Inilah 10 Krim Penghilang Bulu Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Inilah artikel tentang 10 Krim Penghilang Bulu Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit] . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang 10 Krim Penghilang Bulu Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit] baca disini.

Kendati berguna untuk sensor kulit hingga pengontrol kelembapan, sebagian orang mengaku risih dengan banyaknya bulu di area tertentu, seperti wajah, lengan, kaki, ketiak, area kewanitaan, dan sebagainya. Apabila Anda bermaksud menghilangkan bulu agar kulit terasa halus, Anda bisa menggunakan krim penghilang bulu.

SugarPot, Nature Republic, Mirael, dan banyak merek lainnya memproduksi krim penghilang bulu terbaik. Di artikel ini, PickyBest sudah menyaring sepuluh yang paling direkomendasikan. Sebelum itu, simak panduan memilihnya berikut ini, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman dalam menangani masalah kulit seperti dermatitis anak dan dewasa, akne, aging skin, dan kasus infeksi kulit.

Selain menjadi dokter praktik di RSIA Tambak Jakarta dan beberapa klinik kecantikan lain, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga memiliki ketertarikan di bidang fashion, olahraga, dan musik.

Apa itu Krim Penghilang Bulu?

blank

Secara sederhana, depilatory adalah agen untuk menghilangkan bulu yang umumnya berbentuk krim, sehingga orang-orang menyebutnya krim penghilang bulu atau hair removal cream. Cara kerja krim penghilang bulu adalah dengan memecah struktur keratin bulu supaya mudah dihilangkan dari kulit.

Krim penghilang bulu merupakan produk berbasis alkali yang diaplikasikan langsung ke area bulu yang tidak diinginkan. Beberapa saat setelah dioleskan, substansi bulu berubah menyerupai jelly.

Bahan kimia yang sering diformulasikan ke dalam hair removal cream antara lain sodium thioglycolate, calcium thioglycolate, dan strontium sulfide. Bahan-bahan tersebut efektif meluruhkan struktur protein pengikat bulu.

Berbeda dengan penggunaan pisau cukur, proses menghilangkan bulu dengan krim penghilang bulu menghindarkan kulit dari mikrotrauma akibat gesekan dengan pisau cukur.

Namun, pada kulit sensitif, penggunaan krim penghilang bulu dan pisau cukur sama-sama berisiko mengiritasi kulit, walaupun penggunaannya dalam durasi singkat.

Krim penghilang bulu bekerja menghancurkan struktur keratin yang membentuk rambut. Namun, keratin juga terdapat di permukaan kulit dan berperan sebagai salah satu komponen sawar kulit (skin barrier). Oleh karenanya, apabila krim penghilang bulu terlalu lama berkontak dengan kulit, akan meningkatkan risiko iritasi.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Perhatian sebelum Menggunakan Krim Penghilang Bulu

blank

Krim penghilang bulu adalah produk yang mengandung bahan keras, sehingga penggunaannya dapat menimbulkan reaksi iritasi, meskipun pada kulit normal yang tidak memiliki bakat alergi.

Sementara pada orang dengan bakat alergi terhadap bahan tertentu yang terkandung di dalam produk, reaksinya akan lebih berat. Bila hal ini terjadi, segera hentikan penggunaan dan berobat ke dokter.

Bila kulit normal mengalami iritasi pasca penggunaan krim penghilang bulu, Anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung soothing agent seperti ekstrak lidah buaya apabila timbul reaksi ringan.

Pelembap yang mengandung seramid juga dapat diaplikasikan untuk mengembalikan sawar kulit yang rusak. Apabila iritasi dirasa berat, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan terapi yang mumpuni.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Krim Penghilang Bulu

Berikut kami terangkan poin-poin untuk Anda simak ketika memilih krim penghilang bulu terbaik, entah itu di drugstore maupun secara online.

