Inilah 10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik (Terbaru 2022)

Inilah artikel tentang 10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik (Terbaru 2022) . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang 10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik (Terbaru 2022) baca disini.

Jam tangan berfungsi sebagai penunjuk waktu sekaligus aksesori yang mampu menunjang penampilan. Tak hanya wanita, pria juga membutuhkan jam tangan yang berkualitas dan modis sebagai fashion statement. Tak jarang, jam tangan pria dijadikan pilihan hadiah yang berkelas untuk pasangan, rekan, atau atasan.

Bagi Anda yang tengah mencari jam tangan pria, kali ini PickyBest akan memberikan rekomendasi sepuluh merek jam tangan pria terbaik. Kami telah memilihkan merek-merek seperti Casio, Fossil, Alexandre Christie, dan sebagainya. Anda dapat memilih jam tangan yang paling sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.

Cara Memilih Jam Tangan Pria

Ingin segera menemukan jam tangan pria terbaik yang cocok untuk Anda? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan jam tangan idaman.

Pilih Jenis Movement yang Cocok dengan Kebutuhan

Sebelum memilih jam tangan, terlebih dahulu pahami cara kerja jam tangan pria terbaik melalui movement atau komponen penggeraknya. Movement terdiri dari dua jenis, yakni quartz dan mechanical.

Quartz: Pilihan Terjangkau Bertenaga Baterai

Diperkenalkan oleh pabrikan Jepang Seiko pada tahun 1969, jam tangan quartz ditenagai oleh baterai. Sinyal listrik dikirim oleh baterai ke kristal quartz, sehingga menimbulkan getaran yang diubah menjadi pulsa listrik tunggal, yakni satu pulse per detik.

Jam tangan quartz dinilai lebih praktis dan mampu menunjukkan waktu yang jauh lebih akurat daripada jam tangan mechanical. Karena kepraktisannya, harga jam quartz relatif lebih murah. Namun, daya baterai bisa habis setelah penggunaan beberapa tahun sehingga Anda perlu menggantinya secara berkala.

Mechanical: Awet, Mewah, dan Tanpa Baterai

blank

Jam tangan mechanical terdiri dari serangkaian roda, roda gigi, pegas, dan beberapa komponen kecil lainnya, menghasilkan pergerakan jarum jam, menit, dan detik yang berputar tanpa menggunakan baterai.

Ada dua varian jam tangan mechanical, yakni:

  • Otomatis (self-winding): ditenagai oleh osilator atau rotor yang berputar secara otomatis yang memutar pegas utama untuk memberi daya pada jam tangan.
  • Manual (hand-winding): terdapat kenop yang harus diputar untuk mengencangkan pegas utama, sehingga jam tangan akan bekerja selama sekitar 40 jam sebelum putaran berikutnya.

Kedua varian jam tangan mechanical terlihat rumit, detail, estetis, mewah, serta awet. Namun, jam tangan mechanical dinilai kurang praktis, juga rentan terhadap benturan atau guncangan keras yang akan memengaruhi pergerakannya.

Pastikan Ukurannya Pas dengan Pergelangan Tangan

blank

Memilih jam tangan pria terbaik tentu harus yang pas dengan pergelangan tangan Anda. Hindari jam tangan yang terlalu sempit atau longgar, karena akan membuat tangan Anda tidak nyaman.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah tiga dimensi ukuran jam tangan, yakni:

  • Diameter case: Ukurlah pergelangan tangan Anda dengan meteran. Bila pergelangan tangan Anda berukuran 14cm – 18cm, pilih jam tangan kecil atau sedang dengan diameter 38mm – 42mm. Jika pergelangan tangan Anda 18cm atau lebih, pilih casing yang lebih besar, seperti 44 – 46mm.
  • Ketebalan case: Ketebalan case harus proposional dengan diameter case. Semakin besar ukuran diameter case, ketebalan case jam tangan pun semakin besar.
  • Lebar band atau strap: Umumnya, jam tangan yang proporsional memiliki lebar setengah dari diameter case. Misalnya, bila diameter case 42mm, maka lebar strap harus 21mm. Namun hal itu bukan ukuran yang standar, melainkan tergantung selera pemakainya.

Perhatikan Material Case-nya

blank

Jam tangan pria terbaik terbuat dari berbagai macam bahan material yang berpengaruh pada ketahanan, perawatan, dan estetika. Berikut ini adalah beberapa contoh material case jam tangan pria pada umumnya.

