Info terkini Cara Cek Bantuan BLT UMKM BRI & BNI Tahun 2022

Info terkini artikel tentang Cara Cek Bantuan BLT UMKM BRI & BNI Tahun 2022 . Berikut ini info terbaru dari trendkomik.com tentang Cara Cek Bantuan BLT UMKM BRI & BNI Tahun 2022 baca disini.

Imigrasilampung.co.id – Mengetahui tentang bagaimana cara cek bantuan UMKM nantinya akan sangat berguna buat kalian dalam mencairkan dana bantuan dari pemerintah.

Jauh sebelum era pandemi melanda Indonesia, pemerintah memang kerap mengadakan suatu program yang bertujuan untuk membantu masyarakat.Namun untuk suatu program bernama BLT UMKM ini, memang baru diadakan pada era pandemi yang melanda perekonomian masyarakat Indonesia.

Dalam hadirnya program ini seperti bantuan BPUM BRI dan Bansos Kemensos, tentu banyak sekali para warga yang berantusias dan mencoba untuk mendaftar demi mendapatkan dana bantuan. Tapi masih banyak sekali para warga diluaran sana, yang masih merasa kebingungan dalam memahami proses mendaftar maupun mengecek hasil bantuan ini.

Oleh sebab itu artikel yang membahas tentang cara cek bantuan UMKM 2022, diharapkan bisa membantu para warga khususnya yang ingin mengikuti program ini.

Syarat Untuk Menerima Dana BLT UMKM

cara cek bantuan BLT UMKM BRI dan BNI 2022

Untuk semua program yang pernah diadakan oleh pemerintah Indonesia, pastinya akan mewajibkan semua masyarakatnya dalam memenuhi beberapa syarat. Dimana syarat tersebut biasanya meliputi sebuah identitas diri, beserta beberapa pelengkap lainya agar pemerintah bisa memaksimalkan program yang dibuatnya.

Untuk kalian yang ingin mengikuti program BLT UMKM yang seperti ini, setidaknya kalian bisa mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu agar bisa terpenuhi. Karena disaat satu syarat saja tidak kalian penuhi, maka bisa saja program yang seharusnya kalian terima malah tidak berhasil di dapatkan.

Dengan ini kemungkinan besar yang membuat warga tidak berhasil mendapatkan suatu program, yakni ketidaktahuan mereka terhadap syarat yang dibutuhkan.

Jadi mulai sekarang kalian bisa memahami beberapa syarat yang dibutuhkan tersebut, melalui sebuah daftar yang tersaji sebagai berikut.

  1. Calon penerima harus berstatus sebagai warga Indonesia atau WNI.
  2. Memiliki identitas utama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Warga memiliki setidaknya satu usaha mikro yang sudah dibuktikan atau telah terdaftar dalam BPUM.
  4. Calon penerima diharapkan sedang tidak menerima bantuan dari sebuah program yang lainya.
  5. Seorang warga yang sedang mencari pekerjaan atau menjadi salah seorang yang terkena PHK.
  6. Bukan termasuk dalam bagian keanggotaan TNI, POLRI, ASN, BUMN serta BUMD.

Berbagai macam syarat yang disebutkan diatas, tentunya sangat wajar dan kami yakin bahwa kalian bisa melengkapinya. Dan apabila semua syarat yang dibutuhkan tersebut sudah kalian ketahui dan dilengkapi, maka kalian bisa menyimak cara cek bantuan UMKM berikut ini.

Cara Cek Bantuan UMKM BRI dan BNI Tahun 2022 Secara Online

cek penerima bantuan umkm bni dan bri 2022

Langsung saja kalian pahami cara cek bantuan UMKM tahap 3 melalui artikel ini, karena dalam tahapan inilah kalian bisa tahu tentang informasi selanjutnya. Dalam proses pengecekan ini, kalian bisa melakukannya secara online melalui perangkat Handphone maupun PC yang kalian gunakan.

Proses pengecekan ini juga dibagi menjadi dua bagian, yang mana dalam bagian ini kalian bisa mengaksesnya melalui bank BRI atau BNI. Dan semuanya ini bisa kalian lakukan secara online, sebab kedua layanan Bank ini sudah memiliki akses online berbentuk website.

Sebaiknya kalian dapat memahami langkah demi langkah dengan benar, agar semua tahapan yang perlu dilakukan bisa kalian pahami. Dan tanpa berlama-lama lagi langsung saja kalian pahami setiap langkah-langkahnya, karena kami sudah menyediakannya dalam tutorial berikut.

1. Cek Bantuan BLT UMKM BRI 2022

Untuk yang pertama kami akan memberikan cara cek bantuan UMKM BRI, dimana untuk keberadaan bank BRI memang menjadi layanan Bank yang sering digunakan.

Pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi internet yang ada di perangkat kalian stabil, tujuannya agar proses pengecekan ini bisa berjalan lancar.

  1. Pertama buka dulu Browser di HP kalian setelah itu akses link eform.bri.co.id/bpum.
  2. Selanjutnya Isi Nomor KTP dan Kode Verifikasi.
  3. Jika sudah klik opsi Proses Inquiry.
  4. Apabila muncul notifikasi berwarna hijau, kalian merupakan salah satu penerima bantuan BPUM UMKM tahun 2022.

Nah jika data-data yang kalian masukan tadi terdaftar dalam program ini maka nama serta nomor KTP kalian akan muncul dalam tampilan.