Pilih Krim berdasarkan Lokasi Bulu yang Ingin Dihilangkan

blank

Krim penghilang bulu untuk area lengan, paha atas, dan kaki belum tentu cocok diaplikasikan ke daerah kulit sensitif seperti bikini line, ketiak, dan sebagainya. Setiap produk biasanya menerangkan ketentuan penggunaan untuk area-area tertentu saja.

Selain itu, Anda mungkin mendapati krim penghilang bulu yang diklaim aman untuk segala area, termasuk sensitif. Biarpun ada keterangan demikian, sebaiknya Anda tetap lakukan uji coba untuk memeriksa sensitivitas kulit terhadap krim tersebut.

Pada area kulit sensitif, sebaiknya pilih yang tidak mengandung pewangi berlebihan. Apabila tersedia, pilih yang mengandung soothing agent untuk mengurangi risiko iritasi.

Namun, saya pribadi sebagai dokter spesialis kulit tidak menyarankan penggunaan krim untuk menghilangkan bulu, sebab risiko iritasinya lebih tinggi bila digunakan di area lipatan yang tipis.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Selain Krim, Ada pula Produk dalam Bentuk dan Tekstur Lain

blank

Meskipun dinamakan hair removal cream, nyatanya di pasaran tersedia produk berbentuk lain. Anda bisa temukan krim penghilang bulu dalam bentuk roll-on mirip deodoran. Selain itu, tekstur produk bukan hanya krim, tetapi ada juga berupa gel, milk, foam, dan lainnya.

Variasi bentuk dan konsentrasi tekstur krim penghilang bulu akan mempermudah Anda melakukan treatment. Bagi Anda yang tidak suka sensasi krim, produk bertekstur gel dapat dijadikan alternatif. Upayakan membeli produk yang nyaman Anda gunakan.

Umumnya, produk penghilang bulu hadir dalam bentuk krim atau milk, sebab bentuk krim adalah yang paling kuat daya lekatnya di permukaan kulit yang cocok sebagai media bahan aktif penghilang bulu bekerja secara efektif. Bentuk krim juga mengandung lebih banyak pelembap dibanding bentuk lainnya, sehingga diharapkan mengurangi risiko iritasi.

Bentuk gel dan foam biasanya memiliki daya lekat yang lebih lemah di permukaan kulit sehingga efektivitasnya dalam menghilangkan bulu bisa jadi lebih lemah daripada bentuk krim/milk.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Seberapa Lama Penggunaan Produk juga Perlu Anda Perhatikan

blank

Lama waktu setiap krim penghilang bulu bekerja berbeda-beda tergantung kelebatan bulu dan panjang bulu. Pada umumnya, butuh setidaknya 10 – 15 menit bagi formula krim merusak struktur protein bulu secara sempurna.

Selain ditentukan oleh kelebatan dan panjang bulu, area di mana krim dioleskan juga memengaruhi lama produk bekerja. Pada area-area sensitif biasanya hanya memakan 3 – 7 menit, sedangkan untuk area terbuka lain kurang lebih 8 – 15 menit.

Anda perlu memilih produk yang pemakaiannya tidak terlalu lama. Selain menghemat waktu, krim dengan waktu kerja singkat dapat meminimalisir iritasi. Selain itu, apabila Anda bermaksud mengaplikasikan krim saat mandi, pilihlah krim penghilang bulu yang tidak mudah luntur oleh air.

Pilih berdasarkan Kemudahan Membeli Produk, Termasuk Harganya

blank

Kami rekomendasikan Anda membeli krim penghilang bulu yang paling mudah ditemukan. Selain itu, karena frekuensi pemakaian krim mungkin lebih jarang, nampaknya penting agar Anda pertimbangkan ukuran dan harga produk yang hendak dibeli.

Krim penghilang bulu yang recommended memiliki kisaran ukuran 50 gram – 250 gram dengan varian harga dari mulai 30 ribu – 150 ribu.

Sebaiknya Anda beli krim penghilang bulu yang dapat dipakai paling tidak 2 kali. Hal ini dapat mengantisipasi penggunaan berulang ketika tidak lama dari pemakaian pertama, bulu tumbuh kembali dalam waktu singkat.