  • Stainless steel: Merupakan material yang tidak mudah tergores, tahan lama, dan tahan korosi. Namun, material ini tidak sepenuhnya antigores, terasa lebih berat di pergelangan tangan, dan bisa menyebabkan alergi.
  • Titanium: Materialnya cukup ringan, tahan lama, tahan korosi, tampilan halus dengan warna sedikit gelap, dan relatif tidak menimbulkan alergi. Namun, material ini mudah tergores, mudah retak, serta harganya cukup mahal.
  • Emas: Memiliki nilai jual yang sangat baik, mudah dipoles dan dipulihkan, tampak mewah dan tak lekang oleh waktu. Namun, material ini mudah tergores, rentan penyok, berat, dan harganya mahal.
  • Karet/resin: Ringan, tahan lama, harga ekonomis, memiliki banyak variasi warna dan gaya. Namun, material ini cenderung menyebabkan pergelangan tangan mudah berkeringat dan tidak cocok untuk pakaian formal.
  • Keramik: Berkesan mewah dengan hasil akhir glossy, warna tidak mudah pudar, antigores, dan hypoallergenic. Namun, material ini rentan pecah, harganya mahal, dan rumit untuk diperbaiki.
  • Serat karbon: Sangat ringan dan nyaman dipakai, tahan guncangan, hangat, dan hypoallergenic. Namun, material ini tidak mungkin dapat diperbaiki bila terjadi kerusakan.

Perhatikan Pula Material Kacanya

blank

Setiap jam tangan pria terbaik memiliki penutup transparan sejenis kaca yang menaungi komponen bagian atas dan melindunginya dari benturan. Secara umum, ada tiga jenis kaca yang digunakan, yakni:

  • Akrilik: Bahan dari plastik dengan harga yang terjangkau, ringan, dan fleksibel. Kelebihan akrilik adalah bila bahan ini tergores, goresan kecil mudah dihilangkan, dan permukaannya tidak memantulkan banyak cahaya. Namun, bahan ini mudah tergores dan tidak tahan lama.
  • Mineral: Bahan dari kaca dengan harga di atas akrilik tetapi tidak semahal safir. Mineral tidak mudah tergores, tampilannya indah hampir serupa dengan safir. Namun, bahan ini tidak tahan benturan dan jika tergores, goresannya akan sulit dihilangkan.
  • Safir: Bahan dari kristal dengan harga premium, tampilannya indah dan mewah, antigores, antibenturan, serta tahan lama. Namun, bahan ini sangat mahal, memiliki risiko pecah, berpotensi glare, dan jika tergores, goresannya akan permanen.

Soal Material Strap, Begini Pertimbangannya

blank

Strap atau tali jam tangan juga berpengaruh pada tampilan dan kenyamanan pemakainya. Strap jam tangan pria terbaik hadir dengan beberapa variasi material pembuatannya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Logam: Berbentuk gelang yang dapat dibuka menjadi 3 bagian untuk memperpanjang tali jam. Cocok untuk dipakai di acara formal dan berkelas.
  • Kulit: Diproses dari kulit binatang serta dihadirkan dalam banyak variasi desain dan gaya. Mudah digunakan, cocok untuk pemakaian sehari-hari.
  • NATO: Terbuat dari bahan nilon tebal, tidak mudah robek, dan breathable. Cocok untuk dipakai di acara kasual atau saat bertualang di alam bebas.
  • Karet: Dipakai pada jam tangan digital atau smartwatch, tahan air, dan tahan keringat. Cocok untuk Anda yang aktif berolahraga atau bertualang.

Perlu diketahui, strap jam tangan bisa diganti atau dikustomisasi. Jadi, bila Anda menyukai model case sebuah jam tangan tapi tidak cocok dengan strap-nya, Anda bisa tetap membeli jam tangan tersebut dan mengganti talinya sesuai selera.

Supaya Lebih Aman, Periksa Rating Water Resistant-nya

blank

Rating water resistant pada jam tangan menunjukkan seberapa besar tekanan yang dapat ditahan oleh jam tangan sebelum air merembes masuk.

Umumnya rating water resistant ditandai dengan satuan ATM (atmosfer). Satu atmosfer (1 ATM) setara dengan tekanan udara di permukaan laut. Rating 10 ATM dapat menahan tekanan udara hingga 10 atmoster atau 100 meter di bawah air.

