Inilah 10 Masker Rambut Kering Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Inilah artikel tentang 10 Masker Rambut Kering Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum] . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang 10 Masker Rambut Kering Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Umum] baca disini.

Sampo dan kondisioner saja belum cukup menangani permasalahan rambut kering. Anda butuh perawatan intensif menggunakan masker rambut untuk melembapkannya. Namun, banyaknya pilihan merek tentu sedikit membingungkan Anda, bukan?

Oleh karena itu, PickyBest hendak mengulas panduan memilih masker rambut untuk rambut kering. Sepuluh produk rekomendasi dari merek ternama seperti L’oreal Paris, Makarizo, dan Ellips juga sudah kami siapkan. Jadi, selamat membaca!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Perbaiki Rambut Kering dengan Hair Mask

blank

Rambut kering ditandai dengan rambut kusut, bercabang, mudah rontok, kusam atau tidak berkilau, serta kaku dan terasa keras. Berbagai faktor berperan mengeringkan rambut, antara lain:

  • Cuaca panas yang merusak lapisan keratin atau protein yang berada di dalam rambut.
  • Hair treatment seperti hair rebonding, hair smoothing, dan hair coloring.
  • Ketidakseimbangan hormon akibat kehamilan, menstruasi, dan menopause.
  • Pemakaian hair dryer secara berlebihan untuk mengeringkan rambut.
  • Berkeramas dengan air hangat yang membuat minyak alami rambut luruh.

Penggunaan masker rambut menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi rambut kering. Masker rambut bersifat deep conditioning lebih intensif sehingga bukan hanya rambut lembap tercipta, melainkan rambut pun terlindungi dari kerusakan serta kekuatan rambut meningkat.

Keluhan rambut kering biasanya muncul ketika rambut tidak dapat mempertahankan kelembapannya. Rambut yang kering akan tampak tidak berkilau, kusut, dan kusam. Rambut kering dapat terjadi pada siapa saja, baik pada pria maupun wanita.

Secara umum, rambut memiliki 3 lapisan. Pada rambut yang sehat, lapisan terluar rambut yang terdiri dari minyak alami bertugas untuk membantu melindungi lapisan yang lebih dalam. Lapisan minyak ini juga akan memantulkan cahaya sehingga membuat rambut tampak berkilau. Oleh karena itu, rambut yang berkilau merupakan tanda rambut yang sehat.

Berbagai faktor dapat menyebabkan rambut kering, seperti kondisi lingkungan, kebiasaan pada perawatan rambut, serta kesehatan fisik secara umum.

Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut kering, antara lain:

  • Tinggal di iklim yang kering dan panas
  • Rambut sering terpapar sinar matahari langsung
  • Sering berenang di air yang mengandung klorin atau air asin

Kebiasaan dalam perawatan rambut yang sering menyebabkan rambut kering meliputi:

  • Terlalu sering mencuci rambut
    Menggunakan sampo, kondisioner, atau produk penata rambut yang cenderung lebih keras
  • Melakukan pewarnaan rambut secara kimia
  • Terlalu sering mengeringkan rambut maupun melakukan penataan rambut menggunakan hair dryer, curling irons, straighteners, ataupun curlers.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Masker Rambut untuk Rambut Kering

Simak poin-poin berikut di mana kami akan menjelaskan cara memilih masker rambut untuk rambut kering. Perhatikan dengan saksama, ya!

Pilih Produk yang Diperkaya Kandungan Minyak Nabati

blank

Rambut kering terjadi ketika batang rambut tidak mampu mempertahankan kelembapan alaminya. Bila dibiarkan, lama kelamaan rambut akan rapuh dan bercabang. Untuk itu, utamakan produk berkandungan minyak nabati.