Belilah Produk berukuran Kecil untuk Lakukan Skin Patch Test

blank

Untuk Anda yang kali pertama mengaplikasikan krim penghilang bulu, lakukanlah skin patch test untuk jangka 24 jam sebelum mengoleskan lebih banyak krim ke area lebih luas. Pengujian ini akan menunjukkan bagaimana reaksi Anda terhadap kandungan kimia di dalam krim.

Kami sarankan supaya Anda membeli produk tester atau berukuran kecil dulu. Alasannya, melakukan skin patch test sangat berguna untuk bantu Anda peroleh krim penghilang bulu yang aman dan tidak mengiritasi kulit.

Lebih Terjamin dengan Produk yang Terdaftar di BPOM

blank

Untuk krim penghilang bulu buatan lokal, perlu Anda periksa sertifikasi keamanannya. BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) diberi tanggung jawab negara untuk memberi izin edar produk-produk kosmetik, skincare, makanan, dan obat-obatan di Indonesia.

Sementara itu, ada juga produk impor yang telah dites oleh lembaga terakreditasi dari negaranya. Seperti Some by Mi misalnya yang produknya telah disetujui KFDA (Korea Food and Drug Administration) atau MFDS, maupun sertifikasi badan-badan terakreditasi lain.

10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi krim penghilang bulu terbaik versi kami. Selamat memilih!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya pilihan PickyBest, bukan dr. Annisa.

1. SugarPot Strawberry Sugar Wax Kit

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Hilangkan bulu secara merata sampai ke akarnya

Waxing kit dari SugarPot ini menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengiritasi kulit. Selain ekstrak stroberi dan apricot seed powder, ditambahkan pula komposisi madu untuk memaksimalkan kinerja waxing gel mengangkat setiap helai bulu hingga ke akar-akarnya.

SugarPot mengklaim krim penghilang bulu terbaik ini bisa menahan pertumbuhan bulu relatif lama, yakni 3 – 4 minggu. Sejak pemakaian pertama, kulit halus bebas bulu menjadi keniscayaan bagi SugarPot Strawberry Sugar Wax Kit.

Area bulu Wajah, tubuh, brazilian
Jenis/tekstur Wax, gel
Waktu penggunaan Tidak diketahui
Keamanan BPOM NA18190800005
Isi 250 gram gel wax, 12 washable wax strips, 1 spatula
Kisaran harga Rp105.000

Lazada
Tokopedia

2. Nature Republic Cotton Hair Removal Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Bisa dipakai kembali setelah 24 jam apabila hasilnya belum maksimal

Nature Republic mengandalkan 80% thiglycolic acid sebagai komposisi utama krim penghilang bulu ini. Untuk daerah intim maupun daerah terbuka lainnya, krim penghilang bulu terbaik ini mudah diratakan walaupun tekstur cream-nya yang thick.

Nature Republic Cotton Hair Removal Cream hanya memerlukan 5 – 10 menit sebelum kulit diusap menggunakan wet towel. Apabila setelah pemakaian tampak masih ada sisa-sisa bulu, produk ini bisa digunakan lagi selang waktu 24 jam.

Area bulu Tangan, ketiak, bikini line/brazilian, kaki
Jenis/tekstur Cream, thick
Waktu penggunaan ± 10 menit
Keamanan BPOM NA26190800001
Isi 60 g
Kisaran harga Rp155.000

Lazada
Tokopedia

3. Mirael Sugar Paste Wax

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Produk penghilang bulu berbentuk waxing gel yang painless

Walau berbentuk wax, krim penghilang bulu terbaik ini minim rasa sakit alias tidak seperti melakukan waxing di salon. Terdapat 5 varian produk, yakni Apple, Green Tea, Honey, Passion, dan Strawberry, yang masing-masingnya membawa peran tambahan berbeda.

Anda akan mendapatkan 1 jar sugar wax, 10 kain (strip) yang bisa dipakai ulang, dan 1 spatula. Cukup menempelkan wax strip 5 – 10 detik, Anda sudah bisa menarik kain berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu.

