Inilah 10 Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter]

Inilah artikel tentang 10 Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter] . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang 10 Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter] baca disini.

Bagi kebanyakan orang, bekas luka pada kulit yang kasatmata sangatlah menganggu. Anda sedang dihadapi masalah serupa dan merasa tak nyaman dengan keberadaan bekas luka tersebut? Tenang, saat ini, tersedia banyak pilihan produk penghilang bekas luka, baik berbentuk salep, krim, maupun gel silikon.

Selain Dermatix yang terkenal, ada pula merek lain seperti ScarAway, Strataderm, dan Keloplast. Agar menemukan produk yang paling tepat untuk Anda, PickyBest akan jelaskan cara memilihnya di artikel ini. Setelah itu, kami rekomendasikan pula obat penghilang bekas luka untuk Anda. Mari disimak!

Berkolaborasi dengan dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DV

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Annisa Anjani Ramadhan adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang berkontribusi dalam penyusunan artikel ini. Kami berkolaborasi dengan dr. Annisa untuk menjamin keakuratan poin-poin pada section Cara Memilih di artikel ini.

dr. Annisa menambahkan berbagai informasi penting terkait tingkat efektivitas hasil kerja produk berdasarkan lama terbentuknya luka, tindakan yang dapat diambil untuk menyamarkan bekas luka, hingga saran yang bisa Anda ikuti dalam upaya menghilangkan bekas luka.

Apa Penyebab Munculnya Bekas Luka pada Kulit?

blank

Kulit yang tergores, terbakar, atau disebabkan hal lain akan menyebabkan kulit mengalami trauma. Kondisi ini berlaku pula apabila terjadi pada jaringan tubuh lain. Pada kondisi ini, tubuh akan merespon dengan menghasilkan protein bernama kolagen untuk membantu proses penyembuhan.

Produksi kolagen berlangsung selama 8 – 12 minggu. Selama fase ini berlangsung, pasokan darah ke jaringan yang terdapat luka akan meningkat sehingga menyebabkan bekas luka menjadi terangkat, kental, dan kemerahan.

Walaupun meninggalkan bekas, sejatinya mereka dapat memudar sampai hampir tak terlihat. Namun, untuk mencapai tahap itu, diperlukan waktu hingga dua tahun atau lebih, yang setelahnya mereka tidak dapat memudar lagi.

Kolagen merupakan bentuk protein terbanyak yang terdapat di tubuh manusia yang dihasilkan oleh sel fibrosit. Kulit memerlukan kolagen sebagai organel penyokong struktur kulit agar kulit kokoh, tidak mudah berkerut, dan cepat kembali ke struktur semula setelah mengalami benturan/tarikan dan lain sebagainya.

Pada proses penyembuhan luka, fibrosit menghasilkan kolagen pada fase fibroplastik sebagai respons dari berbagai reaksi kimia yang terjadi setelah luka terbentuk. Apabila fase pembentukan kolagen pada penyembuhan luka berlangsung dengan baik, jaringan kolagen yang terbentuk akan kuat untuk mencegah trauma berulang di area yang sama.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Kenali Empat Jenis Bekas Luka yang Sering Terjadi

Secara umum, bekas luka dibedakan menjadi empat macam. Apa saja?

  • Hipertrofik
  • Keloid
  • Berbintik
  • Kontraktur

Simak penjelasan dr. Annisa mengenai jenis-jenis bekas luka tersebut.

1. Hipertrofik

Skar hipertrofik dan eutrofik paling banyak dialami oleh orang tanpa bakat keloid. Karakteristiknya adalah bekas luka yang terbentuk di sepanjang luka, awal terbentuk berwarna kemerahan namun perlahan akan berwarna kecoklatan atau kehitaman yang bertahan beberapa tahun.

2. Keloid

Keloid terbentuk karena pertumbuhan kolagen yang berlebihan pada proses penyembuhan luka. Karakteristik keloid adalah bekas luka yang tumbuh membesar hingga melewati batas luka awalnya, kenyal pada perabaan, berwarna kemerahan, dan sering kali terasa gatal.