Minyak nabati merupakan hasil ekstraksi tumbuh-tumbuhan, entah itu buah-buahan, kacang-kacangan, atau dedaunan. Tumbuhan yang biasa diekstraksi sebagai minyak alami untuk merawat rambut antara lain:

  • Buah zaitun
  • Alpukat
  • Kelapa
  • Kacang almond
  • Biji pohon argan
  • Jojoba
  • Lavendel
  • Sandalwood

Minyak nabati kaya akan karbohidrat dan nutrisi penting yang dapat membantu untuk memperbaiki rambut yang rusak. Saat ini, minyak nabati banyak diformulasikan untuk berbagai macam produk perawatan kulit dan rambut.

Minyak nabati yang dapat digunakan pada rambut adalah minyak nabati yang belum diproses, cold-pressed, dan minyak yang murni seperti minyak kelapa murni, zaitun, jojoba, dan argan.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Periksa Kebaikan Bahan Lain untuk Menyehatkan Rambut

blank

Rambut kering menyebabkan beragam masalah lain. Untuk mengatasi variasi masalah yang muncul, carilah bahan yang ampuh untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Pisang untuk meningkatkan kekuatan rambut berkat natural silica di dalamnya yang akan meningkatkan produksi kolagen bagi rambut dan mencegah kerontokan.
  • Keratin untuk memperbaiki kutikula rambut rusak sehingga menjadi lembut.
  • Panthenol dikenal efektif melembapkan rambut serta menjadikannya berkilau.

Selain bahan-bahan di atas, masker rambut untuk rambut kering juga diperkaya bahan pendukung lain termasuk di antaranya hydrolyzed wheat protein, hydrolyzed soy protein, shea butter, dan sebagainya.

Pisang juga dikenal memiliki sifat antimikrob yang dapat membantu mengatasi kulit kepala yang kering dan mengelupas, serta menghilangkan gejala ketombe.

Sementara panthenol yang bersifat sebagai humektan dan emolien bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan, menghaluskan retakan dengan memperbaiki kutikula pada rambut kering, serta mempertahankan ketebalan rambut.

Ada pula bahan lain yang bermanfaat untuk rambut kering, seperti:

  • Telur yang mengandung vitamin A, E, biotin, dan asam folat untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut serta memperkuat rambut.
  • Madu yang dianggap sebagai humektan yang berarti akan membantu rambut menarik dan mempertahankan kelembapan. Selain itu, madu juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit kepala sehingga membantu meningkatkan kekuatan folikel rambut.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Pilih yang Mengandung Silikon untuk Melindungi Rambut

blank

Lain halnya dengan sampo, kandungan silikon pada masker rambut justru baik digunakan oleh Anda yang mengalami masalah rambut kering dan mengembang. Sebabnya, silikon akan melapisi setiap helai batang rambut agar lebih terlindungi dari paparan eksternal.

Selain menciptakan lapisan pelindung, silikon turut memberi hasil akhir rambut berkilau, terlihat jatuh, serta lebih mudah diatur. Salah satu alasan mengapa silikon banyak ditemukan dalam perawatan rambut kering adalah sifatnya yang tidak mudah hilang walau terkena air.

Bahkan tidak hanya waterproof, masker rambut berkandungan silikon juga akan mengurangi penyerapan panas. Makanya, silikon biasa digunakan sebelum proses rebonding.

Silikon adalah polimer buatan berbasis mineral yang memiliki fungsi untuk melapisi batang rambut dengan ringan saat digunakan. Silikon bersifat tahan air dan banyak digunakan pada berbagai produk perawatan rambut yang bertujuan untuk mengendalikan rambut kusut pada rambut kering.

Selain itu, manfaat lain dari silikon adalah untuk membantu mempertahankan kelembapan di batang rambut dan menjaga rambut terhidrasi dan terasa lembut.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum

dr. Felicia Puspita Sari

Pilih yang Tidak Mengeluarkan Aroma Menyengat

blank

Hair treatment dengan masker rambut butuh waktu hingga belasan menit. Agar lebih nyaman, pilih produk yang mengeluarkan aroma harum. Masker rambut biasanya tidak menggunakan pewangi buatan, melainkan wewangian alami dari bahan utamanya.