2. Cek Bantuan BLT UMKM BNI Lewat HP

Berikutnya kalian bisa melakukan proses pengecekan melalui layanan website BNI, karena untuk bank BNI juga sudah menyediakan layanannya secara online.

Dalam proses pengecekan melalui bank ini juga tidak jauh berbeda dengan tahapan sebelumnya, jadi kami yakin bahwa kalian bisa melakukannya dengan benar.

  1. Buka browser di smartphone lalu akses tautan https://banprebpum.id/.
  2. Setelah berada di halam utaman website, Masukan No KTP dan Kode Verifikasi yang tertera pada kolom.
  3. Lanjutkan dengan mengklik Proses Inquiry.
  4. Tunggu beberapa hingga muncul informasi yang berisi nama kalian apakah terdaftar menjadi penerima BLT UMKM.

Sama seperti tahapan yang sebelumnya bahwa ketika kalian diterima dalam program BLT UMKM ini maka data diri kalian akan muncul dalam tampilan.

Cara Daftar Bantuan BLT UMKM Terbaru Tahun 2022

cara mengecek blt umkm 2022

Umumnya sebelum kalian melakukan proses pengecekan terdapat salah satu tahapan penting yang harus kalian lakukan. Dimana pada tahapan tersebut adalah proses pendaftaran BLT UMKM, yang tentunya bisa kalian lakukan secara online.

Untuk proses pendaftaran yang seperti ini mungkin banyak diantara kalian yang sudah memahaminya, jadi kalian pun bisa melakukannya sekarang juga.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa semua masyarakat yang ingin ikut serta dalam program ini, bisa memahami dengan benar tentang langkah-langkahnya. Sehingga yang kami khawatirkan adalah gagalnya kalian dalam mengikuti program, serta gagalnya dana bantuan yang semestinya kalian dapatkan.

Nah, dengan begitu kami akan memberikan cara pendaftaran BLT UMKM sekarang juga, melalui sebuah tutorial yang tersedia di bawah ini.

1. Daftar Secara Online

Sebagai salah satu cara pendaftaran yang sangat mudah, disini kami juga akan menjelaskan tentang bagaimana caranya mendaftar BLT UMKM secara online.

Dimana cara yang satu ini cukup dengan memanfaatkan perangkat HP kalian saja, atau tanpa harus keluar rumah untuk mendatangi kantor dinas setempat.

  1. Pertama kalian masuk ke dalam website dengan memanfaatkan link  https://oss/.go.id.
  2. Lakukan proses pendaftaran dengan mengikuti panduan yang diberikan.
  3. Habis itu kalian klik menu Perizinan Berusaha dan klik lagi di bagian menu yang bertuliskan Perseorangan.
  4. Kalian masukan Skala Mikro yang sesuai dengan skala usaha kalian.
  5. Edit dibagian Profil untuk melengkap akun yang kalian miliki.
  6. Berikutnya klik Tombol Tambah Usaha dan isi beberapa data yang diperlukan.
  7. Apabila semua data telah disini kalian bisa mengakhirinya dengan mengklik tombol Simpan.
  8. Isi dibagian Data Usaha yang dimiliki kemudian klik Selanjutnya dan kalian akan diarahkan ke dalam tampilan Komitmen Prasarana Usaha.
  9. Isikan semua data NIB yang kalian miliki dan akhiri dengan mengklik opsi bertuliskan Proses NIB.
  10. Lanjut dengan mengklik Menu Permohonan dan pilih IUMK.
  11. Pada tampilan baru kalian klik di bagian Kegiatan Usaha dan lanjut dengan mengisi Formulir Izin Komersial atau Operasional.
  12. Akan muncul opsi Draft dan akhir saja dengan mengklik Tombol Simpan.

Proses pendaftaran yang seperti ini memang cukup panjang, jadi pastikan bahwa semua langkah-langkah yang kami sajikan dapat diikuti dengan benar.

2. Daftar Melalui Kantor Kedinasan

Untuk proses ini hanya ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan, jadi kami harap kalian juga bisa mengikutinya dengan benar.

Jangan lupa untuk berkunjung ke kantor dinas setempat untuk bertemu dengan pengurus atau aparat kantor yang akan membantu kalian dalam proses pendaftaran.

  1. Serahkan beberapa dokumen seperti KTP, KK.
  2. Lanjut dengan mengikuti setiap arahan yang ditunjukan oleh aparat.
  3. Kemudian kalian isi beberapa Formulir penting yang diserahkan.

Pada proses ini kalian hanya perlu mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh aparat, jadi yang terpenting kalian berkunjung ke kantor aparat setempat.

Syarat Untuk Mencairkan Dana BLT UMKM

cek penerima bpum

Tahapan terakhir dalam program ini, tentu mengetahui tentang syarat apa saja yang bisa kalian siapkan untuk mencairkan dana yang berhak kalian terima.

Jadi untuk melakukan proses pencarian juga, terdapat beberapa syarat wajib yang harus kalian penuhi sebelum mencairkan dana.

Beberapa diantara syarat tersebut sudah kami rangkum dalam daftar di bawah ini, jaidi kalian bisa menyimaknya secara seksama sekarang juga.

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM
  3. KTP Elektronik
  4. Surat pertanyaan yang sudah disetujui dan ditandatangani oleh aparat desa.
  5. Menunjukan SMS pemberitahuan Banpres.

Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi saja situs bantuan pemerintah melalui browser, karena semuanya sudah tertera dengan lengkap di dalamnya.

Artikel terkait :

Originally posted 2022-10-10 05:02:51.