3. Ice Pick Scar

Ice pick scar termasuk ke dalam kelompok skar atrofi. Bentuknya berupa “lesung” atau bopeng yang biasanya dikaitkan dengan luka bekas jerawat. Selain bentuk “ice pick”, luka bekas jerawat banyak variasinya, tergantung proses timbulnya luka dan tingkat keparahan jerawat.

4. Kontraktur

Kontraktur sering terjadi pada luka bakar di area lipatan atau area yang berkaitan dengan fungsi gerak seperti wajah, siku, lutut, atau jemari yang tidak ditata laksana dengan baik. Kontraktur bisa dicegah dengan tata laksana luka yang benar sejak awal terjadi luka

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Obat Penghilang Bekas Luka

Sebelum memakai obat, Anda perlu memilih produk yang tepat berdasarkan jenis luka, bentuk obat, maupun kandungannya. Untuk lebih memahaminya, perhatikan bagian ini dengan saksama!

Pilih Berdasarkan Bentuknya, Apakah Salep, Krim, atau Gel?

Obat yang beredar di pasaran dibedakan menjadi beberapa bentuk, namun yang paling umum adalah bentuk salep, krim, dan gel silikon. Pilihlah bentuk obat sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.

Bentuk Salep Cocok untuk Area Kulit yang Kering

blank

Salep adalah bentuk obat topikal yang cukup sering digunakan. Jenis ini bersifat oklusif yang berarti meninggalkan lapisan minyak pada permukaan kulit. Di sisi lain, bentuk salep turut memerangkap kelembapan, sehingga cocok buat kulit area bekas luka yang kering.

Pada area kulit menebal, efek oklusif dari salep meningkatkan penyerapan bahan aktif ke dalam kulit. Dengan begitu, kinerjanya pun semakin optimal. Hanya saja, obat berbentuk salep kurang cocok diaplikasikan saat cuaca sedang panas, karena bisa menahan keringat serta membuat kulit terasa lengket.

Salep untuk bekas luka yang telah terbentuk masih efektif bila digunakan selambatnya 6 bulan pasca terjadinya luka. Sebab bila bekas luka telah terbentuk lama, akan semakin berkurang kemampuannya untuk menyerap bahan aktif di permukaan kulit.

Penggunaan salep harus dilakukan dalam jangka waktu lama dan paling efektif diberikan pada luka yang baru menyembuh sehingga daya serap kulit masih baik. Namun, apabila luka masih basah atau belum menyembuh sempurna, sebaiknya tidak menggunakan salep bekas luka dahulu.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Bentuk Krim yang Lembut serta Mudah Diserap Kulit

blank

Obat dalam bentuk krim lebih mudah diserap kulit karena mengandung lebih banyak air dibandingkan salep. Krim juga mengandung minyak yang berfungsi sebagai pelembap.

Krim biasanya dilengkapi zat pengental untuk mempertahankan kestabilan bentuk krim agar dapat lebih lama digunakan tanpa menurunkan kegunaan bahan aktifnya.

Krim merupakan bentuk perawatan kulit yang menjadi favorit karena mudah menyerap dan kemampuannya dalam melembapkan kulit yang cukup untuk mempertahankan hidrasi kulit, tanpa meninggalkan rasa panas atau berminyak. Krim disarankan untuk digunakan di area wajah, leher, dan area lipatan yang lebih tipis.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Bentuk Gel Silikon yang Mengurangi Rasa Gatal pada Bekas Luka

blank

Sumber: Smith-nephew.com

Gel silikon merupakan salah satu bentuk obat untuk menghilangkan bekas luka paling efektif. Dari sebuah penelitian, treatment dengan lembaran silikon gel pada tiga puluh pasien menunjukkan hasil yang memuaskan. Menariknya, percobaan ini dilakukan untuk berbagai jenis bekas luka, dari level normal, hipertrofik, hingga keloid.