Untuk menaikkan mood, Anda dapat membeli masker rambut beraroma pisang. Efek menenangkan dari aroma akar wangi dan melon juga bisa dipilih. Intinya, saat memutuskan memilih masker rambut dengan aroma tertentu, pastikan aromanya tidak menyengat.

Siapkan Budget Cukup untuk Treatment Berkelanjutan

blank

Beberapa masker rambut ada yang aman digunakan setiap hari. Jika Anda menghendaki perawatan rambut harian karena berharap menuai hasil dalam waktu dekat, penting untuk memerhatikan harganya. Semakin kaya formulanya, makin mahal pula harganya.

Untuk penggunaan harian, hemat pengeluaran Anda dengan memilih masker rambut seharga puluhan hingga kurang dari seratus ribu. Gunakanlah produk yang mahal hanya untuk momen-momen spesial, seperti kencan, meeting, atau menghadiri pesta pernikahan.

10 Masker Rambut Terbaik untuk Rambut Kering

Selanjutnya, kami akan menampilkan sepuluh masker rambut untuk rambut kering yang tidak hanya berkualitas bagus, melainkan minim sekali efek samping. Selamat berbelanja!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Olive Extract Hair & Scalp Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Ubah rambut kering Anda menjadi lebih sehat, kuat, dan berkilau!

Makarizo mengembangkan masker rambut seri Hair Energy yang khusus memperbaiki keadaan rambut kering. Di samping memadukan olive extract dan passiflora plant extract untuk menutrisi sekaligus melembapkan rambut, produk ini juga akan merevitalisasi rambut.

Dengan adanya asam amino keratin serta inovasi krim cepat serapnya, masker rambut untuk rambut kering satu ini efektif mendorong mengembalikan struktur rambut agar lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Kandungan minyak nabati Passiflora plant oil, oilive oil
Kandungan pendukung Asam amino keratin, omega 6
Ukuran 500 g
Kisaran harga Rp91.000

Lazada
Tokopedia

2. L’Oreal Professionnel Serie Expert Absolut Repair Lipidium Masque

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Mengatasi kerusakan rambut hingga 77%

Dua bahan aktifnya, yakni gold quinoa dan protein bekerja sama mengurangi kerusakan permukaan rambut sampai 77%. Lebih kerennya lagi, masker rambut untuk rambut kering ini mengantarkan Anda miliki rambut 7x lebih berkilau.

Produk ini akan merestorasi lipid pada rambut yang hilang akibat perlakuan kimiawi, alat styling, dan faktor eksternal termasuk matahari, air klorin, dan sodium chloride pada sampo.

Kandungan minyak nabati
Kandungan pendukung Lactic acid, phyto-keratin, ceramide, hydrolyzed wheat protein, hydrolyzed soy protein, hydrolyzed corn protein
Ukuran 500 mL
Kisaran harga Rp415.000

Lazada
Tokopedia

3. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Aloe & Melon Extract Hair & Scalp Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Perkuat batang rambut yang kering untuk meminimalisir kerontokan

Makarizo menawarkan produk yang ampuh melembapkan rambut sekaligus memperkuat akar rambut. Disematkan bahan utama passiflora plant oil. Dilengkapi ekstrak buah melon, aloe vera, dan omega 6, masker rambut untuk rambut kering ini semakin efektif mengurangi kerontokan rambut.

Ada tiga varian size, selain 500 mL, Anda juga bisa memilih varian lebih kecil dengan ukuran 170 mL dan 10 mL.

Kandungan minyak nabati Passiflora plant oil
Kandungan pendukung Asam amino keratin, aloe vera, ekstrak melon, omega 6
Ukuran 500 mL
Kisaran harga Rp91.000

Lazada
Tokopedia

4. L’oreal Paris Smooth-Intense 1 Minute Caring Mask

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Membuat rambut 4x lebih halus, berkilau, dan mudah diatur

Masker rambut untuk rambut kering ini akan menciptakan rambut sehat hanya dalam satu menit. Smooth-Intense 1 Minute Caring Mask juga sanggup melembutkan rambut kasar. Bahkan, dukungan silk protien dan nutrileum menjamin rambut bebas kusut hingga 48 jam.

