat, dinas di luar kantor, hingga menjamu makan siang rekan bisnis Anda.

Lazada
Tokopedia

4. Wetan Nusantara 4/NS-4

Wetan Nusantara 4 NS 4

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Hadiri seremonial hingga pesta pernikahan dengan gaya formal

Selain murah, sepatu pantofel terbaik karya asli anak bangsa ini diproduksi dengan menyesuaikan anatomi kaki manusia sehingga tidak berlawanan dengan prinsip-prinsip orthopedic.

Upper-nya yang berupa kulit sapi premium dilengkapi insole kulit dan EVA jersey sangat empuk dan lembut di kaki. Satu lagi, material lining berupa suede dari sepatu ini mampu menyerap keringat. Anti lembap!

Lazada
Tokopedia

5. Boston Vardy Sepatu Pantofel Kulit Pria

Boston Vardy Sepatu Pantofel Kulit Pria

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Aksen tali round waxed shoelaces berlapiskan lilin yang membuatnya tampak mengilap

Dengan harga yang ramah di kantong, sepatu pantofel terbaik berbahan kulit sapi asli (full upper) ini bisa Anda kenakan untuk datang ke kantor atau acara resmi. Aksen tali yang tercatut dilengkapi ornamen berupa lubang-lubang hiasan sebagai ventilasi udara pada kedua sisi.

Dengan kata lain, sepatu yang memadukan desain dari Adidas, Stan Mith, dan Converse ini tidak akan membuat ruang di dalamnya gerah dan lembap. Satu lagi, outsole berbahan karet tebal pada sepatu ini bukan cuma antiselip, tetapi juga tahan lama.

Lazada
Tokopedia

6. D-Island Shoes Formal Muller Luxury Leather – Hitam

D Island Shoes Formal Muller Luxury Leather Hitam

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Kesan formal dan kasual yang berpadu sempurna

D-Island Shoes Formal Muller Luxury Leather tampak fashionable dan kasual sehingga sama sekali tidak mencolok meskipun material polyurethane leather-nya cukup mengilap setelah disemir.

Sol karet pada outsole sepatu pantofel terbaik ini antiselip. Untuk mendatangi acara resmi seperti rapat hingga makan siang yang semi-formal, sepatu dengan model plain toe ini akan menjadi teman setia!

Lazada
Tokopedia

7. Dr. Kevin Formal Shoes 13284 – Black

Dr Kevin Formal Shoes 13284 Black

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Dilengkapi sol yang antiselip, ringan, dan nyaman dipakai

Dr.Kevin merancang hak sepatu ini dengan tinggi 3 cm sehingga tetap nyaman tanpa membuat Anda kehilangan kestabilan. Kulit asli yang meng-cover bagian atas sepatu ini begitu elegan ketika dipadankan dengan jas dan celana serba hitam.

Menariknya lagi, sol luarnya berbahan TPR (thermoplastic rubber) membuat Anda tidak perlu takut terpeleset karena sepatu pantofel terbaik ini tidak licin!

Lazada
Tokopedia

8. Gino Mariani Galvio Casual Slip On Men’s Shoes

Gino Mariani Galvio Casual Slip On Mens Shoes

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Pantofel model slip on shoes yang praktis dan nyaman dipakai

Galvio Casual Slip On Men’s Shoes ini memastikan keamanan pengguna berkat rubber outsole yang tidak licin. Di samping nyaman dan praktis dikenakan karena tanpa tali, material kulit sapi pilihan yang digunakan mendapatkan sentuhan khas Gino Mariani, membuat sepatu pantofel terbaik ini tampak chic dan unique.

Lazada
Tokopedia

9. Dr. Martens 3 Eye Shoe Sepatu Pria – Cherry Red Smooth

Dr Martens 3 Eye Shoe Sepatu Pria Cherry Red Smooth

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Hadir juga dengan varian warna hitam doff

Dr. Martens melengkapi sepatu pantofel terbaik ini dengan 3 eye shoe, yaitu 3 lubang tali sepatu sehingga tetap berkesan elegan dan praktis digunakan. Di samping itu, membersihkan sepatu ini juga mudah. Cukup diseka pakai lap berbahan lembut, kotoran dan debu yang menempel di permukaan sepatu langsung hilang.

Lazada
Tokopedia

10. Van Decka J-TK016

Van Decka J TK016

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Ideal untuk Anda yang berjiwa muda dan aktif

Material yang digunakan sepatu pantofel terbaik ini tidak lain adalah synthetic leather yang cukup tangguh sehingga keawetannya terjamin. Agar kaki pengguna tidak sakit, Van Decka memasangkan lapisan busa atau spons khusus yang empuk pada insole-nya.

Lazada
Tokopedia

Yuk, cek rekomendasi sepatu pria dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Pada akhirnya, sepatu pantofel dengan model yang sedemikian rupa tetap menyesuaikan preferensi masing-masing dari Anda. Jika boleh memberi saran, sebaiknya Anda pilih sepatu yang bukan hanya kelihatan menarik dan berpenampilan modis, tetapi juga mudah digunakan.

Apabila Anda memilih sepatu pantofel terbaik dengan tali, pastikan kesan formal tetap terlihat dari sepatu yang Anda kenakan. Jika Anda ingin memakai sepatu untuk kegiatan outdoor, Anda bisa memilih sepatu pantofel berjenis u-tip. Semoga sepatu pantofel baru Anda awet, ya!

Table of Contents