Pengobatan topikal menggunakan gel silikon membuat bekas luka tampak lebih halus dan rata. Lapisan film yang terbentuk dari silikon melindungi jaringan parut dari perkembangan bakteri. Yang lebih menarik, gel silikon juga dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman terkait dengan bekas luka.

Gel silikon efektif digunakan pada bekas luka yang terbentuk <6 bulan dan dapat menjadi pilihan terapi pasca tindakan operasi untuk mencegah terbentuknya bekas luka hipertrofi dan keloid.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Perhatikan Kandungan Produk yang Ingin Anda Beli

Beberapa bahan sering diandalkan dalam mengurangi tampilan bekas luka, seperti retinol dan asam salisilat. Setiap kandungan tersebut mempunyai efek berbeda. Mari kita pahami terlebih dahulu!

Retinol: Ideal untuk Bekas Luka akibat Jerawat

blank

Bahan aktif satu ini termasuk turunan vitamin A natural yang umum ditemukan pada krim, gel, dan serum anti-aging. Retinol tergolong efektif dalam merawat jerawat sekaligus menghilangkan bekas luka jerawat. Bila bekas luka Anda lebih banyak diakibatkan oleh jerawat, pilihlah produk yang di dalamnya mengandung retinol.

Namun, Anda mesti waspada, khususnya jika kulit Anda sensitif. Pasalnya, penggunaan retinol dianjurkan dari dosis paling rendah guna menghindari efek samping seperti iritasi, gatal, kemerahan, kekeringan, dan sensitif terhadap sinar matahari.

Karena adanya kekhawatiran di atas, maka berkonsultasilah pada dokter terlebih dulu apabila Anda tidak yakin untuk menggunakan obat penghilang bekas luka berkandungan retinol.

Retinol bermanfaat menstimulasi pergantian sel kulit mati dengan yang baru, sehingga dapat mencegah timbulnya komedo bakal jerawat. Selain itu, retinol merangsang pembentukan kolagen di lapisan kulit tengah sehingga perlahan-lahan dapat “mengangkat” permukaan kulit yang bopeng akibat jerawat.

Namun, bekas jerawat yang berat tidak cukup hanya diobati dengan obat oles/retinol sebab kerusakan jaringan terlalu dalam, sehingga butuh tindakan yang lebih agresif seperti laser resurfacing, peeling, microneedling, PRP (platelet rich plasma), hingga tindakan bedah kulit.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Vitamin B3: Bantu Redakan Peradangan

blank

Di samping retinol, vitamin B3 atau niacinamide juga memiliki sifat antiradang yang baik dalam meredakan kemerahan akibat jerawat yang disebabkan oleh peradangan kronik.

Niacinamide topikal dapat meredakan peradangan tanpa menimbulkan efek samping bila digunakan dalam jangka waktu panjang.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

10 Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik

Pada daftar berikut, kami tampilkan sepuluh produk obat penghilang bekas luka terbaik, mulai dari yang berbentuk salep, krim, sampai gel silikon. Seluruh produk rekomendasi berikut adalah pilihan kami, bukan pilihan dr. Annisa. Selamat menentukan!

1. Dermatix Ultra

blank

Sumber: Dermatix.co.id

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Mampu menyamarkan berbagai bekas luka yang sulit dihilangkan

Obat penghilang bekas luka berbentuk gel satu ini dirancang dengan teknologi canggih dan inovatif bernama cyclopentasiloxane (CPX). Dematix mengombinasikan CPX dengan vitamin C ester yang terbukti secara medis dalam menyamarkan bekas luka.