Kandungan minyak nabati Argan oil
Kandungan pendukung Silk protein
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp76.200

Lazada
Tokopedia

5. The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Hair mask yang efektif melembapkan tiap helai rambut

Kebaikan ekstrak pisang dari Ekuador pada masker rambut untuk rambut kering ini menjadikannya optimal memelihara rambut kering dari pangkal hingga ujung rambut. Sementara itu, brazil nut oil yang berasal dari Peru akan mengunci kilau rambut sekaligus mengurangi efek frizzy.

The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask tidak membebani rambut, malah yang ada bahan 100% vegan-nya diformulasi tanpa mineral oil sehingga aman saat mengenai kulit kepala.

Kandungan minyak nabati Brazil nut oil
Kandungan pendukung Banana fruit extract, shea butter, cocoa seed butter, theobroma oil
Ukuran 240 mL
Kisaran harga Rp269.000

Lazada
Tokopedia

6. L’oreal Paris Hair Spa Deep Nourishing Creambath

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Masker rambut big size yang tidak menguras dompet Anda!

Masker rambut untuk rambut kering dengan komposisi dasar bunga teratai dan purified water ini berperan menutrisi rambut Anda luar dan dalam. Masker rambut yang satu ini mengeluarkan wangi khas salon.

Cukup menyiapkan dana tak sampai Rp150.000, Anda sudah bisa membawa pulang produk berukuran 500 mL ini. Menurut beberapa review, untuk size tersebut bisa bertahan 3 – 6 bulan, lho!

Kandungan minyak nabati
Kandungan pendukung Water lily, purified water
Ukuran 500 mL
Kisaran harga Rp95.000

Lazada
Tokopedia

7. Ellips Vitamin Hair Mask Hair Repair

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Mengatasi rambut yang kering akibat pemakaian alat styling

Mengandalkan minyak nabati dari ekstrak parenial Buxaceae, masker Ellips ini membantu penutrisian rambut agar kondisinya semakin sehat. Menurunnya kondisi batang rambut akibat kekeringan akan segera teratasi berkat komponen pro-keratin complex yang tersimpan di dalamnya.

Bagi Anda yang sering menggunakan catok rambut, masker rambut untuk rambut kering ini wajib dipilih karena senantiasa memperbaiki struktur helai rambut yang rusak akibat penggunaan alat styling.

Kandungan minyak nabati Jojoba oil
Kandungan pendukung Pro-keratin complex
Ukuran 120 mL
Kisaran harga Rp58.500

Lazada
Tokopedia

8. L’Oreal Paris Total Repair 5 Deep Repairing Mask

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Hanya butuh 1 menit perawatan. Hemat waktu!

Sesuai namanya, produk unggulan L’oreal Paris ini menjanjikan 5 fungsi perawatan rambut. Dari mulai rambut patah, kusam, rapuh, kering, dan bercabang, semua kondisi tersebut sanggup diperbaiki olehnya. Bahkan, produk ini juga bisa diandalakan untuk mencegah timbulnya kerusakan.

L’oreal Paris mencantumkan bahan aktif ceramide dalam masker rambut untuk rambut kering ini yang berfungsi merawat kekuatan rambut dari pusatnya. Tak perlu lama-lama, cukup 1 menit dan bilas, rambut yang lembap ternutrisi seketika Anda miliki!

Kandungan minyak nabati
Kandungan pendukung Hydrolyzed wheat protein, limonene, arginine, ceramide
Ukuran 200 g
Kisaran harga Rp67.000

Lazada
Tokopedia

9. Natur Hair Mask Olive Oil & Vitamin E

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Fokus menangani rambut kering akibat pewarnaan

Salah satu hair treatment dari Natur ini didesain untuk merawat rambut yang kering dan rusak akibat hair coloring. Masker rambut untuk rambut kering ini mempercayai olive oil dan vitamin E sebagai active ingredients yang terbukti klinis menutrisi rambut secara intensif.