Area bulu Seluruh tubuh
Jenis/tekstur Wax, kental
Waktu penggunaan ± 10 detik
Keamanan BPOM NA18190800006, NA18190800002, NA18190800003, NA18180800027, NA18180800026
Isi 250 mL sugar wax, 10 washable wax strips, 1 spatula
Kisaran harga Rp95.000

Lazada
Tokopedia

4. Some by Mi Perfect Hair Removal Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Didukung rose scent yang nyaman dihirup

Selain mampu menghilangkan bulu di area lengan dan kaki, bulu pada bagian sensitif seperti ketiak pun dapat dibersihkan oleh produk ini. Dalam waktu 7 menit saja, krim ini merealisasikan tekstur kulit halus tanpa bulu yang kasat mata.

Krim penghilang bulu terbaik ini dipastikan aman sebab mengantongi persetujuan dari KFDA (Korea Food and Drug Administration). Kalau rata-ratar produk lain beraroma menyengat, Some by Mi menyematkan aroma rose lembut untuk memastikan kenyamanan pengguna.

Area bulu Ketiak, lengan, kaki
Jenis/tekstur Cream, tidak runny
Waktu penggunaan ± 5 – 10 menit
Keamanan Approved by KFDA (Korea Food and Drug Administration)
Isi 120 g
Kisaran harga Rp176.500

Lazada
Tokopedia

5. Veet Hair Removal Cream Kulit Sensitif – Aloe Vera & Vitamin E

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Terbukti klinis melembutkan kulit tanpa adanya bulu

Veet Hair Removal Cream berkandungan aloe vera dan vitamin E akan cocok untuk Anda yang ingin merontokkan bulu pada spots kulit sensitif. Selain menghilangkan bulu kasat mata hingga dekat ke akarnya, produk ini juga sanggup meluruhkan protein pada bulu-bulu halus.

Berkat krim penghilang bulu terbaik ini, kulit pun senantiasa lembut hingga 7 hari Formulasi lidah buaya dan vitamin E-nya membantu menyehatkan kulit, sekaligus mengurangi dampak iritasi.

Area bulu Kaki, garis paha atas, ketiak, lengan
Jenis/tekstur Cream, sedikit cair
Waktu penggunaan ± 5 – 10 menit
Keamanan BPOM NA17160800014
Isi 1 x 60 gram tube, 1 spatula
Kisaran harga Rp39.500

Lazada
Tokopedia

6. One Spring Hair Removal Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Fungsi 2 in 1 untuk hair removal dan soothing skin

Produk ini dirumuskan bersama komposisi bahan-bahan yang terjamin melembutkan kulit. Lebih menariknya lagi, krim penghilang bulu terbaik ini diklaim mampu ciptakan sensasi halus bagaikan kulit bayi.

Untuk Anda yang merasa lebih percaya diri dengan lengan dan kaki bebas tampilan bulu, One Spring Hair Removal Cream sangat rugi untuk dilewatkan begitu saja.

Area bulu Lengan, kaki
Jenis/tekstur Cream, cukup tebal
Waktu penggunaan ± 3 – 10 menit
Keamanan Tidak ada keterangan
Isi 60 g
Kisaran harga Rp68.000

Lazada
Tokopedia

7. Cocottee Depilatory Cream for Intimate Areas

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Rasa aman berkat komposisi yang teruji klinis oleh BPOM

Krim penghilang bulu terbaik ini sangat ampuh menghilangkan bulu pada area kulit sensitif hanya dalam 7 – 8 menit. Keamanan produk lebih terjamin sebab produk Cocottee berikut terdaftar resmi di BPOM.

Di samping kegunaannya yang terbukti optimal mengangkat bulu mencapai akarnya, produk berkandungan cocoa butter ini juga efektif menghilangkan bulu-bulu pendek.