Perpaduan CPX dan vitamin ester-C dapat mencerahkan area kulit menggelap akibat bekas luka. Anda bisa menggunakan Dermatix Ultra pada area bekas luka parut atau gores, luka bakar, dan luka lain akibat trauma. Walau berjenis gel silikon, Dermatix memastikan produknya tidak berminyak, tahan air, dan bisa di-cover dengan kosmetik.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Packaging-nya kecil dan tidak makan tempat.
  • Mempunyai tekstur gel ringan dan tidak lengket.
  • Tidak ada aroma yang aneh.
  • Nyaman dipakai, tidak bikin kering atau perih.
  • Dapat menyamarkan bekas luka baru dengan pemakaian rutin dan agak lama.
  • Dapat membantu memudarkan bekas luka jerawat yang kehitaman.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak bisa menghilangkan keloid dan bekas luka tahunan, hanya bisa menyamarkan warnanya saja.
  • Harganya lumayan mahal.
Bentuk Gel silikon
Kandungan CPX (cyclopentasiloxane), vitamin C ester
Ukuran 15 g
Kisaran harga Rp130.000

Lazada
Blibli

2. Meilibahenling

blank

Sumber: Meilibahenling.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Dengan formula minyak ular yang tidak berbau

Meilibahenling merupakan obat Cina yang diracik dari 100% bahan-bahan alami. Produk ini tidak berbau saat diaplikaskan ke permukaan kulit, sehingga nyaman untuk Anda yang sensitif terhadap bebauan.

Salah satu komposisi yang digunakan oleh produsen dalam obat ini adalah minyak ular. Formula minyak ular mampu menghilangkan bekas luka dan menghaluskan kulit. Jika Anda memerlukan obat penghilang bekas luka bakar yang sulit dihilangkan, misalnya akibat terkena tumpahan air panas atau knalpot, Meilibahenling layak dipercaya!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya creamy dan tidak lengket.
  • Cepat meresap dan tidak bikin kulit kering.
  • Dapat membantu meredakan gigitan nyamuk dan serangga.
  • Dapat membantu memudarkan bekas luka dan flek hitam secara perlahan.
  • Dingin saat terkena kulit, tidak ada efek bikin panas.
  • Harganya terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aromanya strong dan tidak enak seperti balsem.
Bentuk Krim
Kandungan Snake oil, glycerine, aloe picked oil, snake guts, reseen mishap was leave
Ukuran 60 g
Kisaran harga Rp120.000

Lazada
Blibli

3. Bio-Oil

blank

Sumber: Bio-oil.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Dapat mengurangi kemungkinan pembentukan stretch mark pada area kulit lain

Karena terbuat dari bahan-bahan alami, Bio-Oil ideal digunakan oleh semua jenis kulit. Didesain sebagai spesialis produk skin treatment, Bio-Oil akan membantu menyamarkan bekas luka secara maksimal. Bagi Anda yang mengalami masalah warna kulit tidak rata, produk ini juga bisa diandalkan.

Belum berhenti, obat penghilang bekas luka ini juga bisa dipilih oleh wanita pasca hamil yang memiliki masalah stretch mark. Selain itu, produk ini diklaim sangat efektif mengurangi tanda penuaan. Di area kulit kering pun, minyak satu ini bekerja optimal dalam melembapkan agar tekstur kulit terasa halus.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya enak, tidak oily atau lengket.
  • Wanginya lembut dan harum.
  • Cepat meresap sehingga aman dipakai siang dan
  • Efektif untuk meredakan bekas gigitan nyamuk dan memudarkan bekas jerawat.
  • Dapat memudarkan bekas luka dan stretch mark supaya tidak bertekstur dengan pemakaian lebih lama.
  • Dapat melembapkan bagian kulit siku dan lutut yang kering.
  • Dapat membersihkan kulit yang beruntusan supaya lebih sehat dan glowing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Bentuk Minyak
Kandungan Paraffinum liquidum (mineral oil), triisononanoin, cetearyl ethylhexanoate, isopropyl myristate, retinyl palmitate, tocopheryl acetate, anthemis nobilis flower oil, lavandula angustifolia (lavender) oil, rosmarinus officinalis (rosemary) leaf oil, calendula officinalis flower extract, helianthus annuus (sunflower) seed oil, glycine soja (soybean) oil, BHT, bisabolol, parfum (fragrance)
Ukuran 25 mL
Kisaran harga Rp52.000

Lazada
Blibli

4. LanBeNa TCM Scar and Acne Mark Removal Gel Ointment

blank

Sumber: Lanbena.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Bekas luka, tanda penuaan, dan warna kulit tak merata bisa teratasi dengan sempurna!