Perlu dipahami bahwa ukuran ATM tidak terbatas pada angkanya saja. Misalnya, rating 3 ATM normalnya dapat bertahan hingga kedalaman 30 meter. Semestinya, jam tangan tersebut aman dipakai berenang. Kenyataannya, rating 3 ATM hanya tahan cipratan air atau kehujanan saja, tidak aman untuk berenang.

Bila Anda sering beraktivitas di air, seperti berenang, snorkeling, atau menyelam, Anda membutuhkan jam tangan dengan rating water resistant minimal 10 ATM hingga 100 ATM.

Untuk pemakaian sehari-hari, jam tangan dengan rating di bawah 10 ATM sudah cukup memadai. Jadi, gunakan jam tangan dengan rating water resistant yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik

Berikut ini adalah sepuluh merek jam tangan pria terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Selamat memilih!

1. Alexandre Christie AC 6141 MC

blank

Sumber: Alexandrechristie.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Kesan dewasa dan maskulin untuk Anda yang suka olahraga

Alexandre Christie AC 6141 MC tampil dengan desain yang dewasa dan maskulin, berbahan stainless steel di bagian strap dan case berukuran 0,4 cm.

Merupakan jam tangan jenis chronograph, jam tangan ini dapat mengukur hingga 1/20 detik, cocok untuk Anda yang suka olahraga. Jam tangan pria terbaik ini juga tahan air serta memiliki fitur split time measurement.

Material strap Stainless steel
Material case Stainless steel
Material glass Mineral crystal
Diameter case 44 mm
Kisaran harga Rp1.387.000

Lazada
Blibli

2. Casio AE-1000W-1AV

blank

Sumber: Casio.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Tampil sporty dengan fitur-fitur canggih dan harga terjangkau

Casio terkenal sebagai merek jam tangan berkualitas dengan tampilan yang sporty dan baterai yang tahan lama. AE-1000W-1AV ini memiliki desain seperti kokpit pesawat dan mudah dilihat dalam gelap, lengkap dengan peta dunia dan waktu kota dunia.

Memiliki ketahanan air hingga 100 meter, jam ini cocok untuk Anda yang aktif dan sering traveling ke berbagai negara. Dibekali dengan fitur-fitur canggih tersebut, jam tangan pria terbaik ini dibanderol dengan harga terjangkau.

Material strap Resin
Material case Resin
Material glass Resin
Diameter case 43,7 mm
Kisaran harga Rp251.000

Lazada
Blibli

3. Fossil FS5061

blank

Sumber: Fossil.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Simpel dan elegan untuk Anda yang youthful dan dinamis

Dengan strap berbahan kulit berukuran 22 mm, Fossil FS5061 terlihat lebih simpel dan elegan. Merupakan jam tangan jenis chronograph, jam tangan ini tampil dengan desain dan warna yang menarik.

Jam tangan pria terbaik ini membuat Anda tak hanya terlihat maskulin, tapi juga terkesan lebih muda dan dinamis.

Material strap Genuine leather
Material case Stainless steel
Material glass Tidak disebutkan
Diameter case 44 mm
Kisaran harga Rp1.527.000

Lazada
Blibli

4. Seiko Prospex SPB103J1

blank

Sumber: Seikowatches.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Memiliki clasp gesper tiga kali lipat dengan kunci pengaman untuk sehari-hari

Seiko merupakan merek jam tangan legendaris dari Jepang dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Prospex SPB103J1 merupakan salah satu produknya yang populer.

Hadir dengan bahan stainless steel tahan karat dan kristal safir, juga dilengkapi dengan fitur tampilan tanggal dan warna yang segar. Memiliki clasp gesper tiga kali lipat dengan kunci aman, jam tangan pria terbaik ini cocok digunakan untuk sehari-hari.

Material strap Stainless steel
Material case Stainless steel
Material glass Sapphire crystal
Diameter case 45 mm
Kisaran harga Rp9.891.000

Lazada
Blibli

5. Orient FAA0200

blank

Sumber: Orientwatchindonesia.com

Cek Harga di Tokopedia

Ramping dan modis untuk segala aktivitas indoor dan outdoor

Memiliki desain casing yang ramping dan modis, Orient FAA0200 cocok dipakai untuk segala kegiatan, mulai dari rapat bisnis hingga aktivitas outdoor. Dengan kemampuan tahan air hingga 200 meter, jam tangan pria terbaik ini dapat digunakan saat Anda berenang atau snorkeling.

Hal itu berkat kenop sekrup yang berfungsi memaksimalkan ketahanan air, material tali yang terbuat dari logam, casing stainless steel, dan kaca kristal.