Dikemas dalam bentuk sachet ukuran 15 mL, masker penutrisi rambut satu ini bersifat once treatment. Jadi, apabila produknya tidak cocok di rambut Anda, Anda pun tidak merasa rugi karena sudah membelinya. Apalagi, harga jual satu sachet masker ini tidak sampai puluhan ribu.

Kandungan minyak nabati Olive oil
Kandungan pendukung Vitamin E
Ukuran 15 mL
Kisaran harga Rp8.500

Lazada
Tokopedia

10. Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Jadikan momen travelling bebas dari rambut kering!

Apabila Anda ingin merawat rambut kering saat travelling, hair mask produksi Sensatia Botanicals ini merupakan pilihan tepat. Kemasan tube-nya didukung tutup flip top yang tak hanya berdesain ringkas, namun juga menjamin isi masker tidak tumpah.

Seperti namanya, masker rambut untuk rambut kering ini tersusun dari bahan-bahan alami berupa tamarind, minyak argan, ekstrak lidah buaya, dan alpukat. Hasilnya, rambut Anda memperoleh kelembapan pasca perawatan, masalah kusut juga teratasi!

Kandungan minyak nabati Argan oil, avocado oil
Kandungan pendukung Aloe vera, tamarind
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp144.000

Lazada
Tokopedia

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Panduan menggunakan masker rambut untuk rambut kering

Masker rambut secara umum bekerja untuk meningkatkan kondisi kesehatan rambut. Masker rambut bekerja sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut intensif.

Berikut adalah panduan penggunaan masker rambut yang dapat Anda terapkan:

  • Jika Anda memiliki rambut yang panjang atau tebal, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian dengan jepit rambut.
  • Aplikasikan masker rambut menggunakan jari Anda.
  • Pada rambut yang kering, mulailah untuk mengaplikasikan masker rambut di dekat kulit kepala Anda, kemudian diaplikasikan ke arah ujung rambut.
  • Setelah Anda selesai mengaplikasikan masker, sisir rambut Anda dengan sisir bergigi lebar untuk membantu memastikan masker menyebar secara merata.
  • Jika mau, Anda juga dapat menutup rambut Anda menggunakan shower cap atau plastic wrap.
  • Biarkan masker selama setidaknya 20 hingga 30 menit atau tergantung pada anjuran pemakaian yang tertera pada kemasan produk.
  • Bilas secara menyeluruh hingga bersih dan tidak ada masker yang tersisa. Hindari membilas rambut dengan air panas.

Cara menyegarkan kembali rambut yang kotor akibat beraktivitas di luar ruangan

Setelah beraktivitas di luar ruangan, rambut dapat menjadi kering dan kotor. Untuk menyegarkan kembali rambut Anda, Anda dapat melakukan perawatan rambut yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu mencuci rambut dan menggunakan kondisioner.

Jika Anda memiliki rambut kering, keriting atau rusak, Anda dapat mengaplikasikan masker rambut seminggu sekali. Namun, jika rambut Anda cenderung lebih berminyak, Anda dapat menggunakan masker rambut dengan frekuensi yang lebih jarang.

Yuk, cek rekomendasi masker rambut dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Atasi kekeringan rambut dengan rutin memakai masker rambut. Gunakanlah produk yang tinggi komponen pelembap alami seperti minyak nabati. Sebaiknya Anda pilih juga produk yang menyediakan formula pendukung lain agar peranannya semakin bagus dalam menyehatkan rambut.

Masker rambut untuk rambut kering dengan tambahan silikon mampu melapisi batang rambut. Selain melemaskan rambut dan mencegah kusut, perlindungan silikon akan mempercepat perbaikan rambut Anda yang kering dan disertai kerusakan lain. Selamat mencoba!

Table of Contents