Produk ini takkan membuat iritasi pada Anda yang kulitnya sensitif. Pasalnya, produsen hanya mengadopsi bahan-bahan alami bersifat ringan sebagai ingredients pokoknya. Formulasi bahan ringan tersebut mudah terserap ke dalam kulit untuk mempercepat proses pembaruan dan penyembuhan alami kulit.

Tekstur yang lembut juga menjadikan obat penghilang bekas luka ini bisa dengan mudah diaplikasikan dengan jari. Ingin menghilangkan bekas luka, menyamarkan tanda penuaan, dan menyeimbangkan warna kulit sekaligus? Milikilah produk ini!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan kemerahan.
  • Dapat membantu meratakan bopeng yang ada di kulit wajah.
  • Dapat menjadikan kulit lebih halus dan bersih.
  • Dapat menghaluskan bekas stretch mark dan mengecilkan keloid dengan pemakaian lebih lama.
  • Tidak menimbulkan rasa panas atau gatal.
  • Harganya terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sulit ditemukan dan banyak produk palsunya.
Bentuk Salep
Kandungan Centella asiatica, glycerin, allantoin, low molecular weight heparin, carbomer, ginseng, white tea, rhodiola, dll
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp54.720

Lazada
Blibli

5. Mederma Advanced Scar Gel

blank

Sumber: Mederma.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Menjadi rekomendasi utama para dokter dan apoteker di berbagai negara

Formula berupa gel yang terkandung di dalam obat penghilang bekas luka ini bekerja secara proaktif untuk mengurangi kemerahan dan membuat jaringan kulit lebih halus, elastis, dan lembut. Mederma Advanced Scar Gel dapat Anda pakai untuk menangani bekas jahitan operasi, jerawat, luka bakar, keloid, stretch mark, dan bentuk luka lainnya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki tekstur gel yang lembut dan mudah diratakan.
  • Terasa ringan dan tidak lengket meskipun meresapnya agak lama.
  • Wanginya soft menurut sebagian pengguna.
  • Efektif untuk bekas luka yang lama dan baru.
  • Dapat menghilangkan bekas luka ringan, keloid, bekas jerawat, dan operasi sesar dari waktu ke waktu.
  • Lebih praktis dan hemat karena cukup satu kali pakai per hari.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Baunya agak aneh, seperti aroma bawang pada saat pertama kali diaplikasikan.
  • Sebagian pengguna merasakan efek gatal dan kecenderungan bikin kulit bekas luka kering atau mengelupas.
  • Harganya mahal.
Bentuk Gel
Kandungan Allantoin 0,5%
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp365.000

Lazada
Blibli

6. Breylee Acne Scar Removal Cream

blank

Sumber: Breylee.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Bekerja dengan mempromosikan sel kulit baru pada lapisan epidermis

Breylee Acne Scar Removal Cream akan mempercepat proses regenerasi sel dalam jaringan epidermis. Selain itu, obat penghilang bekas luka ini juga sangat efektif dalam merawat bekas luka akibat trauma, seperti terbakar, operasi, dan semacamnya.