Material strap Metal
Material case Stainless steel
Material glass Mineral crystal
Diameter case 41 mm
Kisaran harga Rp2.762.000

Tokopedia

6. Ballast BL-3141-01

blank

Sumber: Ballast1903.com

Cek Harga di Tokopedia

Unik dan tahan air dengan bahan stainless steel dan tali silikon

Ballast BL-3141-01 menawarkan jam tangan pria terbaik dengan tampilan yang unik, berbeda dari yang lain. Berdiameter 4,7 cm dan ketebalan 14,5 mm, jam tangan ini terbuat dari material stainless steel dengan strap buckle yang terbuat dari silikon berukuran 3 cm. Arloji ini tahan air hingga 100 meter.

Material strap Silicon
Material case Stainless steel
Material glass Mineral crystal
Diameter case 47 mm
Kisaran harga Rp2.340.000

Tokopedia

7. Alexandre Christie AC 8613 MD

blank

Sumber: Alexandrechristie.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Simpel, minimalis, dan elegan dengan kombinasi warna yang bold

Anda lebih suka jam tangan yang berdesain minimalis? Alexandre Christie AC 8613 MD bisa dijadikan pilihan. Arloji ini tampil dengan desain yang simpel, minimalis, dan elegan dengan kombinasi warna yang bold.

Memiliki tali karet, casing stainless steel, dan kaca berbahan kristal mineral, jam tangan pria terbaik ini tahan air hingga kedalaman 30 meter.

Material strap Rubber
Material case Stainless steel
Material glass Mineral crystal
Diameter case 43 mm
Kisaran harga Rp715.000

Lazada
Blibli

8. Casio G-Shock DW-5600MS-1

blank

Sumber: Casio.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Tangguh menemani aktivitas outdoor dan olahraga ekstrem

Bagi Anda yang lebih suka dengan jam tangan digital, Anda dapat memilih Casio G-Shock DW-5600MS-1. Terutama bila Anda sering melakukan petualangan dan olahraga ekstrem, jam tangan pria terbaik ini tangguh menemani aktivitas Anda berkat konstruksi yang shock resistant dan tahan air hingga kedalaman 200 meter.

Selain itu, baterainya pun tangguh, dapat bertahan hingga 2 tahun!

Material strap Resin
Material case Resin
Material glass Mineral crystal
Diameter case 43 mm
Kisaran harga Rp915.000

Lazada
Blibli

9. Fossil FS4682

blank

Sumber: Fossil.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Perpaduan desain serta warna yang klasik dan modern

Jam tangan merek Fossil FS4682 ini memiliki perpaduan desain klasik dan modern dengan warna perpaduan warna hitam-gold serta tekstur pada frame-nya.

Merupakan jenis chronograph, jam tangan pria terbaik ini digerakkan dengan mesin. FS4682 terbuat dari stainless steel dan tahan air hingga 50 meter.

Material strap Stainless steel
Material case Stainless steel
Material glass Mineral crystal
Diameter case 42 mm
Kisaran harga Rp2.024.000

Lazada
Blibli

10. Seiko 5 Sports SRPD77

blank

Sumber: Seikowatches.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Tampil modis dan fungsional saat beraktivitas outdoor

Satu lagi jam tangan dari Jepang yang kami rekomendasikan adalah Seiko 5 Sports SRPD77. Bernuansa abu-abu dan hijau army dengan desain yang modis, jam tangan pria terbaik ini dibekali dengan tali yang terbuat dari nilon.

Cocok untuk dipakai saat beraktivitas outdoor, jam tangan ini juga memiliki fitur hari dan tanggal, fungsi stopwatch, dan tahan air.

Material strap Nylon
Material case Stainless steel
Material glass Hardlex crystal
Diameter case 42,5 mm
Kisaran harga Rp2.836.000

Lazada
Blibli

Tabel Perbandingan Jam Tangan Pria

Yuk, cek rekomendasi produk jam tangan dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Jam tangan tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tapi juga sebagai penunjang penampilan di mana pun Anda berada. Namun, saat memilih jam tangan pria, Anda tetap harus mempertimbangkan fungsi dan kualitasnya, yakni dengan memperhatikan material, fitur, dan spesifikasi lainnya.

Tak hanya mendukung penampilan, pilihlah jam tangan pria terbaik yang juga sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan saat menggunakannya. Dengan demikian, jam tangan Anda akan sesuai dengan fungsinya serta dapat bertahan lama. Selamat memakai jam tangan baru!