Area bulu Ketiak, miss V
Jenis/tekstur Cream
Waktu penggunaan ± 7 – 8 menit
Keamanan BPOM NA11180805000
Isi 100 g
Kisaran harga Rp59.000

Lazada
Tokopedia

8. Vi-John Feather Touch Hair Removal Cream – Lime & Aloe Vera

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Secara aman menghilangkan bulu hingga ke akar dalam waktu 3 menit!

Krim ini mengutamakan bahan herbal seperti jeruk nipis dan lidah buaya. Keduanya dinilai aman tanpa menimbulkan efek samping. Anda bisa mengoleskan krim penghilang bulu terbaik ini secara merata untuk menghilangkan bulu di area kaki, lengan, ketiak, dan paha atas. Klaim formula 3 menitnya menjadikan proses treatment hemat waktu!

Area bulu Kaki, tangan, ketiak, garis paha atas
Jenis/tekstur Cream
Waktu penggunaan ± 3 – 8 menit
Keamanan BPOM NA17160800004
Isi 110 mL
Kisaran harga Rp45.000

Lazada
Tokopedia

9. Clean Pop Hair Removal Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Selain aman, komponen organiknya menjadikan kulit lembap dan cerah

Clean Pop menghadirkan krim penghilang bulu terbaik berkandungan kimia minim iritasi. Dari mulai area lipatan seperti ketiak, hingga bagian kaki atau area yang ditumbuhi bulu halus lain sanggup ditangani oleh produk ini.

Dengan Clean Pop Hair Removal Cream, bulu halus baru akan kembali setelah 1 – 2 minggu setelah treatment. Kebaikan bahan-bahan alami yang berpadu di dalam produk ini bukan sekadar membersihkan bulu yang tidak diinginkan, melainkan efek lembap dan kulit cerah pun tercipta!

Area bulu Kaki, ketiak, area bulu halus lainnya
Jenis/tekstur Cream
Waktu penggunaan ± 8 – 10 menit
Keamanan Terbuat dari bahan-bahan alami
Isi 100 mL
Kisaran harga Rp169.900

Lazada
Tokopedia

10. Nair Sensitive Hair Removal Cream

blank

Cek Harga di Shopee
Cek Harga di Lazada
Cek Harga di Tokopedia

Dipercaya sejak 1940 sebagai brand penghilang bulu nomor satu di Eropa!

Efek iritasi dan alergi setelah menggunakan krim penghilang bulu dapat diminimalisir oleh Nair Sensitive Hair Removal Cream. Berkat formula alami dengan fungsi pelembap seperti camellia oil, produk perontok bulu impor ini akan memelihara kondisi kulit dari risiko kerusakan yang mengintai.

Camellia oil tidak bekerja sendirian, melainkan didukung ekstrak Ylang-ylang sehingga terciptalah fungsi perlindungan kulit pasca treatment tersebut. Sebelum beredar, krim penghilang bulu terbaik dari Nair sudah diuji secara klinis dan dermatologi.

Area bulu Kaki, bikini line, ketiak
Jenis/tekstur Cream
Waktu penggunaan ± 5 menit
Keamanan Dermatologically tested, clinically tested
Isi 80 mL
Kisaran harga Rp97.600

Lazada
Tokopedia

Gunakan Krim Penghilang Bulu sesuai Anjuran yang Benar

blank

Berikut adalah anjuran yang sebaiknya Anda patuhi demi keamanan dan kenyamanan selama merontokkan bulu, antara lain:

  • Kebanyakan krim penghilang bulu tidak menjanjikan hasil 100% pada pemakaian pertama, sehingga masih ada sedikit bulu yang tersisa untuk diberi perlakuan di lain hari.
  • Tidak disarankan untuk melakukan hair removal treatment dua hari berturut-turut. Berilah jeda waktu sekitar 1 – 2 hari sebelum kembali menerapkan krim penghilang bulu.
  • Sesuaikan jumlah krim dengan kualitas dan jumlah bulu. Untuk bulu lebat butuh krim lebih banyak, begitu pun sebaliknya.
  • Jangan membiarkan krim melekat lebih lama dari waktu yang ditentukan guna mencegah kerusakan kulit.
  • Hindari penerapan produk pada area kulit yang terdapat masalah, misalnya timbul ruam akibat matahari atau bentuk iritasi lain.
  • Pengaplikasian sebelum atau sesudah menstruasi tidak direkomendasikan.