Produk ini bisa diaplikasikan pada acne scars. Cukup mengoleskannya 2 – 3 kali sehari, formulanya akan menembus ke dalam kulit untuk mempromosikan beberapa sel pada jaringan epidermis. Sebenarnya, produk ini cocok bagi semua jenis kulit. Namun, untuk Anda yang berkulit sensitif sebaiknya melakukan patch test terlebih dulu.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Packaging-nya menarik, ramping, dan aman.
  • Lubang kemasannya lancip sehingga mudah digunakan dan tidak boros.
  • Teksturnya cream agak encer dan mudah meresap.
  • Wanginya natural dan tidak menyengat.
  • Ada efek instantglowing setelah cream-nya meresap, kulit jadi lebih cerah.
  • Dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut setelah diaplikasikan.
  • Dapat mengempiskan bengkak akibat jerawat dan memudarkan bekasnya dengan cepat.
  • Harganya terjangkau.
  • Awet dan tidak mudah habis.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tutupnya bukan flip sehingga kurang praktis dan rawan hilang menurut sebagian pengguna.
  • Teksturnya agak lengket saat dipakai.
  • Untuk stretch mark dan bekas sesar, hanya warnanya saja yang tersamar.
Bentuk Krim
Kandungan Aqua/water, glycerol, allantoin, phenoxyethanol, carbomer, hyaluronic acid, triethanolamine, trehalose,  nicotinamide, portulaca oleracea extract, lavandula  extract, centella asiatica extract, fucose, arbutin, epidermal growth factor
Ukuran 30 g
Kisaran harga Rp38.900

Lazada
Blibli

7. ScarAway 100% Silicone Scar Gel

blank

Sumber: Myscaraway.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Bukalapak

Tidak berbau, transparan, dan bisa digunakan pada banyak area tubuh!

Selain mereduksi tampilan bekas luka, ScarAway 100% Silicone Scar Gel juga mampu mencegah pembentukan bekas luka yang abnormal. Gel silikonnya telah dipatenkan dengan advanced technology, memastikannya ampuh menghilangkan berbagai macam bekas luka.

Bekas luka operasi, terbakar, sayatan, trauma, hingga tindakan kosmetik, seluruhnya dapat dihilangkan oleh produk ini. Menariknya, obat penghilang bekas luka ini dapat Anda aplikasikan pada pagi maupun malam hari. Penggunaannya pun bisa di seluruh badan, entahkah di kulit wajah, telinga, leher, ketiak, tangan, atau bahkan kulit kepala.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menurut sebagian pengguna produknya bekerja lebih baik daripada Mederma.
  • Tidak benar-benar menghilangkan bekas luka, namun dapat membuatnya lebih halus dan lebih lembut.
  • Dapat meminimalkan jaringan parut.
  • Tidak ada wewangian yang aneh.
  • Sangat mudah diaplikasikan di bekas luka lama dengan aplikator roll-on.
  • Dapat menutupi bekas luka dengan sedikit lapisan gel, jadi tidak terasa greasy.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kebanyakan pengguna kurang nyaman dengan pengaplikasian roll-on di bekas luka yang baru.
  • Gel yang keluar dari roll-on sangat tipis dan tidak berasa.
  • Sebagian pengguna tidak melihat adanya perubahan di bekas luka mereka.
  • Harganya mahal.
Bentuk Gel silikon
Kandungan Polysiloxanes, silicon dioxide
Ukuran 10 g
Kisaran harga Rp349.000

Lazada
Bukalapak

8. Strataderm Scar Therapy Gel

blank

Sumber: Us.strataderm.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Gel terapi bekas luka yang aman digunakan anak-anak hingga ibu menyusui

Tonjolan bekas luka yang umumnya berwarna kemerahan tak hanya direduksi oleh obat penghilang bekas luka ini, warna kulit pun kembali diratakan olehnya. Berbeda dengan penghilang bekas luka berbentuk gel silikon lain, produk ini dikemas dalam tube menyerupai salep.