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Cara aman dalam menggunakan krim penghilang bulu

Lakukan uji kulit terlebih dahulu dengan mengoleskan krim di area pergelangan tangan bagian dalam dan didiamkan selama waktu anjuran pakai. Gunakan krim sesuai durasi yang dianjurkan.

Setelah penggunaan krim penghilang bulu, basuh dan bersihkan kulit dengan lembut menggunakan waslap lembap yang tidak kasar permukaannya.

Terakhir, gunakan pelembap yang mengandung soothing agent untuk melembapkan dan meredakan iritasi yang mungkin muncul.

Pilihan treatment untuk merontokkan bulu di klinik kecantikan

Pilihan treatment untuk menghilangkan bulu saat ini sudah berkembang cukup jauh. Penggunaan alat-alat berbasis cahaya dan laser bahkan mampu menghilangkan bulu secara permanen dalam beberapa kali tindakan. Varian alat berbasis cahaya yang disetujui FDA sebagai penghilang bulu adalah Intense Pulsed Light (IPL) dengan panjang gelombang 550 – 1.200 nm.

Sedangkan alat berbasis laser yang dapat digunakan adalah ruby (694 nm), alexandrite (755 nm), dan long pulsed NdYag 1.064 nm dan Q switched NdYag 1064. Cara kerjanya adalah dengan menargetkan pigmen warna gelap untuk dihancurkan, yaitu akar rambut. Semakin sering tindakan dilakukan, akar rambut akan semakin melemah, mengecil, dan menghilang sehingga rambut hilang permanen.

Semakin pekat warna gelap target, maka semakin efektif hasilnya. Rambut yang gelap, tebal pada orang dengan kulit cerah merupakan tipe kulit dengan efektivitas paling ideal untuk penghilang bulu berbasis laser.

Hal lain yang mempengaruhi efektivitas penghilang bulu berbasis laser di antaranya:

  • Kondisi hormonal
  • Lokasi/tipe rambut yang ditargetkan (bulu halus lebih sedikit mengandung pigmen, sehingga kurang efektif dihilangkan dengan laser)
  • Tipe warna kulit semakin gelap akan semakin sulit menghilangkan bulu dengan laser karena target pigmen menjadi bias dengan warna kulit sekitar
  • Tipe alat laser, kekuatan/fluence yang digunakan, panjang gelombang dan kedalaman tembakan laser mempengaruhi hasil akhir

Tindakan laser hampir tidak memiliki risiko dan lebih nyaman, sehingga saat ini lebih banyak orang memilih tindakan ini dibandingkan tindakan lain untuk menghilangkan bulu.

Kekurangannya, tindakan laser cenderung mahal, sakit, dan harus dilakukan berkali-kali agar mendapat hasil permanen. Pada kulit yang sensitif terhadap cahaya dapat timbul reaksi alergi, energi panas yang keluar seraya dengan cahaya dari alat juga bisa menimbulkan iritasi/reaksi panas di kulit.

Yuk, cek rekomendasi produk penghilang bulu dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Krim penghilang bulu bekerja meluruhkan protein yang mempermudah perontokkan bulu. Walau tidak terasa sakit, komposisi bahan kimia yang tergolong kuat memungkinkan terjadinya iritasi kulit. Untuk mencegahnya, Anda perlu menyesuaikan spesifikasi produk dengan penggunaan. Bila masih ragu, konsultasikan ke dokter.

Bacalah betul-betul petunjuk penggunaan. Anda mungkin perlu melakukan treatment 2x agar kulit halus idaman terealisasi. Oleh karena itu, belilah krim penghilang bulu terbaik ukuran besar agar bisa dipakai berulang. Semoga berhasil!

Table of Contents