Bagi pemilik kulit sensitif, produk ini tetap aman digunakan. Anak-anak, wanita hamil, sampai ibu menyusui bisa memakai obat penghilang bekas luka ini. Satu lagi yang mungkin Anda suka, produk ini tak sekadar transparan dan nonaroma, melainkan juga bebas alkohol, pewangi, dan paraben.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Produknya sangat mudah dipakai.
  • Tekstur gelnya mudah diserap.
  • Efektif untuk mengurangi bekas luka jerawat atau operasi yang tidak enak dipandang.
  • Hasilnya bisa dilihat dalam jangka waktu
  • Bisa untuk memudarkan bekas luka yang sudah lama.
  • Awet hingga beberapa bulan, hanya perlu dioleskan sedikit saat pemakaian.
  • Tidak ada reaksi alergi yang dirasakan sebagian pengguna.
  • Banyak direkomendasikan oleh dokter kulit luar negeri.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tube-nya sangat kecil dan harganya mahal.
  • Tidak cepat kering dan cenderung meninggalkan bekas minyak.
Bentuk Gel silikon
Kandungan Polydimethylsiloxanes, siloxanes, alkylmethyl silicones
Ukuran 20 g
Kisaran harga Rp680.000

Lazada
Blibli

9. Cica-Care Scar Treatment

blank

Sumber: Blibli.com

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Blibli
Cek Harga di Bukalapak

Selain reusable dan washable, cocok juga diberikan pada anak-anak

Apabila Anda memiliki bekas luka yang menebal atau berjenis hipertrofik, Smith Nephew menghadirkan obat penghilang bekas luka berbentuk silicone gel sheet. Produk satu ini bisa menghemat pengeluaran Anda dalam melakukan treatment. Pasalnya, Cica-Care Scar Treatment dapat dicuci ulang alias reusable!

Perihal efektivitasnya, produk ini telah diuji untuk merawat bekas luka pada orang dengan usia mencapai 30 tahun. Hasilnya, 100% bekas luka tampak memudar serta mengempis setelah 6 bulan perawatan. Produk ini mampu menghilangkan bekas luka pasca operasi, kecelakaan, dan luka bakar. Cica-Care Scar Treatment juga cocok digunakan oleh anak-anak, lho.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat digunakan untuk terapi bekas luka setelah operasi.
  • Dapat menyembuhkan bekas luka baru dan memudarkan bekas luka lama dengan sangat baik.
  • Dapat menghaluskan dan meratakan jaringan parut.
  • Dapat membantu menghilangkan sensasi panas pada bekas luka baru yang dipijat.
  • Membran silikonnya dapat menempel dengan baik dan tidak mudah menggulung.
  • Hemat, dapat dipotong kecil-kecil dan bertahan hingga 2-3 bulan.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mahal untuk satu lembar silikon.
  • Bagian tepi membrannya kadang suka menempel di baju.
  • Mengganggu penampilan karena membrannya cukup tebal dan harus digunakan sepanjang waktu selama berbulan-bulan.
Bentuk Gel silikon
Kandungan Gel silikon yang diawetkan dilaminasi pada membran gel silikon elastomerik
Ukuran 12 x 6 cm
Kisaran harga Rp365.750

Blibli
Bukalapak

10. Keloplast Silicone Keloid Reduction

blank

Sumber: Apotikcentury.id

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Blibli

Produk yang andal untuk mengempiskan keloid

Kelopast Silicone Keloid Reduction didesain berbentuk lembaran yang lembut dan elastis. Daya rekat yang mumpuni membuat produk ini efektif menghilangkan bekas luka kemerahan, gelap, hingga mencegah pembentukan keloid.

Apabila luka Anda sudah terlanjur membentuk keloid, obat penghilang bekas luka ini perlu dipakai teratur selama 12 jam setiap hari hingga keloid mengempis. Supaya lebih irit, potonglah terlebih dahulu lembaran silikonnya menyesuaikan bentuk dan ukuran keloid.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Dapat membantu mendinginkan dan menghilangkan rasa gatal atau perih pada luka.
  • Bahannya dari silikon gel sehingga empuk saat dipakai dan tidak mengganggu aktivitas.
  • Tidak menimbulkan efek gatal atau perih saat dipakai.
  • Dapat mencegah keloid supaya tidak tumbuh besar.
  • Dapat membuat keloid jadi lembek dan mengecil dengan pemakaian rutin.
  • Dapat memudarkan bekas luka bakar dengan pemakaian rutin.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Silikonnya kurang melekat, gampang lepas jika dibandingkan plester luka biasa.
  • Sebagian pengguna kurang merasakan efek pengempisan keloid
  • Isinya hanya selembar dan ukurannya kecil.
Bentuk Gel silikon
Kandungan Silikon gel medis
Ukuran 5 x 6 cm
Kisaran harga Rp59.500

Lazada
Blibli

Tabel Perbandingan Obat Penghilang Bekas Luka

Produk Dermatix Ultra Meilibahenling Bio-Oil LanBeNa TCM Scar and Acne Mark Removal Gel Ointment Mederma Advanced Scar Gel Breylee Acne Scar Removal Cream ScarAway 100% Silicone Scar Gel Strataderm Scar Therapy Gel Cica-Care Scar Treatment Keloplast Silicone Keloid Reduction
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bentuk Gel silikon Krim Minyak Salep Gel Krim Gel silikon Gel silikon Gel silikon Gel silikon
Kandungan CPX (cyclopentasiloxane), vitamin C ester Snake oil, glycerine, aloe picked oil, snake guts, reseen mishap was leave Paraffinum liquidum (mineral oil), triisononanoin, cetearyl ethylhexanoate, isopropyl myristate, dll Centella asiatica, glycerin, allantoin, low molecular weight heparin, carbomer, ginseng, white tea, rhodiola, dll Allantoin 0,5% Aqua/water, glycerol, allantoin, phenoxyethanol, carbomer, hyaluronic acid, triethanolamine, trehalose, nicotinamide, portulaca oleracea extract, lavandula extract, centella asiatica extract, fucose, arbutin, epidermal growth factor Polysiloxanes, silicon dioxide Polydimethylsiloxanes, siloxanes, alkylmethyl silicones Gel silikon yang diawetkan dilaminasi pada membran gel silikon elastomerik Silikon gel medis
Ukuran 15 g 60 g 25 mL 30 mL 20 g 30 g 10 g 20 g 12 x 6 cm 5 x 6 cm
Kisaran harga Rp130.000 Rp120.000 Rp52.000 Rp54.720 Rp365.000 Rp38.900 Rp349.000 Rp680.000 Rp365.750 Rp59.500
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan dalam Menghilangkan Bekas Luka

blank
Kenali dahulu kategori bekas luka yang dimiliki, apakah termasuk ke dalam kelompok hipertrofi, atrofi, eutrofi, atau keloid. Upaya menghilangkan bekas luka berbeda setiap kelompoknya.

Pada bekas luka hipertrofi dan keloid, prinsipnya menekan pertumbuhan kolagen berlebih. Terapi yang dapat dilakukan adalah oles salep atau gel silikon, injeksi kortikosteroid, dan tindakan pembedahan.

Bekas luka eutrofi dan atrofi prinsipnya berupaya “mengisi” kembali kulit yang menyusut atau bopeng sehingga terapi pilihannya adalah tindakan resurfacing yang dapat menstimulasi pertumbuhan kolagen.

Yuk, cek rekomendasi produk perawatan luka dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Ada banyak sekali pilihan obat penghilang bekas luka di pasaran, bukan? Jika me-review kembali daftar tersebut, tentu Anda menyadari kalau ada gap harga jual yang sangat jauh dari satu produk dengan produk lainnya. Untuk itu, Anda juga perlu mempertimbangkan pemilihan produk berdasarkan budget Anda.

Jika ingin hasil yang lebih cepat, produk yang teruji klinis dan bernilai pasaran yang tinggi umumnya lebih bisa diandalkan. Namun, selalu perhatikan efek samping dari masing-masing produk. Semoga artikel kami kali ini berhasil membantu Anda menemukan obat penghilang bekas luka yang sesuai!

Table of Contents